80 Contoh Deskripsi Diri Dalam CV Yang Menarik dan Singkat!

Berikut sejumlah contoh deskripsi diri CV yang bisa Anda jadikan referensi!

Deskripsi diri dalam CV adalah bagian yang krusial untuk memberikan gambaran singkat tentang siapa Anda kepada calon pemberi kerja. Dalam artikel ini, kita akan membahas pentingnya menggambarkan diri dengan tepat dalam CV dan memberikan tips yang berguna untuk menyusun deskripsi diri yang menarik perhatian dan meningkatkan peluang sukses dalam dunia kerja. Seiring dengan persaingan yang semakin ketat di pasar tenaga kerja, menampilkan diri secara efektif dalam CV dapat menjadi kunci untuk membedakan diri Anda dari para pesaing.

Anda akan mempelajari bagaimana merangkai kalimat-kalimat yang kuat dan informatif, serta mengungkapkan kualifikasi, keterampilan, dan pencapaian Anda secara jelas dan meyakinkan. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi strategi untuk menciptakan deskripsi diri yang mencerminkan kepribadian Anda, menonjolkan pengalaman Anda, dan menggambarkan dedikasi Anda terhadap karier Anda. Dengan panduan praktis ini, Anda akan lebih siap untuk membuat CV yang tak terlupakan dan meningkatkan peluang Anda untuk meraih pekerjaan impian Anda.

Ringkasan

  • CV adalah dokumen yang digunakan untuk merinci riwayat hidup seseorang dalam konteks akademik atau profesional.
  • Deskripsi diri adalah bagian dari sebuah dokumen, seperti Curriculum Vitae (CV) atau surat lamaran pekerjaan, yang digunakan untuk menggambarkan diri seseorang kepada calon pemberi kerja.
  • Deskripsi diri haruslah singkat, padat, dan informatif. Tujuannya adalah memberikan gambaran positif tentang diri Anda.
  • Menulis deskripsi diri dengan baik dalam CV atau surat lamaran adalah langkah penting untuk menarik perhatian calon pemberi kerja, seperti menggunakan bahasa yang jelas dan ringkas, menonjolkan pencapaian, menghindari kalimat yang berlebihan hingga lainnya.
  • Ada beberapa hal yang perlu dihindari saat menulis deskripsi diri dalam CV atau surat lamaran pekerjaan, seperti menghindari memberikan informasi pribadi yang berlebihan, memperhatikan tata bahasa dan ejaan agar tidak typo, jangan mencantumkan informasi yang tidak relevan dan sebagainya.
  • Beragam contoh deskripsi diri dalam CV berbagai posisi pekerjaan yang dapat Anda jadikan referensi.

Lihat Juga : Contoh Soal Sinonim dan Antonim

Isi tampilkan

Apa itu CV (Curriculum Vitae)?

Fungsi Surat Lamaran Pekerjaan
Sumber Gambar : optomcas.org

Curriculum vitae, sering disingkat sebagai CV, adalah dokumen yang digunakan untuk merinci riwayat hidup seseorang dalam konteks akademik atau profesional. CV dirancang untuk memberikan gambaran lengkap tentang pengalaman, pendidikan, keterampilan, pencapaian, dan informasi relevan lainnya yang berkaitan dengan pekerjaan atau kesempatan akademik yang sedang Anda lamar.

CV biasanya digunakan dalam berbagai konteks, termasuk dalam proses rekrutmen ketika Anda melamar pekerjaan, dalam aplikasi untuk beasiswa atau program akademik, serta ketika Anda mencari kesempatan karier lainnya. CV dapat berbeda-beda dalam panjang dan format tergantung pada tujuan penggunaannya dan norma-norma lokal atau industri. Informasi yang umumnya disertakan dalam CV meliputi:

  1. Data pribadi – Nama lengkap, alamat, nomor telepon, alamat email, dan informasi kontak lainnya.
  2. Pernyataan tujuan (jika diperlukan) – Pernyataan singkat tentang tujuan Anda dalam mengajukan aplikasi, terutama dalam lamaran pekerjaan.
  3. Pendidikan – Riwayat pendidikan, termasuk gelar akademik, institusi, tahun lulus, dan rincian akademik lainnya.
  4. Pengalaman kerja – Daftar pengalaman kerja Anda dalam urutan kronologis terbalik (dari yang paling baru hingga yang paling lama), mencakup nama perusahaan, jabatan, tanggal kerja, dan deskripsi tugas dan pencapaian Anda.
  5. Keterampilan – Daftar keterampilan khusus yang relevan untuk pekerjaan yang Anda lamar, baik keterampilan teknis maupun keterampilan lunak.
  6. Pencapaian – Penjelasan tentang pencapaian-pencapaian khusus yang dapat membedakan Anda dari kandidat lain.
  7. Aktivitas ekstrakurikuler – Aktivitas atau keanggotaan dalam organisasi, klub, atau proyek lain yang dapat menggambarkan kepentingan atau komitmen Anda.
  8. Publikasi atau penelitian (jika berlaku) – Rincian tentang publikasi, penelitian, atau proyek-proyek yang relevan dengan bidang pekerjaan atau studi Anda.
  9. Referensi (jika diperlukan) – Informasi kontak referensi yang dapat memberikan rekomendasi tentang Anda.

CV adalah alat penting dalam proses seleksi, dan membuatnya dengan baik dapat membantu Anda menonjol di mata pemberi kerja atau lembaga akademik yang Anda lamar. Penting untuk menyesuaikan CV Anda untuk setiap kesempatan agar sesuai dengan persyaratan dan ekspektasi yang berbeda.

Lihat Juga : Contoh Soal TKD dan Value Core BUMN

Apa itu deskripsi diri?

Format Penulisan Daftar Riwayat Hidup
Sumber Gambar : jobstreet.co.id

Deskripsi diri adalah bagian dari sebuah dokumen, seperti Curriculum Vitae (CV) atau surat lamaran pekerjaan, yang digunakan untuk menggambarkan diri seseorang kepada calon pemberi kerja atau lembaga pendidikan. Deskripsi diri dirancang untuk memberikan gambaran singkat dan relevan tentang siapa Anda, kualifikasi Anda, keterampilan Anda, dan karakteristik pribadi yang dapat berkontribusi pada pekerjaan atau kesempatan yang Anda lamar. Deskripsi diri dalam konteks CV atau surat lamaran biasanya mencakup informasi seperti:

  1. Pengantar pribadi – Biasanya dimulai dengan informasi dasar tentang diri Anda, seperti nama, alamat, dan kontak yang dapat dihubungi.
  2. Pernyataan tujuan (jika diperlukan) – Pernyataan singkat tentang tujuan Anda dalam mengajukan aplikasi, terutama dalam lamaran pekerjaan.
  3. Pendidikan – Riwayat pendidikan Anda, termasuk gelar-gelar yang Anda miliki, institusi tempat Anda belajar, tahun lulus, dan bidang studi.
  4. Pengalaman kerja – Pengalaman kerja Anda dalam bentuk daftar jabatan, nama perusahaan, tanggal kerja, dan tugas atau pencapaian yang relevan.
  5. Keterampilan – Keterampilan khusus yang Anda miliki, baik yang bersifat teknis maupun keterampilan lunak, yang relevan dengan posisi atau kesempatan yang Anda lamar.
  6. Pencapaian – Penjelasan tentang pencapaian-pencapaian khusus yang dapat membedakan Anda dari kandidat lain.
  7. Karakteristik pribadi atau atribut – Informasi singkat tentang sifat pribadi atau atribut yang mungkin relevan dengan pekerjaan atau pendidikan yang Anda cari, seperti kemampuan komunikasi yang baik, kepemimpinan, atau kemampuan bekerja dalam tim.

Deskripsi diri haruslah singkat, padat, dan informatif. Tujuannya adalah memberikan gambaran positif tentang diri Anda dan mengapa Anda adalah kandidat yang sesuai untuk pekerjaan atau kesempatan tersebut. Saat menulis deskripsi diri, penting untuk menyesuaikannya dengan konteks lamaran Anda dan menonjolkan elemen-elemen yang paling relevan dengan posisi atau program yang Anda lamar.

Lihat Juga : Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Bagaimana tips menulis deskripsi yang baik?

Contoh Menulis Deskripsi Dri Berbagai Bidang Pekerjaan
Sumber Gambar : jobscan.co

Menulis deskripsi diri dengan baik dalam CV atau surat lamaran adalah langkah penting untuk menarik perhatian calon pemberi kerja atau lembaga pendidikan. Berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda menulis deskripsi diri yang efektif:

1. Pertimbangkan tujuan lamaran Anda

Sebelum Anda mulai menulis, pertimbangkan dengan cermat tujuan dari CV atau surat lamaran Anda. Apakah Anda melamar pekerjaan tertentu, beasiswa, atau program studi? Pastikan deskripsi diri Anda relevan dengan tujuan tersebut.

2. Fokus pada kualifikasi utama

Identifikasi kualifikasi atau keterampilan utama yang dibutuhkan untuk posisi atau program yang Anda lamar. Pastikan deskripsi diri Anda mencakup hal-hal ini.

3. Gunakan bahasa yang jelas dan ringkas

Gunakan bahasa yang mudah dimengerti dan hindari jargon yang tidak dikenal oleh calon pemberi kerja atau lembaga pendidikan. Deskripsi diri Anda harus mudah dibaca dan dipahami.

4. Tonjolkan pencapaian

Jelaskan pencapaian-pencapaian Anda yang paling relevan untuk posisi atau program yang Anda lamar. Gunakan angka dan fakta konkret jika memungkinkan untuk memberikan bukti kinerja Anda.

5. Jelaskan keterampilan khusus

Jika Anda memiliki keterampilan khusus yang relevan, jelaskan dengan rinci bagaimana keterampilan tersebut dapat menguntungkan posisi atau program tersebut.

6. Beri contoh

Selalu berikan contoh konkret yang mendukung klaim Anda tentang kualifikasi atau keterampilan. Ini dapat membantu calon pemberi kerja atau lembaga pendidikan untuk melihat bagaimana Anda telah mengaplikasikan kualifikasi tersebut dalam pengalaman Anda.

7. Hindari klaim terlalu umum

Hindari klaim seperti “Saya adalah pekerja keras” tanpa memberikan bukti konkret. Sebaliknya, berikan contoh nyata yang mendukung klaim Anda.

8. Perhatikan kata kunci

Jika Anda melamar pekerjaan secara online, perhatikan kata kunci yang sering muncul dalam deskripsi pekerjaan dan usahakan untuk memasukkan beberapa dari kata-kata tersebut dalam deskripsi diri Anda.

9. Sesuaikan untuk setiap lamaran

Selalu sesuaikan deskripsi diri Anda untuk setiap lamaran. Tidak ada pendekatan satu ukuran untuk semua. Anda harus menyesuaikan deskripsi diri Anda agar relevan dengan posisi atau program yang Anda lamar.

10. Edit dan revisi

Setelah menulis deskripsi diri, selalu lakukan revisi dan perbaikan. Pastikan tidak ada kesalahan tata bahasa atau ejaan. Baca ulang dan pastikan deskripsi diri Anda memberikan gambaran yang kuat tentang kualifikasi dan potensi Anda.

Selain itu, pertimbangkan untuk meminta masukan dari teman, mentor, atau profesional sumber daya manusia untuk memastikan bahwa deskripsi diri Anda efektif dan memenuhi harapan calon pemberi kerja atau lembaga pendidikan.

Lihat Juga : Contoh Kata Pengantar

Apa yang harus dihindari dalam menulis deskripsi?

Hal Penting Dari Surat Lamaran Pekerjaan
Sumber Gambar : getsmarteraboutmoney.ca

Ada beberapa hal yang perlu dihindari saat menulis deskripsi diri dalam CV atau surat lamaran pekerjaan. Menghindari kesalahan-kesalahan ini dapat membantu Anda menjaga profesionalisme dan meningkatkan kesan positif pada calon pemberi kerja atau lembaga pendidikan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dihindari:

  • Informasi pribadi yang terlalu rinci – Hindari memberikan terlalu banyak informasi pribadi yang tidak relevan atau sensitif seperti nomor KTP, status pernikahan, atau riwayat kesehatan. Informasi ini biasanya tidak perlu dalam CV atau surat lamaran.
  • Kesalahan tata bahasa dan ejaan – Pastikan Anda menghindari kesalahan tata bahasa dan ejaan dalam deskripsi diri Anda. Kesalahan tersebut dapat mengesankan bahwa Anda kurang teliti atau kurang profesional.
  • Klaim tanpa dukungan – Jangan membuat klaim tanpa memberikan bukti atau contoh konkret yang mendukungnya. Misalnya, mengatakan “Saya sangat berkomitmen” tanpa memberikan contoh konkret dari situasi di mana Anda telah menunjukkan komitmen tersebut.
  • Informasi yang tidak relevan – Jangan mencakup informasi yang tidak relevan dengan posisi atau program yang Anda lamar. Fokuslah pada kualifikasi dan pengalaman yang benar-benar relevan.
  • Klaim terlalu berlebihan – Hindari klaim yang terlalu berlebihan atau terlalu berani. Misalnya, mengatakan bahwa Anda adalah “orang terbaik” untuk pekerjaan tersebut tanpa bukti konkret.
  • Keterangan yang terlalu singkat atau terlalu panjang – Pilih kata dengan bijak. Jangan membuat deskripsi diri terlalu singkat sehingga tidak memberikan informasi yang cukup, atau terlalu panjang sehingga menjadi membosankan dan tidak dibaca.
  • Informasi yang terlalu pribadi – Hindari memberikan informasi pribadi yang sangat pribadi atau kontroversial, seperti keyakinan agama atau politik. Ini dapat memunculkan potensi diskriminasi atau bias.
  • Tidak menyesuaikan untuk setiap lamaran – Jangan menggunakan deskripsi diri yang sama untuk setiap lamaran. Selalu sesuaikan deskripsi diri Anda dengan posisi atau program yang Anda lamar.
  • Kehilangan fokus – Jangan kehilangan fokus dari pesan utama Anda dalam deskripsi diri. Pastikan bahwa pesan Anda tetap berkaitan dengan kualifikasi dan keterampilan yang ingin Anda tonjolkan.

Dengan menghindari kesalahan-kesalahan di atas, Anda dapat meningkatkan kualitas deskripsi diri Anda dan memberikan kesan positif kepada calon pemberi kerja atau lembaga pendidikan yang Anda lamar.

Lihat Juga : Contoh Majas Metafora

Bagaimana cara agar CV dilirik oleh HRD?

Apa itu Daftar Riwayat Hidup
Sumber Gambar : welcome-center-malta.com

Agar CV Anda dilirik oleh HRD (Human Resources Department) atau pemberi kerja, Anda perlu menciptakan CV yang menarik, relevan, dan memenuhi harapan mereka. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda:

1. Sesuaikan dengan posisi yang Anda lamar

Setiap kali Anda melamar pekerjaan, ubah dan sesuaikan CV Anda untuk mencerminkan kualifikasi, keterampilan, dan pengalaman yang paling relevan dengan posisi yang Anda lamar. Ini akan memastikan bahwa CV Anda menonjol di mata HRD yang mencari kandidat yang tepat.

2. Deskripsi diri yang menarik

Gunakan deskripsi diri Anda untuk membuat kesan pertama yang kuat. Sorotkan kualifikasi dan pencapaian Anda yang paling relevan dengan pekerjaan yang Anda incar.

3. Buat tampilan yang bersih dan profesional

Pastikan format CV Anda bersih dan mudah dibaca. Gunakan huruf dan format yang konsisten. Hindari font yang terlalu aneh atau ukuran yang terlalu kecil.

4. Tonjolkan pencapaian dan pengalaman yang kuantitatif

Jelaskan pencapaian Anda dalam bentuk yang dapat diukur, seperti angka atau persentase. Misalnya, “Meningkatkan penjualan tahunan sebesar 20% selama dua tahun terakhir.

5. Penekanan pada keterampilan yang dibutuhkan

Pastikan CV Anda menyoroti keterampilan yang dicari oleh perusahaan atau posisi yang Anda lamar. Bila mungkin, sejajarkan keterampilan Anda dengan kata kunci yang muncul dalam deskripsi pekerjaan.

6. Pengalaman yang relevan di depan

Tempatkan pengalaman yang paling relevan dengan posisi yang Anda lamar di bagian atas CV Anda, sehingga HRD melihatnya dengan cepat.

7. Gunakan bahasa yang aktif

Gunakan kata kerja yang kuat dan aktif dalam deskripsi pekerjaan Anda untuk menggambarkan tugas-tugas Anda dengan jelas dan meyakinkan.

8. Pencantuman pendidikan yang sesuai

Jika pendidikan Anda relevan dengan posisi yang Anda lamar, sebutkan dengan jelas dan berikan detail seperti gelar, institusi, dan tahun lulus.

9. Lampirkan portofolio atau prakarsa terkait

Jika Anda memiliki portofolio atau prakarsa yang relevan dengan pekerjaan yang Anda incar, pertimbangkan untuk melampirkannya atau memberikan tautan ke portofolio online Anda.

10. Koreksi CV dari kesalahan

Pastikan CV Anda bebas dari kesalahan tata bahasa, ejaan, dan ketidakcocokan. Ini dapat memberikan kesan bahwa Anda adalah seorang yang cermat dan profesional.

11. Sertakan informasi kontak yang jelas

Pastikan informasi kontak Anda, seperti alamat email dan nomor telepon, mudah diakses dan valid.

12. Referensi yang tepat

Hanya sertakan referensi jika diminta oleh pemberi kerja. Sebaiknya simpan referensi ini untuk tahap seleksi lebih lanjut.

13. Perbarui CV secara berkala

Perbarui CV Anda secara berkala untuk mencerminkan pengalaman, keterampilan, dan pencapaian terbaru Anda.

Selalu ingat, CV adalah alat pertama yang digunakan HRD untuk menilai Anda sebagai kandidat potensial. Dengan merinci pengalaman dan kualifikasi Anda yang paling relevan dan menarik perhatian secara visual, Anda dapat meningkatkan peluang agar CV Anda diperhatikan oleh HRD.

Lihat Juga : Jenis – Jenis Kalimat dan Contohnya

Contoh deskripsi diri

Contoh Deskripsi Diri
Sumber Gambar : topresume.com

Berikut ini adalah kumpulan contoh deskripsi diri secara singkat yang dikutip dari beberapa sumber dan dapat Anda gunakan sebagai referensi, di antaranya:

  • Saya adalah penggemar seni sejati yang mengekspresikan kreativitas melalui desain. Dengan latar belakang dalam seni visual, saya memiliki kemampuan untuk menggabungkan estetika dan fungsi dalam setiap proyek desain yang saya kerjakan.
  • Lulusan S1 Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Jurusan Public Relation. Memiliki pengalaman magang di digital agency selama satu tahun. Saya adalah pribadi yang bertanggung jawab serta memiliki keinginan untuk berkembang.
  • Seorang sarjana Teknik Informatika dengan pengalaman mengembangkan software game dan permainan. Saya merupakan pribadi yang cermat dan teliti dalam bekerja. Bisa cepat beradaptasi dengan pekerjaan tim maupun individual.
  • Fresh graduate dari jurusan Sasta Indonesia Universitas Indonesia dengan pengalaman mengurus majalah jurusan selama dua tahun. Terbiasa dengan penulisan kreatif, EYD, serta PUEBI. Memiliki kemampuan bahasa inggris yang baik sebagai bahasa kedua.
  • Sarjana S1 dengan spesialisasi pemasaran digital. Memiliki pemahaman mendasar terkait analisa serta penyusunan strategi marketing dengan pengalaman magang yang sejalan. Mencari pekerjaan yang memberi peluang untuk semakin berkembang bersama dengan perusahaan.
  • Lulusan S1 Teknologi Informasi yang memiliki hobi mengembangkan aplikasi Android serta iOS. Memiliki pengalaman magang sebagai developer di perusahaan multinasional. Sedang mencari tantangan baru untuk semakin berkembang.
  • Saya merupakan lulusan S1 Manajemen Pemasaran Universitas Bina Bangun tahun 2012-2016. Berhasil menyelesaikan kuliah dalam 3,5 tahun dengan IPK 4.00. Menjabat sebagai ketua offering selama 3 tahun di berbagai mata kuliah. Mendapat nilai terbaik di mata kuliah Komunikasi Pemasaran, Perilaku Konsumen, Riset Pasar, dan Business Development.
  • Sebagai lulusan Ilmu Komunikasi, saya adalah seorang pencipta konten yang berdedikasi dengan sentuhan rasa humor yang kuat. Saya merangkul teknologi dan media sosial untuk menghadirkan cerita-cerita yang menghibur dengan cara yang baru dan segar.
  • Memiliki pengalaman sebagai customer service specialist selama 3 tahun. Seorang pemecah masalah yang kreatif dengan kemampuan sosial kuat. Mampu berpikir cepat serta bersikap tenang saat menghadapi situasi kritis. Mencari peluang untuk semakin mengembangkan diri dengan menjadi leader.
  • Content writer dengan pengalaman kerja selama 3 tahun. Memiliki pemahaman mengenai penulisan kreatif, tata bahasa yang baik dan benar, serta minat baca audience di berbagai platform. Terampil dalam berkomunikasi interpersonal sehingga dapat bekerja sama dengan siapa saja.
  • Digital marketing specialist dengan pengalaman mengembangkan laba start-up secara konsisten. Memiliki pengalaman kerja di bidang yang sama selama 2 tahun. Tanggap dalam melihat perubahan pasar serta mampu mengimbanginya dengan strategi yang kreatif demi pertumbuhan perusahaan.
  • Berpengalaman sebagai seorang HR Generalist selama 2 tahun. Cakap dalam mengelola SDM serta membangun komunikasi yang baik dengan mereka. Objektif dalam menilai kemampuan seseorang dalam perekrutan maupun orientasi karyawan. Memiliki kemauan untuk berkembang bersama dengan perusahaan.
  • Sebagai konsultan keuangan berpengalaman, saya fokus pada mengoptimalkan kinerja keuangan klien melalui analisis mendalam dan strategi yang teruji. Saya memiliki rekam jejak dalam membantu perusahaan mencapai tujuan finansial mereka dengan efektif.
  • Seorang pengajar matematika dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Mampu menjelaskan rumus dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh murid. Terampil berkomunikasi dengan siswa sehingga dapat tercipta suasana belajar yang nyaman.
  • Data analis profesional dengan pengalaman kerja 4 tahun di perusahaan besar. Memiliki keinginan untuk berkembang serta mencari tantangan baru dalam bekerja. Bekerja dengan teliti serta terstruktur dalam segala hal demi mencapai hasil yang maksimal.
  • Sebagai inovator teknologi dengan lebih dari 10 tahun pengalaman, saya memiliki kemampuan yang kuat dalam merancang solusi teknis yang unik dan efisien. Saya selalu bersemangat untuk mengeksplorasi teknologi terbaru dan mengaplikasikannya untuk merespons tantangan yang kompleks.
  • Alumni SMA Negeri 3 Kupang jurusan IPA dengan gelar juara umum seangkatan pada tahun kedua. Memiliki minat yang tinggi terhadap bidang pertanian terutama bidang agroteknologi. Sedang mencari peluang di bidang agroteknologi, agribisnis, dan agrikultur.
  • Lulusan SMA yang suka belajar, pantang menyerah, dan mau menghadapi tantangan. Telah bekerja sebagai kuli bangunan sejak kelas XI SMA. Lulus dengan nilai rata-rata 85,00 dan berhasil menjadi 10 besar lulusan terbaik SMA Kebangsaan I angkatan 2018-2019. Saat ini aktif sebagai mahasiswa Amangkurat semester I jalur SBMPTN.
  • Seorang alumni SMK jurusan Teknik Robotika dengan nilai rata-rata 8,5. Pernah menjadi peringkat III lulusan terbaik SMK Dharmabakti tahun 2020-2021. Selama bersekolah, aktif menjadi anggota divisi acara OSIS dan pengurus workshop robotika SMK Dharmabakti. Sosok yang bertanggungjawab, komunikatif, dan suka tantangan baru.
  • Lulusan SMA Negeri 1 Kumai, memiliki minat berkarier di bidang akuntansi. Berpengalaman membuat pembukuan dan laporan keuangan pada proyek festival tahunan sekolah. Mencari pekerjaan di bidang akuntansi dan manajemen.
  • Seorang siswa kelas XII SMA jurusan Bahasa. Menguasai bahasa Inggris, Jepang, Mandarin, dan Arab, dengan nilai rata-rata 8,9. Berpengalaman menjadi admin akun Instagram dengan followers sebanyak 150.000. Aktif menjadi penerjemah freelance untuk lagu, video, dan tulisan berbahasa Inggris dan Jepang.
  • Lulusan SMA Negeri 1 Purwokerto jurusan IPA dengan gelar juara umum seangkatan pada tahun terakhir. Memiliki minat yang tinggi terhadap bidang komunikasi, terutama jurnalistik. Sedang mencari peluang di bidang publikasi dan jurnalistik sebagai seorang intern.
  • Pencinta bahasa dan kebudayaan, saya memiliki minat khusus dalam bidang komunikasi. Saya ingin mengaplikasikan keterampilan ini dalam lingkungan profesional untuk membantu menciptakan hubungan yang kuat dan efektif.
  • Berpengalaman mengoperasikan Adobe Illustrator, CorelDRAW, serta Adobe Photoshop selama 5 tahun. Mampu membuat design visual untuk berbagai kebutuhan perusahaan yang sesuai dengan guideline dan menarik.
  • Seorang designer dengan portofolio dalam pembuatan storyboard, mock-up, visual sosial media, edit foto, dan lainnya. Terbiasa bekerja dalam deadline serta mampu memvisualisasikan berbagai keinginan perusahaan dengan baik.
  • Nama saya Nia, seorang guru mata pelajaran Matematika SD Nusa Bangsa, Jakarta. Berpengalaman mengajar 25 kelas/minggu (60 menit/kelas) untuk kelas 1 sampai 6, menyusun RPL, dan menjadi anggota penyusun media pembelajaran untuk anak SD tingkat Kota. Di samping mengajar, saya juga aktif membuka bimbingan belajar gratis 2 kali seminggu untuk anak SD di rumah.
  • Lulus Desain Komunikasi Visual (DKV) tahun 2015 dengan pengalaman 7 tahun sebagai graphic designer. Terbiasa membuat desain poster campaign, storyboard, dan mock-up untuk kebutuhan pemasaran. Terbiasa bekerja dalam tim untuk mengambil keputusan bersama. Menguasai tools design seperti Adobe Illustrator, CorelDraw, dan Adobe Photoshop.
  • Memiliki 8 tahun pengalaman sebagai freelance desainer digital. Mampu mengoperasikan berbagai tools design dengan baik. Memiliki kemampuan untuk berpikir kreatif sekaligus mewadahi ide/keinginan perusahaan dalam bentuk visual.
  • Saya merupakan seorang spesialis digital marketing. Pencapaian terbesar saya mampu menaikkan laba bersih perusahaan hingga 60% dalam setahun. Mampu berpikir solutif, visioner, dan membuat keputusan tepat berdasarkan data yang ada.
  • Praktisi manajemen bisnis dengan pengalaman 7 tahun secara profesional. Terbiasa membuat analisa pasar, evaluasi pasar, dan mengimplementasikan strategi penjualan dan pemasaran dalam skala besar maupun kecil.

Lihat Juga : Contoh Laporan PKL Siswa SMK

Contoh menulis deskripsi di berbagai posisi pekerjaan

Tips Menulis Deskripsi Diri di CV
Sumber Gambar : topresume.com

Bagi Anda yang bingung dan kesulitan untuk menulis deskripsi diri, berikut ini terdapat beberapa contoh yang dikutip dari berbagai sumber artikel yang dapat Anda jadikan sebagai bahan referensi untuk melamar pekerjaan, di antaranya:

1. Contoh deskripsi diri fresh graduate

“Lulusan S1 dengan spesialisasi pemasaran digital. Memiliki pengalaman dalam mengembangkan dan mengimplementasikan kampanye pemasaran digital melalui kesempatan magang di dua perusahaan multinasional. Mencari peluang kerja yang memberi kesempatan untuk makin berkembang.”

“Lulusan S2 Sastra Inggris dengan pengalaman empat tahun dalam penulisan kreatif, tata bahasa, dan mengajar sastra di tingkat SMA. Memiliki sertifikasi dalam mengajar bahasa Inggris sebagai bahasa kedua dan mendidik siswa SMA dengan gangguan mental.”

“Saya merupakan lulusan S1 Pendidikan Bahasa Inggris dengan pengalaman mengikuti organisasi kemahasiswaan. Berkat hasil kerja keras saya, saya juga berhasil mendapat predikat cumlaude dengan IPK 3.62 Saya juga sudah mengikuti beberapa lomba menulis artikel ilmiah dan menjadi anggota aktif dalam BEM univeritas.”

“Mahasiswa S1 Ilmu Komunikasi semester 6 dengan IPK 3.41. Aktif sebagai staf bidang jurnalistik himpunan mahasiswa dan menjadi perwakilan komunikasi Asosiasi Mahasiswa Jurnalistik Indonesia untuk Universitas Andalan. Di samping mengikuti kegiatan mahasiswa, aktif menjadi content writer freelance untuk MediaY.com.”

“Lulusan S1 Manajemen Pemasaran Universitas Bina Bangun tahun 2015 – 2018. Berhasil menyelesaikan kuliah dalam 3,5 tahun dengan IPK 3.75. Menjabat sebagai ketua offering selama 3 tahun di berbagai mata kuliah. Mendapat nilai terbaik di mata kuliah Komunikasi Pemasaran, Perilaku Konsumen, Riset Pasar, dan Business Development.”

“Fresh graduate S1 Ilmu Geologi Universitas Purna Putra tahun 2015 – 2020 dengan IPK 3.87 (summa cumlaude). Pernah menjabat sebagai Ketua Divisi Komunikasi HMJ Geologi, Dewan Mahasiswa Fakultas Ilmu Geologi, Ketua Umum Komunitas Mahasiswa Bersuara cabang kota Y, dan Presiden Mahasiswa Universitas Purna Putra tahun 2018.”

“Lulusan dari Universitas Negeri Yogyakarta dengan Jurusan Akuntansi yang berorientasi pada detail. Memiliki kemampuan manajemen waktu yang baik dan selalu menyelesaikan tugas sebelum batas deadline. Pernah berpengalaman magang di DPRD Yogyakarta selama 3 bulan. Tugas yang dikerjakan seputar pengarsipan dan pengelolaan anggaran.”

“Lulusan S1 Teknik Perminyakan Universitas Petrolika tahun 2018. Ingin meningkatkan skill dan pengetahuan dengan mengikuti bootcamp Data Analyst. Berpengalaman menghandle tools analisa data seperti SPSS, Tableau, dan SQL. Menguasai bahasa pemrograman PHP dan R.”

2. Contoh deskripsi diri dengan pengalaman kerja

“Digital marketing specialist dengan track record berhasil mendukung pertumbuhan laba yang konsisten untuk situs bisnis melalui konversi penjualan dan kualitas tinggi.”

“Customer service specialist dengan pengalaman kerja lebih dari dua tahun. Seorang problem solver kreatif dengan kemampuan interpersonal yang kuat. Berhasil membangun program retensi pelanggan baru yang meningkatkan loyalitas pelanggan hingga 20 persen. Mencari posisi sebagai customer service team supervisor untuk melanjutkan pertumbuhan karier ke manajemen.”bagian-penting

3. Contoh deskripsi diri ketika ingin mengubah jalur karier

“Professional real estate yang berpengalaman selama tiga tahun. Ingin membawa pengalaman ini ke ranah sales. Memiliki keahlian dalam layanan pelanggan yang baik serta dapat bekerja dengan klien untuk memenuhi kebutuhan klien. Skill komunikasi yang baik dan mampu bekerja di bawah tekanan. Membuat rekam jejak saya unggul dalam layanan pelanggan.”

“Profesional yang berorientasi pada tujuan untuk mengejar perubahan karier jangka panjang dalam bidang web design. Memiliki pengalaman 10 tahun disertai keterampilan analitis, pemecahan masalah, mahir komputer, dan bisa menindaklanjuti proyek dari awal hingga akhir.”

“Profesional marketing yang berpengalaman selama 4 tahun. Ingin membawa pengalaman kerjanya ke ranah sales. Saya memiliki keterampilan dalam layanan pelanggan yang baik serta dapat bekerja dengan klien untuk memenuhi kebutuhan perusahaan. Menguasai skill komunikasi dengan mumpuni dan mampu bekerja di bawah tekanan. Prestasi yang telah saya raih membuat rekam jejak saya unggul dalam bidang penjualan.”

4. Contoh deskripsi diri untuk level Manajerial

“Accounting manager dengan lima tahun pengalaman akuntansi di industri real estate dan marketing. Menguasai pengetahuan akuntansi umum, payroll, budgeting, dan pembukuan. Mahir dalam menerapkan praktik dan prosedur akuntansi yang inovatif untuk meningkatkan efisiensi.”

“Marketing director dengan pengalaman 20 tahun di bidang pemasaran dan penjualan. Berhasil membuat dan menerapkan kebijakan pemasaran, meningkatkan penjualan sebanyak 40 persen. Memiliki kemampuan manajemen dan interpersonal yang sangat baik.”

5. Contoh deskripsi diri Content Writer

“Saya adalah orang yang kreatif dan terbiasa membuat konten seperti artikel, video, atau gambar untuk media sosial. Selama satu tahun bekerja saya berperan untuk meningkatkan traffic website sebesar 30%. Kreativitas yang saya miliki juga berperan penting dalam meningkatkan keterampilan leadership sehingga saya bisa mencari solusi saat ada kendala.”

6. Contoh deskripsi diri Digital Marketing

“Saya memiliki kemampuan bersosialisasi dengan mudah. Selama 6 bulan bekerja sebagai marketing, saya berhasil meningkatkan penjualan produk perusahaan hingga 5%. Kemampuan komunikasi yang saya miliki berperan penting dalam mencapai target yang dibebankan kepada saya.”

7. Contoh deskripsi diri Accounting Manager

“Perkenalkan, saya adalah seorang accounting manager dengan pengalaman akuntansi di industri real estate dan marketing selama 5 tahun. Saya menguasai pengetahuan akuntansi umum, payroll, budgeting, dan pembukuan. Saya juga andal dalam menerapkan praktik dan prosedur auditing yang inovatif untuk meningkatkan efisiensi perusahaan.”

8. Deskripsi diri Customer Service

“Saya adalah seorang customer service specialist dengan pengalaman kerja lebih dari 3 tahun. Seorang problem solver kreatif dengan kemampuan interpersonal yang kuat. Berhasil membangun program retensi pelanggan baru yang telah meningkatkan customer loyalty sebesar 20%. Saya kini mencari posisi sebagai sebagai customer service supervisor untuk melanjutkan perkembangan karier ke bidang manajemen.”

9. Contoh deskripsi diri IT Support

“Saya adalah profesional IT dengan pengalaman 10 tahun sebagai software support specialist dan system/network technician. Seorang yang sangat teliti dan terampil mengoperasikan berbagai platform IT support. Memiliki kemampuan komunikasi lisan dan verbal yang baik, serta mampu memaparkan isu-isu software yang kompleks dalam istilah yang mudah dipahami.”

10. Contoh deskripsi diri Manajemen Bisnis

“Saya adalah seorang profesional bisnis yang memiliki pengalaman kerja selama 4 tahun dalam bidang business development. Kini mencari peluang untuk terjun ke dunia manajemen bisnis.”

“Saya merupakan seseorang yang berorientasi pada pertumbuhan bisnis dengan implementasi strategi penjualan dan pemasaran, analisis pasar, serta evaluasi pertumbuhan. Memiliki kemampuan problem solving dan leadership yang kuat. Mampu meningkatkan angka kepuasan klien dan partner hingga 60% pada perusahaan sebelumnya.”

Lihat Juga : Contoh Makalah Singkat

11. Contoh deskripsi diri lulusan S2

“Lulusan S2 Ilmu Komputer Universitas Ternama dengan pengalaman internship di salah satu fintech terbaik di Indonesia. Memiliki beberapa proyek perancangan software bersama rekan-rekan di kampus untuk bisnis pengiriman uang dan identifikasi pemerima. Saya sendiri adalah seseorang yang dapat diandalkan, suka bekerja sama dengan tim dan selalu tepat waktu. Saya pun dapat menyumbang berbagai inovasi menarik.”

12. Contoh deskripsi diri Project Manager

“Seorang project manager jr dengan 3 tahun pengalaman kerja di bidang produk. Telah mengajukan banyak proyek dan solusi baru yang meningkatkan 20% pendapatan tahunan untuk perusahaan X. Sekarang sedang mencari posisi project manager senior untuk meningkatkan karier dan keuntungan perusahaan.”

13. Contoh deskripsi diri Designer

“Lulusan S1 Desain Grafis dari Universitas Desain Ternama. Berpengalaman 2+ tahun dalam dunia graphic design. Menguasai beragam software seperti Adobe Illustrator, CorelDRAW, Adobe Photoshop. Berpengalaman dalam pembuatan storyboard, mock-up, dan visual untuk berbagai kebutuhan pemasaran. Seseorang yang sangat ambisius, teliti, dan terdorong untuk membuat inovasi menarik bagi perusahaan.”

14. Contoh deskripsi diri Sales

“Profesional dalam bidang sales dengan pengalaman kerja selama 2 tahun. Memiliki spesialisasi dalam bidang manajemen penjualan dan marketing. Memiliki kelebihan dalam hal negosiasi, fokus dalam pencapaian target dan kemampuan leadership. Menguasai software-software penjualan terbaru.”

15. Contoh deskripsi diri HRD

“Seorang lulusan S1 Psikologi Universitas Terbaik yang sedang mencari kesempatan menjadi staf HRD. Memiliki pengalaman magang dan freelance selama 1 tahun. Andal dalam hal pemecahan masalah, penempatan karyawan, kolaborasi, dan kemampuan evaluasi yang mendetail. Punya kemampuan berkomunikasi. berpikir kritis, dan empati yang tinggi.”

16. Contoh deskripsi diri Internship

“Mahasiswa bisnis tingkat akhir di Universitas Ternama yang energetik dan ambisius. Aktif dalam organisasi kampus dan sering menjadi tutor bagi mahasiswa baru FEB UT. Memiliki ketertarikan di bidang akuntansi dan investasi saham. Andal menjalankan software accounting. Mahir problem solving dan berpikir kritis. Kini sedang mencari pengalaman magang, khususnya di bidang finance untuk membuka gerbang karier di sektor accounting.”

17. Contoh deskripsi diri Bahasa Inggris

“I’am a highly creative, ambitious, and experienced content editor with more than 3 years of experience in managing marketing campaigns and projects by evaluating Instagram captions, blog posts, and more.

Passionate about working in a digital marketing agency where I can be involved in a department and deliver the best results for clients, shareholders, and partners in all sectors.”

18. Contoh deskripsi diri Data Analyst 

“Saya adalah lulusan S1 Ilmu Perpustakaan yang selalu termotivasi dan dapat bekerja sama dalam tim. Memiliki pengalaman magang bidang data selama 6 bulan. Kini mencari posisi sebagai data analyst.

19. Contoh Deskripsi Diri Seorang Guru

Perkenalkan, saya Rina, seorang guru mata pelajaran Matematika SD Selalu Maju, Jakarta. Berpengalaman mengajar 25 kelas/minggu (60 menit/kelas) untuk kelas 1 sampai 6, menyusun RPL, dan menjadi anggota penyusun media pembelajaran untuk anak SD tingkat Kota. Disamping mengajar, saya juga aktif membuka bimbel gratis 2 kali seminggu untuk anak SD di rumah.

20. Contoh Deskripsi Diri Staff Administrasi

Pribadi yang teliti, cermat, dan detail-oriented. Berpengalaman melakukan internship sebagai staf administrasi di Bank Kita Semua selama 2 bulan dan diperpanjang menjadi 8 bulan. Selama menjadi intern, berhasil meningkatkan jumlah pengelolaan data konsumen sebanyak 200%, mengurangi error data hingga 80%, dan menggagas sistem manajemen data melalui customer relationship management (CRM) tools.

Lihat Juga : Contoh Teks MC Formal

21. Contoh Deskripsi Diri Lulusan Akuntansi

Fresh graduate lulusan Akuntansi Universitas Jaya Terus angkatan 2015, dengan IPK 3,95 dan berhasil menyelesaikan kuliah dalam waktu 3,5 tahun. Pribadi yang percaya diri, komunikatif, teliti, dan menyukai pengelolaan data (data management). Menguasai PSAK terbaru, Ms. Excel, Google Spreadsheet, dan SPSS. Mampu memvisualisasikan data Excel/Spreadsheet untuk keperluan reporting.

22. Contoh Deskripsi Diri untuk Operator Produksi

Lulusan SMK jurusan Tekstil tahun 2018. Diterima bekerja menjadi Operator Produksi PT. KABEHASTEX sejak lulus hingga 2020. Berpengalaman menghandle mesin knitting (tenun) V-bed, flat bed, bar lurus, cylinder revolving, dan sinker wheel machine. Pribadi yang cermat, hati-hati, dan teliti.

23. Contoh Deskripsi Diri PPPK Guru

Perkenalkan nama saya Rini, lulusan dari Universitas Maju dengan konsentrasi ilmu di bidang Fisika. Asal saya dari Bali dan lahir pada 15 Juli 1995. Saya memiliki pengalaman mengajar di SMP Makmur selama 4 tahun. Dalam waktu tersebut, saya dipercaya menjadi wali kelas sekaligus menjadi pembimbing olimpiade.

Selama 4 tahun menjadi guru, banyak pengalaman berharga yang saya terima, khususnya untuk terus mengembangkan diri agar menjadi tenaga pengajar yang profesional. Pada tahun ke 3 menjadi guru, saya mendapatkan penghargaan sebagai guru teladan di tingkat kabupaten.

Bagi saya, menjadi seorang guru merupakan tugas mulia dan profesi yang membanggakan. Ada perasaan haru dan senang apabila murid-murid saya mampu menggapai cita-citanya.

24. Contoh Deskripsi Diri dengan Pengalaman Kerja

Seorang Social Media Specialist dengan pengalaman lebih dari 2 tahun. Pernah mengelola beberapa akun Instagram dan TikTok dengan pertumbuhan engagement paling signifikan adalah meningkatkan akun Instagram ber-followers 1.200 menjadi 50.000 dalam 3 bulan secara organik. Terbiasa bekerja dalam tim dengan skill komunikasi yang baik. Berorientasi pada detail dengan manajemen waktu yang baik.

25. Contoh Profil Diri Singkat untuk Kasir

Lulusan Akademi Akuntansi yang berorientasi pada detail. Memiliki pengalaman luas di bidang keuangan, manajemen, dan perbankan. Memiliki kemampuan menghitung dengan baik dan cepat. Sedang mencari posisi bekerja sebagai kasir dan siap membantu perusahaan untuk berkembang.

26. Contoh Profil Diri Customer Service

Customer service spesialist dengan pengalaman kerja lebih dari 5 tahun. Mampu menghandle panggilan telepon dari customer yang tinggi dan memiliki skill komunikasi yang baik. Berhasil membangun program retensi pelanggan baru yang meningkatkan customer loyality hingga 30%.

27. Contoh Deskripsi Diri untuk LinkedIn

Untuk Anda yang ingin aktif di LinkedIn, simak beberapa contoh deskripsi yang dapat Anda gunakan di bawah ini:

Dengan sudut pandang orang pertama (saya):

Hi, senang melihat Anda mengunjungi profil saya!

Perkenalkan, saya Nusa Hartanti Rahayu, atau bisa dipanggil Nusa. Saya lulus dari jurusan Akuntansi Universitas XYZ tahun 2020, dengan IPK 3,7 dalam 3,5 tahun. Selain berkuliah, saya aktif menjadi bendahara umum BEM Universitas XYZ dan pengajar bahasa Inggris freelance.

Saya orang yang suka tantangan dan multitasking. Berkuliah di jurusan Akuntansi menjadikan saya sosok yang teliti, cermat, dan selalu mempertanyakan validitas data. Rasa suka saya melakukan hal-hal di luar kegiatan kuliah membuat saya harus terus belajar manajemen waktu.

Salam kenal!

Dengan sudut pandang orang ketiga (dia, nama):

Rendi adalah fresh graduate jurusan Teknik Informatika Universitas Internasional tahun 2021. Selama berkuliah, dia aktif menulis jurnal dan melakukan riset ilmiah. Di semester 6, Rendi telah mendapat SCOPUS ID dengan nomor XXXXXXX. Saya telah menerbitkan beberapa jurnal nasional dan internasional. Selain riset, Rendi juga sedang mempelajari digital marketing dan terlibat di beberapa project freelance dan pribadi sebagai content creator.

Lihat Juga : Contoh Naskah Drama Singkat

Penutup

Dalam dunia persaingan tenaga kerja yang semakin ketat, tidak dapat dipungkiri bahwa kemampuan untuk menggambarkan diri secara efektif dalam CV adalah salah satu kunci untuk mencapai kesuksesan dalam karier. Dengan memahami pentingnya deskripsi diri yang relevan dan meyakinkan, serta menerapkan tips yang telah dibahas, Anda dapat memperkuat kesan Anda sebagai kandidat yang menonjol di mata HRD. Ingatlah bahwa deskripsi diri yang baik adalah jendela pertama menuju peluang yang Anda kejar, sehingga buatlah setiap kata dan frase yang Anda tulis memiliki dampak yang signifikan dalam mencapai tujuan Anda.

Selalu melakukan perubahan kecil dalam hidup Anda setiap hari. Terkadang, perubahan besar dimulai dari langkah-langkah kecil yang konsisten. Dengan melakukan perubahan positif setiap hari, Anda dapat membangun kebiasaan yang lebih baik, mencapai tujuan, dan akhirnya meraih perubahan besar dalam hidup Anda. Jadi, teruslah bergerak maju, kendati langkah-langkahnya kecil, karena kelak dampaknya akan terasa secara signifikan.

Apa tujuan utama dari menyertakan deskripsi diri dalam CV Anda?

Tujuan utama dari deskripsi diri dalam CV adalah memberikan gambaran singkat tentang siapa Anda sebagai kandidat, termasuk kualifikasi, pengalaman, dan keterampilan yang relevan untuk posisi yang Anda lamar.

Mengapa penting untuk menyesuaikan deskripsi diri dalam CV untuk setiap lamaran?

Menyesuaikan deskripsi diri untuk setiap lamaran memastikan bahwa CV Anda relevan dengan posisi yang Anda lamar, sehingga meningkatkan peluang Anda untuk diperhatikan oleh calon pemberi kerja.

Apa yang harus dihindari saat menulis deskripsi diri dalam CV?

Saat menulis deskripsi diri dalam CV, hindari klaim tanpa dukungan, informasi pribadi yang terlalu rinci, kesalahan tata bahasa, dan informasi yang tidak relevan dengan posisi yang Anda incar.


Penulis : Elly Abriyanti Widyaningrum | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Elly Abriyanti Widyaningrum

Elly Abriyanti Widyaningrum adalah penulis artikel di dianisa.com yang berfokus pada topik umum, seperti lifestyle, pendidikan, dan lainnya. Selain menjadi penulis lepas, ia juga seorang tutor privat, content planner dan executive administrasi di Distributor Utama SR12 Skincare.

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 100 Livery BUSSID Bris Trans Tuan Muda, Casper, Valentino, Paling Jernih!

    Berikut kami bagikan kumpulan Livery BUSSID Bris Tuan Muda, varian XHD, super jernih, yang bisa yang…
  2. 15 Aplikasi Edit Foto Laptop, PC, Mac Terbaik

    Tidak peduli apakah Anda adalah Photographer pemula atau professional, proses editing memang menjadi proses yang sangat…
  3. 1285 Nama PUBG Keren, Aesthetic, Simbol, Anime, Cewek, Cowok, Jarang Dipakai!

    Simak daftar nama PUBG Mobile yang keren, aesthetic, lucu, dari A – Z untuk cewek dan…