Jam Kerja J&T Express Terbaru

Saat ini banyak sekali penyedia layanan jasa pengiriman barang di Indonesia. Hal tersebut terjadi karena banyaknya masyarakat yang hobi dengan belanja online situs e-commerce daripada datang ketempatnya secara langsung. Tentunya dengan jasa tersebut, kita dapat menghemat waktu dan juga praktis dalam melakukan pembelian barang.

Berbicara mengenai jasa pengiriman barang. Terdapat salah satu jasa pengiriman yang sangat menarik perhatian masyarakat, termasuk saya sendiri. Jasa tersebut tidak lain adalah J&T. J&T merupakan salah satu sebuah perusahaan logistik mutlinasional di Indonesia. Tentunya jasa pengiriman J&T ini sudah tidak asing lagi bagi yang hobi belanja online.

Memang J&T ini bisa dikatakan masih tergolong baru, daripada jasa pengiriman barang lainnya. J&T sendiri baru saja didirikan pada tanggal 20 Agustus 2015 silam. Selain itu, tidak sedikit orang yang menggunakan jasa pengiriman ini. Terlebih lagi dalam kurun beberapa taun saja perkembangannya cukup pesat, yang mana mungkin J&T saat ini dapat menyaingi kompetitor jasa pengiriman barang terbesar di Indonesia seperti halnya JNE yang mana memiliki banyak penggunanya.

Lihat Juga : Hari dan Jam Kerja JNE

Jam Kerja J&T Express

Mungkin banyak orang penasaran, mengapa sebagian masyarakat lebih milih jasa pengiriman J&T ini?. Perlu diketahui, jasa pengiriman ini menghadirkan berbagai layanan yang terbaik untuk calon penggunanya. Misalnya saja Jam Kerja J&T ini lebih panjang, buka setiap hari dan juga. J&T dikenal dengan pengiriman on-time.

Tentunya dengan layanan tersebut, anda dapat dengan bebas mengirim atau menerima barang di waktu kapanpun. Baik pagi, siang dan malam. Terlepas mengenai hal tersebut, pada dasarnya Jam Kerja J&T Express sendiri dapat disimpulkan seperti berikut ini:

  • J&T memberikan layanan pengiriman barang dan penerimanan barang di setiap harinya (Senin – Minggu).
  • J&T memberikan pelayanan kepada customer non stop mulai dari jam 08.00 – jam 20.00. Hal tersebut berlaku untuk jasa pengantaran kurir.
  • Jam kerja kantor cabang, agen & drop point mulai dari jam 08.00 sampai 20.00.

Anda tidak perlu khawatir jika anda masih belum paham mengenai garis besar tersebut. Untuk itu saya akan menjelaskan lebih detailnya mengenai jam kerja J&T berikut ini.

Lihat Juga : 4 Cara Belanja di AliExpress untuk Pemula

Jam Kerja Pengiriman Barang J&T

Daftar Jam Kerja J&T
image source : indocargotimes.com
Kantor J&T ExpressKeterangan Jam Kerja
Kantor CabangHari : Senin – Minggu
Jam : 08.00 – 20.00 WIB
Drop Point / AgenHari : Senin – Minggu
Jam : 08.00 – 20.00 WIB

Seperti yang tertera dalam tabel diatas, bahwasannya Kantor Cabang dan Drop Point J&T akan menerima barang mulai dari jam 08.00 sampai 20.00. Terlebih lagi, pengambilan barang dari Drop Point ke Kantor Cabang akan terus berjalan. Dengan begitu barang tidak akan menumpuk dalam waktu yang lama serta membuat barang lebih cepat sampai ke penerima.

Tentunya hal tersebut merupakan poin tambahan dalam menggunakan jasa pengiriman J&T ini. Dan hal itu juga lah yang membedakan J&T ini dengan jasa pengiriman lainnya.

Lihat Juga : Hari dan Jam Kerja Ninja Xpress

Jam Kerja Kurir Pengiriman Barang J&T

Jam Kerja Kurir J&T
image source : blog-infotrik.blogspot.com
Jenis KurirJam Kerja KurirKeterangan
Kurir LapanganHari : Senin – Minggu Jam : 08.00 – 20.00Kurir akan mengantarkan barang mulai dari jam  08.00 – 20.00.
Kurir ExpedisiHari : Senin – Minggu Jam : 24 JamTerdapat kerjasama antara J&T dengan berbagai penyedia transportasi untuk mempercepat pengiriman logistik.

Terdapat dua macam paket pengiriman barang yang ada di J&T, yaitu paket JSD (J&T Same Day) dan juga paket J&T Regular. Tentunya diantara kedua paket tersebut memiliki perbedaan yang mendasar. Diantaranya adalah jika milih paket JSD, barang anda akan terkirim dalam waktu sehari saja (tergantung wilayah terdekat dari Drop Point). Lain halnya paket Regular, yang akan masa pengiriman barangnya 2 sampai 5 hari.

Terlebih lagi, di dalam J&T terdapat juga sebuah fitur layanan Get In Touch J&T. Yang mana berguna bagi pelanggan untuk menghubungi CS J&T.

Lihat Juga : 3 Cara Belanja di Shopee Untuk Pemula

Cek Pengiriman Barang J&T

Jika anda berbelanja barang secara online, tentunya anda mendapatkan no. pengiriman bukan setelah melakukan pembelian. Dan mungkin tidak sedikit orang yang masih belum mengetahui kegunaan dari nomor tersebut. Untuk sekedar informasi saja, fungsi dari no. perngiriman barang/resi tersebut berguna untuk melacak posisi terbaru barang yang anda pesan.

Tentunya disetiap jasa pengiriman barang di Indonesia ini memiliki berbagai cara yang dilakukan. Untuk cek pengiriman barang di J&T sendiri dapat anda lakukan dengan dua cara, yakni melaui website dan smartphone. Berikut untuk lebih jelasnya.

Melalui Smartphone

Langkah pertama, download terlebih dahulu Aplikasi J&T di Google Play untuk pengguna Android atau App Store untuk pengguna iPhone. Lihat di bagian atas pada halaman utama Aplikasi J&T » lalu tekan kolom SearchLacak Resi”. Selanjutnya masukkan Nomor Resi barang yang ingin anda lacak, tekan Cari. Setelah itu, anda akan disajikan informasi terkait detail pengiriman barang anda. Mulai dari awal pengiriman barang hingga ke sampai ke tujuan.

Cek Resi Aplikasi J&T

Melalui Website J&T

Selanjutnya untuk cek resi barang melalui Website J&T ini, caranya kurang lebih hampir sama dengan metode sebelumnya. Yakni anda harus mengakses Website resmi J&T terlebih dahulu. Lihat dibagian atas halaman website tersebut, lalu klik menu Cari » pilih Lacak Paket. Selanjutnya masukkan Nomor Resi barang anda, lalu klik Cari.

Kemudian anda akan menemui Pop up menu, yang mana anda disuruh untuk memasukkan Kode Captcha yang tertera pada gambar untuk dilakukan Verifikasi. Setelah itu, anda akan disajikan informasi terkait detail pengiriman barang anda.

Cek Resi Website J&T

Lihat Juga : Cara Belanja di JD.ID dari Web & App

Apa itu Drop Point?

Mungkin bagi anda yang masih baru dalam menggunakan jasa pengiriman J&T ini, setidaknya anda pernah mengdengar dengan isitlah Drop Point bukan. Nah, Drop Point tersebut merupakan sebuah kantor agen dari J&T. Drop Point sendiri telah menyebar di beberapa wilayah di Indonesia, khususnya di setiap kecamatan terdapat 1 Drop Point. Terkadang juga terdapat 2/3 Drop Point pada daerah tertentu.

Tentunya dengan adanya Drop Point tersebut, pendistribusian barang antar penerima dan pengirim dapat lebih cepat. Terlebih lagi, fungsi dari Drop Point J&T ini untuk mengedepankan sistem sentralisasi dalam pengelolaan barang pengiriman. Dan jika anda ingin mengecek Drop Point J&T di daerah anda, anda dapat ikuti berberapa langkah yang saya berikan berikut ini.

Cara Cari Drop Point

Langkah pertama, akses terlebih dahulu website resmi dari J&T. Kemudian, dapat anda lihat pada bagian atas halaman utama dari website J&T. Klik menu Cari » pilih Cari Drop Point. Selanjutnya masukkan Nama Daerah anda (Kota/Kecamatan), jika sudah menemukan daerah anda klik Cari. Setelah itu anda akan ditampilkan Alamat dari Drop Point J&T yang ada di daerah tersebut termasuk Jam Buka & Peta Wilayah.

Drop Point J&T

Lihat Juga : Cara Belanja di AkuLaku Bayar via Alfamart

Q&A Seputar J&T

Berikut merupakan pertanyaan yang sering ditanyakan oleh kebanyakan cutomer. Tentunya hal ini sangatlah perlu untuk anda ketahui sebagai pengguna baru dari J&T.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk pengiriman barang di J&T?

Untuk lamanya pengriman barang, tentu tergantung alamat penerima barang. Didalam J&T sendiri terdapat layanan J&T Regular, yang mana paket akan tiba sekitar 2 – 5 hari kerja. Namun jika alamat penerima dengat dengan Drop Poin J&T, maka kemungkinan paket tiba 2 – 3 hari kerja. Lain halnya jika alamat penerima sangat jauh dari jangkauan, pengiriman akan membutuhkan waktu sampai 5 hari kerja bahkan lebih.

Bagaimana cara mengirim paket dengan asuransi?

Untuk melakukan hal tersebut, Anda dapat memberi tahu kepada admin drop point J&T Express bahwa anda ingin mengasuransikan paket kiriman anda. Selanjutnya pihak J&T Express akan melakukan perhitungan biaya asuransi paket anda dengan perhitungan 0.2% dari harga invoice barang yang dikirimkan.

Apakah pengiriman J&T tetap dilakukan di hari minggu?

Tentunya iya, selama kuota pengantaran masih belum terpenuhi. J&T tetap akan melakukan pengiriman di hari minggu. Bahkan saat ini pun J&T juga melakukan penerimaan barang di hari minggu.

Bagaimana jika terdapat kerusakan / kehilangan paket saat pengiriman?

Jika Anda telah melakukan pembayaran asuransi dan melengkapi semua dokumen klaim, maka pihak J&T Express akan melakukan pembayaran klaim sesuai dengan nominal barang yang dikirimkan, maksimal Rp. 20.000.000,- (Dua Puluh Juta Rupiah)

Apa yang terjadi jika customer mengirimkan paket barang yang berbahaya?

Bagi customer yang dengan sengaja mengirimkan barang yang dilarang atau barang berbahaya maka berdasarkan Pasal 47 UU No. 38 Th. 2009, customer akan dipidana dengan hukuman penjara paling lama 5 (lima) tahun atau denda paling banyak Rp. 1.000.000.000,- (Satu Miliar Rupiah) dan pihak penyedia jasa pengiriman (J&T Express) tidak bisa dikenakan pertanggungjawaban atas kejadian tersebut.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.