15 Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan Untuk Melamar Kerja

Ketahui contoh Daftar Riwayat Hidup yang baik dan benar agar dilirik HRD berikut ini!

Ketika kita akan melamar ke sebuah perusahaan pasti kita tidak asing dengan istilah daftar riwayat hidup, daftar riwayat hidup ialah sebuah dokumen yang berisi deskripsi singkat diri mengenai identitas, pendidikan, kualifikasi, minat, dan pengalaman kerja seseorang sebelumnya. Daftar riwayat hidup seorang pelamar sangat penting bagi sebuah perusahaan, karena deskripsi diri yang tertuang dalam daftar riwayat hidup tersebut akan menentukan apakah pelamar ini cocok dengan perusahaan tersebut ataukah tidak.

Umumnya daftar riwayat hidup di ketik menggunakan PC (Personal Computer) ataupun laptop, namun di zaman yang serba modern ini ternyata masih ada juga perusahaan yang menerima daftar riwayat hidup dalam bentuk tulisan tangan. Salah satu alasan perusahaan masih menerima daftar riwayat hidup dalam bentuk tulisan tangan ialah agar perusahaan dapat mengenali calon kandidatnya secara lebih personal melalui tulisan tangan mereka.

Ringkasan

  • Daftar Riwayat hidup tulis tangan ialah sebuah dokumen yang berisi deskripsi singkat diri mengenai identitas, pendidikan, kualifikasi, minat, dan pengalaman kerja seseorang sebelumnya yang di tulis menggunakan tulisan tangan.
  • Salah satu alasan perusahaan masih menerima daftar riwayat hidup dalam bentuk tulisan tangan ialah agar perusahaan dapat mengenali calon kandidatnya secara lebih personal melalui tulisan tangan mereka.
  • Kelebihan daftar riwayat hidup tulis tangan ialah pelamar akan terlihat lebih bersungguh-sungguh, HRD dapat membaca karakter pelamar bahkan sebelum bertatap muka secara langsung, dan dapat pula meningkatkan rasa percaya diri karena keberhasilan kita dalam menulis daftar riwayat hidup tersebut secara rapi disertai tulisan yang bagus.
  • Sementara kekurangan penulisan daftar riwayat hidup ialah membutuhkan waktu yang lama, menghabiskan banyak kertas, serta format atau template yang terbatas.
  • Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan daftar riwayat hidup tulis tangan ialah mempersiapkan alat tulis dan kertas, tulis daftar riwayat hidup serapi mungkin dan hindari kesalahan penulisan, membuat draft tulisan, cantumkan informasi penting secara terperinci, lalu buat salinan daftar riwayat hidup.

Lihat Juga : Panduan Foto Lamaran Kerja Profesional

Isi tampilkan

Kelebihan Daftar Riwayat Hidup tulis tangan

Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan 1

Ketika sebuah perusahaan mempertimbangkan untuk menerima sebuah daftar riwayat hidup tulis tangan dari seorang pelamar, pasti ada sebuah kelebihan yang di pertimbangkan perusahaan tersebut yang tentunya akan memberikan keuntungan lebih bagi sebuah perusahaan dalam perekrutan seorang calon karyawan. Berikut adalah beberapa kelebihan daftar riwayat hidup tulisan tangan :

1. Terlihat lebih bersungguh sungguh

Di tengah zaman yang semakin canggih serta apa pun dapat dilakukan otomatis menggunakan komputer, penulisan daftar riwayat hidup yang di tulis manual menggunakan tangan akan memberi kesan bahwa si pelamar kerja bersungguh-sungguh melamar kerja di tempat tersebut. Karena daftar riwayat hidup yang ditulis menggunakan tangan tentunya membutuhkan usaha lebih dibandingkan daftar riwayat hidup yang di ketik menggunakan komputer.

2. HRD bisa membaca karakter sie pelamar

Posisi HRD yang ditempati pada suatu perusahaan umumnya merekrut para lulusan Psikologi yang sempat menekuni pembelajaran graphology serta ilmu membaca tulisan tangan. Sehingga mereka bisa membaca karakter tulisan seorang pelamar bahkan sebelum seorang HRD bertatap muka dengan pelamar tersebut.

3. Meningkatkan rasa percaya diri

Membuat daftar riwayat hidup tulis tangan dengan daftar riwayat hidup yang diketik menggunakan komputer tentunya memberikan sensasi yang berbeda. Sensasi ketika kita berhasil menulis daftar riwayat hidup dengan tulisan rapi dan indah tentunya akan meningkatkan rasa percaya diri kita, yang akan berdampak kepada performa kita nanti ketika tes lanjutan serta interview bersama HRD perusahaan tersebut.

Lihat Juga : Contoh Soal Psikotes Deret Angka

Kekurangan Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan

Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan 2

Selain beberapa kelebihan daftar riwayat hidup tulis tangan, terdapat beberapa kekurangan yang juga perlu diperhatikan seorang pelamar agar hal tersebut tidak menjadi bumerang yang justru menjadi penghambat calon kandidat tersebut melamar ke sebuah perusahaan. Berikut adalah beberapa kekurangan daftar riwayat hidup tulis tangan yang perlu diperhatikan seorang pelamar :

1. Membutuhkan waktu

Menulis daftar riwayat hidup tulisan tangan tentunya membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan daftar hidup yang diketik menggunakan komputer. Misalnya dalam satu kali penulisan daftar riwayat hidup yang diketik menggunakan komputer kita dapat meng-copy nya secara otomatis menjadi beberapa dokumen, namun dalam daftar riwayat hidup tulisan tangan tidak dapat dilakukan hal semacam itu, kita harus menulis ulang pada kertas yang baru dari awal hingga akhir.

2. Menghabiskan banyak kertas

Ketika menginginkan kesan yang baik dari HRD saat melihat daftar riwayat hidup tulisan tangan kita, maka kita juga harus mengusahakan daftar riwayat hidup tersebut bebas dari salah penulisan ataupun coretan yang tidak perlu, maka ketika terjadi kesalahan penulisan alhasil kita harus mengulang menulis kembali di kertas yang baru dan hal tersebut akan menghabiskan banyak kertas.

3. Format Atau template yang terbatas

Desain daftar riwayat hidup tulisan tangan tidak dapat di edit atau tempel se mudah ketika kita menggunakan komputer, alternatif lain dapat digunakan misalnya desain yang sudah dipilih kita cetak terlebih dahulu kemudian untuk proses selanjutnya tetap menggunakan tulisan tangan. Atau dapat pula Anda menggambar langsung pada kertas yang akan Anda gunakan menulis daftar riwayat hidup tersebut.

Kelebihan dan kekurangan tersebut dapat kalian jadikan pertimbangan dalam penulisan daftar  riwayat hidup tulisan tangan ini. Lalu apa saja sih hal yang perlu diperhatikan ketika kita memutuskan menulis daftar riwayat hidup tulis tangan?

Lihat Juga : Contoh Soal Psikotes Lengkap

Hal – hal yang perlu diperhatikan dalam menulis daftar riwayat hidup tulis tangan

Agar Anda tidak salah melangkah dalam membuat daftar riwayat hidup tulis tangan maka terdapat hal hal yang perlu Anda perhatikan agar daftar riwayat hidup Anda lebih cepat di lirik oleh recruiter

1. Mempersiapkan alat tulis dan kertas

Kertas serta alat tulis terbaik merupakan salah satu kunci agar daftar riwayat hidup kita dapat terlihat menarik, pasalnya apabila kita tidak memperhatikan 2 aspek tersebut tak jarang kita akan menemui tulisan dengan tinta pena yang terlalu tebal serta penggunaan kertas yang tipis serta tembus pandang, hal ini tentunya akan membuat daftar riwayat hidup kita terkesan kotor. Anda dapat menggunakan kertas folio bergaris agar tulisan Anda dapat terlihat lebih rapi.

Kemudian dalam penulisan usahakan menggunakan pulpen berwarna hitam agar memberikan kesan formal dan profesional, pulpen hitam di atas kertas putih juga cenderung membuat tulisan Anda lebih jelas.  Sedangkan pulpen berwarna merah akan memberikan kesan kurang sopan dan cenderung tidak profesional.

2. Tulis daftar riwayat hidup serapi mungkin dan hindari kesalahan penulisan

Kendala penulisan yang tidak rapi masih banyak dikeluhkan banyak orang ketika hendak membuat daftar riwayat hidup tulis tangan, hal tersebut dapat kita atasi dengan cara membuat garis tipis di sisi kanan dan kiri kertas. Selain itu, hindari membuat kesalahan penulisan, apabila terjadi kesalahan penulisan hendaknya kita membuat daftar riwayat hidup tulis tangan di kertas yang baru, karena penggunaan correction tape atau mencoret kertas akan memberikan kesan kertas yang kotor dan tidak rapi

3. Membuat draft tulisan

Draft ini merupakan konsep tulisan yang akan Anda rangkai. Pembuatan draft ini dapat membantu Anda meminimalisir kesalahan penulisan yang ada, karena Anda dapat terlebih dahulu mengoreksi tulisan Anda dalam draft tersebut sebelum menuangkannya langsung dalam daftar riwayat hidup tulis tangan Anda. Sehingga upaya ini akan lebih meminimalisir pula penggunaan kertas yang berlebihan akibat dari kesalahan penulisan yang ada.

4. Cantumkan informasi penting secara terperinci

Dalam pembuatan daftar riwayat hidup tulis tangan kita perlu memperhatikan bagian pengenalan identitas diri seperti nama, tanggal lahir, alamat dan seterusnya, lalu riwayat pendidikan, pengalaman organisasi, dan pengalaman kerja. Kita perlu memastikan setiap poin tersebut mencakup informasi penting yang perlu diketahui HRD.

Dalam penulisan daftar riwayat hidup tersebut pun usahakan ditulis menggunakan kalimat sederhana yang lugas serta tidak bertele-tele. Daftar riwayat hidup tersebut dapat diawali dengan kalimat pembuka yang sederhana namun menarik tetapi juga tetap berkesan formal.

5. Buat salinan daftar riwayat hidup

Banyak kemungkinan buruk yang dapat terjadi ketika kita membuat daftar riwayat hidup tulis tangan, misalnya kertas yang robek, terkena air, kotor, serta berbagai kemungkinan lainnya. Untuk mengantisipasi kejadian tersebut, Anda perlu membuat beberapa salinan daftar riwayat hidup tulis tangan yang dapat Anda gunakan sebagai arsip di kemudian hari.

Lihat Juga : Contoh Jawaban Kelebihan Kekurangan Saat Interview

Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan

Berikut beberapa contoh daftar riwayat hidup yang dapat kalian jadikan referensi untuk pertimbangan kalian melamar ke sebuah perusahaan :

1. Contoh daftar riwayat hidup tulis tangan dengan mencantumkan prestasi dan pengalaman organisasi

1. Daftar Riwayat Hidup Dengan Prestasi dan Pengalaman Organisasi
Sumber : storage.googleapis.com

2. Contoh daftar riwayat hidup tulis tangan dengan mencantumkan riwayat kerja

2. Daftar Riwayat Hidup Dengan Riwayat Kerja
Sumber : dailysocial.id

3. Contoh daftar riwayat hidup tulis tangan bagi lulusan S1

3. Daftar Riwayat Hidup Untuk Lulusan S1
Sumber : lokerjakarta.id

4. Contoh daftar riwayat hidup tulis tangan dengan mencantumkan foto dan layout

4. Daftar Riwayat Hidup Dengan Foto dan Layout
Sumber : dailysocial.id

5. Contoh daftar riwayat hidup tulis tangan di awali kata pengantar

5. Daftar Riwayat Hidup Dengan Kata Pengantar
Sumber : assets-global.website-files.com

Lihat juga : Contoh Jawaban Pertanyaan Motivasi

6. Contoh riwayat hidup tulis tangan dengan mencantumkan pengalaman pelatihan

6. Daftar Riwayat Hidup Dengan Pengalaman Pelatihan
Sumber : linovhr.com

7. Contoh riwayat hidup tulis tangan dengan mencantumkan pendidikan formal dan informal

7. Daftar Riwayat Hidup Dengan Pendidikan Formal dan Informal
Sumber : artikel.rumah123

8. Contoh riwayat hidup tulis tangan bagi berpengalaman kerja

8. Daftar Riwayat Hidup Berpengalaman Kerja
Sumber : iuwashplus.or.id

9. Contoh riwayat hidup tulis tangan bagi lulusan SMK

9. Daftar Riwayat Hidup Untuk Lulusan SMK
Sumber : berita.99.co

10. Contoh riwayat hidup tulis tangan dengan mencantumkan pengalaman magang

10. Daftar Riwayat Hidup Dengan Pengalaman Magang
Sumber : bikincv.com

Lihat juga : Contoh Psikotes Gambar Pohon

11. Contoh riwayat hidup tulis tangan dengan mencantumkan hobi

11. Daftar Riwayat Hidup Dengan Hobi
Sumber : dailysocial.id

12. Contoh riwayat hidup tulis tangan dengan mencantumkan keahlian

12. Daftar Riwayat Hidup Dengan Keahlian
Sumber : assets-global.website-files.com

13. Contoh riwayat hidup tulis tangan bagi fresh graduate

13. Daftar Riwayat Hidup Untuk Freshgraduate
Sumber : linovhr.com

14. Contoh riwayat hidup tulis tangan bagi lulusan SMA

14. Daftar Riwayat Hidup Untuk Lulusan SMA
Sumber : imgv2-1-f.scribdassets.com

15. Contoh riwayat hidup tulis tangan dengan mencantumkan sertifikat

15. Daftar Riwayat Hidup Dengan Sertifikat
Sumber : lumina.com

Lihat juga : Apa itu Soft Skill

Penutup

Nah itu dia beberapa kelebihan, kekurangan serta hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan daftar riwayat hidup tulisan tangan sebagai referensi untuk melamar pekerjaan ke tempat yang Anda impikan. Ketika melakukan upaya pembuatan daftar riwayat hidup tersebut harus kalian iringi dengan pengembangan skill serta senantiasa mengevaluasi pribadi kita agar senantiasa dapat menjadi lebih baik ke depannya.

Apa saja yang perlu dicantumkan dalam daftar riwayat hidup tulis tangan kita?

Pada umumnya yang perlu dicantumkan dalam daftar riwayat hidup tulis tangan ialah identitas diri seperti nama, tanggal lahir, alamat dan seterusnya, lalu riwayat pendidikan, pengalaman organisasi, dan pengalaman kerja.

Jenis kertas dan pena seperti apa yang perlu kita siapkan dalam pembuatan daftar riwayat hidup tulisan tangan?

Sebaiknya Anda melakukan pemilihan kertas yang tidak terlalu tipis serta tinta pena yang tidak terlalu tebal. Agar mengurangi kesan kertas yang kotor akibat dari rembesan tinta pena yang terlihat di belakang kertas yang tipis tersebut. Anda dapat juga menggunakan kertas folio bergaris agar tulisan tangan Anda dapat terlihat lebih rapi.

Apa yang perlu dilakukan untuk mengantisipasi kesalahan penulisan daftar riwayat hidup tulis tangan secara berulang ?

Untuk mengantisipasi kesalahan penulisan daftar riwayat hidup secara berulang, Anda dapat menulis draft terlebih dahulu, dengan hal tersebut Anda dapat mengonsep dan mengoreksi tulisan Anda terlebih dahulu sebelum dituangkan langsung di kertas daftar riwayat hidup Anda.


Penulis : Asiyatul Ulfiyah | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Asiyatul Ulfiyah

Asiyatul Ulfiyah adalah penulis artikel di web dianisa.com. Saya memiliki minat dalam bidang sosial media, content creator, dan content writer. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk bidang yang lain yang dapat meningkatkan kemampuan saya.

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 80 PP (Foto Profil) Anime Girl Cute, Aesthetic, dan Misterius!

    Berikut daftar PP anime girl cute, aesthetic, dan cool yang telah kami kumpulkan dan dapat digunakan…
  2. 104 PP (Foto Profil) Couple Bestie Sahabat, Terpisah, Anime, Aesthetic!

    Berikut kumpulan PP (Foto Profil) couple bestie sahabat, terpisah, anime, dan aesthetic, yang telah kami kumpulkan…
  3. 70 Nada Dering HP VIVO Original, TikTok, Islami, Remix!

    Berikut kami bagikan kumpulan nada dering HP VIVO versi original, islami, remix, dan TikTok yang bisa…