Jam Kerja AnterAja Terbaru, Dari Kantor Pusat, Cabang, Agen, Hingga Kurir

Ketahui jam operasional AnterAja terbaru melalui pembahasan berikut ini!

AnterAja dikenal masyarakat Indonesia sebagai perusahaan jasa ekspedisi kelas menengah yang menyediakan pengiriman ke berbagai wilayah dengan harga murah. Sering kali AnterAja hadir bersanding dengan jasa pengiriman kelas menengah lainnya seperti SiCepat, Ninja Express dan Wahana. Di mana ketiga jasa ekspedisi tersebut, saling menawarkan harga kompetitif untuk menarik minat pelanggan dalam memakai jasa mereka.

Dalam segi umur AnterAja masih tergolong muda, didirikan pada tahun 2019 oleh PT. Tri Adi Bersama yang merupakan anak perusahaan dari PT Adi Sarana Armada Tbk. Jasa ekspedisi ini muncul dengan menargetkan volume pengiriman antara 18-20 juta paket di tahun 2020 dan mulai dikenal masyarakat Indonesia sebagai perusahaan pengiriman jasa yang murah dan terjangkau menyaingi lawan-lawannya yang lebih dulu hadir seperti SiCepat dan Wahana Express.

Bersaing dengan senior-senior kuat yang telah menguasai pasar tentu bukan hal yang mudah bagi AnterAja. Meski begitu, jasa ekspedisi ini masih bertahan hingga sekarang merupakan bukti bahwa AnterAja memiliki daya tariknya tersendiri pada pelanggan. Sebagai perusahaan ekspedisi yang masih muda, AnterAja merenggangkan kakinya dengan bekerja sama bersama Tokopedia sebagai salah satu mitra penyedia layanan pengiriman reguler. Jenis layanan pengiriman yang disediakan pun juga bervariasi seperti Reguler Service, Next day Service, Same day Service, Economy Service dan Cargo Service. 

Bagi Anda yang merupakan yang ingin menjadi seller Tokopedia maupun Shopee wajib tahu nih mengenai jadwal hari dan jam kerja AnterAja. Jadi pertama Anda harus tahu terlebih dahulu mengenai jadwal AnterAja sebenarnya terbagi ke beberapa layanan jam kerja. Misalnya jam kerja layanan kantor pusat dan kantor cabang, serta layanan jam kerja untuk kurir.

Ringkasan

  • Jam kerja antara kantor pusat dan kantor cabang Anteraja miliki waktu operasional yang sama, yaitu pukul 08.00 – 20.00 WIB. Namun ada sebagian wilayah yang memiliki jam operasionalnya berbeda karena kebijakan tertentu.
  • Pengajuan request pick up memiliki jam kerjanya sendiri dan mengikuti standar operasional penjemputan yang terjadwal sesuai prosedur.
  • Anteraja memiliki perbedaan layanan pengiriman dan pickup yang terbagi menjadi beberapa jenis dengan tingkat tarif dan waktu yang berbeda.
  • Tips – tips mengenai pengiriman paket yang aman mulai dari cara pembungkusan barang yang akan dikirim sampai dengan metode layanan apa yang harus di pilih pada Anteraja.

Lihat Juga : Arti Status Pengiriman JNE Express

Hari dan Jam Kerja Kantor AnterAja

Jam Kerja AnterAja
Sumber Gambar : beritasatu.com

Untuk awalan mari memahami terlebih dahulu mengenai kantor AnterAja, jadi kantor ekspedisi ini terbagi menjadi dua bagian yaitu pusat dan cabang. Di mana keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masih – masing dari segi cara kerja maupun layanan yang disediakan. Informasi lebih lengkapnya bisa Anda lihat berikut ini.

Jadwal kerja kantor cabang

Kantor cabang sendiri merupakan sebuah titik lokasi penampungan barang kiriman ekspedisi, untuk bagian wilayah-wilayah pelosok atau pinggiran. Di mana nantinya barang pada kantor cabang tersebut akan di kirim kembali ke kantor pusat bagian daerah untuk diteruskan ke alamat penerima. Jam kerja kantor cabang sendiri biasanya mengikuti kebijakan masing-masing wilayahnya, namun secara umum jam kerja serta hari kerjanya berlangsung pada.

Hari Senin – Minggu : 08:00 WIB – 20:00 WIB

Perlu Anda tahu bahwa cabang AnterAja pada setiap daerah belum tentu mengikuti jadwal secara umum. Sebagai contoh cabang AnterAja yang beralamat diJl. Bukit Permata Sukodono No.Ruko-10, Anggaswangi, Kec. Sukodono, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61258”. Di Cabang tersebut kantor AnterAja membuka layanan mereka pada

Hari Senin – Sabtu : 07:00 WIB – 17:30 WIB

Dengan ketentuan libur setiap hari minggu sesuai hari kerja yang berlaku pada wilayah tersebut. Apabila Anda memiliki urusan tertentu pada kantor cabang hendaknya mencari tahu nomor yang dapat dihubungi sebelumnya.

Jadwal kerja kantor pusat

Jam kerja kantor pusat AnterAja yang akan kita bahas di sini merupakan kantor yang berlokasi di DKI Jakarta lebih tepatnya berlokasi di “Kuningan City Mall, 6-7th Floor, Jl. Prof. Dr. Satrio Kav 18, Karet Kuningan, Setiabudi DKI Jakarta 12940 Indonesia”. Tidak berbeda jauh dengan kantor cabang yang tersebar ke berbagai wilayah, kantor bagian pusat memiliki jam kerja standar antara

Hari Senin – Minggu : 08:00 WIB – 20:00 WIB

Dari segi layanan tentunya kantor pusat AnterAja memiliki kualitas yang jauh lebih baik dibandingkan dengan wilayah cabang. Karena di kantor pusat masalah ekspedisi Anda akan ditangani secara profesional oleh petugas AnterAja. Namun bukan berarti Anda yang tinggal di daerah terpencil tidak mampu mendapatkan layanan profesional, Anda masih bisa berhubungan dengan petugas AnterAja melalui

Call Center     : 021 – 5066 – 3333
E-mail               : [email protected]
WhatsApp      : 081196109367

Masalah umum mengenai pengiriman logistik melalui AnterAja seperti paket macet atau telatnya dalam update informasi pelacakan resi sering kali menjadi momok utama para pelanggan. Apabila hal tersebut terjadi Anda dapat menghubungi kontak di atas dengan menyertakan nomor resi beserta masalah yang tengah Anda alami.

Lihat Juga : Arti Kata On Process di JNE dan J&T

Hari dan Jam Kerja Pengiriman AnterAja

Jam Kerja Pengiriman AnterAja
Sumber Gambar : idnfinancials.com

Bagi Anda yang memiliki profesi seorang seller gerai online tentu sudah sangat mengenal mengenai layanan pengiriman serta jadwal kerja dari kurir AnterAja. Namun beda cerita untuk Anda yang belum memahaminya, jadi setiap jasa ekspedisi memiliki yang namanya layanan pick up. Apabila Anda ingin mengirim sebuah paket, pihak ekspedisi akan mengutus seorang kurir ke rumah Anda untuk mengambilnya. Sehingga Anda tidak perlu repot-repot datang ke lokasi cabang wilayah untuk mengirimnya.

Layanan pick up juga memiliki jadwalnya sendiri, sehingga apabila Anda ingin melakukan request pick up, pastikan terlebih dahulu jadwalnya. Berikut kami bagikan sedikit informasi mengenai jadwal pick up di beberapa e-commerce seperti Tokopedia, Shopee dan BukaLapak.

1. Jadwal pick up AnterAja via Tokopedia

AnterAja merupakan salah satu mitra jasa kirim yang bekerja sama dengan Tokopedia. Karena itu di sini kita akan membahas bagaimana sistem penjemputan paket, apabila Anda merupakan seorang seller Tokopedia yang hendak mengirim barang kepada buyer.

InfoSeninSelasa-Sabtu
Waktu request pick up18.00 (Sabtu/ H-2) – 17.5918.00 (Senin/ H-1) – 17.59
Jadwal pick up AnterAja09.00 – 22.0012.00 – 22.00

Tabel di atas menjelaskan mengenai waktu atau jam terakhir di mana Anda dapat melakukan pick up. Misalnya saja pada hari Sabtu pukul 18:00 WIB adalah waktu Anda mengajukan request pick up. Maka pengajuan tersebut akan tergolong sebagai request hari Senin. Meski tidak menutup kemungkinan pada hari minggu paket akan dijemput oleh kurir di alamat pengirim, sesuai kebijakan jadwal wilayah masing-masing. Namun secara umum aktivitas kerja AnterAja untuk penjemputan barang pada hari minggu mengikuti peraturan sebagai berikut.

LayananPick Up
RegulerAktif namun terbatas sesuai jadwal operasional
EkonomiAktif namun terbatas sesuai jadwal operasional
SamedayBeroperasi normal pada area Jabodetabek dan beberapa kota lainnya.
CargoBeroperasi normal
Next DayTidak ada proses pick up

2. Jadwal pick up AnterAja via Shopee

Berbeda dengan pesaingnya, Shopee memiliki kebijakannya sendiri mengenai sistem penjadwalan penjemputan barang melalui mitra ekspedisi mereka yaitu AnterAja.

HariJam Request Pick UpJam Pick Up Kurir
Senin – Jumat Sebelum 09.00 – 14.59 WIBHari yang sama 09.00 – 22.00 WIB
 15.00 – 17.59 WIBKeesokan Hari 09.00 – 22.00 WIB
SabtuSebelum 09.00 – 14.59 WIBHari yang sama 09.00 – 22.00 WIB
 15.00 – 17.59 WIBSenin 09.00 – 22.00 WIB
MingguSebelum 09.00 – 17.59 WIBSenin 09.00 – 22.00 WIB

Tabel di atas menunjukkan bahwa bila Anda melakukan request pick up hari Senin sampai dengan Jumat pada pukul 09:00 – 14:59 WIB saja. Apabila Anda mengajukan request melewati batas jam tersebut, maka penjemputan akan dilakukan pada hari berikutnya mengikuti sistem kerja yang berlaku di masing-masing wilayah.

3. Jadwal pick up AnterAja via Bukalapak

Meski namanya mulai jarang terdengar lagi, namun nyatanya Bukalapak masih mampu bertahan dan bersaing dengan perusahaan e-commerce lainnya. Hal ini dibuktikan dengan adanya kerja samanya bersama AnterAja sebagai salah satu mitra logistik dan ekspedisi ke berbagai wilayah di Indonesia.

HariJamKeterangan
Senin – Minggu10.00 – 20.00 WIBJam operasional kurir
Pick Up di hari yang samaSebelum 18.00 WIBWaktu request dan penjemputan
Pick Up di hari selanjutnyaSetelah 18.00 WIBWaktu request dan penjemputan

Penjelasan singkatnya, jika Anda melakukan pengajuan request penjemputan paket sebelum jam 18:00 WIB, maka pick up tersebut akan dilakukan pada hari yang sama. Namun apabila Anda melakukan request setelah pukul 18:00 WIB, maka penjemputan akan dilakukan keesokan harinya. Akan tetapi ada juga request yang dilakukan pada jam antara 17:00 WIB – 18:00 WIB akan mengikuti penjemputan keesokan hari, karena kendala maupun kebijakan di masing-masing daerah. Jadi untuk amannya akan lebih baik Anda melakukan request pick up pada pagi atau siang hari apabila ingin dijemput pada hari yang sama.

Kebijakan pick up AnterAja di setiap wilayah

Baru-baru ini AnterAja menerapkan sebuah kebijakan mengenai penjemputan paket atau pick up Sameday pada 15 Mei 2023. Yang mana menyebutkan, apabila Anda ingin paket dijemput kurir pada hari yang sama ketika request pick up. Maka Anda mesti mengajukan permintaan penjemputan sebelum pukul 14:00 WIB dan paket akan segera diambil oleh kurir maksimal 3 jam sejak permintaan request diajukan. Tapi jika Anda melakukan request setelah jam yang ditentukan, maka paket Anda akan dijemput kurir keesokan harinya mulai pukul 08:00 WIB.

Mengenai layanan pick up Sameday, jam operasinya mengikuti kebijakan masing-masing dari tiap daerah. Meski begitu layanan ini tetap berjalan semestinya pada beberapa wilayah seperti yang disebutkan di bawah.

Wilayah yang tidak beroperasi pada hari Minggu

  • Kabupaten Badung
  • Kabupaten Bantul
  • Kabupaten Boyolali
  • Kabupaten Deli Serdang
  • Kabupaten Karanganyar
  • Kabupaten Malang
  • Kabupaten Semarang
  • Kabupaten Sleman
  • Kabupaten Sukoharjo
  • Bandar Lampung
  • Banjarmasin
  • Batam
  • Bengkulu
  • Denpasar
  • Makassar
  • Malang
  • Manado
  • Medan
  • Padang
  • Palembang
  • Pangkal Pinang
  • Pekanbaru
  • Pontianak
  • Samarinda
  • Semarang
  • Surakarta
  • Yogyakarta

Wilayah yang beroperasi pada hari minggu khusus untuk Sameday dan Next Day

  • Kabupaten Bandung
  • Kabupaten Bandung Barat
  • Kabupaten Bekasi
  • Kabupaten Bogor
  • Kabupaten Tangerang
  • Bandung
  • Bekasi
  • Bogor
  • Depok
  • Jakarta Barat
  • Jakarta Pusat
  • Jakarta Selatan
  • Jakarta Timur
  • Jakarta Utara
  • Surabaya
  • Tangerang
  • Tangerang Selatan

Lihat Juga : Apa itu Drop Point pada J&T Express

Jenis operasional pengiriman AnterAja

Jenis Pengiriman AnterAja
Sumber Gambar : everpro.id

Sebagai salah satu perusahaan ekspedisi yang telah berhasil bersanding dengan jasa pengiriman lainnya di berbagai e-commerce. AnterAja menghadirkan beberapa varian fasilitas pengiriman untuk pelanggan mereka. Namun karena AnterAja masih tergolong baru dalam bidang logistik, hanya beberapa layanan pengiriman saja yang berlaku terbatas untuk sebagian wilayah untuk saat ini.

Akan tetapi jasa ekspedisi ini masih sangat layak untuk Anda gunakan karena harganya yang kompetitif. Faktor jam kerja pengiriman yang intens pun, juga tergolong sebagai aset kompetitif yang wajib dimiliki dalam persaingan bisnis jasa ekspedisi. Antar satu dengan lainnya karena terkait masalah waktu dan kecepatan pengiriman ke alamat tujuan pelanggan.

Senin – Sabtu : Pukul 08:00 WIB – 20:00 WIB
Minggu/ libur nasional : Pukul 08:00 WIB – 20:00 WIB (Bisa saja diliburkan, tergantung kebijakan cabang masing-masing wilayah)

1. AnterAja Reguler

Pertama kita akan membahas mengenai pengiriman reguler AnterAja, opsi ini menjadi layanan jasa yang sering dipakai oleh masyarakat secara umum. Karena selain tarif yang dikenakan kompetitif mulai dari Rp.5000, kecepatan pengiriman pun juga mampu bersanding dengan jasa ekspedisi yang sudah ada sebelumnya. Pasalnya AnterAja Reguler menjanjikan pengiriman 1- 2 hari kerja terkhusus untuk wilayah Jabodetabek dan 2 – 4 hari kerja untuk wilayah lain di pulau Jawa.

ProvinsiKabupaten/Kota
BaliKabupaten Badung
Kabupaten Gianyar
Kabupaten Buleleng
Kabupaten Gianyar
Kabupaten Tabanan
Kabupaten Jembrana
Denpasar
Bangka BelitungPangkal Pinang
BantenKabupaten Lebak
Kabupaten Pandeglang
Kabupaten Serang
Kabupaten Tangerang
Cilegon
Serang
Tangerang
Tangerang Selatan
BengkuluBengkulu
YogyakartaKabupaten Bantul
Gunung Kidul
Kabupaten Kulon Progo
Kabupaten Seleman
Yogyakarta
DKI JakartaJakarta Pusat
Jakarta Utara
Jakarta Selatan
Jakarta Timur
Jakarta Barat
JambiKabupaten Bungo
Kabupaten Kerinci
Kabupaten Merangin
Kabupaten Muaro Jambi
Kabupaten Sarolangun
Kabupaten Tanjung Jabung Barat
Kabupaten Tanjung Jabung Timur
Kabupaten Tebo Jambi
Jawa BaratKabupaten Bandung
Kabupaten Bandung Barat
Kabupaten Bekasi
Kabupaten Bogor
Kabupaten Ciamis
Kabupaten Cianjur
Kabupaten Cirebon
Kabupaten Garut
Kabupaten Indramayu
Kabupaten Karawang
Kabupaten Kuningan
Kabupaten Majalengka
Kabupaten Pangandaran
Kabupaten Purwakarta
Kabupaten Subang
Kabupaten Sukabumi
Kabupaten Sumedang
Kabupaten Tasikmalaya
Kabupaten Cimahi
Kabupaten Depok
Kabupaten Sukabumi
Kabupaten Bogor
Kabupaten Cirebon
Kabupaten Bekasi
Jawa TengahMagelang
Pekalongan
Salatiga
Semarang
Surakarta (Solo)
Tegal
Kabupaten Banjaregara
Kabupaten Banyumas
Kabupaten Batang
Kabupaten Blora
Kabupaten Boyolali
Kabupaten Brebes
Kabupaten Cilacap
Kabupaten Demak
Kabupaten Grobogan
Kabupaten Jepara
Kabupaten Karanganyar
Kabupaten Kebumen
Kabupaten Kendal
Kabupaten Klaten
Kabupaten Kudus
Kabupaten Magelang
Kabupaten Pati
Kabupaten Pekalongan
Kabupaten Pemalang
Kabupaten Purbalingga
Kabupaten Purworejo
Kabupaten Rembang
Kabupaten Semarang
Kabupaten Sragen
Kabupaten Sukoharjo
Kabupaten Tegal
Kabupaten Temanggung
Kabupaten Wonogiri
Kabupaten Wonosobo
Jawa TimurKabupaten Bangkalan
Kabupaten Banyuwangi
Kabupaten Blitar
Kabupaten Bojonegoro
Kabupaten Bondowoso
Kabupaten Gresik
Kabupaten Jember
Kabupaten Jombang
Kabupaten Kediri
Kabupaten Lamongan
Kabupaten Lumajang
Kabupaten Madiun
Kabupaten Magetan
Kabupaten Malang
Kabupaten Mojokerto
Kabupaten Nganjuk
Kabupaten Ngawi
Kabupaten Pacitan
Kabupaten Pamekasan
Kabupaten Pasuruan
Kabupaten Ponorogo
Kabupaten Probolinggo
Kabupaten Sampang
Kabupaten Sidoarjo
Kabupaten Situbondo
Kabupaten Sumenep
Kabupaten Trenggalek
Kabupaten Tuban
Kabupaten Tulungagung
Batu
Blitar
Kediri
Madiun
Malang
Mojokerto
Pasuruan
Probolinggo
Surabaya
Kalimantan BaratPontianak
Kabupaten Sanggau
Kabupaten Ketapang
Kalimantan SelatanBanjarmasin
Kabupaten Tabalong
Kabupaten Tanah Laut
Kabupaten Banjar
Kalimantan TengahPalangka Raya
Kabupaten Barito Selatan
Kabupaten Kotawaringin Barat
Kalimantan TimurBalikpapan
Samarinda
Kabupaten Kutai Kartanegara
Kepulauan Bangka BelitungKabupaten Bangka
Kabupaten Belitung
Kabupaten Bangka Barat
Kabupaten Belitung Timur
Kepulauan SeribuBatam
Tanjung Pinang
LampungKabupaten Lampung Barat
Kabupaten Lampung Selatan
Kabupaten Lampung Tengah
Kabupaten Lampung Timur
Kabupaten Lampung Utara
Kabupaten Mesuji
Kabupaten Pesawaran
Kabupaten Pesisir Barat
Kabupaten Pringsewu
Kabupaten Tanggamus
Kabupaten Tulang Bawang
Kabupaten Tulang Bawang Barat
Kabupaten Way Kanan
Kabupaten Way Lima
Bandar Lampung
Metro
MalukuAmbon
Maluku UtaraTernate
Nangroe Aceh DarussalamKabupaten Aceh Barat
Kabupaten Aceh Barat Daya
Kabupaten Aceh Besar
Kabupaten Aceh Jaya
Kabupaten Aceh Selatan
Kabupaten Aceh Singkil
Kabupaten Aceh Tamiang
Kabupaten Aceh Tengah
Kabupaten Aceh Tenggara
Kabupaten Aceh Timur
Kabupaten Aceh Utara
Kabupaten Bener Meriah
Kabupaten Bireuen
Kabupaten Gayo Lues
Kabupaten Nagan Raya
Kabupaten Pidie
Kabupaten Pidie Jaya
Kabupaten Simeulue
Banda Aceh
Langsa
Lhokseumawe
Sabang
Subulussalam
Nusa Tenggara BaratKabupaten Bima
Kabupaten Dompu
Kabupaten Lombok Barat
Kabupaten Lombok Tengah
Kabupaten Lombok Timur
Kabupaten Lombok Utara
Kabupaten Sumbawa
Kabupaten Sumbawa Barat
Bima
Mataram
RiauKabupaten Bengkalis
Kabupaten Indragiri Hilir
Kabupaten Indragiri Hulu
Kabupaten Kampar
Kabupaten Kepulauan Meranti
Kabupaten Kuantan Singingi
Kabupaten Pelalawan
Kabupaten Rokan Hilir
Kabupaten Rokan Hulu
Kabupaten Siak
Sulawesi SelatanKabupaten Barru
Kabupaten Bone
Kabupaten Bulukumba
Kabupaten Enrekang
Kabupaten Gowa
Kabupaten Jeneponto
Kabupaten Kepulauan Selayar
Kabupaten Luwu
Kabupaten Luwu Timur
Kabupaten Luwu Utara
Kabupaten Maros
Kabupaten Pangkajene Kepulauan
Kabupaten Pinrang
Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap)
Kabupaten Sinjai
Kabupaten Soppeng
Kabupaten Takalar
Kabupaten Tana Toraja
Kabupaten Toraja Utara
Kabupaten Wajo
Sulawesi TengahKabupaten Banggai
Kabupaten Banggai Kepulauan
Kabupaten Buol
Kabupaten Donggala
Kabupaten Morowali
Kabupaten Morowali Utara
Kabupaten Parigi Moutong
Kabupaten Poso
Kabupaten Sigi
Kabupaten Tojo Una-Una
Kabupaten Toli-Toli
Palu
Buol
Poso
Donggala
Sulawesi BaratKabupaten Agam
Kabupaten Dharmasraya
Kabupaten Kepulauan Mentawai
Kabupaten Lima Puluh Kota
Kabupaten Padang Pariaman
Kabupaten Pasaman
Kabupaten Pasaman Barat
Kabupaten Pesisir Selatan
Kabupaten Sijunjung
Kabupaten Solok
Kabupaten Solok Selatan
Kabupaten Tanah Datar
Kota Bukittinggi
Kota Padang
Sumatera BaratKabupaten Agam
Kabupaten Dharmasraya
Kabupaten Kepulauan Mentawai
Kabupaten Lima Puluh Kota
Kabupaten Padang Pariaman
Kabupaten Pasaman
Kabupaten Pasaman Barat
Kabupaten Pesisir Selatan
Kabupaten Sijunjung
Kabupaten Solok
Kabupaten Solok Selatan
Kabupaten Tanah Datar
Kota Bukittinggi
Kota Padang
Padang Panjang
Pariaman
Payakumbuh
Sawahlunto
Solok
Sumatera SelatanKabupaten Muara Enim
Kabupaten Lahat
Kabupaten Musi Rawas
Kabupaten Musi Banyuasin
Kabupaten Empat Lawang
Palembang
Prabumulih
Pagar Alam
Lubuklinggau
Sumatera UtaraKabupaten Asahan
Kabupaten Batu Bara
Kabupaten Dairi
Kabupaten Deli Serdang
Kabupaten Humbang Hasundutan
Kabupaten Karo
Kabupaten Labuhan Batu
Kabupaten Labuhan Batu Selatan
Kabupaten Labuhan Batu Utara
Kabupaten Langkat
Kabupaten Mandailing Natal
Kabupaten Nias
Kabupaten Nias Barat
Kabupaten Nias Selatan
Kabupaten Nias Utara
Kabupaten Padang Lawas
Kabupaten Padang Lawas Utara
Kabupaten Pakpak Bharat
Kabupaten Samosir
Kabupaten Serdang Bedagai
Kabupaten Simalungun
Kabupaten Tapanuli Selatan
Kabupaten Tapanuli Tengah
Kabupaten Tapanuli Utara
Binjai Kota Gunungsitoli
Medan
Padangsidimpuan
Pematangsiantar
Sibolga
Tanjung Balai
Tebing Tinggi

2. AnterAja Next Day

AnterAja juga menyediakan layanan next day yang mana memperpendek waktu pengiriman hingga esok hari sampai. Hal ini tentunya merupakan kabar baik, terutama bagi para pengguna yang mencari jasa ekspedisi dengan ongkos murah namun cepat dalam proses pengirimannya. Pasalnya layanan ini dikenakan ongkos mulai dari Rp.8000, yang mana tergolong murah apabila kita membandingkannya dengan jasa ekspedisi lain yang rata-rata mematok harga di atas Rp.10.000 untuk layanan next day.

3. AnterAja Sameday

Adapun layanan AnterAja yang menjamin barang dikirim pada hari yang sama yaitu Sameday. Opsi ini biasanya diambil untuk pengiriman barang yang di rasa memiliki jangka waktu. Misalnya saja seperti makanan, minuman, bumbu, tanaman atau barang – barang yang dirasa dibutuhkan secara mendesak. Tentu tarif yang dipatok pun juga cukup mahal dibandingkan layanan reguler, di mana Anda harus membayar ongkos mulai dari Rp.13.500.

Dan barang Anda dipastikan tiba setidaknya dalam waktu kurang dari 8 jam sejak barang di pick up oleh kurir dari alamat pengirim. Mengenai wilayah pengirimannya sendiri sayangnya hanya berlaku di kota-kota besar seperti Jabodetabek, Bandung, Medan, Surabaya, Yogyakarta, Solo, Semarang, Malang, Makassar, Palembang dan Denpasar.

Lihat Juga : Arti Kata With Delivery Courier JNE

Tips pengiriman barang dengan aman

Tips Mengirim Barang Dengan Aman
Sumber Gambar : staples.co.uk

Situasi tak terduga dalam proses pengiriman barang dapat terjadi kapan saja dan memang tidak dapat kita hindari, namun bukan berarti Anda tidak dapat mengurangi kemungkinan terjadinya hal demikian. Masih ada beberapa cara yang benar-benar perlu Anda perhatikan sebelum mulai melakukan pengiriman barang seperti berikut.

1. Mencantumkan alamat secara lengkap dan akurat

Ada baiknya apabila Anda menuliskan alamat tujuan secara lengkap dengan menambahkan petunjuk tertentu mengenai tata letak lokasi bangunannya. Misalnya saja seperti “Rumah dengan cat hijau yang ada di pojok perempatan di sebelah toko bangunan” hal ini terlihat sepele namun perlu diperhatikan secara serius, terutama jika Anda tinggal di perumahan yang cukup terpencil dari jalan utama ataupun terlalu padat penduduk.

Akan sangat sulit bagi kurir untuk menemukan lokasi tujuan pengirimannya, memang dari pihak kurir sendiri dapat menghubungi pihak penerima melalui nomor tertera pada paket. Tapi jika si penerima dalam kondisi tidak memegang ponselnya atau alamatnya tidak ketemu, tentu ada kemungkinan paket akan diantar ulang keesokan harinya.

2. Meletakan tanda pada paket yang akan di kirim

Sebuah tanda pada paket dapat memberikan perbedaan yang cukup jelas mengenai pengirimannya ketika diantar oleh kurir. Misalnya saja Anda memberikan label mencolok mengenai alamat pengirimannya atau memberikan box paket dengan ornamen atau warna khusus sehingga jika terjadi stuck atau keterlambatan pengiriman. Anda dapat menghubungi pihak terkait dengan membeberkan ciri-ciri paket agar cepat ditindak lanjuti proses penanganannya.

3. Mengetahui syarat batasan pengiriman

Kebijakan serta peraturan dalam setiap jasa pengiriman tentu berbeda-beda, apabila Anda hendak mengirim suatu barang menggunakan jasa kirim tertentu pastikan dahulu syarat dari setiap layanan yang dicantumkannya. Mulai dari berat paket, volume ukuran paket, isi yang mau dikirim dan lain sebagainya. Hal ini untuk menghindari yang namanya penahanan pengiriman ketika proses transit antar satu wilayah ke wilayah lainnya.

Anda perlu memerhatikan hal ini, karena tidak jarang pihak agen wilayah lalai dalam tugasnya untuk memastikan standar pengiriman yang berlaku terlebih apabila adanya kebijakan baru dari pusat. Jadi akan lebih baik Anda memastikan sendiri standar yang berlaku dari setiap layanan pengiriman yang mau dipakai.

4. Memastikan keamanan barang yang dikirim

Selanjutnya ialah dengan memastikan isi barang yang Anda kirim terbungkus dengan aman. Sangat disarankan apabila Anda ingin mengirim barang apa pun itu usahakan menggunakan bubble wrap. Karena adanya guncangan dalam pengiriman bisa jadi membuat isi dalam paket Anda rusak. Untuk itu pastikan isi paket Anda aman dari guncangan dengan menyiapkan peredam di dalam box.

  1. Siapkan barang yang mau dikirim, kemudian bungkuslah dengan bubble wrap sehingga keseluruhan barang tidak terlihat
  2. Kemudian siapkan box atau kotak kardus dengan volume ukuran sesuai layanan yang Anda gunakan.
  3. Isi box kardus dengan peredam guncangan, bisa dengan potongan sterofoam, guntingan kertas yang banyak, kapas, potongan kain atau semacamnya
  4. Taruh barang yang sudah di bubble wrap tadi dalam box yang sudah diisi peredam guncangan secara hati-hati
  5. Tutup box dengan rapat dan rekatkan lakban pada penutupnya, kalau bisa Anda bungkus lagi boxnya dengan kantung keresek besar agar terhindar dari air dan kelembapan supaya tidak basah.
  6. Bungkus lagi dengan pack kayu apabila benda yang Anda kirim tergolong benda pecah belah atau elektronik besar.
  7. Pasang label berisi alamat atau tanda unik agar paket mudah dikenali apabila terjadi stuck atau hal semacamnya.

5. Beri barang Anda jaminan asuransi bila perlu

Jaminan asuransi dapat memberikan proteksi lebih apabila barang yang Anda kirim masuk kategori berharga. Tentu biaya asuransi tidak murah, namun apabila terjadi kerusakan barang karena alasan tertentu atau barang hilang setidaknya Anda memiliki jaminan uang kembali dan tidak mengalami kerugian berlebih.

6. Menyiapkan dokumen penting

Apabila target tujuan pengiriman Anda adalah luar negeri, alangkah bijaknya untuk mempersiapkan faktur atau surat keterangan. Supaya Anda terhindar dari yang namanya kendala bea cukai, perlu Anda tahu bahwa berurusan dengan bea cukai mengenai permasalahan paket itu benar-benar sangat membuat frustrasi dan membuang biaya serta waktu. Jadi lebih baik mencegah agar hal tersebut tidak terjadi.

7. Jaga dan lindungi informasi paket

Sebagai seseorang yang berkecimpung di dunia ekspedisi informasi dapat menjadi sebuah bumerang apabila tidak terjaga dengan aman. Misalnya ada seseorang yang mengetahu dengan jelas informasi paket Anda seperti nomor resi dan alamat. Apabila orang tersebut memiliki niatan buruk bisa saja dia pergi ke pusat pergudangan untuk mengambil paket atas nama Anda sebagai penerima karena membawa informasi terkait paket yang dicari. Jadi usahakan jangan beritahu siapa pun mengenai barang kiriman Anda.

Lihat Juga : Arti Overload Dalam Pengiriman Paket Ekspedisi

Jenis kurir pengiriman AnterAja

Jenis Kurir Pengirman AnterAja
Sumber Gambar : voi.id

Ketika kita melacak sebuah nomor resi pasti akan muncul mengenai status terkini mengenai lokasi paket yang sedang kita cek saat itu bukan. Nah ketika sedang mengecek kita sering kali menemukan istilah-istilah yang awam kita dengar seperti Transit, Pending, SATRIA, Sprinter dan sebagainya. Ternyata dalam istilah tersebut tersembunyi beragam makna yang menunjukkan bahwa paket kita sedang dalam kondisi estafet antar satu cabang menuju cabang lainnya.

Peralihan antar satu kurir dengan kurir lainnya pun juga terjadi dalam proses pengantaran apabila barang sudah mencapai pos cabang wilayah terdekat menuju alamat tujuan. Pada proses ini dalam sistem pengantaran AnterAja kurir diberi alias SATRIA ataupun Kurir Ekspedisi. Dan hal tersebut pun juga kadang berlaku untuk proses penjemputan paket atau pick up, kira – kira apa sih maksud dari alias kedua panggilan tersebut.  

1. SATRIA (Sprinter)

Dalam sebutan secara umum pada AnterAja, SATRIA merupakan istilah yang digunakan untuk kurir yang bertugas untuk melakukan penjemputan paket ke alamat pengirim paket. Biasanya istilah kurir pick up ini akan keluar ketika Anda mengecek proses status dari request pengajuan request jemput paket melalui sistem e-commerce yang Anda gunakan.

Dalam beberapa kesempatan ada kalanya istilah SATRIA juga dipakai sebagai julukan kurir yang mengantar barang kiriman ke alamat penerima. Dan sebagai catatan juga kurir tidak bisa selalu datang tempat waktu untuk menjemput paket maupun mengantarnya dikarenakan beberapa faktor tertentu yang dapat dimaklumi. Bisa jadi karena jam masuk yang mengikuti kebijakan wilayah setempat ataupun pihak kurir menjemput paket sesuai urutan daftar nama pelanggannya dan bisa jadi nama Anda sebagai requester terhitung di bagian menengah atau bawah.

2. Kurir Ekspedisi

Sebenarnya tidak berbeda jauh dengan istilah SATRIA, hanya saja kurir ini yang bertugas membawa paket antar satu cabang ke cabang lainnya secara estafet. Dan umumnya kurir ekspedisi menggunakan kendaraan beroda empat bertipe mini bus karena barang bawaannya yang cukup banyak. Di samping itu kurir ekspedisi ini bekerja selama 24 jam 7 hari seminggu secara bergilir. Kurir jenis ini juga jarang ditugaskan untuk mengantar barang ke alamat tujuan pengirim terkecuali dalam kondisi tertentu tergantung barang yang di pesan oleh pihak pengirim itu sendiri.

Lihat Juga : Arti COD Dalam Belanja Online

Cara cek resi AnterAja

Cek Resi Anteraja

Tahukah Anda bahwa setiap resi dari masing-masing perusahaan pengiriman memiliki perbedaan karakter serta jumlah digitnya. Misalnya saja seperti Ninja Express yang memiliki ciri khas menggabungkan angka dan huruf ataupun J&T yang selalu menyematkan dua karakter huruf di bagian depan resinya. Begitu pun dengan AnterAja, yang memiliki ciri khasnya sendiri yaitu nomor resinya terdiri dari 14 digit angka dengan kombinasi unik untuk setiap paket yang sedang dikirimkannya.

Nomor resi sendiri bisa didapatkan dengan dua cara, pertama apabila Anda mengirim barang sebagai seller melalui e-commerce seperti Shopee maupun Tokopedia. Nomor resi akan otomatis muncul pada aplikasi e-commerce. Akan tetapi jika Anda mengirimnya sendiri maka nomor resi akan langsung Anda dapatkan melalui surat tanda terima yang biasanya terletak tepat di bawah barcode. Selain itu untuk melacak nomor resi juga tersedia banyak cara sebagai berikut.

1. Cek resi AnterAja via website

Cara ini tergolong dasar dan umum digunakan untuk melacak lokasi paket melalui nomor resi yang telah ter-input secara resmi informasinya. Bahkan hampir seluruh website yang dicari dengan kata kunci “resi” dapat digunakan untuk melacak paket secara all in one dari semua perusahaan jasa ekspedisi. Namun pada kesempatan ini kita hanya akan menunjukkan tutorial pelacakan melalui website AnterAja.

  1. Pertama, buka aplikasi browser.
  2. Pada kolom pencarian isi dengan ”AnterAja”, lalu klik website teratas dengan tulisan “Cek resi AnterAja”. Jika perlu, Anda bisa buka link ini.
  3. Ketika Anda telah masuk di halaman utama website, isi kolom resi dengan nomor resi yang mau dilacak.
  4. Selesaikan teka-teki Captcha, lalu klik Cari.
  5. Nantinya informasi resi Anda akan muncul pada layar secara lengkap.
  6. Selesai.

2. Cara cek resi via aplikasi AnterAja

Selain melalui website, AnterAja juga menyediakan aplikasi secara gratis yang dapat Anda download melalui Google Play Store untuk melacak resi melalui jasa mereka. Sebelum memulai tutorialnya sebaiknya Anda download dulu aplikasinya melalui link di bawah ini.

  1. Buka aplikasi AnterAja yang susah di instal.
  2. Tepat di bagian menu utama, klik opsi Lacak Paket.
  3. Kemudian ketikan nomor resi dari paket yang mau Anda lacak pada kolom pelacakan.
  4. Pastikan nomor yang Anda masukan sudah tepat, jika sudah klik Lacak.
  5. Informasi yang Anda inginkan selanjutnya akan tampil dilayar utama.
  6. Selesai.

3. Cara cek resi AnterAja via Tokopedia

Apabila Anda pengguna e-commerce seperti Tokopedia, maka sistem pengecekan resi yang akan Anda gunakan menjadi lebih sederhana karena tidak perlu lagi menggunakan pihak ketiga. Hal ini di karena kan Tokopedia telah mengimplementasi program pengecekan resi pada sistem mereka.

  1. Pertama, buka aplikasi Tokopedia Anda.
  2. Jika sudah, masuk ke kolom riwayat pembelian barang.
  3. Nantinya Anda akan ditunjukkan barang apa saja yang Anda pesan dan pada list pembelian barang tersebut.
  4. Klik menu yang bertuliskan “Lacak Pesanan”.
  5. Dan nantinya Anda akan diberi informasi terkini mengenai paket yang sedang dalam proses pengiriman.
  6. Selesai.

4. Cek resi AnterAja via Shopee

E-commerce seperti Shopee pun juga menyediakan layanan pelacakan resi bagi penggunanya ketika melakukan check out pembelian barang. Hal ini dibuat agar memudahkan pengguna dalam menelusur paket mereka dengan lebih efisien dan akurat.

  1. Pertama, buka aplikasi Shopee.
  2. Kemudian masuk ke menu pengguna yang ada tulisan “Saya” di bagian sudut kanan bawah layar.
  3. Lalu masuk ke menu riwayat pembelian, klik menu bertulisan Dikirim pada bagian “Pesanan Saya”.
  4. Anda nantinya akan ditampilkan urutan list barang yang Anda pesan, klik salah satu barang yang ingin di cek resinya.
  5. Lalu akan muncul menu baru mengenai menu informasi barang serta alamat pengiriman, cari dan klik tombol Lacak.
  6. Informasi mengenai barang Anda yang sedang dalam proses pengiriman pun akan muncul nantinya.
  7. Selesai.

Lihat Juga : Istilah Pengiriman Barang J&T Express

Penutup

Sebagai perusahaan ekspedisi yang masih baru AnterAja tergolong sebagai jasa kirim terpercaya yang menyediakan pengiriman dengan harga yang masih terjangkau. Walaupun ada saja beberapa kendala dalam lintas pengirimannya, namun hal tersebut masih bisa di atasi dengan beberapa tips pengiriman yang telah tersedia pada penjelasan di atas.

Apa perbedaan layanan Sameday, Reguler dan Next Day?

Perbedaan utama yang paling mencolok dari ketiganya adalah tarif ongkir yang dibebankan serta waktu pengirimannya. Meski begitu waktu pengiriman cepat belum tentu dapat dijamin apabila ada situasi-situasi tertentu yang mendadak terjadi seperti kerusuhan maupun bencana alam.
1) Same Day : Maximal 8 jam
2) Reguler : 1-2 hari
3) Next Day : 1 hari

Apakah AnterAja buka pada hari minggu?

Mengenai hari libur atau tidaknya, menurut peraturan AnterAja secara umum mereka membuka kantor mereka mulai hari Senin sampai dengan hari Minggu. Hanya saja mungkin pada beberapa wilayah kantor pengiriman tutup pada hari minggu karena sesuai kebijakan daerah yang berbeda.

Apakah AnterAja melayani request pick up barang pada hari libur?

AnterAja tetap beroperasi meski pada hari minggu sekalipun hanya saja layanan ini cuma dapat dipakai pada beberapa daerah saja di Indonesia. Apabila Anda mencari aman sebaiknya usahakan request pick up bertepatan pada hari kerja saja, karena kebijakan masing-masing wilayah berbeda.

Apakah aman menggunakan jasa AnterAja?

Pertanyaan ini sebenarnya cukup subjektif, menurut pengalaman penulis sendiri ketika menggunakan AnterAja. Jasa ekspedisi ini selalu mengirim barang kisaran 1-3 hari jarak antara Jakarta dengan Surabaya, dan alamat yang dituju selalu tepat. Hanya saja apabila alamat tujuan berada di wilayah pelosok dan terpencil biasanya terjadi keterlambatan dikarenakan faktor lokasi.


Penulis : Agung Wijaya | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Jam Kerja

Agung Wijaya

Hi! I am someone who likes to be creative and share ideas about things that add to a more advanced mindset. Besides that, I also like to learn new things that are interesting and useful in building my character.

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Download Adobe Photoshop CS4 32 Bit / 64 Bit Terbaru

    Berikut kami sediakan link download Adobe Photoshop CS4 terbaru untuk Windows 7, 8, 10, 11
  2. Download Canva 32 Bit / 64 Bit (Free Download) Terbaru

    Berikut link download Canva terbaru for Windows, Mac, iOS, Android!
  3. Harga Cokelat SilverQueen di Indomaret dan Alfamart 2024

    Berikut update harga cokelat SilverQueen di Indomaret dan Alfamart terbaru 2024