Arti kata “On Process” dalam Pengiriman Paket JNE, J&T

Simak informasi mengenai arti kata on process pada status pengiriman paket berikut ini

Kalimat “On Process” tentunya cukup akrab kita baca ketika sedang mengecek status pengiriman JNE maupun J&T. Status tersebut muncul ketika barang pembeli tengah melalui proses pengantaran dari satu titik ke titik tujuan pengiriman lainnya. Kurang lebih seperti itulah artian yang dipahami oleh kebanyakan orang mengenai status “On Process”, adapun beberapa status lain yang serupa maknanya seperti “Departed From Transit”,” Shipment Forwarded To Destination” dan lain sebagainya. Untuk saat ini mari kita pahami terlebih dahulu mengenai “On Process” dan ekspedisi pengiriman terlebih dahulu.

Alasannya sendiri karena dengan memahami arti dari status ekspedisi logistik, akan mempermudah kita dalam mengetahui cara kerja pengiriman dan informasi yang ditampilkan pada status pelacakan nomor resi. Sebelum mulai ke pembahasan utama, saya ingin mengatakan bahwa sebagian penjelasan di bawah ini berdasarkan pengalaman yang saya miliki selama menggunakan jasa kirim JNE dan J&T.

Lihat Juga : Arti Kata Overload dalam Pengiriman Paket

Pengertian status informasi pada ekspedisi pengiriman

Jam Kerja Kantor JNE
Image Source : jne.co.id

Informasi status pengiriman merupakan bagian dari sistem operasional sebuah perusahaan ekspedisi yang dibuat dengan tujuan untuk menunjang efektivitas kerja maupun layanan pada pelanggan dalam memantau posisi dan kondisi barang yang ditransit ke tempat tujuan pengiriman. Di zaman modern ini kita menyebutnya dengan sistem tracking, yang mana secara umum dibuat melalui pemrograman website agar mempermudah penggunanya dalam mengakses informasi terkini mengenai proses transit pengiriman barang.  

Status informasi ini biasanya bisa Anda akses melalui kode khusus yang dapat kita sebut sebagai nomor resi. Nomor tersebut tidak selalu berupa angka, namun juga diselipkan beberapa huruf abjad pada bagian awal resi dan akhir. Nomor tersebut berguna sebagai kode yang dikhususkan untuk memberikan informasi status kepada pengguna resi sesuai dengan paket yang ingin mereka lacak status keberadaannya. 

Untuk mengakses status informasi resi pun dapat dibilang cukup sederhana, Anda hanya perlu menyalin ulang kode tersebut pada kolom pencarian cek resi pada website jasa ekspedisi yang Anda gunakan. Meski begitu, sekarang ini tak jarang banyak e-commerce yang telah menyertakan fasilitas penyedia status pengiriman dan resi pada masing-masing aplikasi yang mereka kembangkan. Sehingga Anda tidak perlu keluar masuk website hanya untuk mengecek keberadaan paket yang dipesan.

Lihat Juga : 6 Cara Mengirim Barang Lewat JNE

Memahami istilah “on process” pada JNE, J&T

Jam Kerja Kurir J&T
Image Source : blog-infotrik.blogspot.com

JNE maupun J&T merupakan nama perusahaan ekspedisi yang cukup bersahabat di mata masyarakat. Pasalnya setiap kali kita melakukan transaksi pada media e-commerce besar seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak jasa pengiriman tersebut pasti tersedia sebagai pilihan layanan ekspedisi yang dapat dipakai oleh pembeli. Adapun beberapa informasi status logistik yang menggunakan beberapa kalimat unik dalam mengindikasikan kondisi paket pada proses pengiriman.

Misalnya saja seperti kata “On Process” yang sering kita baca dalam setiap informasi status pengiriman logistik. Tapi apa sih on process itu? Jadi ketika kita membeli suatu barang melalui jasa ekspedisi, Anda akan diberikan sebuah resi pengiriman yang dapat difungsikan sebagai kode akses untuk menunjukkan informasi secara berkala mengenai pengiriman paket menuju ke kota/wilayah tujuan. Nah proses tersebutlah yang dimaksud dari kata “On Process”.  

Perlu Anda tahu bahwa tidak semua jasa ekspedisi pengiriman memakai kalimat serupa dalam menunjukkan status informasi pengiriman mereka meskipun merujuk pada maksud yang sama. Misalnya saja POS Indonesia yang memilih menggunakan kata “Diteruskan ke HUB” sedangkan TIKI memakai kata “Shipment” dan lain-lain. Sejauh ini yang memakai kode status “On Process” sebagai bagian dari informasi logistik hanya JNE dan J&T yang selama ini telah dikenal oleh masyarakat luas dengan kualitas pengiriman barangnya.

Lihat Juga : 6 Cara Komplain Pengiriman Barang JNE

Apakah On Process dan On Transit memiliki arti yang serupa?

Apabila tengah membahas mengenai kode status pengiriman barang, tak Afdol rasanya apabila tidak mengupasnya secara tuntas. Misalnya saja seperti pertanyaan di benak kita mengenai persamaan makna antara “On Process” dengan “On Transit”, secara kasat mata kedua kata tersebut memang dibaca berbeda namun terasa mirip dan bermakna sama. Memang mirip, terutama apabila kita mengambil kata “Transit” yang memang merujuk pada proses pengantaran barang. Akan tetapi apabila kita membahasanya dalam dunia ekspedisi seperti JNE dan J&T, on process mengindikasikan bahwa paket yang dikirim sedang dalam perjalanan ke wilayah tujuan pengiriman. Sedangkan on transit merupakan lanjutan dari on process, yang mana menandakan paket telah masuk ke wilayah tujuan dan sedang dikirim menuju kantor pusat di daerah tersebut untuk diantar ke penerima.

Mengapa status pengiriman selalu On Process terus?

Kita telah mengenal dengan apa yang dimaksud on process, dan seperti yang telah kita tahu bahwasanya status tersebut menunjukkan paket Anda telah masuk pada proses pengiriman. Tapi bagaimana jika Anda menjumpai keadaan di mana status pengantaran paket Anda mengalami penundaan dan terjebak dengan status on process dengan lebih lama dibandingkan seharusnya. Mungkin beberapa poin di bawah dapat menjawab pertanyaan Anda: 

  • Paket sedang di perjalanan – Cukup masuk akal rasanya apabila paket yang kita pesan tidak kunjung datang karena beberapa faktor eksternal. Misalnya saja lama pengantaran diakibatkan kondisi lalu lintas yang kurang stabil seperti macet, sehingga terjadi keterlambatan paket untuk tiba di tempat tujuan hingga 1-2 hari dari jadwal semestinya.  
  • Status lambat di update – Adapun kemungkinan masalah yang timbul akibat on process terus-menerus dikarenakan resi lambat di update. Hal tersebut pernah penulis sendiri alami ketika menunggu sebuah paket dengan tracking resi yang terjebak di on process, bahkan hingga barang kiriman tersebut akhirnya datang pun, status tersebut masih belum berubah.    
  • Overload di gudang – Faktor lainnya yang dapat menyebabkan status terkunci di on process diakibatkan oleh bertumpuknya barang kiriman di pusat sortir/gudang. Hal ini umum terjadi apabila kita memesan barang di hari-hari besar seperti lebaran, natal, tahun baru, imlek, dan event besar lainnya. Jika ini terjadi mau tidak mau Anda hanya bisa bersabar atau membatalkan pembelian apabila memang tidak tahan.
  • Terjadi masalah di pihak ekspedisi – Ada beberapa hal tidak dapat diantisipasi ketika proses pengiriman barang sedang berlangsung. Contohnya seperti paket Anda hilang di gudang penyortiran barang, kurir yang sedang transit mengalami kecelakaan, terjadinya error pada sistem database perusahaan ekspedisi, dan lain sebagainya.

Lihat Juga : Jam Kerja SiCepat Ekspres Terbaru

Istilah-istilah dalam status pengiriman JNT, J&T

Istilah Status Pengiriman Barang Ekspedisi
Sumber Gambar : review.bukalapak.com

JNT dan J&T dikenal sebagai jasa ekspedisi favorit masyarakat Indonesia karena pelayanannya yang menjamin paket untuk sampai ke tangan penerima. Meski begitu masih banyak pengguna yang memiliki pemahaman minim mengenai arti dari istilah-istilah yang tersaji pada status tracking resi pada JNE maupun J&T, untuk itu mari simak penjelasan mengenai arti status tersebut melalui tabel di bawah ini.

IstilahKeterangan
ManifestedPaket telah diterima oleh pihak perusahaan dan sedang menunggu untuk dikirim ke tujuan
On ProcessPaket dalam perjalanan menuju kota/wilayah tujuan
On TransitPaket sedang diantar menuju pusat sortir wilayah tujuan
Received on destinationPaket sudah berada di wilayah tujuan, dan menunggu kurir untuk mengantar ke alamat tujuan
DeliveredPaket telah sampai ke alamat penerima
RedeliveryPaket akan diantar ulang di hari yang sama karena alamat rumah tujuan tidak ada penerima
AU(Antar Ulang)Paket akan diantar ulang keesokan harinya karena faktor tertentu
BA(Bad Address)Alamat tujuan penerima sulit untuk ditemukan, sehingga disarankan untuk menghubungi kurir terkait
MR(Miss Route)Paket salah kirim ke alamat tujuan
CC(Criss-Cross)Paket Anda tertukar pengirimannya dengan paket lain
Cnee UnknownPihak yang menerima paket bukanlah si penerima aslinya, hal ini terjadi apabila paket diterima oleh pihak terdekat yang berada di sekitar alamat penerima
Closed Once Delivery AttemptPaket telah tiba di alamat tujuan, namun tidak ada penerima di alamat tujuan
NTH (Not at Home)Paket telah tiba di alamat tujuan, namun tidak ada penerima yang menerima paket, biasanya kurir akan menyerahkannya ke tetangga dekat.
OutbondPaket telah dibawa agen pengirim namun belum disampai ke tangan penerima

Lihat Juga : 9 Cara Komplain Pengiriman Barang J&T Express

Penutup,

JNE dan J&T merupakan sebagian pihak yang mengakomodasi layanan ekspedisi logistik dengan cara serta penerapan peraturan yang mereka miliki. karenanya beberapa istilah dalam pengiriman dari keduanya mungkin akan memiliki makna yang sedikit berbeda dari apa yang telah dituliskan pada pembahasan di atas.

Apa arti “On Process”?

Proses di mana sebuah paket sedang berada dalam perjalanan menuju ke wilayah / kota tujuan pengiriman.

Apa bedanya “On Process” dan “On Transit”?

On process mengindikasikan bahwa paket yang dikirim sedang dalam perjalanan ke wilayah tujuan pengiriman. Sedangkan on transit merupakan lanjutan dari on process, yang mana menandakan paket telah masuk ke wilayah tujuan dan sedang dikirim menuju kantor pusat di daerah tersebut untuk diantar ke penerima.

Apa yang membuat paket terlambat datang?

Ada terlalu banyak faktor yang mempengaruhi keterlambatan paket, namun masalah yang paling umum yaitu akibat terjadinya penumpukan digudang penyortiran barang. Hal ini biasanya terjadi pada hari-hari besar seperti Lebaran, Natal, Imlek, Black Friday, dsb.

Manakah yang lebih unggul antara JNE dengan J&T?

Dari segi performa pengiriman barang JNE sedikit lebih unggul dari J&T, alasannya sendiri karena kantor-kantor cabang JNE telah tersebar ke banyak wilayah pelosok dibandingkan J&T. Hal tersebut cukup masuk akal mengetahui bahwasanya JNE berdiri lebih awal daripada J&T.


Penulis : Agung Wijaya | Editor : Wahyu Setia Bintara, Rudi Dian Arifin

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 15 Cara Mengatasi Tidak Bisa Upload Foto dan Video Instagram

    Berikut penyebab dan tips memperbaiki aplikasi Instagram yang tidak bisa upload foto dan video
  2. 9 Cara Mengatasi Shopee Error, Tidak Bisa Dibuka

    Berikut penyebab dan solusi memperbaiki aplikasi Shopee tidak bisa dibuka di HP Android
  3. 17 Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka

    Berikut penyebab dan solusi mengatasi Google Play Store tidak bisa dibuka di HP Android yang dapat…