22 Contoh CV Tulis Tangan Yang Rapi, Bagus, dan Menarik Perhatian HRD!

Ketahui cara membuat CV tulis tangan yang baik dan benar berikut ini!

Pada umumnya, CV (curriculum vitae) dibuat dengan cara diketik pada komputer, hal ini di upayakan agar format tulisan terkesan lebih rapi. Ternyata di tengah era modern saat ini, masih ada perusahaan yang menerima CV dalam bentuk tulisan tangan. Salah satu alasannya ialah untuk mengenali karakter calon kandidat dari tulisan tangannya.

Isi CV tulis tangan sama dengan CV pada umumnya seperti informasi pribadi, pengalaman kerja atau organisasi, pendidikan dan skill. Untuk itu, buat kalian yang masih bingung dalam membuat CV tulis tangan, berikut penjelasan serta beberapa contoh pembuatan CV yang bisa Anda jadikan referensi!

Ringkasan

  • CV tulis tangan adalah Curriculum Vitae (CV) yang ditulis secara manual oleh seseorang dengan menggunakan tangan, biasanya menggunakan pena atau pensil.
  • Kelebihan dari CV tulis tangan adalah untuk memahami karakter calon pelamar, kreativitas, unik dan berkesan
  • cara membuat CV tulis tangan adalah menyiapkan alat tulis dan kertas, membuat draf tulisan, menulis setiap bagian secara berurutan dan menggunakan kalimat yang formal
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menulis CV tulis tangan adalah menggunakan kertas dengan kualitas terbaik, menulis CV secara rapi dan hindari kesalahan dalam penulisan serta membuat salinan CV untuk mengantisipasi terjadi hal-hal buruh seperti CV basah, kotor ataupun robek.

Lihat Juga : Ukuran Pas Foto

Kelebihan CV tulis tangan

Format Penulisan Daftar Riwayat Hidup
Sumber Gambar : jobstreet.co.id

Banyak yang beranggapan bahwa CV yang ditulis tangan sudah tidak digunakan lagi. Meskipun demikian, setiap perusahaan memiliki kriteria sendiri dalam memilih calon karyawan. Salah satu alasan perusahaan menetapkan persyaratan CV tulis tangan adalah untuk memahami karakter calon pelamar. tulisan tangan memang bisa mencerminkan kepribadian individu. Selain itu, tim HRD juga ingin menilai sejauh mana niat pelamar dalam melamar pekerjaan di perusahaan tersebut. Untuk lebih jelasnya berikut kelebihan dari CV tulis tangan:

1. Kesan personal

CV tulis tangan dapat memberikan kesan pribadi yang sulit dicapai dengan dokumen yang dihasilkan secara elektronik. Hal ini dapat membantu menonjolkan karakter Anda, terutama jika melamar pekerjaan di bidang yang menilai karakter pribadi.

2. Kreativitas

CV tulis tangan memiliki kebebasan untuk menggambarkan CV sesuai dengan gaya dan kreativitas Anda sendiri. Selain itu Anda juga dapat menambahkan sentuhan artistik seperti tanda tangan khusus atau penggunaan tinta berwarna yang menarik.

3. Kepribadian

CV tulis tangan dapat mencerminkan kepribadian Anda dengan lebih baik daripada CV kreatif yang memiliki template yang sama. Kalian juga dapat menambahkan sentuhan personal yang mencerminkan nilai-nilai atau minat pribadi Anda.

4. Unik dan berkesan

CV tulis tangan dapat membuat Anda terlihat unik di antara banyak pelamar lainnya. hal Ini dapat membantu Anda mendapatkan perhatian lebih dari recruiter, terutama jika posisi yang Anda lamar sangat kompetitif.

Lihat Juga : Download Template Jas Wanita

Hal – hal yang perlu diperhatikan dalam menulis CV tulis tangan

Hal Penting Dari Surat Lamaran Pekerjaan
Sumber Gambar : getsmarteraboutmoney.ca

Menyusun CV tulisan tangan bukan hal yang mudah seperti membuat CV yang dikerjakan dengan komputer. Karena, ketika Anda membuat CV dengan komputer, hasilnya sudah pasti akan terlihat rapi dan terstruktur. Untuk itu, berikut hal-hal yang harus di perhatikan dalam membuat CV tulis tangan:

1. Menggunakan kertas dengan kualitas terbaik

Hal umum yang sering terjadi ketika penulisan CV pada sebidang kertas ialah tinta pulpen yang tembus ke belakang kertas. Hal ini akan membuat CV Anda terlihat kurang menarik serta kurang rapi. Namun, Anda dapat mengulangi permasalahan ini dengan cara menggunakan kertas dengan kualitas terbaik serta tingkat ketebalan kertas yang sesuai, pastikan juga pulpen yang Anda gunakan bukan tipe pulpen yang mudah bocor.

2. Menulis CV secara rapi dan hindari kesalahan dalam penulisan

Pembuatan CV menggunakan tulisan tangan umumnya akan banyak terdapat risiko kesalahan penulisan, kertas yang kotor, tulisan yang tidak rapi dan seterusnya. Sehingga Anda perlu melakukan upaya yang lebih agar tulisan Anda dapat tetap terlihat rapi serta bersih. Tulisan CV yang rapi tanpa coretan dan bersih akan membuat perusahaan lebih mudah membaca runtutan CV yang Anda buat serta memberikan kesan yang lebih positif.

3. Membuat salinan CV

Beberapa kemungkinan buruk dapat terjadi ketika membuat CV menggunakan tulisan tangan. Misalnya seperti kertas CV yang robek, basah, kotor, terkena air dan berbagai kemungkinan lainnya. Untuk mengantisipasi hal ini, Anda dapat membuat salinan CV beberapa lembar sekaligus, lalu simpan di tempat yang aman.

Lihat Juga : Download Template Jas Pria

Cara Membuat CV Tulis Tangan

Contoh Daftar Riwayat Hidup
Sumber Gambar : amopportunities.org

Berikut cara membuat CV tulis tangan agar tulisan rapi dan menarik perhatian para recruiter yang bisa digunakan sebagai referensi di bawah ini :

1. Siapkan kertas dan alat tulis

Siapkan beberapa lembar kertas guna mengantisipasi kesalahan dalam penulisan CV, kertas folio bergaris ialah pilihan yang tepat serta mudah yang dapat Anda gunakan untuk menuliskan CV tersebut.

Dalam ke penulisan, usahakan menggunakan pulpen berwarna hitam agar memberikan kesan formal, pulpen berwarna hitam juga cenderung membuat tulisan Anda terlihat lebih jelas serta memberikan kesan yang lebih profesional. Hindari penggunaan pulpen berwarna merah karena akan memberikan kesan yang cenderung tidak sopan dan tidak profesional.

2. Buat kerangka terlebih dahulu

Draft ini merupakan sebuah konsep tulisan yang akan Anda rangkai. Pembuatan draft terlebih dahulu akan membantu untuk lebih mengetahui secara jelas apa yang ingin di tulis. Selain itu pembuatan draft juga akan meminimalisir kesalahan penulisan. Buatlah  konsep terlebih dahulu, mulai dari kalimat pembuka, lalu isinya, selanjutnya penutup dari CV tulisan tangan yang akan Anda buat.

3. Menggunakan kalimat yang formal

Selanjutnya, usahakan dalam penulisan CV menggunakan kalimat sederhana yang lugas serta tidak bertele- tele. Awali dengan kalimat pembuka yang sederhana namun terkesan menarik dan juga tetap formal. Hindari perbaikan tulisan tangan dengan cara men-corat coret, karena hal ini dapat membuat CV terlihat kotor serta tidak menarik untuk dibaca.

4. Menulis setiap bagian secara berurutan

Anda dapat menuliskan data diri serta informasi penunjang lainnya yang dibutuhkan dengan terperinci, sistematis, dan berurutan. Data diri yang dapat Anda tuliskan misalnya seperti nama, alamat, nomor ponsel, jenis kelamin, dan data diri penunjang lainnya. Selanjutnya, Anda juga dapat menuliskan daftar riwayat Pendidikan, riwayat pengalaman kerja, beberapa skill, prestasi, serta kemampuan tambahan juga bisa Anda cantumkan dalam CV.

5. Cantumkan kalimat penutup

Kalimat penutup penting untuk memberikan pernyataan bahwa CV yang Anda tulis ini dibuat dengan benar adanya serta tidak mengandung kepalsuan. Kemudian, pada bagian kanan bawah Anda dapat membubuhkan tanda tangan serta daftar referensi Anda terkait posisi yang Anda lamar.

Lihat Juga : Contoh Kelebihan dan Kekurangan Jawaban Interview

Contoh CV Tulis Tangan

Contoh Format CV Tulis Tangan
Sumber Gambar : tekna.no

Berikut beberapa contoh CV tulis tangan yang bisa dijadikan sebagai bahan referensi di bawah ini :

1.  Contoh CV Tulis Tangan

1. CV Tulis Tangan British Style
Sumber Gambar : educatpost

2. Contoh CV Tulis Tangan kreatif

2. CV Tulis Tangan Graphic Designer
Sumber Gambar : tchartwell7

3. Contoh CV Tulis Tangan kreatif

3. CV Tulis Tangan Illustrator
Sumber Gambar : pinterest-lisamaltby

4. Contoh CV Tulis Tangan

4. Daftar Riwayat Hidup Staff Produksi
Sumber Gambar : dailysocial.id

5. Contoh CV Tulis Tangan

5. Daftar Riwayat Hidup Fresh Graduate 1
Sumber Gambar : lulusandiploma.com

6. Contoh CV Tulis Tangan

6. CV Tulis Tangan Minyak dan Gas
Sumber Gambar : bikinCV.com

7. Contoh CV Tulis Tangan

7. Daftar Riwayat Hidup Anak Magang
Sumber Gambar : helpshared

8. Contoh CV Tulis Tangan

8. Daftar Riwayat Hidup Admin Pemasaran
Sumber Gambar : storydrops

9. Contoh CV Tulis Tangan

9. Daftar Riwayat Hidup Fresh Graduate 2
Sumber Gambar : scribd-insan kamil

10. Contoh CV Tulis Tangan

10. Daftar Riwayat Hidup Lulusan SMK
Sumber Gambar : lulusandiploma.com

11. Contoh CV Tulis Tangan

11. CV Tulis Tangan Graphic Artist
Sumber Gambar : Lumina.mba

12. Contoh CV Tulis Tangan

12. CV Tulis Tangan Bahasa Inggris
Sumber Gambar : blogger.com

13. Contoh CV Tulis Tangan

13. Daftar Riwayat Hidup Customer Service
Sumber Gambar : cakeresume.com

14. Contoh CV Tulis Tangan

14. CV Tulis Tangan Akuntansi
Sumber Gambar : popbela.com

15. Contoh CV Tulis Tangan

15. CV Tulis Tangan Ilmu Statistik
Sumber Gambar : Bicarahr24.com

16. Contoh CV Tulis Tangan

16. CV Tulis Tangan Operator Produksi
Sumber Gambar : lulusandiploma.com

17. Contoh CV Tulis Tangan

17. Daftar Riwayat Hidup Karyawan
Sumber Gambar : mamikos

18. Contoh CV Tulis Tangan

18. Daftar Riwayat Hidup Junior IT
Sumber Gambar : kitalulus.com

19. Contoh CV Tulis Tangan

19. Daftar Riwayat Hidup Staff Admin
Sumber Gambar : kitalulus.com

20. Contoh CV Tulis Tangan

20. Daftar Riwayat Hidup Staff Produksi QC
Sumber Gambar : dailysocial.id

21. Contoh CV Tulis Tangan

21. CV Tulis Tangan Oil dan Gas
Sumber Gambar : lulusandiploma.com

22. Contoh CV Tulis Tangan

22. Daftar Riwayat Hidup Tanpa Pengalaman
Sumber Gambar : finansialku.com

Lihat Juga : Kumpulan Rumus Excel

Penutup

Nah, itulah beberapa tips terkait penulisan CV tulisan tangan yang dapat digunakan sebagai referensi untuk melamar pekerjaan agar semakin mudah dilirik HRD. Namun jangan lupa, sebaiknya ketika membuat CV kamu juga tak lupa untuk melakukan pengembangan dan penilaian hasil kerja. Dengan begitu kita bisa mengevaluasi diri serta menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Apa saja isi dalam CV tulis tangan?

Isi CV tulis tangan sama dengan CV pada umumnya yaitu data pribadi seperti nama, tanggal lahir, alamat dan yang lainnya. Kemudian pengalaman kerja atau organisasi, pendidikan, prestasi dan skill yang dimiliki.

Bagaimana cara membuat CV tulis tangan?

Cara membuat CV tulis tangan yaitu dimulai dengan menyiapkan kertas dan alat tulis, membuat draf terlebih dahulu, menggunakan kalimat sederhana, setiap bagian ditulis secara berurutan dan penutup

Jenis kertas apa yang digunakan untuk menulis CV tulis tangan?

Sebaiknya menggunakan kertas folio bergaris dalam menulis CV tulis tangan agar terlihat rapi dan terstruktur.


Penulis : Asiyatul Ulfiyah | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Asiyatul Ulfiyah

Asiyatul Ulfiyah adalah penulis artikel di web dianisa.com. Saya memiliki minat dalam bidang sosial media, content creator, dan content writer. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk bidang yang lain yang dapat meningkatkan kemampuan saya.

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Logo Kemenpora (Kementerian Pemuda dan Olahraga) PNG, CDR, AI, EPS, SVG (Free Download)

    Berikut kami bagikan link download logo Kemenpora / Kementerian Pemuda dan Olahraga PNG, CDR, AI, EPS,…
  2. Logo Kementerian BUMN (Badan Usaha Milik Negara) PNG, CDR, AI, EPS, SVG (Free Download)

    Berikut kami bagikan link download logo BUMN / Badan Usaha Milik Negara PNG, CDR, AI, EPS,…
  3. Logo Kementerian Investasi / BKPM PNG, CDR, AI, EPS, SVG (Free Download)

    Berikut kami bagikan link download logo Kemeninvest / BKPM PNG, CDR, AI, EPS, SVG terbaru yang…