15 Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan, Pegawai Pabrik, Kantor, Guru, dll

Berikut contoh surat lamaran kerja dan cara membuatnya!

Surat lamaran kerja adalah salah satu syarat utama dalam melamar pekerjaan. Melalui surat tersebut, pihak perusahaan bisa mengetahui identitas diri pelamar. Tahapan melamar pekerjaan di suatu tempat bisa berbeda-beda. Meskipun sudah ada proses lamaran kerja secara online, namun masih ada juga yang mewajibkan untuk menulis lamaran pekerjaan dengan tulisan tangan. Lamaran kerja tulis tangan dibuat sendiri oleh pelamar, baik menggunakan kerta HVS polos atau kertas folio bergaris. Surat lamaran kerja tulis tangan yang rapi akan mendapatkan nilai lebih di mata HRD.

Semua orang bisa saja menulis surat lamaran kerja, tetapi tidak semuanya memahami cara penulisannya. Ada banyak faktor yang harus diperhatikan dalam menulis surat lamaran kerja tulis tangan seperti tata bahasa, format penulisan, cara penulisan serta hal penting lainnya. Agar tidak bingung dalam membuat surat lamaran kerja yang di tulis tangan, berikut ini terdapat penjelasan terkait cara dan format surat lamaran kerja tulis tangan beserta beberapa contoh yang bisa Anda pahami.

Lihat Juga : 20 Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email

Apa itu surat lamaran kerja?

Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan - Freelance

Surat lamaran kerja yaitu dokumen resmi yang ditulis seseorang untuk melamar pekerjaan di suatu perusahaan dan menjadi persyaratan wajib yang harus di lampirkan oleh seorang pelamar. Pada umumnya surat lamaran kerja berisi tentang identitas diri, keahlian, pengalaman kerja, organisasi atau pun magang. serta dokumen pendukung. Proses pembuatan surat lamaran kerja juga bisa dibilang tidak terlalu mudah karena belum tentu semua orang dapat menulis surat lamaran kerja dengan benar dan sesuai yang diharapkan oleh perusahaan.

Sebagai surat pengantar, surat lamaran kerja akan membantu perusahaan dalam mengevaluasi kemampuan dan kualifikasi pelamar. Selain itu, surat lamaran kerja juga menjadi media bagi pelamar untuk memperkenalkan diri dan mengungkapkan motivasi serta tujuannya dalam melamar pekerjaan di perusahaan tersebut.

Lihat Juga : Download OG WhatsApp Terbaru

Contoh surat lamaran kerja tulis tangan

Berikut beberapa contoh surat lamaran kerja yang ditulis dengan tangan:

1. Surat lamaran kerja CPNS

Lowongan kerja Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) adalah salah satu peluang kerja yang paling banyak dicari oleh masyarakat. Untuk itu Anda harus memahami terlebih dahulu persyaratan yang harus dilampirkan seperti fotokopi SKCK, Ijazah serta dokumen lainnya.

Surat Lamaran Kerja CPNS 1

2. Surat lamaran kerja kesehatan

Apabila Anda berminat untuk melamar kerja di bidang kesehatan, maka Anda wajib melampirkan dokumen pendukung yang sesuai dengan bidangnya, karena hal itu dapat menunjang pelamar agar diterima pada perusahaan.

Surat Lamaran Kerja Kesehatan

3. Surat lamaran kerja non PNS

Ada banyak kesempatan bagi pegawai non-PNS untuk bekerja di berbagai bidang. Untuk itu Anda harus memperhatikan dalam pengisian data dan melengkapi dokumen yang wajib di lampirkan, agar peluang untuk diterima semakin tinggi.

Surat Lamaran Kerja NON CPNS

4. Surat lamaran kerja pabrik

Surat lamaran kerja dengan tulisan tangan juga terkadang diperlukan dalam melamar kerja di sebuah pabrik. Lengkapi persyaratan yang dibutuhkan seperti fotokopi KTP, Ijazah, CV dan berkas pendukung lainnya. selain itu, Anda juga harus menulis bagian posisi apa yang Anda lamar di pabrik tersebut jika banyak lowongan yang dibuka.

Surat Lamaran Kerja Pabrik

5. Surat lamaran kerja admin

Hampir semua perusahaan membutuhkan posisi admin. Tugas dari bagian admin adalah meng-input data perusahaan dan setiap orang bisa melakukannya. Maka dari itu, bagian ini banyak diminati oleh semua orang. Tentu saja, bagian ini harus mampu menguasai komputer dengan baik dan dapat menggunakan beberapa software yang berhubungan dengan administrasi.

Surat Lamaran Kerja Admin

6. Surat lamaran kerja fresh graduate

Untuk fresh graduate harus memahami secara teliti dalam membuat surat lamaran kerja, karena umumnya fresh graduate belum memiliki pengalaman kerja yang mendukung dalam bersaing dengan pelamar lainnya.

Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate

7. Surat lamaran kerja perusahaan

Lowongan pekerjaan di perusahaan memang memerlukan beberapa posisi, tetapi juga banyak pelamarnya. Oleh karena itu, pahami secara teliti persyaratan yang wajib dilampirkan agar memiliki kesempatan yang lebih tinggi untuk diterima.

Surat Lamaran Kerja Perusahaan

8. Surat lamaran kerja mekanik

Bekerja sebagai seorang mekanik memang tidak mudah, membutuhkan proses, waktu dan pengalaman yang baik. Apalagi Anda ingin menjadi seorang yang ahli dalam mekanik. Bukan hanya pendidikan dan pelatihan yang wajib ditempuh. Namun Anda juga harus mempunyai kemauan yang tinggi untuk belajar lebih dalam.

Surat Lamaran Kerja Mekanik

9. Surat lamaran kerja operator produksi

Tugas dari operator produksi adalah mengoperasikan mesin atau peralatan yang terdapat pada pabrik tersebut sesuai dengan petunjuk dan standar perusahaan. Jadi pastikan Anda menguasai dan berpengalaman dengan hal itu.

10. Surat lamaran kerja pegawai tata usaha di sekolah

Ada beberapa jabatan lain yang dibutuhkan di sekolah selain menjadi seorang guru, salah satunya adalah bagian administrasi. Jika Anda melamar di posisi ini pastikan Anda menguasai Microsoft Office dengan baik terutama excel karena bagian ini bertugas untuk mengumpulkan data siswa. Untuk itu persiapkan skill dan dokumen pendukung lainnya.

Surat Lamaran Kerja Pegawai TU Sekolah

Lihat Juga : 30 Lagu Nasional Indonesia Beserta Lirik

Format surat lamaran kerja tulis tangan

Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan - Rumah Sakit

Berikut format surat lamaran yang harus Anda pahami agar dapat menulis surat lamaran kerja dengan baik dan benar :

1. Tanggal dan tempat penulisan

Cara penulisan tanggal dan tempat yang benar adalah diletakkan pada pojok atas kiri atau kanan surat. Untuk tanggalnya sesuaikan dengan deadline yang sudah ditentukan oleh perusahaan. Jangan sampai melebihi deadline tersebut, karena sudah jelas tidak akan diterima.

2. Perihal dan lampiran

Perihal dalam surat wajib diisi, berhubung ini tentang surat lamaran kerja maka isinya adalah perihal surat lamaran kerja. Bisa dicantumkan juga nama perusahaan dan posisi yang akan dilamar. Sedangkan untuk lampiran ini berisi jumlah file yang akan dilampirkan. Untuk jumlahnya tergantung persyaratan dari setiap perusahaan. Contoh lampiran seperti fotokopi ijazah, transkrip nilai, KTP, SIM, sertifikat TOEFL. Jadi dalam lampiran di tulis 5 berkas.

3. Nama perusahaan dan alamat lengkap perusahaan yang dilamar

Untuk format ini Anda dapat menulisnya pada bagian alamat yang akan dituju. Buatlah secara efektif dan tidak harus menulis kata “kepada” sebelum kata “Yth”.

4. Salam pembuka

Untuk menulis salam pembuka harus bersifat umum dan tidak boleh menunjukkan identitas agama tertentu karena tidak semua perusahaan mempunyai agama yang sama dengan Anda. Anda dapat memakai kata “Dengan Hormat” sebagai salam pembukaannya.

5. Kata pengantar yang baik

Pada bagian kata pengantar ini berisi mengenai penjelasan dari sumber informasi yang Anda peroleh seperti dari sosial media, aplikasi lowongan kerja ataupun rekomendasi dari teman.

6. Biodata diri

Ada beberapa hal yang perlu dicantumkan dalam data diri yakni nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, pendidikan, Alamat domisili dan kontak.

7. Pengalaman kerja, magang dan keahlian yang dimiliki

Selain mengisi data diri secara lengkap, Anda juga perlu menjelaskan secara singkat mengenai pengalaman kerja, magang maupun organisasi yang sesuai dengan posisi yang Anda lamar.

8. Informasi lampiran dokumen

Cara penulisan berkas lampiran dalam surat lamaran kerja harus ditulis secara jelas file mana saja yang harus dilampirkan dan menggunakan penomoran secara drop down.

9. Penutup dan salam

Cara penulisan paragraf penutup adalah dengan mengucapkan terima kasih kepada HRD yang telah membaca surat lamaran. Anda tidak harus meminta secara berlebihan, karena hal itu terlihat tidak baik di mata HRD.

10. Nama jelas dan tanda tangan

Untuk bagian nama dan tanda tangan ini tulis di bagian akhir agar terlihat meyakinkan bahwa memang Anda yang membuat dan mengirimnya.

Lihat Juga : Ukuran Lapangan Basket Beserta Gambarnya!

Hal penting yang harus diperhatikan dalam membuat surat lamaran kerja tulis tangan

Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan - Perusahaan

1. Jenis kertas yang digunakan

Perusahaan mempunyai aturan yang berbeda- beda dalam menulis surat lamaran kerja. Untuk itu Anda harus memahami terlebih dahulu persyaratannya sebelum menulis. Ada beberapa perusahaan yang mewajibkan pelamarnya untuk menulis di kertas HVS polos. Namun, ada juga yang tidak ada aturan dalam penggunaan kertas, sehingga pelamar bisa memakai jenis kertas apa pun. Agar tulisan terlihat bagus dan rapi, Anda bisa menggunakan kertas folio bergaris.

2. Menulis yang rapi

Dalam membuat surat lamaran kerja dengan tulisan tangan harus ditulis secara bagus dan rapi. Untuk itu disarankan menulis surat lamaran dengan menggunakan huruf tegak bersambung, agar perekrut lebih mudah dalam membaca tulisan Anda.

3. Hindari menggunakan correction pen

Menulis surat lamaran kerja dengan tulis tangan memang agak sedikit rumit sehingga harus dipersiapkan terlebih dahulu. Hindari menggunakan Correction Pen jika terjadi kesalahan dalam menulis surat lamaran. Sebaiknya, gunakan kertas baru dan menulis ulang surat lamarannya.

4. Warna pena

Perhatikan terlebih dahulu, apakah perusahaan yang Anda lamar mewajibkan menggunakan warna pena khusus. Karena ada beberapa perusahaan yang mewajibkan untuk menggunakan warna tertentu. Hindari juga penggunaan pena warna merah untuk menulis surat lamaran kerja dengan tulisan tangan.

5. Penggunaan huruf kapital

Membuat surat lamaran dengan tulisan tangan harus ditulis secara cermat dan teliti. Karena tidak seperti Anda menulis di komputer yang bisa secara otomatis dihapus dan diperbaiki. Perhatikan dalam penulisan huruf besar pada awal kalimat karena hal itu menjadi nilai tersendiri bagi HRD.

6. Penyebutan referensi tempat kerja

Jelaskan sumber informasi dari lowongan pekerjaan yang telah Anda dapatkan secara spesifik. Misalnya dari sosial media Instagram dengan menyebutkan nama akun dan tanggal memperoleh informasi tersebut. Jangan menulis sumber informasi secara singkat. Karena hal itu akan membuat HRD mengetahui waktu Anda menemukan informasi lowongan kerja tersebut.

Lihat Juga : 1000+ Nama FF Keren Pro dan Artinya

Cara menulis surat lamaran kerja tulis tangan

Surat Lamaran Kerja di PT - Social Media Officer
  1. Memahami persyaratan yang wajib dilampirkan ketika melamar kerja dengan baik agar peluang diterima lebih tinggi.
  2. Buat draft terlebih dahulu sebelum benar-benar menulis surat lamaran kerja seperti deskripsi diri singkat, paragraf pembuka dan paragraf penutup agar tidak terjadi kesalahan ketika menulis.
  3. Menulis surat lamaran kerja dengan bahasa Indonesia yang baik, rapi dan tidak bertele-tele.
  4. Tulis data diri Anda secara lengkap sesuai dengan yang diharapkan perusahaan dan cantumkan juga deskripsi pekerjaannya.
  5. lampirkan sertifikat pendukung yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang Anda lamar. Hal Itu akan menjadi nilai tambahan bagi lamaranmu di mata HRD sehingga peluang untuk diterima besar.
  6. Promosikan diri Anda sebagus mungkin dalam surat lamaran tersebut dan jelaskan alasan mengapa Anda pantas diterima pada posisi tersebut.
  7. Cantumkan materai, tanda tangan dan nama lengkap Anda secara jelas agar terlihat meyakinkan dalam surat lamaran yang Anda tulis.
  8. Pastikan kembali dokumen yang akan dikirimkan sesuai dengan yang diminta perusahaan dan jadikan dalam satu map agar terlihat rapi.

Lihat Juga : 1000 Nama IG Keren, Unik, Aesthetic, Cewek, Cowok, Lucu!

Tujuan surat lamaran kerja tulis tangan

Surat Lamaran Kerja di PT - Teller Bank

Berikut beberapa tujuan perusahaan mewajibkan untuk mengirim surat lamaran kerja dengan tulis tangan:

1. Memahami kepribadian kandidat

Beberapa HRD Perusahaan berasal dari lulusan prodi psikologi. Dalam psikologi kita mempelajari mengenai ilmu grafologi yaitu ilmu yang dapat mengetahui kepribadian seseorang berdasarkan tulisan tangan, sehingga hal ini menjadi salah satu alasan perusahaan mewajibkan pelamar untuk menulis surat lamaran kerja dengan tulisan tangan.

2. Melihat keseriusan kandidat

Zaman digital seperti sekarang ini memang jarang perusahaan yang mewajibkan untuk menulis surat lamaran kerja dengan tulisan tangan. Bisa dibilang 1 dari 10 perusahaan, sehingga hal ini menjadi strategi khusus dari beberapa perusahaan untuk melihat keseriusan pelamar dalam melamar pekerjaan.

3. Mengetahui ketelitian kandidat

Membuat surat lamaran kerja dengan tulis tangan memang sedikit rumit dan harus teliti sehingga hal ini menjadi alasan HRD untuk menyeleksi calon pegawai. Untuk pelamar yang tidak serius dapat dilihat berdasarkan tulisan suratnya yang tidak rapi dan banyak kesalahan.

Lihat Juga : 1000 Kata-Kata Bijak Kehidupan

Penutup

Itulah penjelasan mengenai cara, format dan beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam menulis surat lamaran kerja dengan tulis tangan beserta 10 contoh dari berbagai profesi. Semoga dengan penjelasan di atas kalian bisa memahami dan memodifikasi sendiri sehingga bisa lolos dalam melamar kerja. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau sampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

Apa perbedaan dari surat lamaran kerja tulis tangan dan ketik?

Perbedaan surat lamaran kerja tulis tangan dan diketik hanya berbeda dalam cara penulisannya, sehingga tentu saja memiliki nuansa yang berbeda juga. Namun untuk isinya memang sama. Jadi sesuaikan dengan apa yang dibutuhkan perusahaan pada posisi tersebut.

Apa tujuan perusahaan meminta untuk menulis surat lamaran kerja tulis tangan?

Tujuan yakni memahami kepribadian kandidat, melihat keseriusan kandidat dan mengetahui ketelitian kandidat

Apa saja yang harus diperhatikan dalam menulis surat lamaran kerja tulis tangan?

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam menulis surat lamaran kerja tulis tangan agar diterima oleh perusahaan yaitu jenis kertas yang digunakan, menulis yang rapi dan tidak bertele-tele, warna pena, tidak menggunakan correction pen, penyebutan referensi kerja serta penggunaan huruf kapital.


Penulis : Asiyatul Ulfiyah | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Asiyatul Ulfiyah

Asiyatul Ulfiyah adalah penulis artikel di web dianisa.com. Saya memiliki minat dalam bidang sosial media, content creator, dan content writer. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk bidang yang lain yang dapat meningkatkan kemampuan saya.

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 260 PP WA Couple Keren, Lucu, Aesthetic, Romantis, Terpisah, dan Paling Kece!

    Berikut kami bagikan kumpulan foto profil / pp wa couple terpisah, dan paling kece yang bisa…
  2. 172 PP (Foto Profil) Kucing Couple Terpisah, Lucu Gemoy, dan Aesthetic!

    Berikut kumpulan PP (Foto Profil) kucing couple terpisah lucu dan aesthetic yang telah kami kumpulkan dan…
  3. 100 PP (Foto Profil) WA Aesthetic Hijab, Muslimah!

    Berikut kumpulan PP (Foto Profil) WA Aesthetic Hijab, Muslimah yang telah kami kumpulkan dan dapat Anda…