Arti Deadline Adalah: Pengertian, Manfaat, Tips Menghadapi, Dampak Negatif

Deadline merupakan batas waktu yang telah ditentukan untuk mengerjakan suatu bersifat penting

Sebagai seorang pelajar, mahasiswa, atau pekerja pasti Anda sudah asing lagi dengan yang namanya deadline. Deadline biasanya akan Anda temukan ketika sedang mengerjakan suatu proyek atau tugas yang diberikan oleh atasan atau dosen Anda. Sebagian orang ada yang merasa khawatir dan cemas ketika menghadapi deadline, namun ada pula beberapa orang yang justru merasa lebih mudah mengerjakan pekerjaan mereka apabila diberikan deadline ketika proses mengerjakannya.

Lalu apa itu arti deadline? berbicara mengenai arti deadline itu sendiri, Anda harus berhati-hati dan jangan sampai menyamakan arti deadline dengan deadline. Kedua istilah tersebut memang hampir sama dalam segi penulisan maupun pengucapannya. Namun yang perlu Anda ketahui, bahwa keduanya memiliki arti yang berbeda. Oleh karena itu, Anda dapat menyimak beberapa informasi mengenai pengertian deadline berikut ini agar Anda dapat membedakan antara deadline dan dateline. Selain itu, Anda juga dapat mengetahui beberapa tips yang dapat Anda lakukan ketika berhadapan dengan sebuah deadline.

Ringkasan

  • Deadline artinya tenggat waktu untuk mengerjakan sebuah pekerjaan dan hal-hal yang bersifat penting.
  • Deadline berasal dari istilah bahasa Inggris yaitu “Dead” yang berarti tidak berlaku lagi dan “Line” yang berarti garis. Sehingga memiliki arti garis waktu sesuatu tidak berlaku lagi.
  • Deadline bertujuan untuk menggambarkan batas waktu yang diberikan untuk mengumpulkan suatu tugas atau pekerjaan yang Anda lakukan.
  • Tips yang paling utama dalam menghadapi Deadline adalah tidak menunda – menunda pekerjaan, dan fokus terhadap pekerjaan yang lebih penting.

Lihat Juga : Pengertian Teknologi Informasi

Pengertian Deadline

Pengertian Deadline
Sumber Gambar : linovhr.com

Deadline adalah sebuah istilah yang berasal dari bahasa Inggris yaitu “dead” yang berarti tidak berlaku lagi dan “line” yang berarti garis. Sehingga jika keduanya digabung menjadi satu memiliki arti garis waktu sesuatu tidak berlaku lagi. Deadline juga bisa diartikan sebagai tenggat waktu atau batas waktu untuk mengerjakan sebuah pekerjaan dan hal – hal yang bersifat penting. Sehingga harus dikerjakan sebelum batas waktu tersebut terjadi.

Beberapa orang mungkin merasa terbebani dengan pekerjaan yang sedang dilakukan, namun dengan adanya deadline Anda dapat memprioritaskan pekerjaan mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Sehingga pekerjaan Anda juga tidak akan menumpuk dan dapat selesai dengan cepat.  

Dari penjelasan pengertian Deadline di atas, maka kita dapat melihat bahwa pengertian deadline jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia kurang lebih memiliki arti sebagai tenggat waktu. Oleh karena itu, tidak heran jika deadline sangat populer di kalangan anak sekolah, pelajar, dan profesional. Karena kata deadline sangat tepat untuk menggambarkan batas waktu yang diberikan untuk mengumpulkan suatu tugas atau pekerjaan yang Anda lakukan.

Lihat Juga : Pengertian HTTPS

Manfaat adanya deadline

Manfaat Deadline
Sumber Gambar : alctraining.com

Beberapa orang mungkin akan merasa tertekan ketika diberi deadline dalam mengerjakan pekerjaannya, namun Anda juga perlu tahu bahwa deadline juga memiliki peran yang cukup positif bagi Anda saat mengerjakan suatu pekerjaan. Beberapa peran positif tersebut antara lain yaitu:

1. Meningkatkan rasa percaya diri Anda

Jika Anda dapat memenuhi deadline secara konsisten maka Anda akan memperoleh tambahan rasa percaya diri dalam jangka panjang. Keyakinan yang Anda peroleh dari diri Anda kemudian dapat membuat Anda dapat menerjemahkan kreasi Anda ke dunia nyata dan memungkinkan Anda untuk lebih tanggung jawab di masa mendatang, hal tersebut juga dapat berfungsi untuk mengeksplorasi teknik serta strategi baru Anda untuk berkembang lebih jauh lagi.

2. Kunci kesuksesan Anda

Kepatuhan Anda dalam memenuhi deadline dapat dijadikan sebagai tolak ukur dalam penilaian kinerja Anda, terutama di dunia usaha. Bahkan jika di luar pekerjaan, Anda sering kali membuat sebuah deadline secara pribadi maka hal tersebut tentu akan membuat Anda menjadi pribadi yang lebih disiplin dan dapat dengan mudah meraih kesuksesan Anda.

3. Mendorong inovasi dan kreativitas Anda

Bagi orang-orang sukses, adanya deadline sering kali dijadikan sebagai tantangan yang menarik dan peluang untuk menciptakan nilai. Para pebisnis biasanya justru menggunakan deadline sebagai sebuah proses untuk mencapai kesuksesan. Maka tidak heran jika beberapa orang yang memiliki motivasi tinggi menggunakan kreativitas dan keterampilan kepemimpinan mereka untuk menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat dan melebihi ekspektasi.

4. Membantu Anda fokus terhadap hal yang paling penting

Adanya deadline secara langsung dapat mempengaruhi waktu yang Anda miliki. Dengan demikian, Anda akan menjadi lebih fokus dan memprioritaskan beberapa tugas yang Anda miliki. Sehingga Anda hanya mengerjakan tugas yang lebih penting dan membawa Anda lebih dekat ke tujuan yang paling berarti. Untuk mencapai tujuan tersebut, Anda juga harus belajar untuk fokus pada pencapaian terpenting Anda dan berani untuk mengatakan tidak kepada orang lain.

5. Anda dapat menerima kesalahan kecil dan terus maju

Kebanyakan orang menginginkan hasil yang hampir sempurna dalam keterampilan, bisnis, atau karier mereka. Ketika Anda memiliki deadline, Anda tidak terlalu memaksakan kesempurnaan tersebut dan menerima kesalahan-kesalahan kecil dalam pekerjaan Anda, daripada mengutak-atik kesalahan tersebut tanpa henti yang justru dapat membuat pekerjaan Anda tertinggal dari deadline yang telah ditentukan.

Lihat Juga : 1 MB Berapa KB?

Dampak negatif dari penundaan deadline

Dampak Negatif Deadline
Sumber Gambar : bbc.com

Jika Anda terbiasa mengerjakan tugas selalu mendekati deadline, hal itu hanya akan berdampak buruk bagi Anda. Biasanya dampak negatifnya mungkin tidak langsung terasa di sini, tetapi akan menjadi seperti gunung berapi yang siap meletus kapan saja. Oleh karena itu, Anda harus segera menyelesaikan pekerjaan Anda secepat mungkin dan sebisanya tidak terlalu mendekati deadline yang telah ditentukan. Hal tersebut tentu saja bermanfaat untuk menghindari beberapa dampak negatif yang dapat Anda rasakan berikut ini ketika Anda menunda pekerjaan hingga melewati deadline yang telah ditentukan sebelumnya.

1. Terganggunya kesehatan mental Anda

Dampak negatif pertama yang Anda rasakan ketika sering menunda-nunda pekerjaan adalah kesehatan mental Anda akan terganggu. Dan salah satu cirinya adalah ketika Anda mulai merasa cemas yang berlebihan dan sedikit emosional.

Keadaan stres ini juga biasanya dapat berbentuk kepanikan dalam diri dan perasaan bahwa waktu masih berlalu. Sehingga ketika kesehatan mental Anda sudah terkena gangguan, maka Anda akan merasa mudah cemas dan pekerjaan menjadi berantakan.

2. Terganggunya kesehatan fisik Anda

Apakah Anda mudah lelah bahkan saat Anda tidak berlari maraton? Hal tersebut juga dapat terjadi karena Anda sering menunda pekerjaan. Jika Anda mengerjakan sebuah tugas terlalu dekat dengan deadline maka Anda akan terburu-buru dalam mengerjakannya. Dan yang perlu Anda ketahui bahwa terlalu sering kecanduan mempercepat tugas dalam waktu singkat, tentu akan merugikan kesehatan Anda.

3. Meremehkan waktu

Banyak dari kita yang cenderung meremehkan waktu ketika diberi deadline untuk mengerjakan suatu pekerjaan. Hal ini tentu saja akan membuat manajemen waktu menjadi berantakan dan mengganggu pekerjaan Anda lainnya.

Lihat Juga : Pengertian RPM

Tips dalam memenuhi deadline

Tips Memenuhi Deadline
Sumber Gambar : inc.com

Deadline sering kali menjadi tekanan tersendiri bagi beberapa orang. Maka tidak heran, jika beberapa orang justru mengalami stres dan cemas berlebihan jika berhadapan dengan deadline. Hal tersebut tentu saja memiliki dampak yang cukup buruk dan dapat mengganggu konsentrasi dalam bekerja. Oleh karena itu, Anda dapat mencoba beberapa tips berikut ini agar dapat menyelesaikan pekerjaan Anda sebelum deadline yang ditentukan.  

1. Meminta kejelasan mengenai deadline yang diberikan

Tips yang pertama yang dapat Anda lakukan terlebih yaitu komunikasikan mengenai kejelasan deadline yang diberikan. Berdasarkan artikel Harvard Business Review mengatakan bahwa sebuah deadline atau tenggat waktu adalah suatu hal yang penting untuk dikomunikasikan. Karena pada umumnya, ada beberapa deadline yang masih belum jelas kepastiannya, misalnya deadline pada saat pertemuan kelompok, kegiatan atau proyek.

Dalam kehidupan kerja, karyawan terkadang tidak mengetahui apakah deadline dapat ditunda atau tidak. Oleh karena itu, saat memberi tugas kepada para karyawan, serang manajer harus mampu mengkomunikasikan dengan jelas kesesuaian deadline yang telah ditetapkan perusahaan.

2. Menyusun rencana terlebih dahulu

Kemudian tips selanjutnya yang dapat Anda lakukan untuk memenuhi deadline yang sudah ditetapkan yaitu dengan membuat rencana sebaik mungkin. Dengan rencana yang telah Anda siapkan dengan cermat, tentu akan memudahkan Anda untuk dapat menentukan langkah – langkah apa saja yang akan Anda lakukan. Selain itu, hal ini tentu saja akan membuat pekerjaan Anda menjadi lebih focus, efektif, dan lebih efisien.

3. Membagi pekerjaan

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi deadline selanjutnya adalah dengan membagi proyek-proyek besar. Intinya di sini adalah jika Anda membagi tugas menjadi tugas-tugas yang lebih kecil, Anda akan memiliki gambaran yang lebih baik tentang berapa banyak waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan setiap tugas.

Anda juga dapat mengukur apakah Anda dapat memenuhi tenggat waktu semula yang telah ditetapkan. Jadi jika Anda merasa tidak mungkin untuk memenuhi deadline tepat waktu, maka pastikan Anda melakukan segala pekerjaan sesegera mungkin.

4. Tidak menunda – nunda pekerjaan

Adanya deadline tentu sangat berkaitan dengan pentingnya manajemen waktu yang Anda lakukan. Oleh karena itu usahakan Anda tidak boleh ragu dan harus bisa menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan target waktu yang tekah diberikan. Jika Anda menunda-nunda pekerjaan maka hanya akan menambah tumpukan pekerjaan Anda. Dan apabila semua telah menumpuk maka semua pekerjaan yang Anda kerjakan akan terasa sangat berat dan sulit bagi Anda menyelesaikannya tepat waktu.

5. Buat garis waktu atau timeline untuk setiap langkah

Anda harus memiliki tanggal atau jadwal mulai dan berakhir untuk setiap langkah. Dengan membagi proyek yang lebih besar, Anda dapat membuat daftar tanggal mulai dan berakhir untuk setiap tugas yang lebih kecil.

Hal ini tentu saja dapat membantu Anda mendapatkan gambaran timeline yang sedang Anda kerjakan. Selain itu, timeline juga menjadi petunjuk apakah aktivitas yang Anda selesaikan dapat selesai sesuai jadwal yang ditentukan. Lebih khususnya, timeline memungkinkan Anda untuk mencentang daftar tenggat waktu proyek yang ada. Dengan begitu, Anda akan mengetahui apa yang belum Anda lakukan dan langsung termotivasi untuk mengerjakannya.

6. Fokus pada setiap aktivitas

Kemudian tips menghadapi deadline berikutnya adalah fokus terhadap tindakan atau aktivitas yang Anda lakukan. Dalam hal ini, Anda harus fokus melakukan hal yang Anda pilih dan lebih bersikap proaktif. Tips ini sangat penting untuk membantu Anda dalam menyelesaikan pekerjaan Anda secara akurat dan dapat terhindar dari beberapa kesalahan yang dapat menghabiskan waktu Anda.

7. Komunikasikan progres yang terjadi

Komunikasikan semua kemajuan atau setiap progres yang terjadi dengan tim atau kolega Anda. Seperti yang kita ketahui, bahwa komunikasi adalah kunci dalam hubungan manusia dan pekerjaan.

Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk berkomunikasi dengan semua anggota tim yang terlibat dalam proyek. Hal ini tentu dapat membantu untuk mengetahui sejauh mana tanggung jawab rekan kerja Anda untuk bersama – sama mencapai tujuan tim.

8. Ciptakan buffer time

Anda juga harus membuat dan mengelola masa tenggang untuk diri Anda sendiri. Hal ini tentu saja cukup penting untuk memberi diri Anda waktu penyangga di mana masa tenggang dapat menjadi perkiraan pertama bagi Anda untuk memenuhi deadline yang ada.

Dengan menciptakan buffer time atau waktu tenggang tentu dapat memberi Anda ruang gerak yang cukup luas apabila suatu saat nanti Anda memerlukan sedikit waktu ekstra untuk mencapai deadline yang ditentukan.

9. Jangan terlalu berkomitmen

Jangan terlalu terikat pada apa pun karena hal itu bisa membuat Anda menjadi stres. Terlalu banyak mengerjakan tugas justru bisa membuat Anda panik. Anda akan selalu bertanya-tanya bagaimana menyelesaikan semua ini. Jangan menempatkan diri Anda dalam situasi di mana Anda tidak dapat memenuhi tenggat waktu yang telah diatur sebelumnya.

Langkah ini memungkinkan Anda untuk menilai seberapa buruk etos kerja Anda atau seberapa baik kemampuan Anda untuk menyelesaikan proyek. Tetapkan batasan untuk diri sendiri dan jangan takut untuk menolak pekerjaan tersebut jika Anda tahu bahwa Anda sudah memiliki pekerjaan yang banyak.

10. Menanamkan sikap positif

Kemudian tips terakhir yaitu tanamkan sikap positif dari dalam diri Anda. Hal tersebut menjadi langkah yang cukup penting karena sikap yang Anda miliki juga akan berpengaruh terhadap suasana hati di lingkungan sekitar tempat Anda bekerja. Dan jika Anda sudah memiliki sikap positif tersebut maka secara tidak langsung Anda menciptakan motivasi bagi lingkungan sekitar Anda dan dapat melanjutkan pekerjaan sesuai dengan deadline yang telah diberikan.

Lihat Juga : Pengertian Hard Disk Drive (HDD)

Perbedaan antara Deadline dan Dateline

Perbedaan Deadline dan Dateline
Sumber Gambar : inc.com

Berdasarkan penggunaan beberapa istilah yang berasal dari bahasa inggris, tentu banyak sekali masyarakat umum yang terkadang masih keliru atau salah dalam mengartikan istilah tersebut. Hal itu biasanya terjadi karena terdapat beberapa istilah yang hampir sama baik dalam segi penulisan maupun pengucapannya. Salah satu contohnya yaitu deadline dan dateline.

Kedua istilah tersebut bisa dikatakan mirip dari segi tulisan maupun pengucapannya. Namun yang perlu Anda ketahui bahwa keduanya memiliki arti yang berbeda. Sehingga Anda harus berhati – hati saat menggunakan kedua istilah tersebut dan jangan sampai salah dalam menggunakannya. Oleh karena itu berikut ini merupakan penjelasan singkat mengenai perbedaan antara deadline dan dateline yang dapat Anda simak, agar Anda tidak salah dalam mengartikannya.

  • Deadline diartikan sebagai tanggal jatuh tempo untuk menyelesaikan sesuatu hal, sedangkan dateline adalah format penulisan tanggal berita yang biasanya diketik dengan huruf miring.
  • Deadline memiliki makna batas waktu untuk menyelesaikan suatu pekerjaan atau tugas tertentu, sedangkan dateline merupakan sebuah tanda yang berfungsi untuk memberikan informasi mengenai dokumen yang telah dilampirkan.

Lihat Juga : Pengertian Google Drive

Contoh penggunaan kata deadline

Contoh Penggunaan Kata Deadline
Sumber Gambar : theannaedit.com
  1. UAS mata kuliah Perkembangan Teknologi Komunikasi akan diselenggarakan pada tanggal 13 Februari 2023, Deadline pengumpulan tugas UAS hingga pukul 20.00 WIB.
  2. Deadline pengumpulan tugas akhir desain grafis dimajukan pada hari Selasa.
  3. Jika ada waktu luang sebaiknya kamu mengerjakan tugas yang diberikan Bu Anita kemarin karena deadline-nya sudah dua hari lagi.
  4. Jangan lupa untuk mengecek email karena deadline pendaftarannya sudah dilakukan minggu kemarin. Dan pengumuman yang lolos tahap selanjutnya akan di konfirmasi melalui email.
  5. Doakan aku semoga bisa menyelesaikan pekerjaan ini sebelum deadline, agar pekan ini bisa berkunjung ke rumah nenek.
  6. Aku minta maaf karena hari ini tidak bisa menemani kamu pergi ke dokter gigi karena masih ada pekerjaan yang harus dikerjakan sebelum deadline nanti malam.
  7. Deadline pengiriman artikel dimajukan menjadi tanggal 20.
  8. Jangan lupa, deadline tugas makalah siang ini sebelum jam istirahat.
  9. Deadline pengiriman berkas presentasi besok pagi ini jam 07.00, jadi usahakan untuk menyiapkan secepatnya dan jangan sampai lupa.
  10. Jika Anda tertarik untuk menjadi keta BEM, segera lakukan pendaftaran melalui website berikut. Deadline pendaftaran sampai tanggal 17 Februari 2023.

Lihat Juga : Contoh Iklan Kolom

Penutup

Adanya deadline justru kebanyakan membuat orang panik. Namun yang perlu Anda ketahui bahwa dengan adanya deadline juga dapat meningkatkan rasa percaya diri Anda, meningkatkan kreativitas dan inovasi Anda, membuat Anda menjadi lebih fokus terhadap hal-hal yang lebih penting dan sebagainya. Oleh Karen itu, jika berhadapan dengan sebuah deadline Anda tidak perlu khawatir atau merasa cemas yang berlebihan. Sebagai cara untuk bisa menyelesaikan tugas sebelum deadline, Anda bisa melakukan beberapa tips yang ada di atas.

Semoga dengan adanya tips tersebut dapat membantu Anda untuk lebih tenang dalam menghadapi deadline dan dapat menyelesaikan pekerjaan atau tugas yang diberikan dengan lebih cepat. Dan bagikan artikel ini ke media sosial Anda jika bermanfaat.

Bagaimana cara mengatasi rasa panik ketika menghadapi sebuah deadline?

Untuk mengatasi rasa panik dan cemas yang berlebihan ketika menghadapi deadline, Anda dapat menenangkan diri Anda sesaat, kemudian mulai fokus mengerjakan satu pekerjaan terlebih dahulu, kemudian istirahat yang cukup dan jangan terlalu memforsir tenaga Anda secara berlebihan.

Bagaimana cara menghilangkan rasa malas ketika dikejar deadline?

Singkirkan gadget Anda, jangan membuka media sosial terlebih dahulu, kerjakan tugas Anda secepatnya, buat motivasi pada diri Anda dan jangan cari-cari alasan untuk menunda pekerjaan.

Dari mana munculnya istilah deadline?

Istilah deadline muncul pertama kali pada buku tentang memancing pada tahun 1860.


Penulis : Adella Eka Ridwanti | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Adella Eka Ridwanti

Adella Eka Ridwanti adalah lulusan Ilmu Komunikasi 2022 yang berpengalaman dalam menulis konten kreatif dan digital marketing. Saat ini menjadi penulis di website Dianisa.com dan menjadi sosial media officer untuk perusahaan yang menawarkan jasa perjalanan tour luar negeri dan Umroh.

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Cara Download Video, Story, Reel Facebook dengan FBVideoDown di HP, PC, dan Laptop!

    Ketahui cara mudah download konten video, reel, dan story dari Facebook menggunakan FBVideoDown di HP, Laptop,…
  2. Logo UIN Sultan Syarif Kasim Riau (UIN Suska Riau) PNG, CDR, AI, EPS, SVG

    Berikut kami bagikan link download logo UIN Sultan Syarif Kasim Riau PNG, CDR, AI, EPS, SVG…
  3. Logo Universitas Jenderal Achmad Yani PNG, CDR, AI, EPS, SVG (Free Download)

    Berikut kami bagikan link download logo Universitas Jenderal Achmad Yani PNG, CDR, AI, EPS, SVG terbaru…