20 Contoh Surat Lamaran Kerja, Beserta Tips dan Format Penulisan Yang Benar

Berikut contoh surat lamaran kerja dan tips cara membuatnya dengan benar!

Tidak dapat dipungkiri bahwa hampir setiap orang pasti akan berhadapan dengan dunia kerja. Oleh karena itu, tidak heran apabila Anda akan membuat surat lamaran kerja terlebih dahulu untuk melamar pekerjaan yang Anda minati. Surat lamaran kerja ini juga bisa dikatakan sebagai faktor penting yang juga dijadikan sebagai salah satu bahan penentu apakah Anda akan diterima kerja pada perusahaan tersebut atau tidak. Dan bagi beberapa orang terutama para calon pekerja yang baru saja lulus pendidikan dan ingin melamar kerja, tentu kadang juga masih merasa bingung dengan bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Karena semakin cepatnya perkembangan jaman, maka semakin banyak juga kriteria atau hal-hal yang harus diperhatikan dalam menulis surat lamaran kerja. Apalagi pada saat ini banyak sekali bermunculan beberapa jenis surat lamaran kerja. Oleh karena itu, berikut ini Anda dapat menyimak beberapa jenis dan contoh surat lamaran kerja yang dapat Anda jadikan sebagai referensi dan pengetahuan untuk menulis surat lamaran kerja yang baik dan mendapat respon positif dari perusahaan.

Ringkasan

  • Surat lamaran kerja adalah surat formal yang digunakan oleh seseorang untuk mengajukan permohonan pekerjaan ke perusahaan atau organisasi tertentu.
  • Surat lamaran kerja berfungsi untuk memberikan informasi tentang data diri dan kualifikasi pelamar kepada perusahaan yang dituju.
  • Perhatikan format dan bahasa yang digunakan, serta kirim surat lamaran melalui email merupakan salah satu tips dalam mengirim surat lamaran agar cepat di proses oleh perusahaan.
  • Surat lamaran kerja yang baik biasanya juga melampirkan berkas seperti CV, foto copy identitas diri, foto copy ijazah, foto copy transkip nilai terakhir, pas foto terbaru, dan portofolio.

Lihat Juga : Contoh Surat Pengunduran Diri

Apa itu Surat Lamaran Kerja?

Surat Lamaran Kerja Dengan Bahasa Inggris

Surat lamaran kerja adalah surat formal yang digunakan oleh seseorang untuk mengajukan permohonan pekerjaan ke perusahaan atau organisasi tertentu. Surat ini biasanya dilampirkan dengan CV (Curriculum Vitae) atau daftar riwayat hidup yang berisi informasi tentang pengalaman kerja, pendidikan, dan kualifikasi lainnya yang dimiliki oleh pelamar.

Surat lamaran kerja berfungsi untuk memberikan informasi tentang diri pelamar kepada perusahaan yang dituju, termasuk kualifikasi, pengalaman kerja, dan alasan mengapa pelamar cocok untuk posisi yang dilamar. Surat lamaran kerja juga dapat menunjukkan kemampuan dan keahlian penulisan, serta keseriusan dan niat pelamar dalam mendapatkan pekerjaan.

Format umum dari surat lamaran kerja terdiri dari bagian pembukaan, isi surat, dan penutup. Bagian pembukaan biasanya mencantumkan informasi tentang posisi yang dilamar dan sumber informasi tentang lowongan pekerjaan tersebut. Bagian isi surat mencakup informasi tentang pengalaman kerja, pendidikan, dan kualifikasi pelamar, serta alasan mengapa pelamar tertarik untuk bekerja di perusahaan tersebut. Bagian penutup biasanya berisi permohonan untuk diundang untuk wawancara dan informasi kontak untuk dihubungi.

Surat lamaran kerja harus ditulis dengan jelas dan terstruktur dengan baik, serta harus mencantumkan informasi yang relevan dan akurat. Hal ini akan membantu pelamar lebih menonjol dari calon pelamar lainnya dan meningkatkan peluang Anda untuk dipanggil wawancara kerja.

Lihat Juga : Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Fungsi Surat Lamaran Kerja

Surat Lamaran Kerja di Bank

Surat lamaran kerja juga memiliki beberapa fungsi, antara lain:

1. Menunjukkan minat dan niat pelamar untuk bekerja di perusahaan yang dituju

Surat lamaran kerja digunakan oleh pelamar untuk menunjukkan minat dan niat mereka untuk bekerja di perusahaan tertentu. Dalam surat lamaran kerja, pelamar dapat menjelaskan alasan mengapa mereka tertarik untuk bekerja di perusahaan tersebut, serta mencantumkan kualifikasi dan pengalaman kerja yang dimiliki.

2. Memberikan informasi tentang kualifikasi dan pengalaman kerja pelamar

Surat lamaran kerja juga berfungsi untuk memberikan informasi tentang kualifikasi dan pengalaman kerja pelamar kepada perusahaan yang dituju. Dalam surat lamaran kerja, pelamar dapat menjelaskan pendidikan, keterampilan, dan pengalaman kerja yang dimiliki yang sesuai dengan posisi yang dilamar.

3. Memperkenalkan diri pelamar kepada perusahaan

Surat lamaran kerja juga berfungsi untuk memperkenalkan diri pelamar kepada perusahaan yang dituju. Dalam surat lamaran kerja, pelamar dapat menjelaskan profil pribadi mereka, termasuk latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, dan keterampilan yang dimiliki.

4. Meningkatkan peluang untuk dipanggil wawancara kerja

Surat lamaran kerja juga berfungsi untuk meningkatkan peluang pelamar untuk dipanggil wawancara kerja. Dalam surat lamaran kerja, pelamar dapat menunjukkan keseriusan dan profesionalisme mereka dalam mengajukan permohonan pekerjaan, serta menunjukkan pengetahuan dan minat mereka terhadap perusahaan tersebut.

5. Menjadi alat evaluasi awal bagi perusahaan

Surat lamaran kerja juga berfungsi sebagai alat evaluasi awal bagi perusahaan untuk menyeleksi calon kandidat yang sesuai dengan kualifikasi dan persyaratan yang dibutuhkan. Oleh karena itu, surat lamaran kerja yang baik dan terstruktur dengan baik dapat meningkatkan peluang pelamar untuk dipanggil wawancara kerja.

Lihat Juga : Arti Deadline

Tips mengirim Surat Lamaran Kerja

Surat Lamaran Kerja Untuk Seorang Fresh Graduate

Jika Anda sudah mengirim banyak sekali surat lamaran kerja, namun tidak ada satupun yang di proses oleh perusahaan, pasti karena ada beberapa kesalahan yang Anda lakukan. Baik dari format penulisan atau cara pengiriman yang salah. Oleh karena itu,  Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam mengirim surat lamaran kerja yang benar agar mudah di proses oleh perusahaan:

1. Perhatikan format penulisan

Pastikan Anda mengetahui format penulisan surat lamaran yang benar. Biasanya, surat lamaran kerja terdiri dari tiga bagian utama yaitu pengenalan diri, isi surat lamaran, dan penutup.

2. Perhatikan tujuan dan kebutuhan perusahaan

Sebelum menulis surat lamaran kerja, lakukan riset terlebih dahulu mengenai perusahaan yang ingin Anda lamar. Perhatikan tujuan dan kebutuhan perusahaan tersebut agar Anda dapat menyusun surat lamaran yang relevan dan menarik bagi perusahaan.

3. Gunakan bahasa yang formal

Pastikan Anda menggunakan bahasa yang formal dan sopan dalam surat lamaran kerja. Hindari penggunaan bahasa slang atau tidak pantas.

4. Periksa kembali Surat Lamaran Anda

Sebelum mengirimkan surat lamaran kerja, pastikan Anda telah memeriksa kembali ejaan, tata bahasa, dan kesalahan lainnya yang mungkin terjadi.

5. Kirim Surat Lamaran melalui Email

Kirim surat lamaran kerja melalui email agar mudah dan cepat diakses oleh pihak perusahaan. Pastikan juga file lampiran yang Anda kirimkan memiliki format yang sesuai dan mudah dibuka.

6. Berikan kontak yang dapat dihubungi

Jangan lupa untuk memberikan informasi kontak yang dapat dihubungi, seperti nomor telepon atau email, agar perusahaan dapat menghubungi Anda jika diperlukan.

7. Sertakan CV atau Daftar Riwayat Hidup

Sertakan CV atau daftar riwayat hidup sebagai pelengkap surat lamaran kerja. Pastikan CV atau daftar riwayat hidup tersebut relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar.

Semoga tips-tips di atas dapat membantu Anda dalam mengirim surat lamaran kerja, dan membantu Anda untuk lebih mudah mendapat panggilan wawancara dan di terima di tempat kerja yang Anda inginkan.

Lihat Juga : Arti Hustle Culture

Format Surat Lamaran Kerja

Surat Lamaran Kerja Untuk Seorang Internship

Format penulisan surat lamaran kerja menjadi salah satu hal yang cukup penting untuk Anda keitahui. Apalagi bagi Anda yang baru pertama kali terjun di dunia kerja, tentu pasti akan sedikit bingung dengan bagaiaman cara menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar. Oleh Karena itu, berikut adalah format umum penulisan surat lamaran kerja yang dapat Anda gunakan sebagai panduan, contohnya:

[Alamat Pengirim] [Tempat, Tanggal]

Kepada Yth. [Alamat Perusahaan] [Nama Perusahaan] [Alamat Perusahaan] [Kota, Kode Pos]

Dengan hormat,

[Salam Pembuka]

[Paragraf 1: Pengenalan Diri] Saya yang bertanda tangan di bawah ini, Nama: [Nama Lengkap] Tempat/Tanggal lahir: [Tempat/Tanggal Lahir] Alamat: [Alamat Lengkap] Nomor Telepon: [Nomor Telepon] Email: [Alamat Email]

[Paragraf 2: Motivasi dan Kualifikasi] Dengan ini saya mengajukan lamaran untuk bekerja di [Nama Perusahaan]. Saya tertarik dengan posisi [Posisi yang Dilamar] yang saat ini dibuka dan percaya bahwa saya memiliki kualifikasi yang dibutuhkan untuk posisi tersebut. [Jelaskan pengalaman kerja dan keterampilan yang relevan dengan posisi yang dilamar]

[Paragraf 3: Kontribusi dan Keunggulan] Saya yakin dapat memberikan kontribusi positif bagi perusahaan dengan [jelaskan bagaimana keterampilan dan pengalaman Anda dapat membantu perusahaan mencapai tujuannya]. Selain itu, saya memiliki kemampuan untuk belajar dan beradaptasi dengan cepat, serta siap untuk bekerja keras dan berkomitmen untuk memajukan perusahaan.

[Paragraf 4: Permintaan dan Penutup] Saya sangat berharap dapat diberikan kesempatan untuk mengikuti tahap seleksi dan wawancara lebih lanjut. Terlampir saya sertakan CV dan dokumen pendukung lainnya. Atas perhatian dan kerja sama yang diberikan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

[Tanda tangan]

[Nama Lengkap]

Lihat Juga : Arti Mention di Media Sosial

Jenis – Jenis dan Contoh Surat Lamaran Kerja

Contoh 1 - Surat Lamaran Kerja via Email

Pada saat ini banyak sekali jenis surat lamaran kerja yang dapat Anda ketahui, dan masing-masing surat lamaran kerja tersebut tergantung dari jenis pekerjaan yang dilamar atau dari pengalaman yang Anda miliki. Hal tersebut tentu kerap kali membuat Anda bingung dengan bagaimana menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Namun Anda tidak perlu khawatir, karena berikut ini merupakan informasi mengenai beberapa contoh surat lamaran kerja yang dapat Anda jadikan sebagai bahan referensi. Bahkan bagi Anda yang fresh graduate atau ingin melamar magang sekalipun.

1. Surat lamaran kerja via email

Surat lamaran kerja via email adalah jenis surat lamaran kerja yang dikirimkan melalui email. Biasanya, surat lamaran kerja via email dikirimkan dalam format digital dan tidak dilampirkan dalam bentuk fisik.

Contoh:

Kepada Yth,

Bapak/Ibu HRD

PT. Kreatif Nusantara

di Tempat

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan yang saya peroleh melalui situs resmi PT. Kreatif Nusantara, bahwa PT. Kreatif Nusantara sedang melakukan Recruitment ntuk posisi Social Media Specialist. Dan melalui email ini, saya bermaksud melamar posisi tersebut. Adapaun data diri saya adalah:

Nama                           : Muhammad Ilham
Tempat, tanggal lahir   : Mojokerto, 10 Agustus 1999

Status                           : Belum menikah

Agama                         : Islam
Alamat             : Ds. Kedungsari Kec. Bangsal Kab. Mojokerto

Jenis Kelamin               : Laki – laki
Pendidikan Terakhir    : S1 – Ilmu Komunikasi

No.Telepon                  : 085899090876

Email                           : [email protected]

Saya merupakan seseorang yang memiliki pengalaman kerja sebagai Social Media Specialist di salah satu portal properti di Indonesia selama 4 tahun. Dari pengalaman tersebut, saya memahami tentang pengelolaan berbagai platform media sosial. Selain itu, saya juga menguasai berbagai jenis software untuk edit foto dan video. Selain itu, saya juga memiliki kemampuan copywriting yang baik.

Bersama email ini, saya lampirkan beberapa berkas. Antara lain yaitu:

  1. Surat lamaran Kerja
  2. Curiculum Vitae
  3. Portofolio

Besar harapan saya agar Bapak/Ibu memberi kesempatan saya wawancara agar saya bisa menjelaskan lebih rinci terkait potensi sayang miliki. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Muhammad Ilham

2. Surat lamaran kerja untuk fresh graduate

Surat lamaran kerja untuk fresh graduate adalah jenis surat lamaran kerja yang ditujukan untuk pelamar yang baru lulus dari perguruan tinggi atau universitas. Surat lamaran kerja untuk fresh graduate biasanya mencantumkan kualifikasi pendidikan dan pengalaman kerja yang terbatas.

Contoh:

Surabaya, 04 April 2023

Hal: Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth,
Bapak/Ibu HRD

PT Digital Creative
Di Surabaya

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan informasi yang saya peroleh melalui sosial media instagram @lokersurabayakerja, bahwa PT Digital Creative sedang melakukan Recruitment untuk posisi Desain & Content Creator. Maka dengan adanya surat lamaran kerja ini, saya bermaksud mengajukan permohonan kerja untuk posisi tersebut. Adapun data diri saya adalah sebagai berikut:

Nama                           : Gabriella Eka Putri
Tempat, tanggal lahir   : Surabaya, 19 Juli 1998

Status                           : Belum menikah

Agama                         : Islam
Alamat             : JL. A. Yani No.4 Kec. Wonokromo, Surabaya

Jenis Kelamin               : Perempuan
Pendidikan Terakhir    : S1 – Ilmu Komunikasi

No.Telepon                  : 085767543212

Email                           : [email protected]

Saya adalah seorang yang teliti, percaya diri, jujur, bertanggung jawab dengan pekerjaan, dan dapat beradaptasi dengan cepat. Saya berpengalaman dalam melakukan penelitian, membuat konsep acara, menulis konten kreatif, dan mampu mengelola media sosial. Saya juga memiliki minat besar dalam bidang komunikasi, dan pemasaran digital.

Sebagai bahan pertimbangan bapak/Ibu, saya melampirkan berkas-berkas sebagai berikut :

  1. Curiculum Vitae (CV)
  2. Fotocopy KTP
  3. Fotocopy Ijazah
  4. Fotocopy Transkip Nilai
  5. Portofolio

Demikian surat lamaran ini saya buat, besar harapan saya agar bisa berdiskusi lebih lanjut terkait posisi ini. Saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Gabriella Eka Putri

3. Surat lamaran kerja untuk internship

Surat lamaran kerja untuk internship adalah jenis surat lamaran kerja yang ditujukan untuk pelamar yang ingin mengikuti program magang di perusahaan. Surat lamaran kerja untuk internship biasanya mencantumkan kualifikasi pendidikan, minat dan keahlian, serta alasan mengapa pelamar tertarik untuk mengikuti program magang tersebut.

Contoh:

Surabaya, 02 April 2023

Perihal: Surat Permohonan Magang

Kepada Yth,

Bapak/Ibu HRD

PT Teknologi Bersatu

Di Jakarta Utara

Dengan Hormat, Sehubungan dengan informasi yang saya peroleh melalui Telegram pada tanggal 31 Maret 2023, bahwa PT Teknologi Bersatu sedang melakukan recruitment program internship. Maka dengan adanya surat permohonan magang ini, saya bermaksud mengajukan permohonan magang selama 3 (tiga) bulan pada posisi Content Writer. Adapun data diri saya adalah sebagai berikut :

Nama                               : Belva Mahendra

Tempat, tanggal lahir     : Surabaya, 01 Desember 1999

Status                               : Belum menikah

Agama                             : Islam

Alamat                           : Jln. Bubutan V/19 Kec. Bubutan, Surabaya

Jenis Kelamin               : Laki – laki

Pendidikan Terakhir : S1 – Ilmu Komunikasi

No.Telepon                    : 087654321901

Email                               : [email protected] 

Sebagai bahan pertimbangan bapak/Ibu, saya melampirkan berkas-berkas sebagai berikut :

1. Curiculum Vitae (CV)

2. Scan KTP

3. Scan Ijazah

4. Scan SKCK

5. Scan Transkrip Nilai

Demikian surat permohonanan magang ini saya buat, besar harapan saya agar dapat bergabung pada program internship di perusahaan ini. Saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Belva Mahendra

4. Surat lamaran kerja Bank

Surabaya, 02 April 2023

Perihal: Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth,

Bapak/Ibu HRD

Bank Mandiri

di Tempat

Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari situs Bank Mandiri, bahwa akan diadakan Walk Interview cabang Basuki Rahmat Surabaya pada tanggal 5 April 2023. Maka dengan adanya surat lamaran kerja ini, saya bermaksud ingin melamar pada posisi Customer Service. Adapun data diri saya adalah sebgaia berikut:

Nama                                    : Tania Florendiana Putri

Tempat/Tanggal Lahir           : Surabaya, 15 April 2000

Alamat                                   : Jl. Semampir Tengah Kec. Sukolilo, Surabaya

Pendidikan Terakhir               : S1 Akutansi

Status                                   : Belum Menikah

Jenis Kelamin                         : Perempuan

Nomor Telepon                     : 085768990654

Email                                      : [email protected]

Saya juga memiliki pemahaman yang baik terkait teknologi dan pemrograman.Selain itu, saya juga memiliki skill komunikasi yang bagus, teliti, dan bertanggung jawab dalam pekerjaan.

Bersama surat ini, terlampir juga salinan sejumlah dokumen untuk melengkapi persyaratan administrative, antara lain:

  1. Fotokopi ijazah
  2. Fotokopi transkrip nilai
  3. Curriculum Vitae
  4. Fotokopi SKCK
  5. Fotokopi KTP
  6. Surat Pengalaman Kerja
  7. Pas foto terbaru ukuran 4×6

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Saya berharap mendapat kesempatan untuk wawancara supaya dapat menjelaskan lebih lengkap mengenai kemampuan yang saya miliki.

Atas perhatiannya, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,

Tania Florendiana Putri

5. Surat lamaran kerja BUMN

Mojokerto, 7 April 2023

Kepada Yth,

HRD PT. Angkasa Pura II (Persero)

Di Sidoarjo

Sehubungan dengan informasi yang saya peroleh melalui website angkasa pura menyatakan bahwa PT Angkasa Pura II Persero sedang membuka program rekrutmen. Melalui surat ini saya bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan untuk bergabung dengan perusahaan.

Berikut ini merupakan data diri saya:

Nama                                : Jasmine Salsabilla

Tempat/Tanggal Lahir : Mojokerto, 10 Desember 2000

Jenis kelamin               : Perempuan

Status                               : Belum Menikah

Agama                             : Islam

Alamat                            : Ds. Sumber Tanggul Kec. Mojosari Kab. Mojokerto

No Telepon                    : 085432123778

Email                               : [email protected]

Saat ini syaa dalam kondisi sehat jasmani dan rohani serta baru saja menyelesaikan pendidikan sarjana (S1) di Jurusan Akutansi dan Bisnis, Universitas Airlangga dengan IPK 3,75. Saya juga memiliki pengalaman magang di sebuah perusahaan sebagai staff finance. Saya juga bisa bekerja dengan target, mengutamakan integritas dan efisiensi tinggi dalam bekerja.

Bersama dengan ini, saya lampirkan dokumen pendukung untuk bahan pertimbangan sebagai berikut:

  1. Curriculum vitae (CV)
  2. Fotokopi KTP
  3. Fotokopi KK
  4. Fotokopi SKCK
  5. Fotokopi ijazah terakhir terlegalisir
  6. Fotokopi transkrip nilai terlegalisir
  7. Surat keterangan sehat
  8. Surat-surat terkait

Demikian surat lamaran ini saya buat. Adapun seluruh data dan dokumen yang saya berikan adalah benar. Apabila di kemudian hari ditemukan data yang tidak benar, maka saya menerima keputusan panitia membatalkan keikutsertaan/kelulusan saya pada seleksi ini. Atas perhatian dan kerja samanya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Jsmine Salsabilla

6. Surat lamaran kerja PT

Cikarang, 6 April 2023

Perihal: Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.

Bapak/Ibu HRD Manager PT Inovasi Sukses

Di Tempat

Dengan hormat,

Berdasarkan iklan lowongan pekerjaan di social media instagram @lokerCikarang bahwa PT Inovasi Sukses sedang melakukan recruitment untuk posisi Creative, melalui surat ini saya bermaksud melamar pekerjaan untuk posisi tersebut.

Nama                               : Agung Setia Budi

Tempat/tanggal lahir        : Jakarta, 10 Juli 1998

Jenis kelamin                : Laki-laki

Status                               : Belum Menikah

Alamat                            : Jln. Kedung Suko, Cikarang Selatan

Pendidikan terakhir  : S-1 Ilmu Komunikasi

Email                               : [email protected]

Nomor HP                      : 081245678342

Email                               : [email protected]

Saya memiliki kemampuan komunikasi yang baik, berbahasa Inggris aktif, siap bekerja sesuai target, dan dapat bekerja secara mandiri maupun tim. Saya juga memiliki pengalaman magang di NET TV sebagai tim creative selama 3 bulan.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut beberapa dokumen pendukung lainnya:

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotokopi KTP
  3. Fotokopi Ijazah
  4. SKCK
  5. Fotokopi Surat Pengalaman Kerja
  6. Pas Foto ukuran 3 x 4

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Saya berharap mendapat kesempatan untuk wawancara supaya dapat menjelaskan lebih lengkap mengenai kemampuan yang saya miliki.

Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,

Agung Setia Budi

7. Surat lamaran kerja CPNS

Kepada Yth,

Menteri Komunikasi dan Informatika

di Jakarta

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                               : Kevin Sajaya

Tempat/Tanggal Lahir : Jakarta, 2 Januari 1999

Jenis Kelamin               : Laki – Laki

Pendidikan                    : S1 Informatika

Alamat Domisili          : Kebon Jeruk, Jakarta Barat

No Telepon                  : 089967231112

Email                           : [email protected]  

Dengan ini menyampaikan surat lamaran agar dapat mengikuti Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil di Kementerian Kominfo Tahun Anggaran 2023. Sebagai bahan pertimbangan, berikut disampaikan hal-hal sebagai berikut:

  1. Hasil scan Surat Lamaran ditujukan kepada Menteri Komunikasi dan Informatika di Jakarta dan ditandatangani.
  2. Hasil scan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Keterangan telah melakukan Rekaman Kependudukan.
  3. Hasil scan ijazah dan transkrip nilai asli.
  4. Hasil scan surat pernyataan dari pelamar yang ditandatangani di atas materai Rp6.000.
  5. Hasil scan akta kelahiran/surat keterangan lahir yang diperkuat surat keterangan berdasarkan garis keturunan orang tua (bapak atau ibu) asli Papua dari kelurahan/kepala desa.
  6. Pas foto berlatar belakang warna biru/merah.

Demikian surat lamaran ini dibuat. Adapun seluruh data dan dokumen yang saya berikan adalah benar. Apabila di kemudian hari ditemukan data yang tidak benar, maka saya menerima keputusan panitia seleksi CPNS Kementerian Kominfo untuk membatalkan keikutsertaan/kelulusan saya pada seleksi CPNS Kementerian Kominfo Tahun Anggaran 2023.

Dmikian surat lamaran ini saya buat. Atas perhatian Bapak Menteri diucapkan terima kasih.

Hoermat saya,

Kevin Sanjaya

8. Surat lamaran kerja Bahasa Inggris

August 21, 2020

Head of HRD
PT Bakti Sentosa
Yogyakarta

With respect,

Based on the information I received from a , PT Bakti Sentosa has a job opening as Finance Staff.
In connection with that, I would like to apply for said position.

Here is my brief biography:

Name               : Alvaro Ramdhan
Gender             : Male
Date of Birth    : Solo, 10 Mei 1999
Education         : S1 Economy
Phone number : 085678990110
Email               : [email protected]

I can speak English both oral and verbal.
I also have the skill to operate software for the office that I believe would assist in the work.

For your consideration, I have also attached multiples such as:

  1. Curriculum Vitae
  2. Copy of transcript
  3. Photocopy of Diploma
  4. Latest 3×4 photograph
  5. ID Government copy

I hope I can get the chance to follow the next test so I can talk about my abilities and skills in person with you.
Thank you for the attention.

Best Regards,

Alvaro Ramadhan

9. Contoh Surat Lamaran Kerja Guru

Mojokerto, 6 April 2023

Kepada Yth,

Bapak/Ibu Kepala Sekolah

SD Al Azhar

di Tempat

Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi yang saya peroleh mengenai penerimaan tenaga pengajar baru di SD Al Azhar, Mojokerto, maka dengan ini saya mengajukan lamaran untuk bergabung di SD Al-Azhar yang Bapak/Ibu pimpin sesuai dengan kriteria yang saya miliki. Berikut merupakan biodata singkat yang saya miliki:

Nama                               : Anindita Selvianti

Tempat/Tgl Lahir       : Mojokerto, 5 Mei 1999

Jenis Kelamin                  : Perempuan

Pendidikan Terakhir : S-1 PGSD

Alamat                            : Jl. Pahlawan Kec. Mojosari Kab. Mojokerto

Telepon                          : 085678909877

Email                               : [email protected]

Untuk bahan pertimbangan dengan ini saya sertakan beberapa dokumen terlampir:

  1. Surat Lamaran Kerja
  2. Curriculum Vitae
  3. Fotocopy KTP
  4. Fotocopy Ijazah Terakhir
  5. Fotocopy Transkrip Nilai
  6. 1 Pas Foto Ukuran 3 x 4

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat. Saya berharap Bapak/Ibu berkenan untuk memberikan kesempatan berdiskusi secara langsung untuk lebih mengetahui tentang kompetensi yang saya miliki. Atas perhatian dan kesempatan yang Bapak/Ibu berikan, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya

Anindita Selvianti

10. Contoh Surat Lamaran Kerja Pekerja Kreatif

Jakarta, 06 April 2023

Kepada Yth,

Bapak/Ibu HRD

PT. Indomedia

Di Tempat

Dengan hormat,

Sehubungan dengan iklan lowongan pekerjaan yang saya peroleh dari social media instagram bahwa PT. Indomedia sedang melakukan recruitment untuk posisi Art Director. Maka dengan adanya surat lamaran kerja ini, saya bermaksud mengajukan permohonan kerja untuk bisa bergabung menjadi bagian dari PT. Indomedia. Adapun data diri saya adalah sebagai berikut:

Nama                               : Divandra Anastasya

Tempat, Tanggal Lahir : Jakarta, 15 Desember 1999

Status                               : Belum Menikah

Pendidikan Terakhir : S1 Ilmu Komunikasi

Alamat                            : Jl. Fatmawati, No. 12 Jakarta Selatan

Telepon                           : 085456789123

E-mail                               : [email protected]

Saya dalam kondisi sehat jasmani dan rohani, dan lancar berbahasa Inggris secara lisan dan tertulis. Saya juga memiliki kemampuan desain yang baik dan terbiasa bekerja dengan target. Selain itu, saya juga memiliki pengalaman magang selama 1 tahun sebagai Graphic Designer.

Sebagai bahan pertimbangan bapak/Ibu, saya melampirkan berkas-berkas sebagai berikut:

  1. Daftar Riwayat Hidup.
  2. Foto copy ijazah S1 dan transkrip nilai.
  3. Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.
  4. Pas foto terbaru.
  5. Portofolio Terbaru

Besar harapan Saya Bapak/Ibu bersedia meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan dengan terperinci tentang potensi yang saya miliki. Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenar benarnya, dan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.

Hormat saya,

Divandra Anastasya

11. Contoh Surat Lamaran Kerja di Rumah Sakit

Kudus, 25 Juli 2022

Kepada Yth.

HRD RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo

Jl. Diponogoro No.71

Semarang

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari situs resmi RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo tanggal 23 Juli 2022, tentang adanya lowongan untuk fresh graduate.

Untuk menindaklanjuti informasi tersebut, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                       : Zulaika Fadhilah, Am. Keb

Tempat/Tgl Lahir      : Madiun, 10 April 1999

Pendidikan               : S1 Farmasi

Status Perkawinan    : Belum Menikah

Nomor Telepon       : 0877-1234-5678

Email                       : [email protected]

Bersama dengan surat ini, saya menyertakan ketersediaan saya untuk mengisi posisi tersebut. Karena posisi tersebut sesuai dengan latar belakang pendidikan saya di S1 Farmasi.

Untuk bahan pertimbangan, saya turut lampirkan beberapa data penunjang berikut:

  1. Daftar Riwayat Hidup;
  2. Fotokopi Ijazah dan Transkrip Nilai (Legalisir);
  3. Fotokopi Sertifikat dan Pelatihan;
  4. SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian);
  5. SKS (Surat Keterangan Sehat);
  6. Pasfoto Terbaru Ukuran 3×4 (3 lembar);

Besar harapan saya Bapak/Ibu dapat memberikan kesempatan interview untuk menjelaskan lebih detail mengenai diri saya.

Demikian surat ini saya sampaikan, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 Zulaikha Nur Fadhilah, Am. Keb

Sumber: Berita.99.com

12. Contoh Surat Lamaran Kerja Freelance

Sidoarjo, 6 April 2023

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Pimpinan Delta Publishing

Di Tempat

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan informasi yang saya peroleh melalui akun media sosial instagram @loker.sidoarjo pada tanggal 6 April 2023, bahwa Delta Publishing sedang melakukan recruitment untuk posisi Content Writer Freelance. Maka dengan adanya surat lamaran kerja ini, saya bermaksud mengajukan permohonan kerja untuk posisi tersebut. Adapun data diri saya adalah sebagai berikut :

Nama                                                   : Giovani Putra
Tempat, tanggal lahir                           : Sidoarjo, 15 Agustus 1999

Status                                                   : Belum menikah

Agama                                                 : Islam
Alamat Domisili                                   : Jl. Kahuripan Sidowayah, Sidoarjo

Jenis Kelamin                                       : Laki – Laki
Pendidikan Terakhir                            : SMK Multimedia

Pendidikan yang Sedang Ditempuh    : S1 – Ilmu Komunikasi

No.Telepon                                          : 085899766543

Email                                                   : [email protected]

Sebagai bahan pertimbangan bapak/Ibu, saya melampirkan berkas-berkas sebagai berikut:

  1. Curiculum Vitae (CV)
  2. FC KTP
  3. Pas Foto
  4. Scan Ijazah Terakhir
  5. Scan Transkip Kuliah Semester 1-2
  6. Portofolio

Demikian surat lamaran ini saya buat, besar harapan saya agar bisa berdiskusi lebih lanjut terkait posisi ini. Saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Giovani Putra

Lihat Juga : Arti Circle

Penutup

Berikut merupakan informasi mengenai surat lamaran kerja yang dapat Anda ketahui, semoga dengan adanya beberapa contoh tersebut dapat Anda jadikan sebagai bahan referensi, sehingga dapat meminimalisisr terjadinya kesalahan dalam format penulisan dan memudahkan Anda untuk di proses lebih lanjut oleh perusahaan yang Anda inginkan.

Berkas apa saja yang perlu dilampirkan dalam surat lamaran kerja?

Beberapa contoh berkas yang perlu Anda lampirkan dalam surat lamaran kerja adalah CV, Foto copy KTP, Foto copy Ijazah dan Transkip nilai terakhir, Pas Foto terbaru, dan Portofolio.

Berkas apa saja yang tidak perlu dilampirkan dalam surat lamaran kerja?

Beberapa contoh berkas yang tidak perlu Anda lampirkan dalam surat lamaran kerja adalah sertifikat pendidkan bela Negara.

Mengapa portofolio harus dilampirkan pada surat lamaran kerja?

Untuk membantu perusahaan menilai skill dan kemampuan yang Anda miliki, sehingga Anda dapat lebih mudah untuk meyakinkan perusahaan.

Apa perbedaan portofolio dan CV?

CV biasanya berisi latar belakang pendidikan atau kemampuan yang dimiliki, sedangkan portofolio berisi dokumentasi dari hasil kerja atau karya yang Anda miliki.


Penulis : Adella Eka Ridwanti | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Adella Eka Ridwanti

Adella Eka Ridwanti adalah lulusan Ilmu Komunikasi 2022 yang berpengalaman dalam menulis konten kreatif dan digital marketing. Saat ini menjadi penulis di website Dianisa.com dan menjadi sosial media officer untuk perusahaan yang menawarkan jasa perjalanan tour luar negeri dan Umroh.

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Logo Poltekkes Kemenkes Malang PNG, CDR, AI, EPS, SVG (Free Download)

    Berikut kami bagikan link download logo Poltekkes Kemenkes Malang PNG, CDR, AI, EPS, SVG terbaru yang…
  2. Logo Politeknik Negeri Malang PNG, CDR, AI, EPS, SVG (Free Download)

    Berikut kami bagikan link download logo Politeknik Negeri Malang PNG, CDR, AI, EPS, SVG terbaru yang…
  3. Logo Politeknik Negeri Jember PNG, CDR, AI, EPS, SVG (Free Download)

    Berikut kami bagikan link download logo Politeknik Negeri Jember PNG, CDR, AI, EPS, SVG terbaru yang…