8 Aplikasi Pembuat CV PC & Mac Terbaik

Jika Anda adalah seorang yang kurang pandai dengan desain grafis, namun memiliki keinginan membuat CV yang keren dan menarik. Jika benar begitu, Anda datang ke situs yang tepat.

CV atau Curriculum Vitae merupakan suatu lapiran surat yang berisikan data diri, jenjang sekolah, dan pengalaman kerja dari seseorang yang ingin melamar suatu pekerjaan disuatu tempat. Biasanya CV inilah yang dijadikan patokan pertama oleh HDR saat ingin merekrut seseorang.

Jadi tidak bisa dipungkiri kalau pembuatan CV yang menarik adalah salah satu cara mendekatkan diri dengan pekerjaan impian Anda. Pada dasarnya, Anda bisa membuat CV cukup dengan menggunakan software Desain Grafis. Namun untuk seseorang yang kurang mengerti mengenai Desain Grafis pasti akan kesulitan.

Lihat Juga : 15 Software Edit Foto PC & Mac Terbaik

Software Pembuat CV PC & Mac Terbaik

Di ulasan kali ini, Penulis akan memberikan Anda beberapa rekomendasi software pembuat CV yang mudah digunakan bahkan untuk seseorang yang tidak pandai dalam desain grafis sekalipun. Berikut ini daftarnya.

1. Adobe Photoshop

Adobe Photoshop CC

Jika membahas tentang desain grafis, software yang satu ini memang tidak bisa lepas. Adobe Photoshop, meskipun memiliki fungsi yang berbeda dengan pembahasan kita kali ini, namun software yang merupakan rajanya software editor ini juga dapat membantu Anda dalam membuat CV.

Mengatur jenis font yang sesuai dengan keinginan Anda, memperindahnya dengan berbagai filter dan efek, atau menambahkan dengan berbagai gambar yang terkait. Semua bisa Anda lakukan di Adobe Photoshop.

Dengan berbagai template yang bisa Anda dapatkan, langsung dari Photoshop maupun template yang unduh dari internet, Anda dapat membuat CV yang menarik dengan mudah dan cepat disini. Anda-pun bisa googling resume template PSD dan anda bisa download gratis. Kemudian anda bisa edit sesuai dengan data diri dan warna yang diinginkan.

[Windows] [MacOS] [Linux]

2. Adobe Illustrator

Adobe Illustrator CC

Merupakan saudara dari Photoshop, dan juga merupakan raja software desain grafis lainnya. Adobe Illustrator merupakan software desain grafis yang bisa Anda jadikan sebagai pembuat CV dengan memanfaatkan berbagai template yang tersedia di Illustrator sendiri atau template yang Anda unduh dari internet.

Yang membedakan software ini dengan software sebelumnya adalah jenis gambarnya, jika Adobe Photoshop menggunakan gambar raster, di Adobe illustrator Anda menggunakan vector.

Menurut saya, akan lebih mudah jika anda membuat CV menggunakan Illustrator ketimbang Photoshop, hal ini karena anda tidak repot untuk klik layer dan anda bisa costum font sesuai keinginan. Bahkan dalam penulisan paragraf akan lebih rapi dan mudah diatur ketimbang Photoshop.

[Windows] [MacOS] [Linux]

Lihat Juga : 28 Software Kompres Foto PC & Smartphone Terbaik

3. Canva

Canva
Sumber Image : fastcompany.com

Masih dengan software desain grafis yang dapat membuat CV, di urutan ketiga ini ada Web App yang bernama Canva. Web App ini merupakan software yang dapat Anda akses secara bebas tanpa harus mengunduh dan menginstalnya terlebih dahulu.

Canva merupakan sebuah software desain grafis layaknya Adobe Illustrator, disini Anda juga bisa menemukan berbagai template CV menarik yang bisa Anda coba. Mulai dari yang bergaya modern, sederhana, minimalis, kretaif, penuh warna, sampai yang kreaftif, bisa Anda gunakan secar bebas.

Jika anda merasa awam atau masih pemula dalam menggunakan software desain grafis, maka Canva dapat menjadi pilihan mudahnya. Anda bisa belajar menggunakan Canva secara lebih mudah ketimbang belajar Photoshop atau Illustrator. Jika bingung, anda-pun bisa searching tutorial-tutorial yang banyak tersedia di Google dan YouTube.

[Web App]

4. Visual CV

Visual CV

Sama dengan Canva, software yang satu ini juga merupakan program Web App yang dapat Anda akses dengan bebas hanya dengan mengungjungi situsnya saja. Visual CV merupakan Web App yang dikembangkan benar-benar untuk membuat CV dan Resume, berbeda dengan tiga software sebelumnya yang merupakan software desain grafis.

Dengan menggunakan Visual CV, Anda bisa membuat berbagai CV dan Resume sesuka hati Anda. Jika Anda bingung mendesain CV atau Resume, Anda bisa menggunakan berbagai template yang telah disediakan Visual CV. Hanya saja, beberapa template bisa digunakan ketika Anda sudah membuka versi Pro dari software ini.

[Web App]

5. Resume.com

Resume

Masih dengan software pembuat CV atau Resume, di urutan kelima ini ada Web App yang bernama Resume.com. Seperti namanya, disini Anda bisa membuat Resume untuk melamar pekerjaan di suatu tempat.

Yang perlu anda lakukan hanyalah mengunjungi situsnya dan mengisi data seperti nama dan jenis pekerjaan yang Anda lamar, lalu pilih template yang ingin Anda gunakan. Setelah itu, Anda hanya perlu mengisi Resume tadi dengan data-data Anda.

Jika selesai, Anda bisa mengunduh Resume anda dalam bentuk PDF atau TXT. Selain itu, Anda juga bisamelakukan printing langsungjika tidak ingin mengunduhnya.

[Web App]

Lihat Juga : 13 Software Slideshow Maker PC & Mac Terbaik

6. Enhancv

Enhancv

Diurutan berikutnya ada Web App yang dikembangkan khusus untuk membantu orang-orang membuat Resume, dia adalah Enhancv. Dengan menggunakna Web App yang satu ini Anda bisa membuat Resume mengenai Anda dengan mudah dan cepat.

Anda juga bisa menggunakan template dari berbagai template yang disesuaikan dengan jenis pekerjaan yang Anda cari. Anda juga bisa mengedit template yang sudah anda pilih tadi yang mungkin dirasa kurang atau malah kelebihan.

Jika masih kebingungan Anda bisa mencari contoh resume dari pekerjaan yang Anda cari dengan memanfaatkan fitur resume example dari Enhancv.

[Web App]

7. Standard Resume

Standart Resume

Seperti namanyaWeb App yang satu ini merupakan Web App lain yang bisa anda gunakan untuk membuat Resume yang sesuai standar. Standard Resume, merupakan salah satu dari banyak Web App pembuat CV atau Resume terbaik yang anda diluar sana.

Disini, Anda bisa membuat Resume Anda dengan sangat mudah dan simpel. Anda cukup memilih salah satu dari beberapa template yang tersedia dan mengisinya dengan data diri Anda. Anda juga bisa melakukan penyesuaian dengan desainnya jika Anda merasa ada yang salah.

Saat sudah selesai Anda bisa mengunduh Resume anda dalam bentuk PDF. Tertarik mencoba, kunjungi situsnya melalui link dibawah ini.

[Web App]

8. Cake Resume

Cake Resume

Rekomendasi yang terakhir adalah Cake Resume, merupakan salah satu program Web App lainnya yang dapat membantu Anda dalam membuat Resume.

Disini Anda bisa membuat Resume sesuai dengan keinginan Anda dengan mudah dan cepat. Anda juga bisa mengikuti format resume orang lain jika Anda kurang yakin dengan Resume Anda. Anda juga bisa menggunakan template-template yang sudah disediakan Cake Resume agar Anda bisa membuat resume dengan lebih mudah lagi.

Jika Anda masih tidak puas, Anda bisa mencoba fitur resume example untuk mencari ide atau contoh Resume yang baik dan benar.

[Web App]

Lihat Juga : 14 Software Recovery Data PC Terbaik

BONUS: Tips Membuat CV dan Resume

Sebagai tambahan penulis juga memberikan beberapa tips untuk anda yang ingin membuat CV atau Resume.

1. Pahami CV atau Resume

Sebelum membuat CV atau Resume yang menarik, alangkah baiknnya Anda tahu terlebih dahulu apa itu CV dan Resume. CV merupakan lampiran surat yang berisikan mengenai informasi diri, pendidikan, personalitas, keterampilan, pengalaman bekerja, dan info-info lain yang diperlukan.

Pahami CV yang anda buat
image source : creativebooster.net

Sedangkan Resume adalah lampiran surat yang biasanya lebih singkat dibanding CV. Resume berisikan informasi diri anda, seperti nama, alamat email, nomor telepon, dan tempat tinggal. Resume juga berisikan kemampuan-kemampuan anda dalam melakukan suatu hal, lebih baik jika sesuai dengan pekerjaan Anda. Selain itu, Anda juga bisa memasukkan mengenai prestasi dan pengalaman Anda.

Intinya, CV merupakan lampiran surat yang sifatnya lebih umum dan dapat digunakan tidak hanya pada satu pekerjaan, sedangkan Resume merupakan lampiran surat yang mendetail pada satu bidang pekerjaan.

2. Ketahuilah Syarat-Syarat Kerja

Sebelum membuat CV atau Resume, sepatutnya anda tahu terlebih dahulu mengenai persyaratan dari pekerjaan yang ingin Anda dapatkan. Apakah anda bisa memenuhi semua persyaratan itu atau tidak.

Dalam membuat CV, anda bisa menuliskan sesuatu yang berhubungan dengan syarat-syarat kerja tersebut. Sebaliknya, anda tidak perlu menuliskan hal-hal yang tidak berhubungan dengan syarat-syarat kerja yang ingin anda lamar.

Semisal ketika anda ingin melamar menjadi seorang programmer, maka tulislah skill yang anda miliki dalam pemrograman, bahasa apa saja yang anda kuasai, kelebihan apa yang anda miliki dalam pemrograman, dan seterusnya.

Lihat Juga : 10 Aplikasi Lowongan Kerja Android & iOS Terbaik

3. Dapatkan Info Mengenai Perusahaan yang Anda tuju

Hal ini dapat membantu Anda dalam menulis CV atau Resume, semisal orang seperti apa yang ingin dicari dan orang seperti apa yang kurang disukai dalam perusahaan tersebut.

4. Pilih Desain yang sesuai dengan pekerjaan anda

Hal ini akan sangat menentukan apakah CV atau Resume Anda akan dibaca atau tidak, jadi buatlah desain yang menarik. Meskipun ini banyak disepelekan orang, namun ini penting untuk anda perhatikan.

Buat Desain CV yang menarik
image source : good-resume.com

Misal ketika anda ingin melamar ke perusahaan yang bergerak di media online, televisi, atau percetakan, maka kreativitas anda akan dilihat dari desain yang anda buat tersebut. Dan ini baru salah satunya, apa yang anda buat adalah cerminan dari diri anda.

5. Tuliskan Informasi dengan Jelas dan Padat

Terutama pada info pendidikan terakhir, pengalama bekerja, skill, minat dan hobi. Usahakan semua yang Anda tulis sesuai dengan pekerjaan yang Anda cari. Jika perlu, anda bisa menambahkan url LinkedIn yang anda miliki sehingga HRD bisa melakukan pengecekan lebih mendalam.

6. Jangan Jujur Berlebihan

Agar Anda bisa diterima, jangan terlalu banyak membocorkan informasi yang tidak sesuai dengan pekerjaan Anda, terlebih jika informasi itu bukan informasi yang baik.

Lihat Juga : 11 Aplikasi Absensi Karyawan Android & iOS Terbaik

7. Minta Pendapat Orang lain mengenai CV atau Resume Anda

Mintalah pendapat orang lain, terlebih kepada orang yang berpengalaman. Hal ini akan sangat membantu Anda menemukan kekurangan dalam CV atau Resume Anda. Anda juga bisa membacanya sendiri dengan membayangkan Anda sebagai HDR dari perusahaan yang Anda tuju.

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi pembuat CV yang bisa anda gunakan beserta tips dalam membuat CV. Bagikan artikel ini jika menurut anda berguna dan bermanfaat. Tulis pertanyaan atau saran anda melalui kolom komentar dibawah ini.

Terima kasih dan selamat mencoba!!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.