Jam Kerja Bank BCA Terbaru, Dari KCU, KCP, dan lainnya

Ketahui jam kerja layanan bank BCA di KCU dan KCP melalui pembahasan berikut ini!

PT. Bank Central Asia atau BCA telah berdiri sejak lebih dari 70 tahun yang lalu dan eksis sampai sekarang dengan lebih dari 22 juta orang yang mendaftar menjadi nasabahnya. Sebagai salah satu bank tertua di Indonesia, BCA telah mengeluarkan banyak inovasi dalam memberikan layanan kepada para nasabahnya. Seperti memperkuat bisnis perbankan transaksi melalui pengembangan produk dan layanan yang inovatif, seperti di antaranya aplikasi mobile banking untuk smartphone, layanan pembayaran melalui e-commerce serta mengembangkan konsep baru Electronic Banking Center yang melengkapi ATM Center dengan tambahan fitur-fitur yang didukung teknologi terkini.

Selain itu BCA juga mengembangkan jaringan ATM berbasis Cash Recycling Machine. Bagi Anda yang tidak tahu, Cash Recycling Machine atau disingkat (CRM) merupakan fasilitas perbankan yang bukan hanya digunakan untuk penarikan uang tunai layaknya ATM, namun juga menyediakan layanan setoran tunai dari nasabah.

Meski sudah banyak tersedia bank digital karena mengikuti pasar modern yang menuntun sistem transaksi non tunai via e-wallet. Bank konvensional masih sangat dibutuhkan oleh banyak orang, dengan alasan bahwa transaksi tunai telah mendarah daging di banyak sektor perdagangan. Sehingga peralihan besar-besaran ke pembayaran digital seperti China, Jepang, Korea, Inggris, Singapura maupun negara maju lainnya masih sulit untuk diterapkan oleh banyak alasan.

Ringkasan

  • Jam operasional kantor bank BCA terbagi menjadi dua yaitu kantor cabang utama dan kantor cabang pembantu. Untuk hari dan jam kerja KCU berlangsung pada hari Senin – Jumat, pukul 08.00 – 15.00 WIB. Sedangkan KCP buka di hari Senin – Jumat, pukul 09.00 – 17.00 WIB.
  • BCA menyediakan layanan operasional weekend pada beberapa wilayah cabangnya dengan jam kerja terbatas. Layanan ini diberi nama BCA Weekend yang buka di hari Sabtu – Minggu, mulai pukul 10.00 – 15.00 WIB.
  • Bank BCA memiliki kebijakan batasan layanan offline yang mana mengharuskan nasabahnya tidak melakukan aktivitas transaksi pada waktu – waktu yang telah ditetapkan.

Lihat Juga : Kode Transfer BCA dan Bank Lainnya

Jam Kerja Layanan Bank BCA Terbaru

Jam Kerja Bank BCA
Sumber Gambar : detik.com

Negara kita masih tertarik dengan transaksi tunai karena mayoritas masyarakat bergerak di UKM mikro yang mana pembayaran cash lebih mudah diterapkan dan fleksibel. Selain itu masih banyak masyarakat yang bergantung terhadap bank konvensional untuk penarikan tunai secara instan. Serta masih banyak hal berkaitan dengan keuangan yang membutuhkan keberadaan bank konvensional di tengah-tengah masyarakat.

Dari banyaknya nasabah Bank BCA, masih ada sebagian yang kurang paham mengenai jadwal kerjanya. Pasalnya ada beberapa wilayah yang menetapkan jam operasi aktif kerja pada hari libur meski hanya terbatas sampai setengah hari.

Jam operasional BCA di kantor cabang utama

Sebagai bank yang telah mendarah daging di Indonesia sejak 70 tahun yang lalu, bank BCA memiliki cabang wilayah yang tersebar hampir ke seluruh Indonesia sejumlah 1.241 dan aktif mengurus 29 juta rekening nasabah per tanggal 31Maret 2022. Dari semua kantor yang ada, BCA memiliki kantor induk pada setiap wilayah untuk dijadikan sebagai cabang utama yang disebut KCU (Kantor Cabang Utama).

KCU sendiri bertugas sebagai perwakilan kantor pusat dengan gedung luas untuk menampung kegiatan nasabah dalam volume yang lebih besar. Di kantor ini pula biasanya nasabah pemegang kartu debit platinum mengurus transaksi mereka. KCU sendiri memiliki jam kerja yang berbeda-beda pada tiap daerah dan wilayah, namun secara umum kantor ini beroperasi pada.

  • Senin – Jum’at : 08.00 – 15.00 WIB
  • Jam Istirahat : 12.30 –13.00 WIB
  • Jam Istirahat Khusus hari Jum’at : 11.30 WIB –13.00 WIB
  • Sabtu – Minggu : Libur

Jadwal di atas merupakan jam dan hari kerja bank BCA sebagai kantor cabang utama secara umum. Sedangkan pada realitas operasionalnya, bank BCA terkhususnya KCU memiliki jadwal yang berbeda. Misalnya saja seperti yang bertempat di Jakarta

Alamat: “ Jl. M.H. Thamrin No.1, RT.9/RW.5, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10310, Indonesia. ” 

  • Senin – Jum’at : 09.00 – 17.00 WIB
  • Jam Istirahat : 12.00 –13.00 WIB
  • Jam Istirahat Khusus hari Jum’at : 11.30 WIB –13.00 WIB
  • Sabtu – Minggu : 10.00 WIB – 15.00 WIB (Buka untuk beberapa wilayah tertentu)
  • Sabtu – Minggu : Libur (Secara umum)

Jam operasionalnya berbeda seperti pada cabang lain seperti di Malang, Sidoarjo, Blitar, Kediri dan beberapa kota lainnya. KCU Menara BCA memiliki jam operasional terpanjang lantaran terhitung sebagai KCU terbesar di Jakarta dan berlokasi di menara BCA sendiri sehingga banyak nasabah datang setiap harinya. Meskipun Sabtu dan Minggu terhitung libur, KCU biasanya buka pada hari libur tertentu karena dibutuhkan oleh nasabahnya misalnya saja seperti hari lebaran.

Lihat Juga : Kode Transfer Bank BNI dan Bank Lainnya

Jam operasional BCA di kantor cabang pembantu

Perbedaan antara kantor cabang utama dengan kanto cabang pembantu atau KCP tidak begitu besar. Hanya saja kantor cabang pembantu memiliki ukuran gedung yang relatif lebih kecil dan hanya dapat menampung sebagian kecil nasabah saja. Dan kantor cabang pembantu biasanya lebih sering terlihat di wilayah – wilayah pinggiran yang jauh dari jalan utama. Walaupun begitu nasabah masih bisa mendapatkan layanan penuh seperti membuka rekening tabungan, ganti kartu ATM, dan lain sebagainya.

  • Senin – Jum’at : 08.00 – 15.00 WIB
  • Jam Istirahat : 12.00 – 13.00 WIB
  • Jam Istirahat Khusus hari Jum’at : 11.30 –13.00 WIB
  • Sabtu – Minggu : Libur

Secara umum jadwal kerja kantor cabang pembantu sama seperti kantor cabang utama, bahkan pada hari Sabtu dan Minggu tidak menutup kemungkinan KCP tetap beroperasi pada jam yang terbatas. Walaupun jarang sekali kasus semacam ini.

Jam operasional ATM BCA

Mungkin pembahasan ketiga ini dirasa tidak terlalu penting karena sudah umum diketahui oleh masyarakat. Tapi masih ada saja seseorang yang bertanya apakah ATM masih dapat digunakan ketika bank sudah tutup? Tentu saja jawabannya bisa. Jadi meskipun bank telah tutup namun kegiatan transaksi seperti transfer, pembayaran, setor tunai para nasabah bisa menggunakan mesin ATM.

  • Senin – Minggu : 24 Jam

Bahkan Anda tidak perlu pergi ke bank hanya untuk kegiatan tersebut, karena mesin ATM sendiri ada di banyak tempat seperti gerai minimarket, restoran, mall, tempat wisata dan di tempat – tempat umum lainnya. Meskipun ada beberapa risiko yang menyertai menggunakan ATM ditempati semacam ini, misalnya seperti uang tunai yang habis, struk yang habis atau macet, phising melalui ATM dari orang-orang tidak dikenal, antrean yang panjang, kartu ATM macet atau tertelan dan tidak bisa keluar serta lain sebagainya.

Lihat Juga : Cara Mengatasi Lupa PIN ATM BCA

Jam operasional BCA Online (Call Center BCA)

BCA adalah bank swasta yang juga fokus memberikan layanan terhadap nasabahnya, bahkan kepada mereka yang jauh atau tidak dapat datang langsung ke kantor cabangnya. Dengan Halo BCA, layanan perbankan yang menyatukan berbagai fasilitas layanan BCA seperti call center, Twitter, WhatsApp, email, dan chat pada satu aplikasi. Jadi apabila Anda memiliki masalah mengenai suatu transaksi tertentu, nasabah tidak perlu repot – repot pergi ke kantor cabang untuk mengantre panjang dan mengurusnya cukup dengan aplikasi Halo BCA saja.

  • Senin – Minggu : 24 Jam

Kelebihan utama yang dimiliki oleh BCA Online ini adalah gratis dan bebas pulsa, bahkan Anda dapat menggunakannya kapan pun dan di mana pun ketika membutuhkannya.

Jam operasional BCA Offline

Dengan adanya BCA Online, banyak orang menjadi mudah bertransaksi terutama untuk mereka yang hobi belanja online di akhir bulan. Meski begitu ada hal yang perlu Anda perhatikan salah satunya adalah transaksi perbankan memiliki jadwal offline. Atau dengan kata lain Anda tidak dapat bertransaksi pada jam – jam tertentu sebagai berikut. 

  • Senin – Minggu : 22.00 – 04.00 WIB
  • Senin – Minggu : 23.00– 05.00 WITA
  • Senin – Minggu : 00.00 – 06.00 WIT

Apabila Anda masih bersih keras untuk melakukan transaksi di jam-jam tersebut, maka pengiriman dana akan tertunda atau bermasalah dan justru akan memakan banyak waktu bagi Anda untuk mengoreksinya kembali. Alasan mengapa jam Offline ini ada yaitu bertujuan untuk memberikan waktu bagi pihak bank dalam melakukan pemeliharaan sistem dan peningkatan kualitas layanannya. Dan perlu Anda tahu, bahwa jadwal tersebut dapat berubah-ubah setiap tahunnya sehingga tidak pasti.

Lihat Juga : Cara Cek Mutasi Rekening BCA

Jadwal BCA Weekend

Jadwal Kerja BCA Weekend
Sumber Gambar : sidoarjoterupdate.com

Sebagai orang yang sibuk tentunya banyak orang tidak akan punya waktu yang cukup untuk mengurus hal lain di luar jam istirahat mereka. Apalagi jika hal tersebut menyangkut hal administratif seperti perpanjangan SIM, mengurus perubahan KK, dan lain-lainnya terlebih mengurus hal yang menyangkut kehidupan sehari-hari seperti perbankan. Agar masalah seperti ini teratasi BCA mengeluarkan sejumlah layanan kepada nasabahnya yang memiliki jam sibuk pada hari kerja dengan menghadirkan BCA Weekend. Layanan ini tersedia pada akhir pekan pada.

  • Sabtu – Minggu : 10.00 – 15.00 WIB dan waktu setempat

 BCA Weekend kebanyakan beroperasi pada KCU (Kantor Cabang Utama) di setiap wilayah yang ada di Indonesia. Adapun beberapa KCP yang ikut melayani pada akhir pekan namun hanya di beberapa wilayah saja. Untuk layanan transaksi yang disediakan BCA Weekend sendiri meliputi:

Transaksi Teller (mata uang rupiah)

  • Setoran & Tarikan Tunai
  • Setoran & Tarikan Pemindahan
  • Setoran Pajak & Penerimaan Negara Lainnya

Transaksi Customer Service

  • Pembukaan Rekening dalam Mata Uang Rupiah
  • Penggantian Buku Penempatan Deposito
  • Penggantian Kartu Pembelian Kartu Flazz
  • Pembukaan & Pencabutan Fasilitas
  • Perubahan Data
  • Pembuatan Surat Referensi
  • Pengambilan Warkat
  • Penanganan Masalah / Keluhan
  • Pencetakan Laporan Portofolio
Nama CabangLokasiWaktu Operasional
KCP Bandung Electronic CentreKota BandungSabtu
KCP Bandung Trade CentreBandungSabtu
KCU BANDUNGBandungSabtu
KCU SUKABUMISukabumiSabtu
KCP MajapahitSemarangSabtu
KCU SEMARANGSemarangSabtu
KCU SOLO SLAMET RIYADISurakartaSabtu
KCU YOGYAKARTAYogyakartaSabtu
KCP Tunjungan PlazaSurabayaSabtu, Minggu
KCP Pasar AtumSurabayaSabtu, Minggu
KCU GALAXYSurabayaSabtu
KCU SIDOARJOKab. SidoarjoSabtu
KCP Cemara AsrKab. Deli SerdangSabtu
KCP Plaza Medan FairMedanSabtu, Minggu
KCP PenuinBatamSabtu
KCU MEDANMedanSabtu
KCU PADANGPadangSabtu
KCU PEKANBARUPekanbaruSabtu
KCU MALANGMalangSabtu
KCP Mal Pondok IndahJakarta SelatanSabtu
KCP Senayan CityJakarta PusatSabtu
KCP Mall Grand IndonesiaJakarta PusatSabtu
KCP Mal Kelapa Gading IIIJakarta UtaraSabtu, Minggu
KCU KELAPA GADINGJakarta UtaraSabtu
KCP Pluit Mega MalJakarta UtaraSabtu, Minggu
KCP Mangga Dua MalJakarta PusatSabtu, Minggu
KCP Glodok PlazaJakarta BaratSabtu
KCP Perniagaan TimurJakarta BaratSabtu
KCP Muara Karang 2Jakarta UtaraSabtu
KCP KHM MansyurJakarta BaratSabtu
KCU PASAR BARUJakarta PusatSabtu
KCP AEON Mall BSDKab. TangerangSabtu, Minggu
KCP Mal CiputraJakarta BaratSabtu, Minggu
KCP Mal Taman AnggrekJakarta BaratSabtu, Minggu
KCP Supermal KarawaciKab. TangerangSabtu, Minggu
KCP Metro Tanah AbangJakarta PusatSabtu
KCU TANGERANGTangerangSabtu
KCU ALAM SUTERATangerang SelatanSabtu
KCU GADING SERPONGKab. TangerangSabtu, Minggu

Lihat Juga : Cara Ganti PIN ATM BCA

Penutup

Sebagai salah satu bank tertua di Indonesia, BCA membuktikan layanan terbaiknya terhadap nasabah, hal ini dibuktikan dengan banyaknya pengembangan serta inovasi pelayanan yang mengikuti jaman. Seperti sistem perbankan digital melalui Halo BCA maupun BCA Mobile yang sama-sama memudahkan nasabahnya. Bank BCA juga tidak melupakan nasabah mereka yang setia dengan pelayanan konvensional dengan menyediakan BCA Weekend untuk siap mengatasi banyak request transaksi di akhir pekan bagi mereka yang selalu sibuk pada hari kerja.

Apakah kantor BCA buka pada hari Sabtu dan Minggu?

Secara umum kantor bank BCA beroperasi sesuai hari kerja yang ditetapkan pemerintah yaitu Senin sampai Jumat dengan libur pada hari Sabtu dan Minggu. Meski demikian pihak BCA sendiri menghadirkan layanan BCA Weekend yang beroperasi di akhir pekan mulai jam 10:00 sampai jam 15:00 waktu setempat. Hanya saja layanan ini masih terbatas pada beberapa wilayah pada tabel yang dapat Anda cek di atas.

Layanan apa saja yang disediakan BCA pada akhir pekan?

Pada jam operasi di hari Sabtu dan Minggu BCA Weekend menghadirkan layanan layaknya pada hari kerja hanya saja jam kerjanya saja yang terbatas.

Apa yang akan terjadi bila kita melakukan transaksi di jam offline?

Hal yang terjadi apabila Anda melakukan transaksi pada jam offline di BCA adalah transaksinya kemungkinan tertunda. Atau bahkan dalam kasus yang jarang yaitu bermasalah. Akan lebih bijak apabila Anda melakukan transaksi pada jam online BCA karena ada petugas yang aktif apabila terjadi kendala yang tidak diinginkan.

Apa yang terjadi apabila saldo ATM BCA kita kosong?

Kemungkinan besar rekening giro Anda akan ditutup apabila saldo telah mencapai nol, dan tidak ada aktivitas transaksi selama 18 bulan secara berturut-turut.


Penulis : Agung Wijaya | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Jam Kerja

Agung Wijaya

Hi! I am someone who likes to be creative and share ideas about things that add to a more advanced mindset. Besides that, I also like to learn new things that are interesting and useful in building my character.

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 1285 Nama PUBG Keren, Aesthetic, Simbol, Anime, Cewek, Cowok, Jarang Dipakai!

    Simak daftar nama PUBG Mobile yang keren, aesthetic, lucu, dari A – Z untuk cewek dan…
  2. 265 Rekomendasi Ide Nama PT yang Bagus dan Belum Dipakai

    Berikut sejumlah rekomendasi nama PT yang menarik!
  3. Ukuran Kartu Nama Standar Indonesia, Internasional + Template Gratis!

    Ketahui ukuran kartu nama dalam cm, inchi, dan pixel, standar Indonesia dan Internasional