Arti Circle Sebagai Bahasa Gaul di Kalangan Remaja, Beserta Ciri, Manfaat, dan Cara Membangunnya!

Ketahui arti circle adalah, manfaat dan cara membangun circle pertemanan yang baik pada pembahasan berikut!

Belakangan ini banyak sekali bahasa gaul yang berasal dari istilah bahasa asing yang digunakan oleh anak muda, salah satunya yaitu circle. Anda pasti sudah sering mendengar istilah circle pada jaman ini. Istilah ini bisa Anda temukan baik di media sosial maupun dalam kehidupan sehari-hari. Biasanya circle juga sering menjadi bahan pembicaraan teman-teman Anda, atau anak-anak tongkrongan di kedai kopi.

Memiliki banyak teman memang sangat menyenangkan, namun Anda juga perlu hati-hati dalam memilih circle pertemanan yang justru bisa membuat Anda terjebak dengan lingkungan yang negatif. Oleh karena itu, berikut ini merupakan penjelasan singkat mengenai apa itu circle dan apa hubungan circle dengan pertemanan yang dapat Anda simak. Serta bagaimana cara membangun circle pertemanan yang baik.

Ringkasan

  • Circle dalam bahasa gaul memiliki arti sekelompok teman atau lingkungan sosial yang terhubung satu sama lain dan bersifat khusus.
  • Circle pertemanan bermanfaat untuk menjalin pertemanan yang lebih kompak, memahami satu sama lain dan mendorong kita untuk lebih produktif.
  • Circle pertemanan biasanya terbentuk karena adanya hobi dan frekuensi yang sama.
  • Cara membangun circle pertemanan dapat dilakukan dengan terbuka dengan orang baru, dan menjalin interaksi yang baik dengan orang lain.

Lihat Juga : Arti Break Adalah

Pengertian Circle dalam Kamus

Pengertian Circle
Sumber Gambar : unsplash.com

Istilah circle pada saat ini begitu populer di media sosial, sehingga tidak heran jika banyak dari kalangan menggunakan istilah tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi saat ini, circle sudah masuk ke dalam salah satu jenis bahasa gaul di kalangan anak muda.Namun apakah Anda tahu apa itu arti circle yang sebenarnya?

Circle memiliki arti yang berbeda baik dalam kamus maupun ketika digunakan sebagai bahasa gaul. Itulah mengapa penting bagi Anda untuk memahami apa arti circle dalam kamus dan bahasa gaul. Sebelum mengetahui arti circle dalam bahasa gaul, ketahui terlebih dahulu arti circle dalam kamus terjemahan bahasa Inggris – bahasa Indonesia.

Dalam kamus bahasa Inggris, circle memiliki arti lingkaran. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian lingkaran sendiri merupakan garis lengkung yang kedua ujungnya bertemu pada jarak yang sama dari pusat, yang biasa disebut dengan bundaran. Selain itu, dalam KBBI lingkaran juga memiliki arti suatu lingkungan atau kawasan yang berkaitan dengan beberapa kegiatan atau hal-hal pada kehidupan sehari-hari.

Lihat Juga : Arti FYI Adalah

Arti Circle dalam Bahasa Gaul

Arti Circle
Sumber Gambar : medium.com

Sedangkan dalam bahasa gaul, arti circle memiliki makna yang sangat berbeda. Karena circle dalam bahasa gaul bukan sembarang lingkaran. Melainkan sangat berkaitan dengan hubungan pertemanan. Circle dalam gaul memiliki arti sekelompok teman atau lingkungan sosial yang terhubung satu sama lain dan bersifat khusus.

Makna circle juga dapat digambarkan sebagai komunitas dengan hobi dan frekuensi yang sama. Oleh karena itu, tidak heran jika jenis pertemanan tersebut juga dikenal dengan sebutan circle pertemanan. Jumlah orang yang ada dalam circle pertemanan ini juga biasanya jumlahnya lebih terbatas.

Lihat Juga : Arti Spill Adalah

Ciri – Ciri Circle Pertemanan

Ciri-Ciri Circle Pertemanan
Sumber Gambar : rozbuzz.in

Circle pertemanan dapat menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi perilaku dan cara berpikir Anda. Circle pertemanan yang baik dapat memberi energi yang positif dan membuat Anda merasa lebih baik. Namun sebaliknya, ada juga lingkungan pertemanan yang justru toxic dan mempengaruhi Anda ke dalam hal-hal yang negatif. Oleh karena itu, berikut ini merupakan ciri-ciri circle pertemanan yang baik yang dapat Anda ketahui:

1. Menerima diri Anda sepenuh hati

Jika Anda bertemu dengan orang-orang yang dapat menerima diri Anda apa adanya. Maka bisa juga dikatakan bahwa Anda sudah masuk dalam circle pertemanan. Seorang teman yang baik tidak akan menuntut banyak hal dari Anda, dan menyukai diri Anda apa adanya.

2. Saling menghargai privasi satu sama lain

Sebuah lingkungan pertemanan yang baik pasti di dalamnya terdapat ruang untuk menghargai privasi masing-masing individu. Hubungan pertemanan seperti ini tentu sangat baik karena Anda tidak harus selalu bersama dengan teman-teman Anda setiap waktu. Dan yang paling penting bahwa dalam hubungan pertemanan tersebut sama-sama bisa memahami bahwa setiap orang memiliki aktivitas masing-masing.

3. Saling memahami dan mendengarkan

Saat Anda berada dalam lingkaran pertemanan yang baik, maka Anda akan memiliki teman-teman yang memiliki rasa peduli yang tinggi. Sehingga tidak ada yang dominan dalam pertemanan tersebut. Circle pertemanan yang baik juga akan mendengarkan dan memberikan motivasi kepada teman-teman yang sedang berjuang ketika menghadapi masalah.

4. Saling mendukung satu sama lain

Dalam kehidupan memang mengalami pasang surut. Oleh karena itu, sahabat yang baik akan selalu membantu dan mendukung Anda melewati masa-masa sulit. Contohnya misalnya seperti menghibur di saat-saat sulit dan siap membantu mereka yang membutuhkan.

5. Saling mengingatkan

Kemudian ciri-ciri circle pertemanan yang terakhir yaitu saling mengingatkan ketika melakukan kesalahan. Teman yang baik selalu menegur dan mengingatkan Anda ketika melakukan kesalahan. Karena mereka melakukannya dengan cara yang baik, tanpa memaksa dan membuat Anda merasa benar saat melakukan kesalahan.

Lihat Juga : Download GB WhatsApp Apk Terbaru

Manfaat Memiliki Circle

Manfaat Circle
Sumber Gambar : unsplash.com

Yang perlu Anda tahu, bahwa memiliki circle pertemanan juga memiliki banyak manfaat. Alasannya yaitu karena lingkaran pertemanan bukan hanya teman biasa melainkan lebih dari itu. Itulah mengapa circle pertemanan terkadang lebih kompak, dapat memahami satu sama lain dan lebih pengertian. Tapi jika Anda ingin tahu apa saja manfaat memiliki circle pertemanan. Berikut ini beberapa manfaat dari circle pertemanan yang dapat Anda ketahui sebagai berikut:

  1. Dapat menciptakan lingkungan pertemanan yang kompak dan erat.
  2. Membuat persahabatan menjadi lebih langgeng dan bertahan lama.
  3. Anda memiliki motivasi untuk selalu semangat dan optimis.
  4. Tahu bagaimana mengatur waktu dengan baik.
  5. Dapat mendorong Anda untuk melakukan sesuatu yang produktif dan positif.
  6. Bisa berbagi suka dan duka.
  7. Mendapat seseorang yang bisa mendukung Anda.
  8. Memiliki seseorang yang dapat memahami, dan mendengarkan keluh kesah Anda.
  9. Memiliki seseorang yang dapat diandalkan ketika masa-masa sulit.
  10. Memiliki seseorang yang dapat dipercaya.

Lihat Juga : Download GB WhatsApp Pro Apk

Cara Membangun Circle Pertemanan

Cara Membangun Circle
Sumber Gambar : unsplash.com

Jika Anda tertarik ingin membangun sebuah circle pertemanan, namun masih bingung dengan bagaimana caranya. Berikut ini merupakan langkah-langkah yang dapat Anda coba.

1. Terbuka dengan orang baru

Cara membangun circle pertemanan yang pertama yaitu Anda harus bersifat terbuka dengan orang baru. Misalnya ketika Anda bertemu dengan hal-hal baru dan memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan orang lain, maka lakukanlah. Contohnya ketika Anda pergi keluar dan bertemu dengan orang baru. Maka jangan menutup diri Anda untuk bersosialisasi dengan mereka. Namun dengan catatan, bahwa Anda juga perlu hati-hati jika Anda belum tahu baik bagaimana orang tersebut.

2. Menjadi diri sendiri

Jangan pernah membohongi diri Anda dengan berpura-pura menjadi orang lain. Jadilah diri Anda sendiri dan tunjukan apa saja yang Anda sukai dan tidak beserta alasannya. Jangan takut untuk mengatakan apa yang mengganggu Anda selama hal tersebut tidak merugikan orang lain, karena Anda hanya mencoba menjadi diri sendiri.

3. Bersemangat untuk bertemu orang – orang

Saat Anda mulai berbicara dengan seseorang, tunjukkan antusiasme. Beri tahu mereka bahwa Anda memiliki energi dan benar-benar tertarik untuk berbicara dengan mereka.

4. Berikan pujian bagi orang yang ada di sekitar Anda

Kemudian cara selanjutnya yaitu, dengan memberikan pujian bagi orang-orang yang ada di sekitar Anda. Ketika seseorang memberi tahu Anda apa yang mereka lakukan untuk pekerjaan atau kehidupan, tanggapi dengan kuat, misalnya, “Bagus sekali!” Lebih baik lagi jika Anda bisa memberi mereka alasan kuat mengapa menurut Anda itu bagus. Tentu hal tersebut akan membuat orang yang Anda puji merasa senang dan menganggap bahwa Anda adalah orang yang menyenangkan.

5. Tertarik dengan apa yang dibicarakan

Anda juga harus benar-benar tertarik dengan apa yang dibicarakan orang lain. Ketika mereka berbicara tentang sesuatu maka simak secara baik-baik dan tanggapi dengan mengajukan beberapa pertanyaan. Hal tersebut tentu saja akan memperlihatkan bahwa diri Anda merupakan seorang pendengar cerita yang baik dan sangat mudah untuk diajak berinteraksi satu sama lain.

6. Membangun interaksi yang baik satu sama lain

Anda juga dapat membangun interaksi yang baik satu sama lain dengan memahami apa yang mereka katakan dengan bercerita, memberikan informasi dan komentar, menunjukkan rasa ingin tahu, menyuarakan pemikiran dan keyakinan, atau menjelaskan perasaan Anda.

Lihat Juga : Download WhatsApp MOD Apk Terbaru

Bahasa Gaul Selain Circle dalam Pertemanan

Bahasa Gaul Selain Circle
Sumber Gambar : unsplash.com

Anda juga harus tahu beberapa istilah populer tentang pertemanan selain circle. Secara umum, beberapa istilah gaul tentang pertemanan berikut ini juga biasanya digunakan dalam percakapan sehari-hari. Adapun contohnya seperti:

  1. Bestie: Memiliki arti sahabat atau teman terbaik.
  2. Brother: Artinya sebutan bagi saudara laki-laki atau teman laki-laki agar lebih akrab.
  3. Sister: Artinya saudara perempuan atau sebutan untuk teman perempuan agar lebih akrab.
  4. Dude: Artinya sebutan bagi teman laki-laki.
  5. Dawg: Artinya teman atau teman dekat laki-laki.
  6. Bud: Adalah sinonim dari istilah dawg.
  7. Pal: Artinya teman dekat.
  8. Guys: dapat Anda gunakan ketika menyapa teman yang lebih dari satu orang.
  9. BF (Best Friend): Artinya sahabat.
  10. Biffle: Artinya sahabat terbaik seumur hidup.
  11. Chum: Artinya teman sekamar.

Lihat Juga : Blank Text Generator

Contoh Penggunaan Istilah Circle

Contoh Penggunaan Istilah Circle
Sumber Gambar : thehealthy.com

Berikut ini merupakan contoh penggunaan istilah circle dalam bahasa gaul sehari-sehari misalnya seperti:

  • Circle pertemanan yang paling positif yang saya miliki adalah dengan kalian.
  • Ayok gabung circle pertemanan kami, agar kamu tidak sendirian.
  • Jangan berteman dengan mereka. Circle pertemanan mereka hanya untuk orang-orang kaya.
  • Circle pertemanan ini membuat aku menjadi lebih produktif.
  • Kalian harus berbaur ketika memilih anggota kelompok, tidak harus berdasarkan circle pertemanan kalian saja.
  • Aku tidak mau gabung lagi dengan circle pertemanan toxic kalian.
  • Di kelas ini memang ada tiga circle pertemanan, namun mereka tidak pernah bertengkar satu sama lain.
  • Circle pertemanan kalian sangat awet.

Lihat Juga : Apa Arti Crush dalam Bahasa Gaul

Penutup

Setelah mengetahui apa itu circle sebagai bahasa gaul. Anda dapat menggunakan istilah ini dalam kehidupan sehari-hari. Anda juga dapat mengetahui apa saja ciri-ciri circle, manfaat, dan bagaimana cara membangun circle pertemanan yang baik. Sehingga Anda juga bisa memiliki circle yang positif dan tidak toxic.

Dari mana istilah circle berasal?

Istilah circle berasal dari bahasa Yunani; Kirkos yang memiliki arti lingkaran.

Apakah penyebab lingkaran pertemanan menjadi semakin kecil?

Banyak teman-teman yang toxic, adanya kesibukan masing-masing, tidak lagi sejalan, dan memiliki teman baru.

Apa saja tanda-tanda circle pertemanan yang toxic?

Anda tidak dapat menjadi diri sendiri, teman-teman Anda bersifat manipulatif, tidak membuat diri Anda berkembang, dan selalu ingin dipahami namun tidak mau memahami.

Apa saja dampak memiliki circle pertemanan yang toxic?

Anda akan merasa cemas, dan takut jika mereka sedang marah. Dan apabila terjadi terus menerus dapat membuat Anda stres dan axiety.


Penulis : Adella Eka Ridwanti | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Adella Eka Ridwanti

Adella Eka Ridwanti adalah lulusan Ilmu Komunikasi 2022 yang berpengalaman dalam menulis konten kreatif dan digital marketing. Saat ini menjadi penulis di website Dianisa.com dan menjadi sosial media officer untuk perusahaan yang menawarkan jasa perjalanan tour luar negeri dan Umroh.

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 5 Cara Transfer Pulsa Telkomsel via SMS, USSD dan MyTelkomsel Terbaru

    Ketahui bagaimana cara melakukan transfer pulsa Telkomsel di bawah ini!
  2. 10 Cara Melihat ID Akun Discord Sendiri di HP, PC, Tanpa Ribet!

    Berikut cara melihat ID Akun Discord di HP, PC dengan mudah!
  3. 10 Cara Membuat Simbol Kurang Lebih (±) di Microsoft Word

    Simak beberapa cara membuat simbol kurang lebih dengan mudah berikut ini