Jam Kerja Bank BNI Terbaru, Dari KCP, KCU dan lainnya 2024

Ketahui hari dan jam kerja layanan bank BNI terbaru berikut ini!

77 tahun yang lalu tepatnya pada 5 Juli 1946. Pemerintah Indonesia membentuk “Bank Negara Indonesia” atau lebih dikenal dengan BNI. Pada tahun yang sama pula BNI ditetapkan sebagai bank milik negara dan memiliki peran dalam memperbaiki ekonomi rakyat dan berpartisipasi dalam pembangunan nasional. Melalui layanan penyimpanan dana maupun fasilitas pinjaman baik pada segmen korporasi, menengah, maupun kecil. Beberapa produk dan layanan terbaik telah disesuaikan dengan kebutuhan nasabah sejak kecil, remaja, dewasa, hingga pensiun.

Karena sejarahnya inilah, BNI menjadi salah satu bank terpercaya di masyarakat Indonesia sejak lama. Terlebih bank BNI mampu menggapai pelosok-pelosok daerah untuk menyebarkan kantor cabang mereka sehingga lebih dikenal masyarakat wilayah pedesaan. Namun sayangnya masih ada banyak nasabah yang kurang memahami mengenai jam kerja sebuah bank, terutama bagi nasabah yang tinggal di daerah – daerah terpencil karena minimnya informasi. Apabila Anda memiliki kerabat atau keluarga yang awam mengenai informasi jam kerja bank BNI, silakan bagikan informasi yang akan kita bahas mengenai topik tersebut. 

Ringkasan

  • KCU dan KCP BNI memiliki jam kerja Senin – Jum’at : 08.00 – 15.00 WIB dengan jam istirahat 12.00 – 13.00 WIB.
  • BNI memiliki kebijakan operasional weekend Sabtu – Minggu pada jam 10.00 – 14.00 WIB pada wilayah – wilayah khusus yang memiliki kantor cabang utama.
  • Call Center BNI dapat dihubungi melalui beberapa cara seperti via E-mail, jejaring media sosial, App BNI Call, Kontak BNI dan BNI Chat With Us.

Lihat Juga : Kode Transfer Bank BNI dan lainnya

Jam Kerja BNI

Jam Kerja BNI
Sumber Gambar : flip.id

Meski sudah bolak – balik ke bank masih banyak orang yang menganggap bank sebagai tempat menabung saja. Padahal tempat ini menyediakan layanan yang cukup beragam kepada nasabahnya, misalnya seperti deposito, giro, kredit dan layanan jasa. Meski begitu layanan yang sering digunakan nasabah secara umum yaitu menyangkut transaksi dana antara transfer dan penarikan tunai. Dalam aktivitas jam operasionalnya, sebuah bank bisa menangani puluhan bahkan ribuan transaksi per harinya. Tidak jarang pada jam sibuk semacam ini, ada banyak nasabah yang mengantre dan bahkan terkadang tidak kebagian layanan karena datang di waktu istirahat, sudah tutup ataupun lainnya. Untuk mencegah terjadinya kesalahan semacam ini, sudah sepatutnya untuk mengetahui jam kerja bank yang Anda tuju seperti BNI. 

Jam operasional KCP BNI (Kantor Cabang Pembantu)

Sebelum kita mulai ke pembahasan utamanya Anda mesti tahu dulu mengenai KCP dan KCU pada sebuah bank. Jadi bank biasanya membagi wilayah kantornya menjadi dua kubu kerja yaitu Kantor Cabang Utama (KCU) dan Kantor Cabang Pembantu (KCP). Jadi misalnya pada suatu wilayah terdapat kantor bank utama yang berpusat di sebuah kota, dan kebanyakan orang yang bisa mengakses bank tersebut hanya mereka yang jaraknya dekat dengan kota tersebut. 

Tentu hal ini membuat masyarakat yang memiliki alamat rumah yang jauh jadi kesulitan untuk bertransaksi di bank, untuk memeratakan efisiensi layanan transaksi pihak bank membentuk yang namanya kantor cabang pembantu yang tersebar di daerah – daerah terpencil tersebut.

  • Senin – Jum’at : 08.00 – 15.00 WIB
  • Jam Istirahat : 12.00 –13.00 WIB
  • Jam Istirahat Khusus hari Jum’at : 11.30 WIB –13.00 WIB
  • Sabtu – Minggu : Libur  

Meski letaknya berbeda dan jauh dari pusat kota, KCP dan KCU memiliki peranan dan layanan yang sama. Hanya saja volume jumlah nasabah saja yang berbeda, karena umumnya KCU memiliki gedung yang lebih besar dan lebih luas. Dengan dilengkapi petugas dan karyawan yang banyak untuk memenuhi jumlah volume layanannya. Sedangkan KCP sendiri biasanya lebih kecil ukuran gedungnya dibandingkan dengan KCU, karena menyesuaikan nasabah yang dilayaninya pada wilayah terpencil.

Jam operasional KCU BNI (Kantor Cabang Utama)

Sama halnya seperti kantor cabang pembantu, KCU di sini juga memiliki tanggung jawab serta layanan yang serupa. Akan tetapi dalam hal tertentu, kantor cabang utama memiliki opsi yang lebih baik karena memiliki kelengkapan layanan memadai apabila terdapat masalah ketika transaksi.

Jadi apabila Anda memiliki nominal transaksi ataupun kredit dalam jumlah besar sangat disarankan untuk melakukannya melalui KCU. Karena kantor ini memiliki fungsi yang lebih dominan daripada KCP, dengan alasan memiliki wewenang penuh dalam mengambil keputusan dan tindakan terkait dengan operasional bank. Sehingga kelancaran dan keamanan transaksi Anda sangat terjamin, dan apabila ada kendala maka akan dapat ditangani dengan segera oleh petugas terkait di sana.  

  • Senin – Jum’at : 08.00 – 15.00 WIB
  • Jam Istirahat : 12.00 –13.00 WIB
  • Jam Istirahat Khusus hari Jum’at : 11.30 WIB –13.00 WIB
  • Sabtu – Minggu : Libur

Perlu diinformasikan bahwa setiap kantor cabang utama memiliki jadwal buka dan tutup yang berbeda tergantung di wilayahnya berada. Misalnya saja seperti BNI KCU Rungkut yang beralamat di Jl. Raya Kalirungkut, Kali Rungkut, Kec. Rungkut, Surabaya, Jawa Timur 60293, Indonesia. Yang mana menetapkan khusus pada hari Jum’at menetapkan jam operasionalnya menjadi 07.30 – 16.00 WIB.

Lihat Juga : Kode Transfer Bank di Indonesia

Jam operasional BNI ketika weekend

Meskipun pada umunya bank BNI diliburkan pada hari Sabtu dan Minggu, namun pada kenyataannya ada juga kantor cabang yang beroperasi pada weekend, meskipun dengan jam operasional yang terbatas. Biasanya BNI KCU yang memberlakukan jam operasional aktif di akhir pekan semacam ini, dengan alasan masih banyak nasabah yang tidak dapat mengunjungi bank di hari kerja.

  • Sabtu : 10.00 – 14.00 WIB

Istilah yang digunakan untuk hal semacam ini disebut sebagai Weekend Banking. Layanan ini merupakan tindakan operasional kantor cabang untuk tetap melayani nasabah bank BNI dalam melakukan keperluan transaksi kecuali RTGS dan Kliring. Sangat jarang memang untuk menemukan bank BNI yang beroperasi saat weekend, yang jelas kantor cabang utama di wilayah kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Denpasar, Medan dan lainnya memberlakukan jam operasional terbatas di hari Sabtu.

Jam operasional BNI pada hari libur nasional

Untuk hari libur nasional sendiri seperti Idul Fitri, Idul Adha, Nyepi, Natal, Imlek, Waisak dan lainnya, kemungkinannya sangat kecil bagi bank BNI untuk buka di hari-hari tersebut. Jadi apabila Anda memiliki keperluan mendesak di hari – hari libur nasional kecil kemungkinan menemukan bank yang buka, kalaupun ada pastinya hanya KCU yang ada di kota-kota besar saja. 

Jam operasional Call Center BNI  

Untuk meminimalisir ketidakpuasan pengguna terhadap terbatasnya jam layanan konvensional, BNI memberikan layanan Call Center yang dapat Anda akses kapan pun dan di mana pun selama 24 jam. Jadi apabila Anda mengalami kendala transaksi m-banking pada jam tutup, Anda dapat menghubungi Call Center BNI untuk segera menerima respons secara instan perihal permasalahannya. 

  • Senin – Minggu : 24 Jam  
  • Nomor Telepon : 1500046 (Dalam Negeri)
  • Nomor Telepon : +62-21-30500046 (Luar Negeri)

Ketika menggunakan layanan BNI Call Center Anda akan dikenakan biaya pulsa sesuai dengan provider yang digunakan. Apabila Anda bingung dengan tarif yang dikenakan, berikut di bawah ini ada daftar ongkos pemotongan pulsa dari tiap providernya.

  • Kartu As: Rp1.016 per menit
  • XL: Rp600 per menit
  • Telkomsel Simpati: Rp1.800 per menit
  • Indosat: Rp990 per menit
  • Smartfren: Rp990 per menit
  • Axis: Rp 600 per menit
  • 3 (Tri): Rp1.980 per menit

Lihat Juga : Cara Mengatasi BNI Mobile Banking Error

Customer Service BNI

Customer Service BNI
Sumber Gambar : pontas.id

Apabila Anda memiliki kendala atau masalah mendadak mengenai transaksi, ada baiknya untuk menghubungi customer service BNI terlebih dahulu. Karena selain mudah, Anda juga tidak perlu membuang banyak waktu untuk pergi dan menunggu antrean di kantor BNI wilayah cabang. Adapun beberapa cara dalam menghubungi customer service BNI antara lain dengan.

1. Melalui E-mail

Meskipun di zaman sekarang E-mail jarang digunakan sebagai media komunikasi per pesanan instan karena telah tergusur oleh adanya WhatsApp, Telegram dan sejenisnya. Akan tetapi sebagai platform pesan formal e-mail dinilai lebih aman dan formal untuk media komunikasi resmi seperti pengajuan keluhan maupun komplain. Anda dapat mengirim kendala yang di alami melalui email berikut.

Untuk pengiriman melalui E-mail hal yang patut Anda cantumkan adalah nama pemilik beserta nomor rekeningnya. Kemudian barulah isi kendala yang Anda alami beserta informasi perkiraan waktu Anda mengalami masalah tersebut.

2. Melalui jejaring media sosial

BNI merebahkan seluruh layanan informasinya ke segala platform tak terkecuali media sosial. Tentu hal ini sudah jelas, karena di zaman sekarang medsos telah dipandang sebagai tempat kita berbagi informasi dengan lebih efisien dan menarik. Jadi apabila Anda memiliki keluhan tertentu mengenai transaksi via BNI, ada beberapa akun dari media sosial berbeda yang dapat Anda Direct Message kepada admin petugas dari BNI.

  • Facebook : BNI
  • Twitter : @BNI, @BNICustomerCare
  • Instagram : @bni46

Selain karena efisien, BNI sering kali membagikan informasi – informasi menarik dan terupdate mengenai layanan yang akan mereka berikan terhadap nasabahnya. Bahkan tak jarang ada undian – undian berhadiah yang mungkin dapat Anda temukan apabila beruntung.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi ATM BNI Lupa PIN

3. Melalui App BNI Call

Selain aplikasi mobile banking, BNI juga merilis aplikasi virtual asisten yang diberi nama BNI Call. Aplikasi ini merupakan App contact center  dengan berbasis Artificial Intelligence (AI), yang dilengkapi fitur perintah suara berbahasa Indonesia, dengan suara yang dikeluarkan memakai Voice Queries dan Natural Language Processing (NLP). Yang mana fitur tersebut akan mempermudah pengguna dalam menggunakan fasilitas pada aplikasi dengan lebih nyaman dan maksimal. Dan Anda dapat langsung menangani kendala transaksi melalui salah satu fitur aplikasi ini melalui live chatnya.

Pada layanannya sendiri di BNI Call mungkin Anda akan sedikit mengalami kebuntuan atau masalah teknis. Hal ini karena aplikasinya sendiri masih terus dalam tahap pengembangan dan terus diperbaiki oleh pihak BNI agar dapat dengan nyaman digunakan oleh penggunanya.

4. Melalui kontak BNI

Kontak BNI merupakan sarana pengajuan bantuan yang disediakan untuk menangani keluhan-keluhan nasabah seputar layanan dan masalah terkait transaksi pada bank BNI. Adapun langkah –  langkah yang mesti Anda lakukan untuk menyetorkan keluhan mengenai transaksi BNI melalui kolom formulir di bawah ini.

  1. Pertama buka link kontak BNI dengan klik di sini.
  2. Setelah Anda dialihkan ke halaman baru, di sini Anda bisa mengisi data diri nasabah. Mulai dari Nama Lengkap, Alamat E-mail, No.ID/KTP/Passport, Alamat Nasabah, Nomor Telepon, Status Nasabah terlebih dahulu.
  3. Kemudian di bagian “Kategori Subyek”, Anda bisa memilih salah satu subyek dari daftar yang tersedia. Jika kendala yang Anda alami tergolong keluhan, Anda bisa pilih Komplain.
  4. Di kolom selanjutnya, Anda akan diminta pilihan subyek apa yang dialami ada pilihan ATM, Pinjaman, Kartu Kredit, Internet Banking dan lainnya. Pilih salah satu untuk lanjut ke kolom berikutnya.
  5. Berikutnya Anda akan diminta memilih lagi untuk detail subyek yang telah dicantumkan pada kolom sebelumnya. Bisa berupa Lupa Nomor Pin, Pembayaran Asuransi, Penarikan Tunai dan lain – lain. Pilih salah satu untuk lanjut ke kolom berikutnya.
  6. Di bagian kolom “Detail Pesan”, Anda diminta menjelaskan kendala yang dialami, mulai dari kapan Anda mengalaminya, apa saja yang telah Anda lakukan dan apa pun penjelasan yang menurut Anda sesuai.
  7. Setelah pengisian data diri lengkap, benar dan sesuai, Anda hanya perlu menyelesaikan teka-teki Captcha yang tersedia.
  8. Klik Kirim, dan permintaan Anda akan segera diproses.
  9. Selesai.

5. Melalui BNI Chat With Us

Selain menu kontak formulir BNI, Anda juga dapat memakai BNI Chat With Us yang tersedia pada menu layanan BNI. Fitur chat ini tersedia pada halaman yang sama di kontak BNI, tepatnya berada di bagian pojok kanan bawah layar. Untuk menggunakan fiturnya simak langkah berikut.

  1. Pertama buka link kontak BNI dengan klik di sini
  2. Klik ikon box berwarna kuning yang berada di sudut kanan bawah layar, bertuliskan Chat With Us.
  3. Isi kolom formulir yang tersedia seperti Nama, E-mail, Nomor Telepon.
  4. Selesaikan captcha yang ada dengan benar.
  5. Dan terakhir klik Mulai Chat.
  6. Selesai.

Lihat Juga : Cara Cek Mutasi BNI

Penutup

Layaknya bank – bank lain pada umumnya BNI memiliki sistem operasional yang mengikuti hari kerja sesuai dengan ketetapan hari kerja dari pemerintah. Meskipun tidak dipungkiri adanya layanan weekend pada beberapa tempat. Dan mengenai hal ini perlu Anda perhatikan bahwa akan lebih baik untuk datang ke kantor BNI pada hari kerja saja karena memiliki operasional yang pasti aktif. Serta jika Anda memiliki sejumlah dana dalam nominal yang besar untuk diurus disarankan untuk mengunjungi kantor cabang utama agar mendapat pelayanan instan.

Apa yang harus dilakukan jika ATM terblokir?

Jangan terburu-buru untuk panik, perhatikan pesan kesalahan yang ada di layar mesin ATM karena mungkin akan memberi Anda petunjuk. Apabila ATM Anda masih terblokir harap hubungi layanan pelanggan dengan segera. Atau hubungi petugas bank apabila kendala ini terjadi di mesin ATM bank yang Anda kunjungi. Ada kemungkinan Anda harus mengganti kartu ATM karena kartunya sudah rusak secara permanen, ikuti saja prosedur yang diberikan petugas.

Apa yang akan terjadi bila saldo BNI menjadi Rp.0?

Apabila Anda memiliki cicilan atau tagihan kredit dengan rekening terkait, maka kemungkinan besar Anda akan dikenai denda dan penalti atas keterlambatan pembayaran. Dan jika saldo Anda tetap kosong hingga kurun waktu tertentu maka akan ada tindakan penutupan rekening.

Apakah kita bisa mengambil sisa saldo sejumlah Rp.50.000 di rekening?

Jika maksud pertanyaan nya mengambil secara tunai maka hal tersebut tidak dapat dilakukan, tapi apabila Anda bersikeras ingin mengambilnya maka yang harus dilakukan adalah dengan mentransfer saldo tersebut ke rekening lain agar dapat diambil.

Bagaimana cara memverifikasi apakah rekening BNI masih aktif atau tidak?

Cara paling mudah yang dapat Anda lakukan adalah dengan menghubungi call center BNI melalui nomor telepon 1500046. Atau Anda dapat menghubunginya melalui E-mail berikut [email protected]


Penulis : Agung Wijaya | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Jam Kerja

Agung Wijaya

Hi! I am someone who likes to be creative and share ideas about things that add to a more advanced mindset. Besides that, I also like to learn new things that are interesting and useful in building my character.

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Logo UIN Sultan Syarif Kasim Riau (UIN Suska Riau) PNG, CDR, AI, EPS, SVG

    Berikut kami bagikan link download logo UIN Sultan Syarif Kasim Riau PNG, CDR, AI, EPS, SVG…
  2. Logo Universitas Jenderal Achmad Yani PNG, CDR, AI, EPS, SVG (Free Download)

    Berikut kami bagikan link download logo Universitas Jenderal Achmad Yani PNG, CDR, AI, EPS, SVG terbaru…
  3. Logo Universitas Muhammadiyah Lamongan PNG, CDR, AI, EPS, SVG (Free Download)

    Berikut kami bagikan link download logo Universitas Muhammadiyah Lamongan PNG, CDR, AI, EPS, SVG terbaru yang…