25 Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat Beserta Cara Membuatnya

Berikut kumpulan contoh surat pribadi untuk sahabat yang bisa Anda jadikan referensi!

Anda pasti sudah mengetahui bahwa surat terdiri dari dua jenis, yaitu surat pribadi dan surat resmi. Keduanya tentu memiliki struktur dan cara penulisan yang berbeda. Misalnya surat resmi penulisannya menggunakan kop surat dan bahasa yang formal. Lalu bagaimana dengan surat pribadi? Apakah Anda juga sudah mengetahui bagaimana cara menulis surat pribadi dan apa saja strukturnya? Surat pribadi juga ada beberapa macamnya misalnya surat pribadi untuk teman, sahabat, guru atau orang tua.

Dan jika Anda ingin mengirim surat pribadi untuk sahabat, namun masih bingung dengan bagaimana penulisannya yang benar. Anda tidak perlu khawatir, berikut ini merupakan informasi selengkapnya yang dapat Anda simak mengenai surat pribadi dan beberapa macam contoh surat pribadi untuk sahabat, yang dapat Anda jadikan sebagai bahan referensi dalam menulis surat pribadi untuk sahabat yang baik dan benar.

Ringkasan

  • Surat pribadi adalah surat yang ditujukan secara personal antara dua individu atau lebih.
  • Bagian – bagian surat pribadi yaitu tanggal, alamat pengirim dan penerima, salam pembuka, isi surat, salam penutup, dan tanda tangan pengirim.
  • Contoh surat pribadi yaitu surat pribadi untuk sahabat, teman, kerabat atau orang tua.

Lihat Juga : Contoh Surat Lamaran Kerja via Email

Apa Itu Surat Pribadi?

Contoh 1 Surat Pribadi Untuk Sahabat

Surat pribadi adalah surat yang ditujukan untuk berkomunikasi secara langsung antara dua individu atau lebih. Surat ini bersifat personal dan biasanya tidak dimaksudkan untuk dipublikasikan atau dibagikan kepada umum. Surat pribadi bisa digunakan untuk berbagai tujuan, seperti menyampaikan salam, mengucapkan terima kasih, mengungkapkan perasaan, berbagi cerita, atau memberikan nasihat.

Keunikan surat pribadi terletak pada isinya yang khusus ditulis untuk penerima tertentu. Biasanya, surat pribadi memiliki bahasa yang lebih informal dan cenderung lebih emosional dibandingkan dengan surat resmi atau bisnis. Surat ini mencerminkan kepribadian pengirimnya dan dapat digunakan untuk membangun atau menjaga hubungan personal antara pengirim dan penerima.

Surat pribadi dapat ditulis dengan tangan atau menggunakan komputer, tergantung pada preferensi pengirim. Bagian-bagian yang umumnya terdapat dalam surat pribadi meliputi tanggal, alamat pengirim dan penerima, salam pembuka, isi surat, salam penutup, dan tanda tangan pengirim. Dalam era digital, surat pribadi juga dapat dikirim melalui email, pesan teks, atau media sosial. Namun, meskipun metode pengiriman telah berubah, esensi dari surat pribadi tetap sama, yaitu memberikan pesan personal.

Lihat Juga : Contoh Soal Sinonim dan Antonim

Struktur Surat Pribadi

Contoh 2 Surat Pribadi Untuk Sahabat

Struktur surat pribadi biasanya lebih bebas dan informal dibandingkan dengan surat resmi atau bisnis. Meskipun tidak ada format yang baku, berikut adalah struktur umum yang dapat diikuti dalam penulisan surat pribadi:

Nama pengirim: Tuliskan nama lengkap Anda sebagai pengirim surat di bagian kiri atas.

Alamat pengirim: Berikan alamat lengkap Anda di bawah nama Anda.

Tanggal: Tuliskan tanggal penulisan surat di sebelah kanan atas.

Salam pembuka:

Mulailah dengan salam yang sesuai, seperti “Halo”, “Hai”, “Dear”, atau salam lain yang tepat sesuai dengan hubungan Anda dengan penerima.

Paragraf isi:

Tuliskan isi surat dengan jelas dan lugas. Anda dapat menggunakan paragraf yang terpisah untuk setiap topik yang ingin Anda sampaikan.

Ungkapkan pikiran, perasaan, dan pengalaman pribadi Anda secara terperinci. Jelaskan dengan jelas maksud dan tujuan Anda dalam menulis surat ini.

Berikan contoh, cerita, atau ilustrasi yang relevan untuk mendukung pesan Anda.

Salam penutup:

Sebelum menutup surat, berikan salam penutup yang ramah dan sesuai dengan hubungan Anda dengan penerima, seperti “Salam sayang”, “Hormat saya”, atau salam lain yang cocok.

Tanda tangan:

Setelah salam penutup, tuliskan nama lengkap Anda di bawahnya.

Jika surat ditulis tangan, tanda tangani surat di bawah nama Anda.

Selain struktur di atas, penting juga untuk menyesuaikan gaya penulisan dengan hubungan Anda dengan penerima surat. Surat pribadi lebih bebas dan bisa mencerminkan kepribadian Anda, sehingga Anda dapat menulis dengan gaya yang lebih santai, mengikutsertakan candaan atau hal-hal pribadi yang relevan.

Lihat Juga : Contoh Teks Eksplanasi Berbagai Topik

Ciri – Ciri Surat Pribadi

Contoh 3 Surat Pribadi Untuk Sahabat

Berikut adalah beberapa ciri-ciri umum dari surat pribadi:

1. Bersifat personal

Surat pribadi ditulis untuk berkomunikasi secara langsung antara dua individu atau lebih. Surat ini biasanya berisi pesan yang hanya ditujukan untuk penerima tertentu dan bersifat pribadi.

2. Menggunakan Bahasa Lebih Santai

Surat pribadi memiliki tingkat keformalan yang lebih rendah dibandingkan dengan surat resmi atau bisnis. Bahasa yang digunakan lebih santai dan akrab, seperti penggunaan kata-kata sehari-hari, atau slang yang mungkin khusus untuk hubungan tertentu.

3. Bersifat Emosional

Surat pribadi memberikan ruang bagi pengirim untuk mengekspresikan perasaan, pendapat, dan pengalaman pribadi mereka dengan lebih bebas. Surat ini dapat berisi ungkapan emosi, cerita, pengakuan, harapan, atau bahkan nasihat personal.

4. Memiliki Topik yang Beragam

Surat pribadi bisa mencakup berbagai topik, termasuk kehidupan sehari-hari, peristiwa penting, perasaan, kegiatan, cerita pribadi, kejadian terkini, atau peristiwa bersejarah. Tidak ada batasan topik yang khusus, dan surat ini dapat menyesuaikan dengan hubungan dan minat yang terjadi antara pengirim dan penerima.

5. Menggunakan Nama atau Panggilan Pribadi

Dalam surat pribadi, pengirim biasanya menggunakan nama asli penerima atau panggilan akrab yang dipakai secara informal. Hal ini mencerminkan kedekatan dan keakraban hubungan antara pengirim dan penerima.

6. Bersifat Komunikasi Dua Arah

Surat pribadi sering kali merangsang balasan dari penerima. Tujuannya adalah membangun dan memelihara hubungan personal. Dalam surat tersebut, pengirim sering mengajukan pertanyaan atau mengundang tanggapan dari penerima.

7. Tidak Untuk Publikasi

Surat pribadi umumnya tidak dimaksudkan untuk dibagikan atau dipublikasikan kepada umum. Isinya dirancang khusus untuk penerima tertentu dan tidak ditujukan untuk diketahui oleh orang lain.

8. Berisi Informasi Pribadi

Surat pribadi dapat berisi informasi yang sangat pribadi atau rahasia, yang tidak dimaksudkan untuk diungkapkan kepada orang lain selain penerima. Kepercayaan dan kerahasiaan sering kali menjadi faktor penting dalam surat pribadi.

Perlu diingat bahwa ciri-ciri ini dapat bervariasi tergantung pada hubungan dan kebiasaan antara pengirim dan penerima surat pribadi.

Lihat Juga : Contoh Yel-Yel Pramuka

Cara Membuat Surat Pribadi

Contoh 4 Surat Pribadi Untuk Sahabat

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat surat pribadi:

1. Persiapkan alat dan bahan seperti kertas, bolpoin, dan amplop.

2. Atur format surat:

a). Mulailah dengan menuliskan tanggal di bagian atas sebelah kanan atau kiri atas kertas.
b). Di bawah tanggal, tuliskan alamat pengirim di sebelah kiri atas kertas.
c). Setelah itu, tuliskan alamat penerima di bagian bawah sebelah kiri kertas.
d). Salam pembuka:

  • Mulailah surat dengan salam yang sesuai untuk hubungan Anda dengan penerima, seperti “Halo”, “Hai”, atau “Dear”.
  • Jika Anda ingin menggunakan panggilan khusus, seperti “Sayang” atau “Sobat”, pastikan itu sesuai dengan hubungan Anda dengan penerima.

e). Paragraf isi:

  • Tuliskan isi surat dengan jelas dan lugas. Anda dapat menggunakan paragraf yang terpisah untuk setiap topik yang ingin Anda sampaikan.
  • Ungkapkan pikiran, perasaan, dan pengalaman pribadi Anda secara terperinci. Jelaskan dengan jelas maksud dan tujuan Anda dalam menulis surat ini.
  • Gunakan bahasa yang santai, akrab, dan sesuai dengan hubungan Anda dengan penerima.

f). Salam penutup:

  • Sebelum menutup surat, berikan salam penutup yang ramah dan sesuai dengan hubungan Anda dengan penerima, seperti “Salam sayang”, “Hormat saya”, atau salam lain yang cocok.

g). Tanda tangan.

  • Tuliskan nama lengkap Anda di bawah salam penutup.
  • Jika surat ditulis tangan, tanda tangani surat di bawah nama Anda.

3. Rapikan dan kirim

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat surat pribadi yang pribadi, menarik, dan bermakna untuk penerima.

Lihat Juga : Contoh Pidato Persuasif

Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat

Contoh 5 Surat Pribadi Untuk Sahabat

Berikut adalah beberapa contoh penulisan surat pribadi untuk sahabat yang dapat Anda simak dan juga dapat Anda jadikan sebagai bahan referensi dalam menulis surat pribadi kutuk sahabat yang baik dan benar:

Contoh Surat Pribadi untuk Sahabat 1

Untuk sahabatku
Keysha
Di tempat

Halo Keysha,

Apa kabar? Aku harap surat ini menemukanmu dalam keadaan sehat dan bahagia. Sudah lama sekali sejak terakhir kali kita bertemu, dan aku merindukan momen-momen kita bersama. Aku ingin menggunakan kesempatan ini untuk berbagi beberapa pikiran dan perasaan denganmu.

Pertama-tama, aku ingin mengucapkan terima kasih. Terima kasih sudah menjadi sahabat sejati bagiku. Selama ini, kamu telah ada di sampingku di saat-saat baik dan buruk. Aku sangat beruntung memiliki seseorang seperti dirimu yang selalu mendengarkan dan memahami aku tanpa menghakimi.

Aku juga ingin berbagi beberapa momen penting dalam hidupku. Beberapa bulan terakhir, aku memulai pekerjaan baru dan aku sungguh bersyukur atas dukunganmu. Kamu selalu memotivasi aku untuk mengikuti impianku dan menjalani hidup dengan penuh semangat. Aku berharap kita bisa berkumpul segera dan merayakan kesuksesan ini bersama.

Selain itu, aku juga ingin tahu kabarmu. Bagaimana kehidupanmu belakangan ini? Apa yang sedang kamu lakukan dan apa yang menjadi tujuanmu? Aku ingin mendengar cerita-cerita baru tentang perjalanan hidupmu. Jangan lupa berbagi kegembiraan dan kekhawatiranmu dengan aku. Aku selalu di sini untuk mendengarkan.

Akhir kata, sahabat, aku ingin mengucapkan bahwa kamu sangat berarti bagiku. Aku sangat berterima kasih telah memiliki kamu di dalam hidupku. Aku tak sabar untuk bertemu dan menghabiskan waktu bersama. Ayo atur jadwal untuk bertemu segera!

Sampai jumpa, sahabatku tercinta. Semoga hari-harimu dipenuhi dengan kebahagiaan dan kesuksesan. Tetaplah menjadi dirimu yang luar biasa dan jangan pernah ragu untuk mengejar impianmu.

Dengan cinta dan kasih sayang,

Adelia

Contoh Surat Pribadi untuk Sahabat 2

Untuk sahabatku
Syifa
di tempat

Halo!

Apa kabar Syifa? Semoga kamu dan keluarga sehat wal afiat. Rara di sini juga sehat. Begitu juga dengan orang tua dan kakakku.

Bagaimana dengan sekolah barumu? Apakah kamu sudah punya teman baru? Rasanya ingin sekali Rara bertemu, tetapi jarak memisahkan kita sehingga kita tak bisa bertatap muka secara langsung. Biarlah surat ini yang mewakili perjumpaan kita. Aku merindukan canda dan tawamu.

Syifa, apakah kamu masih rajin latihan balet? bagaimana jika suatu saat nanti kita latihan menari balet bersama? Pasti seru.

Syifa, sebenarnya masih banyak yang ingin kuceritakan padamu, tetapi hari sudah malam dan aku harus istirahat. Lain kali disambung lagi, ya. Salam buat keluargamu. Jangan lupa balas suratku, ya!

Salam manis

Rara

Contoh Surat Pribadi untuk Sahabat 3

Surabaya, 02 Juli 2023

Halo, Davin

Aku dengar dari Raka, kamu akan kuliah di Jakarta dan sedang sibuk mencari tempat kos? Jika sempat, datanglah ke rumah. Sebelum kamu mendapatkan tempat yang cocok, kamu juga bisa tinggal di rumahku. Aku sudah bicara dengan Bapak dan Ibu di rumah. Mereka oke-oke saja. Bagaimana? Kita juga bisa berangkat kuliah bersama-sama.

Sekian dulu, pikirkan ya tawaran saya ini. Saya tunggu jawabanmu secepatnya.

Sahabatmu,

Reno

Contoh Surat Pribadi untuk Sahabat 4

Mojokerto , 1 Juli 2023

Bagaimana kabarmu, teman? Semoga segala sesuatunya berjalan dengan lancar. Aku sedang berpikir bagaimana caranya untuk “sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui”. “Dayungnya” sudah ada. Aku sudah mendapatkan izin (juga uang saku tentunya) untuk liburan ke Jogja. “Pulau” yang kutuju rencananya ada dua, bertemu denganmu sekaligus menikmati pemandangan di Candi Prambanan.

JIka memungkinkan dan kamu tidak keberatan, aku ingin menginap di rumahmu, lima hari saja. Karena, aku tidak punya keluarga di Jogja. Tentu saja akan lebih menyenangkan jika kamu mau menemaniku ke Candi Prambanan.

Tolong ya. Oh ya, kamu mau kan membalas e-mail ini secepatnya supaya aku bisa mempersiapkan segala sesuatunya atau merancang rencana baru jika belum memungkinkan liburan ke Jogja.

Salam, Shania

Contoh Surat Pribadi untuk Sahabat 5

30 Juni 2023

Untuk sahabatku, Damar

Senang sekali menerima suratmu, terutama tawaranmu untuk berakhir pekan di Malioboro. Kebetulan sekali aku sedang tak ada acara dan kangen bercandamu yang meriah. Sabtu malam aku ke rumahmu, ya. Kita berangkat dari rumahmu. Betul kan ada pertunjukan musik disana? Aku akan membawa bekal makanan ringan dan minuman dari rumah untuk kita supaya lebah hemat. Sampai ketemu sabtu malam, ya.

Temanmu,

Denis

Contoh Surat Pribadi untuk Sahabat 6

Bandung, 15-06-2023

Assalamualaikum, wr. wb.,

Hai, Salsa, terima kasih ya atas undangan ulang tahunnya. Aku turut bahagia untukmu. Semoga kesejahteraan, keselamatan, dan kesuksesan selalu menyertaimu di tahun-tahun yang akan datang.

Pestamu pasti meriah. Aku sudah bisa membayangkannya. Rugi rasanya jika aku tidak datang.Tapi apa mau dikata, tanggal 5 Agustus itu, aku harus berangkat ke Surabaya. Ada tes untuk beasiswa belajar di Unair. Maaf, ya. Tapi, aku pasti datang setelah pulang dari Surabaya. Kamu mau oleh – oleh apa?

Selamat ulang tahun ya, Sal. Semoga panjang umur. Sekali lagi, maaf, ya.

Sahabatmu,

Zalina

Contoh Surat Pribadi untuk Sahabat 7

Yogyakarta, 8 Maret 2023

Salam rindu!
Apa kabarmu, Bella?

Bella, aku dengar kotamu sedang dilanda bencana banjir. Aku khawatir akan keadaanmu. Apakah kamu baik-baik saja? Apakah kamu bisa belajar di sekolah tanpa terganggu banjir?

Liburan semester ini, ayahku akan memberikan penyuluhan program “Kota Bebas Banjir” di kotamu. Aku diajak oleh ayah agar dapat mengunjungimu. Apakah kamu ada kesibukan liburan semester ini? Jika tidak, aku akan sangat senang dapat mengunjungimu.

Sekian dariku, kutunggu balasanmu.

Sahabatmu,

Natasya

Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat 8

Surabaya, 20 Juni 2023

Untuk Sahabatku Cindy
Jalan Melati 16
Jakarta

Assalamualaikum,

Ketika surat ini aku tulis, hujan turun cukup deras. Udara sangat dingin dan suasana sepi. Namun, aku belum dapat tidur. Maklum, masih pukul delapan malam. Tiba-tiba, aku ingat kamu, teman sepermainanku pada waktu SD dulu. Bagaimana keadaanmu di Jakarta? Semoga sehat-sehat saja seperti aku sekarang.

Hari Minggu yang lalu, aku pergi ke Taman Bungkul. Ya, tempat wisata di Kta Surabaya yang pernah kita datangi bersama dengan teman-teman satu kelas dulu. Wah, ramai sekali. Pengunjung berkerumumn di depan taman. Akan tetapi, keadaan di dalam masih cukup longgar. Aku bisa bersantai bersama dengan beberapa teman.

Lumayan, cari hiburan. Aku lumayan merasa senang. Lebih senang lagi karena bertemu dengan teman-teman lama yang sekarang bersekolah di luar kota. Melody Nurramdhani, Rica Leyona, dan Sendy Ariani kebetulan juga ada di sana. Ya, mereka tetap lucu, senang bergurau seperti dulu. Mereka juga membicarakan kamu. Kata mereka, kamu juga sering bercanda.

Taman Bungkul sekarang lebih bagus, lho. Kapan kamu pergi ke Surabaya? Aku tahu, kamu hobinya main ke taman sambil membeli siomay. Kapan-kapan saya antar ke Taman Bungkul. Pasti asyik.

Sekian, semoga temanmu di Jakarta juga banyak seperti di Surabaya.

Wasssalamualaikum,

Ochi

Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat 9

Temanggung, 09 April 2023

Untuk Mbak Ningning
di Korea

Salam kangen,

Gimana kabarmu di Korea, Mbak? Semoga selalu dalam lindungan-Nya. Alhamdulillah kami sekeluarga di sini baik-baik aja. Hanya saja setahun belakangan ini seperti ada yang kurang tanpa kehadiran Mbak Ningning di rumah. Bagaimana dengan karirmu di sana, Mbak? Ibu ingin lihat perkembangannya.

Aku kirim surat ini juga untuk memberi kabar sama Mbak, akhir tahun ini Ibu dan Bapak akan berangkat umroh. Pasti bakalan sepi banget rumahnya cuma ada aku, Cahyo, dan Mbok Sooman. Liburan akhir tahun ini Mbak bisa pulang kah?

Oh ya, aku juga ingin minta pendapat Mbak Ningning. Setelah lulus SMA nanti aku ingin kuliah di Semarang, menurut Mas gimana? Aku hanya sedikit bingung karena kalau aku kuliah di luar kota nantinya cuma ada Mbok Sooman dan Cahyo yang menemani Ibu dan Baoak. Aku tunggu balasan suratmu, dan jangan lupa oleh-oleh dari Korea pas pulang nanti. Hehehe…

Adik tergantengmu,

Reyhan

Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat 10

Semarang, 18 Mei 2023

Untuk Kak Aiko Harumi
di tempat

Salam Pramuka!

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih, Kak Aiko karena telah menyampaikan rencana kegiatan persami melalui ketua regu. Namun, menurut saya kegiatan tersebut tetap sama saja seperti kegiatan tahun-tahun sebelumnya. Saya mewakili teman-teman mengusulkan alangkahebaiknya jenis kegiatan persami diganti dengan kegiatan yang lebih menarik.

Saya dan teman-teman mengusulkan untuk kegiatan persami dengan adanya pertunjukkan menampilkan bakat masing-masing kelompok atau anggota pramuka. Dengan begini, kami bisa berlatih tampil di depan umum sekaligus untuk mengasah rasa percaya diri danmenggali bakat kami masing-masing.

Demikian usul yang kami sampaikan. Semoga bisa menjadi pertimbangan Kak Pane untuk menggelar acara persami nanti. Tetap semangat!

Salam,

Erika Ebisawa

Lihat Juga : Arti Circle

Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat 11

Surabaya, 20 Juni 2023

Untuk Syera yang saya sayangi,
Bagaimana kabarmu Syera? Semoga selalu sehat.

Sejak kamu pindah ke Kota Gede, rasanya kelas menjadi sepi. Tiada lagi tawa canda yang menyejukkan. Tiada lagi nasihat-nasihat yang indah itu. Kami semua kangen kamu. Kerinduan kami hanya bisa diungkapkan lewat doa untuk sahabat yang luar biasa sepertimu.

Saya yakin kamu Diana juga sudah mendapat teman – teman baru di Kota Gede. Meski sudah mendapat teman baru, tolong jangan lupakan kami yang di Kota Surabaya ini.

Semoga kamu senantiasa sehat dan selalu dalam lindungan-Nya.

Salam,

Sandra

Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat 12

Yogyakarta, 28 Januari 2023

Jumpa sahabatku, Jasmin
di Kota Bekasi

Hai Jamsin,

Bagimana keadaanmu sekarang? Mudah-mudahan kamu selalu sehat dan tidak kurang suatu apa pun. Sudah lama kamu tidak memberi kabar padaku. Apakah kamu sudah lupa denganku? Wah, mentang-mentang sudah jadi ketua OSIS, ya! Sudah jadi orang keren sekarang!

Jasmin sahabatku. Aku sekarang tinggal di pengungsian. Lahar Merapi melanda kotaku, kota kelahiran kita hingga kini keadaannya menjadi porak-poranda. Rumah, sawah, dan ternak milik keluargaku habis tak tersisa. Untunglah semua keluargaku selamat, walau rumah kami rata dengan tanah. Doakan ya, semoga keluargaku selalu tabah dalam menerima cobaan ini.

Itu saja dulu ya, kabar dariku. Salam hormatku untuk kedua orang tuamu dan salam manisku untuk Mas Indra. Sampai jumpa di liburan yang akan datang.

Sahabatmu,

Melisa

Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat 13

Jakarta, 7 April 2023

Muhammad Gibran
Jl. Sultan Trengginas No. 13 I / 1
Kalung, Tanjung Reja
Banda Aceh

Salam persahabatan,

Halo, Gibran. Bagaimana kabar kamu? Aku berharap semoga kamu baik-baik saja ya! Alhamdulillah soalnya aku di sini juga sehat dan baik-baik saja.

Gibran, tahun depan aku ingin ke rumah nenekku yang ada di Banda Aceh. Jadi aku bisa mampir sekalian ke rumah kamu. Boleh kan aku main ke rumahmu? Pasti boleh lah, soalnya aku kanget parah sama kamu. Awas, kalau tidak boleh! Jangan marah lho, aku cuma bercanda kok. Hehe.

Ngga, gimana foto kenangan kita, masih disimpan, nggak? Soalnya punya aku hilang nggak tahu ke mana.

Ngga, cukup sampai di sini dulu ya surat dari aku. Jangan lupa dibalas ya, Ian. Aku tunggu lho balasan suratnya!

Dari temanmu,

Dion Saputra

Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat 14

Bandung, 23 Februari 2023

Untuk Jerry yang aku sayangi,
Bagaimana kabarmu Jer? Semoga kamu selalu sehat.

Aku menulis surat ini untuk mengatakan sesuatu untuk kamu. Sejak kamu pindah dari Bandung, rasanya kota ini menjadi sangat sepi. Sudah tidak ada lagi tawa canda yang menyejukkan. Sudah tidak ada lagi nasihat-nasihat bijakmu itu.

Aku sangat merindukanmu, Jer. Rasa rindu ini hanya bisa aku ungkapkan melalui surat ini. Aku harap kamu selalu sukses di perantauan sana dan Tuhan selalu Memberkatimu.

Aku juga sangat berharap kamu selalu berada di dalam kondisi yang sehat.

Salam,

Hendra

Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat 15

Untuk sahabatku, Caca

Bagaimana kabarmu, Ca? Semoga semuanya baik dan segala sesuatunya berjalan dengan lancar. Aku menulis surat ini untuk memberikan kabar padamu kalau aku ingin berlibur ke Papua. Aku ingin pergi berlibur ke sana untuk menikmati keindahan alamnya.

Aku tidak ingin pergi berlibur sendiri, aku ingin ada seseorang yang menemaniku berlibur di sana. Aku ingin kamu untuk berlibur bersamaku, Ca. Jika kamu punya waktu, mari kita liburan bersama-sama.

Aku tunggu jawaban suratmu segera supaya kita bisa mempersiapkan diri untuk berlibur ke Papua.

Salam,

Cici

Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat 16

Jember, 2 Januari 2019

Sahabatku, Gelora Ambara Putri
Jl. Wington Mada No. 1
Medan

Salam persahabatan,

Hai, apa kabar Put? Bagaimana keadaanmu sekarang? Sehat dan bahagia bukan? Apa kabar bunga mawar yang di depan rumah kamu? Apa kamu masih merawatnya?

Put, aku ingin sekali loh bertemu sama kamu. Kamu pasti tambah imut deh sekarang, ya kan? Atau mungkin tambah tinggi aja ya badan kamu?

Putri, sahabatku yang baik. Sejak kita berpisah waktu itu, banyak hal yang terjadi di sini. Kota kita memang berkembang sangat pesat, Put. Kamu masih ingat dengan gedung yang dulunya menjadi tempat pentas dan latihan drama kita? Gedung itu sekarang sudah rata dengan tanah, Put. Kini sudah muncul bangunan-bangunan baru yang super mewah dan menjulang ke langit, tapi sayang tempat itu hanya sebagai tempat belanja! Rasanya sudah tidak mungkin untuk menjadi tempat kesenian, apalagi untuk pentas drama.

Put, sekian dulu ya. Jangan lupa balas ya surat aku ini. Kutunggu kabarmu loh!

Sampaikan salamku untuk Ibu dan Bapak, Juga Mas sampaikan ke Mas Burhan. Terima kasih Put… Sampai jumpa di liburan panjang yang akan datang.

Sampai jumpa.

Sahabatmu,

Marlin Priscilla

Contoh Surat Pribadi untuk Sahabat 17

Bandung, 4 Mei 2020

Putri Ramadhani
Jalan Camar no 5
Makassar

Putri tercinta,

Aku ingin meminta maaf atas kelakuanku terakhir kali pada saat itu. Setelah beberapa refleksi jelas bahwa bukan salah kamu, bahwa aku putus dengan pacarku dan mungkin itu yang terbaik untuk kami.

Maaf aku marah padamu dan menyalahkanmu, aku hanya sedih saja. Aku harap ini tidak akan merusak persahabatan kita dan kita bisa melewati masa ini. Aku mengerti bagaimana perasaan kamu sekarang.

Salam hangat,

Riri

Contoh Surat Pribadi untuk Sahabat 18

Cicaheum, 18 Juni 2019

Sahabatku,Jajang Ilham
Di Cilandak

Assalamu’alaikum.

Hai Jang, apa kabar? Apa kamu sehat-sehat saja Jang? Semoga kamu dan keluarga senantiasa diberikan kesehatan dan kebahagiaan oleh Allah Swt. Aamiiin.

Sudah lama rasanya kita tidak berjumpa, sudah hampir tiga tahun yang lalu Jang, tepatnya saat aku dan keluarga memutuskan untuk pindah ke Bogor. Sejak saat itu aku tidak pernah lagi mendengar kabar tentangmu Jang. Aku berharap kamu senantiasa berada dalam lindungan dan kasih sayang Allah SWT di manapun berada.

Akhir bulan ini aku dan keluarga berencana pulang ke Bandung untuk menjenguk nenek. Aku berharap pada hari itu bisa ikut rombongan untuk menjenguk kampung halaman sekalian bersilaturahmi dan bernostalgia dengan kalian wahai para sahabat kecilku yang sangat ku rindu.

Namun apa boleh buat, Allah berkehendak lain tentang rencana ini. Hari itu ternyata aku ada ujian semester dan juga presentasi di kampus. Dengan berat hati nampaknya perjumpaan kita harus diundur, dan aku belum tahu kapan.

Semoga secepatnya kita bisa bertemu ya Jang.

Oh iya Jang, sekian dulu ya, sampaikan salam sekaligus permintaan maafku kepada sahabat-sahabat yang lain. Katakan pada mereka kalau aku sangat merindukan kebersamaan kita dulu saat masa kecil.

Sahabatmu,

Firman

Contoh Surat Pribadi untuk Sahabat 19

Untuk Sahabatku Dina,

Hai Dina, apa kabar? Aku harap kamu baik-baik saja. Aku menulis surat ini karena aku sangat rindu padamu, dan aku harap kamu juga merindukan aku. Sudah dua tahun semenjak kamu pindah ke luar kota, dan banyak hal berubah semenjak itu.

Pertama-tama, apakah kamu ingat bangunan tua besar terlantar yang angker dekat dengan sekolah kita? Sekarang itu sudah tidak angker lagi karena gedungnya sudah dihancurkan dan berubah menjadi taman untuk umum. Dan coba tebak? Di tamannya terdapat tempat untuk bermain skate. Terlebih lagi, tamannya tidak jauh dari Donat Enak, toko donat yang dulu sering kita kunjungi. Aku yakin seratus persen bahwa taman nya akan menjadi tempat yang sempurna bagi kita untuk nongkrong, karena kita berdua suka bermain skateboard dan makan donat. Berbicara tentang Donat Enak, ada menu baru di Donat Enak. Menu barunya adalah donut tiramisu dengan taburan kayu manis. Rasanya enak sekali. Aku yakin kamu akan menyukainya, karena kamu sangat suka tiramisu.

Masih ada banyak perubahan lainnya di kota ini yang ingin aku ceritakan pada kamu di sini, tetapi menurutku akan lebih baik jika kamu melihatnya langsung. Dina, aku sangat rindu melakukan banyak hal bersamamu. Aku harap kamu bisa mengunjungiku segera.

Salam sayang,

Vita

Contoh Surat Pribadi untuk Sahabat 20

Kepada Reno,

Bagaimana kabar kamu di Kalimantan? Semoga kamu baik-baik saja. Sudah lama semenjak terakhir kita bertemu. Aku sangat merindukan kamu, temanku. Apakah kamu merindukan aku juga?

Aku dengar dari saudara kamu bahwa kamu akan berencana pergi ke Bali. Jika iya, aku harap kamu dapat mengunjungi aku juga di Cangu. Aku sangat yakin bahwa kamu akan menyukai Cangu, karena itu adalah kota yang indah dengan banyak tempat wisata untuk dikunjungi. Kamu senang melukis, bukan? Aku tahu beberapa tempat di Cangu yang bisa menginspirasi kamu untuk menciptakan karya kamu yang selanjutnya. Aku juga akan membawa kamu ke tempat-tempat keren di Cangu yang masih belum diketahui oleh sebagian besar orang banyak. Beri tahu aku saja jika kamu ingin mengunjungi aku juga. Aku akan selalu siap untuk menemani kamu menjelajahi kota ini.

 Aku harap kamu membalas surat ini dengan segera.

Salam Ciko

Lihat Juga : Arti Hustle Culture

Contoh Surat Pribadi untuk Sahabat 21

Palembang, 11 Februari 2008

Kepada sahabatku Bagas,

Salam hangat Bagas, aku dapat kabar soal kesehatanmu. Pakde-mu yang kasih tahu. Sedih mendengar kamu kena demam berdarah dan harus masuk rumah sakit. Maaf aku tidak sempat berpamitan saat pindah rumah. Kamu masih ada kemah sedangkan aku sekeluarga harus buru-buru pindah. Tapi aku masih akan sering-sering main ke Jambi. Awal tahun depan kami akan habiskan liburan di sana. Aku kirimkan buah jambu merah yang tumbuh di pekarangan rumah baruku. Katanya buah jambu merah baik untuk memulihkan pasien demam berdarah. Tak sabar berjumpa di awal tahun depan. Semoga saat itu kita sudah bisa main bola lagi di lapangan dekat rumahmu. Ketika membaca surat ini, kuharap bisa menambah semangatmu untuk lekas pulih.

Salam Dari sahabatmu Pavel

Contoh Surat Pribadi untuk Sahabat 22

Yogyakarta, 18 Juni 2023

Stefani Lois
Jln. Pasar Minggu, No. 35
Depok

Stefani sahabatku yang paling manis,

Hei, apa kabar kamu fan? Aku berharap kamu baik-baik saja dan sehat selalu ya! Karena aku di sini juga sehat dan baik-baik saja fan.

Eh Fan, rencananya bulan depan aku mau pergi ke rumah tante aku yang ada di Bandung. Jadi aku bisa sekalian mampir ke rumahmu. Bolehkan kalau nanti aku main ke rumahmu ? Harus boleh lah ya pokoknya hehe, soalnya aku sudah rindu berat dengan kamu. Awas aja kalau tidak boleh!!

Jangan marah lho, aku cuma bercanda aja kok hehe.

Kamu masih pelihara kelinci tidak di rumah? Sekarang udah berapa jumlahnya? Pasti udah nambah banyak ya? Mereka lucu-lucu dan pinter-pinter deh kayak kamu.

Fan, sekian dulu ya surat dari aku. Jangan lupa dibalas ya. Aku tunggu balasan kamu lho!

Dari temanmu yang cantik,

Khaira Syifa

Contoh Surat Pribadi untuk Sahabat 23

Untuk Anisa,

Aku ingin memberikan ungkapan syukur karena pada akhirnya aku bisa menemukan seseorang yang dapat berbincang denganku melalui surat ini.

Terima kasih banyak karena selama ini kamu telah bersedia untuk menjadi sahabat penaku. Aku sangat menghargai hal itu.

Meskipun kita belum lama saling mengenal, tetapi rasanya aku sudah mengenalmu sejak lama. Semenjak kehadiranmu, hidupku terasa lebih menyenangkan karena aku bisa berbicara apapun mengenai hobiku kepada orang yang aku percayai.

Aku ingin memberi tahu diriku lebih banyak kepadamu. Aku sangat suka membaca buku dan mencoba membaca setidaknya dua kali seminggu. Terkadang sulit untuk mengikuti jadwal ini, terutama saat kuliah dan bekerja di kedai kopi, tapi aku mencoba yang terbaik. Aku juga sangat suka menonton film horor terbaik. Bahkan terkadang, aku menonton film setelah membaca buku favoritku.

Tolong tulis dan ceritakan lebih banyak tentang dirimu, aku juga ingin mendengarnya.

Salam Hangat,

Widya

Contoh Surat Pribadi untuk Sahabat 24

Mojokerto, 02 April 2023

Salam rindu!
Apa kabarmu, Delisa?
Delisa, aku dengar nenekmu sedang sakit keras.

Apakah dia baik-baik saja? Apakah kondisinya sudah membaik? Dan bagaimana keadaan keluargamu saat ini?

Liburan semester ini, Ayahku mengajak untuk pulang kampung ke Mojokerto. InsyaAllah aku akan mengunjungimu dan menjenguk nenek yang sakit.

Semoga kita bisa berjumpa dan nenekmu juga cepat sembuh. Sekian dariku, kutunggu balasanmu.

Sahabatmu,

Luna

Contoh Surat Pribadi untuk Sahabat 25

25 Juni 2023

Untuk sahabatku, Raka

Senang sekali menerima suratmu, terutama tawaran yang diberikan olehmu untuk berakhir pekan di rumah nenekmu. Kebetulan sekali aku sedang tak ada acara di waktu tersebut, aku pun rindu untuk berbincang dan bercanda denganmu.

Jumat malam aku ke rumahmu, ya. Kita berangkat dari rumahmu dan kemudian akan diantarkan oleh orang tuamu kan? Betul kan ada pesta kebun di Sabtu sore? Eh, jangan lupa, harus ada makanan ringan dan salad buah, ya. Sampai ketemu Jumat malam!

Sahabatmu,

Nevan

Lihat Juga : Arti Y

Penutup

Setelah mengetahui beberapa contoh surat pribadi kutu sahabat di atas, pastikan ketika menulis surat, Anda telah menyesuaikan surat tersebut dengan pengalaman, hubungan, dan perasaan pribadi Anda dengan sahabat Anda. Anda juga dapat menambahkan atau mengubah bagian surat agar sesuai dengan situasi dan pengalaman unik Anda bersama sahabat Anda.

Apakah tujuan surat pribadi?

Untuk menyampaikan salam, mengucapkan terima kasih, mengungkapkan perasaan, berbagi cerita, atau memberikan nasihat.

Surat pribadi dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu ?

Surat pribadi kekeluargaan dan surat pribadi setengah resmi.

Apa perbedaan surat pribadi dan surat dinas?

Surat dinas ditulis dengan bahasa yang formal atau resmi, sedangkan surat dinas ditulis dengan bahasa yang informal.


Penulis : Adella Eka Ridwanti | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Adella Eka Ridwanti

Adella Eka Ridwanti adalah lulusan Ilmu Komunikasi 2022 yang berpengalaman dalam menulis konten kreatif dan digital marketing. Saat ini menjadi penulis di website Dianisa.com dan menjadi sosial media officer untuk perusahaan yang menawarkan jasa perjalanan tour luar negeri dan Umroh.

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 10 Cara Mengatasi HP OPPO Lemot, Sering Hang, Macet

    Berikut penyebab dan beberapa tips mengatasi HP OPPO yang lemot, macet, lag yang dapat Anda simak…
  2. 415 Nada Dering Lucu, Aneh, Unik, TikTok, Lengkap dan Terbaru 2024

    Berikut kami bagikan sejumlah nada dering yang bisa Anda jadikan nada notifikasi smartphone!
  3. 62 Nada Dering Nokia Jadul Semua Tipe, Terlengkap 2024

    Berikut kami bagikan kumpulan nada dering Nokia jadul versi lama MP3 yang bisa kamu download dan…