20 Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email yang Baik dan Benar, Auto Dilirik Perusahaan!

Ketahui berbagai contoh surat lamaran Kerja via Email yang baik dan benar, auto dilirik perusahaan!

Di era digital seperti ini, cara melamar pekerjaan sudah semakin canggih dan mudah, salah satunya via email. Anda tidak perlu datang langsung ke kantor atau perusahaan tempatmu melamar kerja. Pesatnya perkembangan digital saat ini, banyak perusahaan yang membolehkan para pencari kerja untuk melamar via email. Alih-alih menulis manual surat lamaran, Anda bisa membuat surat lamaran elektronik dan dikirimkan via email. Mengirim surat lamaran kerja via email dianggap lebih praktis dan efisien.

Anda bisa mengirimkan surat lamaran kerja dari mana saja tanpa takut terhalang tempat. Untuk menghindari kesalahan-kesalahan saat membuat surat lamaran kerja elektronik, Anda perlu mengetahui contoh-contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar agar dilirik oleh perusahaan. Ada banyak sekali contoh surat lamaran kerja yang beredar di internet sehingga Anda perlu mengetahui surat lamaran kerja yang layak dikirim via email saat ingin melamar. Berikut akan dijelaskan pemaparan seputar cara mengirim surat lamaran kerja via email beserta contoh-contohnya.

Lihat Juga : 25 Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat

Cara mengirim Surat Lamaran Kerja Via Email

Contoh 1 - Surat Lamaran Kerja via Email

Sebelum mengetahui contoh-contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar, Anda perlu mengetahui cara mengirim surat lamaran via email. Hal ini sangat penting diperhatikan agar surat lamaran kerja yang Anda kirimkan via email tidak sia-sia dan dilirik oleh perusahaan. Untuk itu, sangat penting memperhatikan beberapa poin-poin di bawah ini sebelum mengirim surat lamaran kerja via email.

  • Pastikan alamat email penerima / perusahaan tempatmu melamar sudah benar sehingga dapat terkirim tanpa salah alamat.
  • Ukuran berkas lamaran kerja tidak boleh lebih dari 1 MB.
  • Lebih baik menggunakan format PDF pada berkas dan berkas lamaran digabung menjadi satu file.
  • Hindari menggunakan format zip atau rar.
  • Gunakan bahasa yang resmi atau formal.
  • Jangan kosongkan subject pada email. Subject harus jelas.
  • Gunakan salam pembuka, isi, dan penutup pada body text email.

Lihat Juga : Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Susunan Lamaran Kerja Via Email

Contoh 1 - Surat Lamaran Kerja via Email

Masih banyak para pelamar kerja yang belum mengetahui susunan lamaran kerja yang benar via email. Ketika hendak membuat lamaran kerja via email, Anda harus mengirimkan berkas lamaran dalam satu file yang telah digabungkan dengan format yang sudah sesuai. Berikut susunan berkas lamaran kerja via email yang baik dan benar.

  • CV (Curriculum Vitae)
  • Surat lamaran
  • Ijazah dan transkrip nilai
  • Sertifikat pendukung

Lihat Juga : Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Pekerjaan

Hal yang harus diperhatikan saat menulis body teks email untuk lamaran kerja

Contoh 3 - Surat Lamaran Kerja via Email Lulusan SMA

Setelah mengetahui cara-cara mengirim surat lamaran via email dengan benar, Anda harus mengetahui tips menulis body teks pada email. Body email adalah sebuah pembuka atau kalimat perkenalan yang ditulis pada halaman awal email. Body teks pada email sangat penting untuk mempersingkat secara jelas mengenai perkenalan diri saat melamar pekerjaan via email. Dengan begitu, sebelum pihak perusahaan membaca berkas lamaran, mereka sudah mengetahui siapa dirimu secara singkat lewat body email. Untuk itu, Anda perlu mengetahui tips-tips menulis body email untuk lamaran pekerjaan.

1. Subjek email

Untuk melamar pekerjaan via email, Anda harus melampirkan subjek email dengan benar. Subjek email merupakan hal pertama yang dilihat oleh perekrut di suatu perusahaan ketika mereka menerima email lamaran pekerjaan Anda. Mereka akan melihat atau melirik email dengan subjek yang relevan dengan posisi yang sedang mereka cari.

2. Alamat email

Anda juga harus menggunakan alamat email yang profesional saat melamar pekerjaan via email. Pastikan alamat email yang Anda gunakan merupakan alamat email yang memuat nama lengkap Anda. Di sisi lain, Anda juga harus memastikan alamat email perusahaan yang Anda tuju sudah benar dan sesuai agar surat lamaran Anda terkirim ke penerima sebenarnya.

3. Lampirkan CV atau resume

CV merupakan dokumen penting dalam dunia kerja. Untuk dilirik oleh suatu perusahaan, Anda harus memiliki CV yang sesuai dengan kriteria mereka. Terkadang, masih banyak orang yang lupa melampirkan CV saat melamar pekerjaan dan hanya fokus pada body email. Pastikan juga Anda mengubah nama dokumen CV agar muda ditemukan oleh perekrut perusahaan.

Lihat Juga : Arti Circle

Tips menulis isi body email

Contoh 4 - Surat Lamaran Kerja via Email Lulusan S1

Setelah mengetahui poin-poin apa saja yang harus ada dalam body email, Anda harus mengetahui tips menulis isi body email yang baik dan benar. Hal ini harus benar-benar Anda perhatikan agar surat lamaran kerja yang Anda kirim via email mudah dilirik oleh perusahaan. Sering kali para pelamar kerja melupakan beberapa poin penting saat melamar pekerjaan via email. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui beberapa tips menulis body email di bawah ini.

1. Jangan mengosongkan body email

Mungkin salah satu penyebab Anda tidak mendapat kabar lagi dari perusahaan saat melamar kerja, yaitu karena mengosongkan body email saat mengirim surat lamaran via email. Meskipun subjek email sudah benar dan dokumen berkas lamaran sudah lengkap, mengosongkan body email saat melamar kerja tidak akan membuat perekrut tertarik dengan surat lamaran kerjamu.

2. Tuliskan poin penting

Tulislah body email dengan poin-poin penting saja atau langsung to the point dan tidak bertele-tele. Menuliskan body email yang terlalu panjang dan bertele-tele terkesan akan membosankan. Perekrut tidak akan membuang-buang waktunya hanya untuk membaca body email yang bertele-tele.

3. Bahasa yang formal

Penggunaan bahasa pada body email saat melamar pekerjaan perlu Anda perhatikan. Pastikan bahasa yang Anda gunakan adalah bahasa formal. Bahasa formal akan menunjukkan formalitas surat lamaran pekerjaanmu. Hindari penggunaan bahasa yang kurang formal karena hal ini akan memberikan kesan bahwa Anda kurang profesional dan tidak bersungguh-sungguh saat melamar pekerjaan via email.

4. Teliti dan periksa kembali

Sebelum mengirim surat lamaran via email, penting sekali untuk memeriksa kelengkapan dan ketelitian berkas serta body email. Pastikan berkas lamaran sudah lengkap dan body email sudah benar. Anda harus memperhatikan subjek email, kelengkapan dokumen, alamat penerima, dan body email sebelum mengirimkannya.

Lihat Juga : Arti Deadline

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email

Contoh 5 - Surat Lamaran Kerja via Email Bahasa Inggris

Setelah mengetahui cara-cara mengirim surat lamaran kerja via email dan menulis body email, Anda perlu mengetahui contoh-contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar. Penting sekali bagi pelamar kerja untuk mengetahui contoh surat lamaran kerja via email yang baik dan benar sehingga dilirik perusahaan atau perekrut. Contoh surat lamaran kerja di bawah ini bisa dipakai oleh siapa saja yang ingin melamar pekerjaan, mulai dari fresh graduate, lulusan SMA / SMK, bahkan untuk yang sudah punya pengalaman banyak.

1. Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email yang Baik dan Benar

Agar surat lamaran kerja yang Anda kirimkan dilirik perekrut perusahaan atau HRD, Anda perlu mengetahui contoh surat lamaran kerja via email yang baik dan benar. Hindari menulis surat lamaran kerja yang sembarangan karena HRD tidak mungkin memanggilmu dan melakukan wawancara. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan contoh surat lamaran kerja via email yang baik dan benar seperti di bawah ini.

To : [email protected]

Cc : –

Subject : Surat Lamaran Kerja

Dengan Hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama :

Tempat, Tanggal lahir :

Umur :

Jenis Kelamin :

Status :

Pendidikan Terakhir :

No. Kontak :

Email :

Alamat :

Dengan surat lamaran pekerjaan ini, saya ingin mengajukan permohonan kerja di perusahaan Bapak/Ibu untuk menempati posisi sebagai content writer.

Sebagai bahan pertimbangan, saya melampirkan beberapa berkas sebagai berikut:

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Ijazah Terakhir
  3. Transkrip Nilai
  4. KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  5. Pas Foto
  6. Surat Keterangan Dokter

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat, saya berharap agar dapat diterima di perusahaan yang Bapak/Ibu  pimpin, sebagai content writer. Terima Kasih

Hormat Saya,

(nama & tanda tangan)

2. Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email yang Menarik

Menulis surat lamaran kerja via email tidak boleh sembarangan dan semena-mena. Jika ingin dilirik oleh perusahaan, surat lamaran kerja yang Anda buat harus menarik. Pihak perekrut akan memanggil dan menyuruhmu mengikuti wawancara jika Anda bisa menulis surat lamaran kerja yang menarik seperti contoh di bawah ini.

To : [email protected]

Cc : [email protected]

Subject : content creator (kode posisi)

Dengan hormat,

Sesuai dengan informasi yang tertera pada website bawa PT. Dian Company sedang membutuhkan karyawan sebagai content creator, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama :

Alamat :

No. HP :

Tempat, Tanggal Lahir :

Pendidikan :

Bermaksud untuk mengisi lowongan tersebut. Bersama dengan surat ini, saya melampirkan beberapa dokumen berkas lamaran sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu dalam bentuk attachment yang bisa diunduh.

Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya.

(nama, & tanda tangan)

3. Contoh Surat Lamaran Via Email untuk Lulusan SMA/SMK

Bagi para lulusan SMA/SMK ketika ingin melamar ke sebuah perusahaan lewat email, tentu memiliki kriteria surat lamaran tersendiri. Untuk memudahkan lulusan SMA/SMK membuat surat lamaran via email, berikut sudah dipaparkan contoh surat lamaran via email untuk lulusan SMA/SMK.

To : [email protected]

Cc : –

Subject : Lamaran Pekerjaan staff admin

Dengan Hormat,

Melalui surat lamaran ini, saya ingin mengajukan diri untuk melamar pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin sesuai dengan posisi yang dibutuhkan saat ini, yaitu posisi staff admin.

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama :

Tempat, tanggal Lahir :

Jenis Kelamin :

Pendidikan terakhir  :

Alamat  :

No. Telp :

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/ Ibu, dengan ini saya lampirkan juga kelengkapan data diri saya sebagai berikut :

  1. Pas Foto Terbaru
  2. KTP
  3. Daftar Riwayat Hidup
  4. Ijazah Terakhir
  5. SKCK Terbaru
  6. Sertifikat Kompetensi
  7. Surat Keterangan PKL dan Magang

Demikian surat lamaran ini saya buat, atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya

(nama & tanda tangan)

4. Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email untuk Lulusan S-1

Lulusan S-1 memang lebih banyak diminati dalam dunia pekerjaan. Oleh karena itu, kriteria surat lamaran kerja juga tentunya harus baik dan benar. Banyak perusahaan yang mempersilakan para pelamar kerja untuk mengirimkan surat lamaran kerja via email. Berikut akan dipaparkan contohnya.

To : [email protected]

Cc  : [email protected]

Subject : Staf Keuangan

Yth. Pimpinan Bagian Human  Resources Department (HRD)

PT. Maju Jaya

Bandung

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama :

Tempat, Tanggal Lahir :

Pendidikan :

Alamat :

No. Telp :

Melalui surat ini, saya ingin mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin sebagai Staf Keuangan.

Saya memiliki pengalaman kerja sebagai staff bagian keuangan di salah satu perusahaan properti swasta. Saya  siap berkontribusi untuk kemajuan PT. Maju Jaya yang Bapak/Ibu pimpin.

Sebagai bahan pertimbangan, saya melampirkan:

  1. Foto Ukuran4X6
  2. Daftar Riwayat Hidup
  3. Scan KTP
  4. Scan Ijazah Terakhir
  5. SKCK

Demikian surat lamaran kerja ini, terima kasih atas perhatian Bapak / Ibu.

Hormat saya,

(nama & tanda tangan)

5. Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Ke Perusahaan Swasta

Surat lamaran kerja yang dikirim via email memang kebanyakan di perusahaan swasta. Banyak sekali perusahaan swasta yang mempersilakan para pelamar kerja mengirimkan surat lamaran kerja via email. Oleh karena itu, berikut akan dipaparkan contoh surat lamaran kerja via email untuk perusahaan swasta.

To : [email protected]

Cc  : –

Subject : Content Writer (posisi lamaran kerja)

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi lowongan kerja yang saya dapatkan di Instagram, Karya Bangsa sedang membutuhkan content writer. Oleh karena itu, saya berminat mengisi lowongan pekerjaan tersebut

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama :

Tempat, Tanggal Lahir :

Jenis Kelamin :

Pendidikan terakhir :

Alamat  :

Telepon  :

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/ Ibu,  saya melampirkan beberapa kelengkapan data diri saya seperti contoh tulisan, SKCK terbaru, daftar riwayat hidup, dan lain sebagainya.

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenar benarnya dan atas perhatian serta kebijaksanaan Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya

(nama & tanda tangan)

6. Contoh Surat Lamaran Kerja Via email berbahasa Inggris

Ada juga beberapa perusahaan yang mengharuskan para pelamar kerja mengirim surat lamaran via email dengan bahasa Inggris, seperti perusahaan multinasional dan internasional. Berikut akan dipaparkan contoh surat lamaran kerja via email berbahasa inggris.

To : [email protected]

Cc : –

Subject : IT

Dear Sir/Madam,

I have read your advertisement at Website company and found that your company is looking for employees for IT position. I believe it is fit with my background educational as Computer Engineering.

My name is (name), I am twenty three years old. I am a fresh graduated from IT Department UTY on November this year. I consider myself that I have qualifications as you want. I have good motivation for progress and growing, eager to learn, and can work with a team or by myself. Beside that I have good command in English both spoken and written.

With my qualifications, I confident that I will be able to contribute effectively to your company. Herewith I enclose my :

  1. Copy of Bachelor Degree (S-1)
  2. Certificate Academic Transcript
  3. Curriculum Vitae
  4. Recent photograph with size of 4×6

I would express my gratitude for your attention and I hope I could be the part of your company.

Sincerely,

7. Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email di PT sebagai Karyawan

Banyak juga perusahaan PT yang mengharuskan para pelamar kerja mengirimkan surat lamaran kerja via email, alih-alih mengirimkan langsung ke kantor. Berikut akan disajikan contoh surat lamaran kerja via email di PT sebagai karyawan.

To : [email protected]

Cc : [email protected]

Subject : Surat Lamaran Kerja

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama  :

Tempat, Tanggal Lahir :

Umur  :

Jenis Kelamin :

Status :

Pendidikan Terakhir :

No. Telepon :

Alamat Rumah :

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan bahwa PT. Arya Sejahtera sedang membutuhkan karyawan untuk posisi staf admin. Melalui surat ini, saya ingin mengajukan permohonan kerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk menempati posisi tersebut.

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, saya telah melampirkan beberapa berkas penting sebagai berikut:

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  3. Ijazah Terakhir
  4. SKCK
  5. Pas Foto Terbaru

Demikian surat lamaran kerja yang saya buat. Besar harapan saya untuk dapat diterima di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Terima kasih.

Hormat saya,

(nama & tanda tangan)

8. Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Sederhana

Ada beberapa perusahaan menginginkan surat lamaran kerja yang simpel dan sederhana. Oleh karena itu, berikut akan dipaparkan contoh surat lamaran kerja via email yang sederhana.

To : [email protected]

Cc  : –

Subject : Staff Marketing

Yth. HRD London Boutique

Di Bandung

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama :

Tempat, Tanggal Lahir :

Pendidikan Terakhir :

Alamat :

No. Telp :

Berdasarkan info lowongan kerja yang saya dapatkan di Instagram bahwa Properti Home sedang membutuhkan staff marketing. Melalui surat ini, saya ingin mengajukan lamaran pekerjaan untuk posisi tersebut.

Saya  memiliki pengalaman kerja sebagai staff marketing di beberapa perusahaan. Sebagai bahan pertimbangan, saya melampirkan beberapa dokumen atau berkas lamaran.

Demikian surat lamaran kerja ini saya sampaikan. Terima kasih atas perhatian Bapak / Ibu.

Hormat saya,

(nama & tanda tangan)

9. Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email dalam Bentuk Doc

Sebagian pelamar kerja lebih suka menulis surat lamaran kerja dalam bentuk file dokumen, alih-alih menulisnya di bagian isi email. Berikut contoh surat lamaran kerja via email dalam bentuk dokumen yang biasa ditulis para pelamar kerja.

Yth,

HRD PT. Sejahtera Selalu

Di Bandung

Dengan hormat,

Sesuai dengan penawaran lowongan pekerjaan yang dimuat di Instagram bahwa PT. Sejahtera Selalu sedang membutuhkan staff Gudang, saya berniat mengisi lowongan pekerjaan tersebut.

Nama :

Tempat, Tanggal Lahir  :

Pendidikan Terakhir :

Alamat Asal :

Telepon :

Email :

Sebagai bahan pertimbangan, saya juga melampirkan berkas lamaran sebagai berikut :

  1. CV (Curriculum Vitae)
  2.  Ijazah S-1 dan transkrip nilai
  3.  Sertifikat kursus/pelatihan,
  4. Pas foto 4×6

Demikian surat lamaran ini, terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.

Hormat saya,

(nama & tanda tangan)

10. Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email untuk Fresh Graduate

Fresh graduate atau mereka yang baru lulus kuliah biasanya belum memiliki banyak pengalaman di dunia kerja. Mereka juga biasanya belum memiliki pengalaman menulis surat lamaran kerja via email atau secara langsung. Berikut contoh surat lamaran kerja via email untuk fresh graduate.

To : [email protected]

Cc : –

Subject : Staff management

Yth, PT. Dianisa

Bandung

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama :

Tempat, Tanggal Lahir :

Pendidikan Terakhir :

Alamat  :

Telepon :

Melalui surat ini, saya ingin mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin sebagai staff management. Saya mendapatkan informasi lowongan kerja di dianisa.co.id

Saya merupakan lulusan baru di  Perguruan Tinggi Islam dengan gelar S1 di bidang manajemen.  Saya pernah mengikuti beberapa program magang dan internship di bidang manajemen. Saya melampirkan beberapa dokumen pelengkap yang dapat diunduh bersama dengan surat ini.

Demikian surat lamaran kerja ini saya sampaikan, atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(nama & tanda tangan)

Lihat Juga : Arti Hustle Culture

Penutup

Nah, itu dia beberapa contoh surat lamaran kerja via email yang bisa Anda tiru. 10 contoh surat lamaran kerja via email di atas merupakan referensi surat lamaran kerja yang baik dan benar. Dengan adanya beberapa contoh surat lamaran kerja di atas, semoga Anda bisa dilirik HRD atau perekrut perusahaan tempatmu melamar kerja, ya. Semoga membantu dan selamat mencoba!

Bagaimana cara melamar kerja lewat email di HP?

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat alamat email. Jika belum memiliki email, silakan pergi ke alamat mail.google.com. Selanjutnya klik Register, lalu isi data lengkap termasuk password dan alamat email baru. Jangan lupa untuk menyimpannya agar bisa login. Setelah Anda memiliki email, Anda bisa mengirimkan berkas lamaran dalam bentuk doc / PDF dengan memperhatikan format yang telah kami informasikan di atas.

Bagaimana susunan berkas lamaran via email yang benar?

Adapun susun berkas lamaran yang disarankan sebelum mengirimnya dalam satu format file berbentuk doc / PDF. Yang pertama dimulai dengan CV (Curriculum Vitae), Surat Lamaran Kerja, Ijazah dan Transkip Nilai, serta Berkas pendukung lainnya jika diperlukan.

Apa yang harus dilakukan setelah melamar kerja via email?

Ada dua hal penting yang harus Anda perhatikan setelah melamar kerja via email. Pertama, Anda perlu mengecek tanggal penutupan lamaran kerja terlebih dahulu. Jika tanggal penutupan lamaran kerja masih lama, disarankan untuk tidak terburu-buru dalam menanyakan progres lamaran kerja kepada pihak perekrut. Yang kedua yaitu menunggu panggilan wawancara. Pastikan Anda telah mempersiapkan diri untuk memulai panggilan interview atau wawancara dengan HRD, jika sewaktu-waktu Anda dipanggil. Namun jika Anda tidak menerima panggilan setelah 2 minggu tanggal penutupan, Anda bisa menanyakan prosesnya dengan pihak perekrut.


Penulis : Viona Septi | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Logo Bank Nagari PNG, CDR, AI, EPS, SVG (Free Download)

    Berikut kami bagikan link download logo Bank Nagari PNG, CDR, AI, EPS, SVG terbaru yang bisa…
  2. Logo Bank NTT PNG, CDR, AI, EPS, SVG (Free Download)

    Berikut kami bagikan link download logo Bank NTT PNG, CDR, AI, EPS, SVG terbaru yang bisa…
  3. 86 Foto Profil WA Aesthetic, Kosong, dan Keren, Buat Cewek dan Cowok!

    Berikut kumpulan PP / foto profil WA aesthetic, kosong, dan keren buat cewek dan cowok yang…