15 Contoh Pidato Persuasif Singkat Terbaru Berbagai Tema

Ketahui contoh pidato persuasif singkat berbagai tema dalam ulasan berikut!

Saat sedang menghadiri suatu acara formal atau sedang upacara, kamu pasti sering mendengar seseorang yang sedang berpidato. Isi pidato yang disampaikan tentu beragam, seperti sebuah nasihat, ceramah, edukasi, dan lain sebagainya. Saat mendengarkan pidato, sering kali kita merasa terpengaruhi dengan apa yang disampaikan oleh pembicara. Inilah yang biasa kita kenal dengan pidato persuasif. Apakah kamu pernah mendengar istilah pidato persuasif? Bagaimanakah cara membuat pidato persuasif yang baik dan benar?

Sebenarnya, pidato persuasif sama saja dengan pidato jenis lain, tetapi pidato persuasif mengandung unsur ajakan atau bujukan kepada para pendengar agar mereka mau melakukan sesuatu seperti yang disampaikan dalam pidato. Topik-topik yang disampaikan dalam pidato mengandung unsur ajakan, rayuan, dan bujukan agar pendengar terpengaruh dengan yang disampaikan oleh pembicara. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai pidato persuasif, berikut akan dipaparkan lebih lanjut mengenai pidato persuasif beserta contohnya.

Lihat Juga : Contoh Teks Eksplanasi Berbagai Tema

Apa itu Pidato Persuasif?

Contoh Pidato Persuasif Tema Pendidikan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pidato merupakan pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak. Selain itu, menurut KBBI, persuasif memiliki arti membujuk secara halus (supaya menjadi yakin). oleh karena itu, pidato persuasif merupakan suatu pemikiran yang diungkapkan dalam bentuk kata-kata kepada orang banyak dengan tujuan untuk membujuk secara halus agar orang merasa yakin kepada kata-kata yang disampaikan.

Sementara itu, dikutip dari e-Modul Lingkungan Bersih Masyarakat Sehat Kemdikbud, pidato persuasif adalah jenis pidato yang bertujuan mengajak masyarakat untuk melakukan sesuatu. Setelah melihat pengertian di atas, pidato persuasif tentu berbeda dengan jenis pidato pada umumnya.

Lihat Juga : Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Tujuan Pidato Persuasif

Contoh Pidato Persuasif Tema Kenakalan Remaja

Pidato persuasif memiliki tujuan agar masyarakat yakin dengan hal-hal yang disampaikan dalam pidato. Dengan begitu, masyarakat yang mendengarkan isi pidato akan terbujuk dengan isi pidato persuasif. Berikut akan dipaparkan lebih lanjut mengenai tujuan dari adanya pidato persuasif.

1. Membentuk Tanggapan

Setelah masyarakat merasa yakin atau terbujuk, maka akan muncul respons atau tanggapan terhadap pidato yang disampaikan tersebut. Tentunya, pembicara menginginkan respons atau tanggapan yang sesuai dengan isi pidato persuasif. Gagasan-gagasan yang disampaikan oleh pembicara dalam pidato dimaksudkan untuk menghubungkan nilai-nilai yang telah melekat pada masyarakat sehingga memunculkan atau menargetkan adanya perubahan perilaku.

2. Memperkuat Tanggapan

Setelah terbentuknya sebuah tanggapan pidato persuasif bertujuan untuk memperkuat tanggapan dari sekelompok masyarakat terhadap suatu topik, isu, gagasan, dan tema yang disampaikan dalam pidato. Pembicara ingin memunculkan reaksi dari masyarakat terhadap opini-opini yang digiring dalam pidato yang tentunya dikaitkan dengan nilai-nilai yang telah ada pada masyarakat.

3. Mengubah Tanggapan

Pidato persuasif juga bertujuan untuk mengubah atau menghentikan tanggapan pendengar atau sekelompok masyarakat terhadap nilai-nilai yang telah ada dalam kelompok masyarakat tersebut. Misalnya, persuasi untuk berhenti membuang sampah sembarangan atau berhenti merokok.

Lihat Juga : Contoh Pantun Nasihat

Ciri – Ciri Pidato Persuasif

Contoh Pidato Persuasif Tema Kebersihan Lingkungan

Sudah diterangkan bahwa pidato persuasif tentunya berbeda dengan jenis pidato lainnya. Pidato persuasif bertujuan untuk membujuk atau meyakini para pendengar terhadap isu yang disampaikan dalam pidato persuasif. Oleh karena itu, pidato persuasif memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

  • Bersifat mendorong, meyakini, mengajak, atau membuat masyarakat percaya terhadap isu yang disampaikan dalam pidato persuasif.
  • Adanya harapan agar para pendengar memunculkan reaksi atau membangkitkan emosi terhadap isi pidato sehingga muncul tindakan tertentu.
  • Kalimat yang digunakan bersifat membangun.
  • Pembicara harus bisa membangun emosi pendengar agar mereka setuju dengan isu yang disampaikan dalam pidato.

Lihat Juga : Contoh Cerpen Singkat Berbagai Tema

Apa saja langkah-langkah dalam menyusun pidato persuasif?

Contoh Pidato Persuasif Tema Hidup Mandiri

Dalam menyusun pidato persuasif, kamu perlu melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Menentukan tema atau pokok pembicaraan.
  • Menentukan tujuan pidato.
  • Menyusun kerangka pidato.
  • Mengumpulkan bahan-bahan untuk memperkaya isi pidato.
  • Mengembangkan kerangka pidato menjadi sebuah naskah pidato yang menarik dan bersifat persuasif.

Lihat Juga : 30 Lagu Nasional Indonesia

Kumpulan Contoh Pidato Persuasif Berbagai Tema

Contoh Pidato Persuasif Tema Budaya Hidup Sehat

Untuk lebih mendalami pemahaman tentang pidato persuasif, berikut akan disajikan kumpulan contoh pidato persuasif dengan bermacam-macam tema.

1. Contoh Pidato Persuasif Tema Pendidikan

Hadirin yang saya hormati,

Sekolah sebagai tempat pendidikan dan pengajaran bagi para siswa memang tidak lepas dari berbagai bentuk kerawanan. Terkadang kerawanan begitu mudah masuk sejalan dengan perkembangan usia para siswa yang juga mulai rawan, terutama usia ABG. Apalagi jika kontrol dari sekolah tidak ketat dan waspada.

Kita sendiri sangat menyesalkan dengan munculnya perilaku negatif pelajar yang biasanya ditunjukkan dalam bentuk perkelahian antar pelajar, penggunaan obat-obatan terlarang, serta mulai mencoba-coba pergaulan menyimpang lainnya. Jelas ini menjadi tantangan bagi pihak sekolah dan para guru. Sekolah harus ikut bertanggung jawab menjaga moral para pelajar.

Namun, penanggulangan masalah kerawanan sekolah ini tentu tidak bisa hanya dilakukan oleh pihak sekolah. Kesadaran pribadi siswa dan perhatian keluarga turut membantu mengatasi kerawanan sekolah ini. (Sumber: Ayuk Junita dalam scribd.com)

2. Contoh Pidato Persuasif Tema Kebersihan Lingkungan

Kebersihan lingkungan merupakan hal yang sangat penting guna menjaga kesehatan diri sendiri dan lingkungan sekitar. Lingkungan yang sehat akan mengurangi penyebaran penyakit dan akan memberikan kenyamanan saat berada di lingkungan tersebut.

Lingkungan juga merupakan faktor pendorong keberhasilan proses belajar mengajar di kelas. Siswa dan guru akan melaksanakan kegiatan pembelajaran secara efektif karena didukung oleh keadaan lingkungan yang aman.

Maka dari itu, marilah kita sebagai warga sekolah dapat menjaga kebersihan lingkungan sekolah dimulai dari diri sendiri, seperti membuang sampah pada tempatnya dan tidak meninggalkan barang-barang di laci karena dapat menjadi sarang nyamuk. Dengan demikian, menjaga kebersihan lingkungan menjadi sangat penting guna menciptakan lingkungan yang sehat dan nyaman. (Sumber: Contoh Pidato Persuasif dalam scribd.com)

3. Contoh Pidato Persuasif Tema Kebersihan

Teman-teman sekalian, saya pernah mendengar perihal tangan adalah pusat kuman penyakit. Saya percaya akan hal tersebut. Tangan saya dan tangan kita semua merupakan salah satu penyebar penyakit dan kuman. Hal itu karena tangan kita semua bersentuhan dengan banyak hal yang kita pada umumnya tidak sadar apakah hal tersebut bebas dari penyakit atau kuman yang berbahaya.

Teman-teman sekalian, tangan kita memiliki banyak kesibukan yang berpotensi menyebarkan penyakit dan kuman, seperti bersalaman, memegang pintu WC, menyentuh bena kotor, menyentuh uang, menyentuh minuman dan makanan, menyentuh pipet minuman, dan banyak lagi.

Teman-teman sekalian, setiap tahunnya ada anak-anak di seluruh dunia meninggal sebelum mencapai umur 5 tahun akibat penyakit diare dan infeksi saluran pernapasan atas atau ISPA. Salah satu penyebab utamanya adalah akibat kuman dan virus serta penyakit yang masuk ke dalam tubuh melalui tangan kotor. Untuk itulah penting bagi kita membiasakan diri mencuci tangan. (Sumber: Imroatul Habibah dalam scribd.com)

4. Contoh Pidato Persuasif Tema Bahasa

Tujuan saya berpidato di sini yaitu untuk menyampaikan pesan mengenai pentingnya bahasa dan mengajak teman-teman semua untuk menguasai banyak bahasa. Berikut merupakan hal-hal yang akan saya sampaikan dalam pidato kali ini. Yang pertama yaitu berupa pengertian bahasa. Kedua, saya akan menyampaikan beberapa manfaat dan dampak baik dalam menguasai bahasa. Dan ketiga, contoh serta cara bagaimana cara mempelajari sebuah bahasa.

Bahasa adalah kemampuan yang harus dimiliki manusia untuk berkomunikasi dengan manusia lainnya. Tanpa adanya bahasa di dunia, kita semua akan sulit berkomunikasi dan berinteraksi. Dengan bahasa, kita bisa menyalurkan arti kepercayaan di masyarakat. Selain itu, manfaat lainnya adalah sebagai pengantar dalam dunia pendidikan. Kita bisa menangkap banyak ilmu yang diberikan.

Semakin banyak bahasa yang kita ketahui dan kuasai, maka akan semakin banyak ilmu yang kita peroleh. Hal ini merupakan salah satu alasan mengapa kita harus menguasai banyak bahasa. Lalu apakah dengan menguasai bahasa kita bisa menguasai dunia? Tentu saja bisa. (Sumber: Devina Eliyana Gunawan dalam scribd.com)

5. Contoh Pidato Persuasif Tema Kenakalan Remaja

Selamat siang,

Yang terhormat Bapak/Ibu SMP Arja Sari dan teman-teman yang saya banggakan. Marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Tuhan yang maha Esa berkat rahmat dan hidayah-Nya kita dapat berkumpul di sini.

Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan pidato tentang kenakalan remaja. Kenakalan remaja semakin hari sudah semakin parah, bahkan melebihi ambang batas yang tidak wajar. Banyak anak di bawah umur yang sudah mengenal Rokok, Narkoba, Free sex, dan terlibat banyak tindakan kriminal lainnya. Fakta ini sudah tidak dapat dipungkiri lagi, banyak sekali kita temukan tindak kenakalan remaja ini di lingkungan sekitar maupun media massa. Oleh karena itu, perlunya pendidikan agama sejak dini, taat kepada agama dan mendengar nasihat yang diberi orang tua atau guru.

Jika kita tidak mencegah kenakalan remaja bagi diri kita sendiri, maka dampaknya akan sangat buruk untuk masa depan kita. Maka pergunakanlah masa-masa ini sebagai masa yang indah dengan mengisi hal-hal yang positif. Alangkah indahnya apabila hidup ini dihiasi dengan hal-hal yang positif dan berpikiran positif.

Demikianlah pidato ini saya sampaikan untuk teman-teman yang saya cintai. Mudah-mudahan kita dapat memetik hikmah dari apa yang telah saya sampaikan mengenai kenakalan remaja ini.

6. Contoh Pidato Persuasif Tema Membaca Buku

Assalamualaikum Wr. Wb. Selamat pagi. Tak lupa kita panjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, Berkat Rahmat-Nya kita dapat berkumpul di pagi ini.

Nama saya Anita, niat saya pagi ini ingin menyampaikan sebuah pidato tentang pentingnya membaca. Anak muda zaman sekarang lebih aktif bermedia sosial dibandingkan dengan membaca buku, padahal buku adalah jendela dunia. Hal tersebut dilansir dari data Dikti menyebutkan bahwa tingkat literasi Indonesia berada di urutan 3 terbawah di ASEAN.

Sangat disayangkan sekali mengingat jumlah penduduk Indonesia yang banyak, tetapi minat membacanya sangat kurang. Generasi muda Indonesia hanya diperbudak oleh media sosial. Alangkah lebih baik jika hidup ini dihiasi dengan hal-hal yang positif dan berpikiran positif terkhusus dengan membaca buku.

Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan hari ini, mudah-mudahan kita dapat memetik hikmah dari apa yang telah saya sampaikan ini. Wassalamualaikum Wr. Wb.

7. Contoh Pidato Persuasif Tema Hidup Mandiri

Assalamualaikum Wr. Wb. Selamat pagi. Tak lupa kita panjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, Berkat Rahmat-Nya kita dapat berkumpul di pagi ini.

Masa muda adalah masa-masa yang rawan terpengaruh terhadap hal-hal negatif dan sangat labil. Hal-hal negatif bisa membawa dampak yang negatif pula untuk kehidupan kita, baik sekarang atau di masa depan. Seharusnya, kita sebagai generasi penerus bisa memilah mana yang terbaik untuk hidup kita.

Salah satu cara untuk menghindari diri dari pengaruh negatif adalah dengan cara hidup mandiri dan bertanggung jawab untuk diri sendiri. Dengan begitu, kita akan membentengi diri untuk tidak terjerumus kepada hal-hal negatif karena sangat mengetahui artinya kehidupan dengan cara hidup mandiri.

Teman-teman harus menghindari tingkah laku tercemar seperti, hamil di luar nikah, ikut geng motor, bolos sekolah, ada yang jadi pecandu narkoba dan lain sebagainya.

Untuk itu, perbaikilah masa sekarang demi masa depan yang lebih cerah, demikian yang ingin saya sampaikan. Kurang lebihnya saya mohon maaf jika ada salah kata. Wassalamualaikum Wr. Wb.

8. Contoh Pidato Persuasif Tema Pencemaran Udara

Assalamualaikum Wr. Wb. Selamat pagi. Tak lupa kita panjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, Berkat Rahmat-Nya kita dapat berkumpul di pagi ini.

Pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan mengenai pencemaran udara yang akhir-akhir ini sangat meresahkan bumi kita. -pencemaran udara terjadi akibat adanya polusi dari gas buang kendaraan bermotor, asap-asap pembakaran sampah, asap-asap limbah perusahaan, dan gas buang AC. Beberapa polusi tersebut merupakan penyumbang terbesar pencemaran udara.

Udara yang tercemar akan mengakibatkan berbagai macam penyakit yang bermunculan karena adanya bahan-bahan kimia yang terdapat pada alat teknologi. Cara menanggulangi dan mengurangi pencemaran udara sangatlah mudah, yaitu dengan cara mengurangi penggunaan teknologi yang mengeluarkan gas-gas buang/asap yang di dalamnya terdapat bahan-bahan/zat-zat kimia yang banyak pengaruh negatifnya.

Alangkah baiknya jika kita menggunakan alat-alat tradisional saja di kehidupan sehari-hari untuk mengurangi pencemaran udara.

Mari saling bekerja sama untuk keselamatan bumi kita, demikianlah yang ingin saya sampaikan. Wassalamualaikum Wr.Wb.

9. Contoh Pidato Persuasif Tema Narkoba

Narkoba merupakan penyakit yang masih menjangkiti para penerus bangsa kita. Kita tahu bahwa narkoba merupakan bukan hal yang dianggap tabu bagi masyarakat Indonesia khususnya bagi penerus bangsa. Narkoba merupakan zat adiktif yang sangat berbahaya bagi manusia, ini dikarenakan narkoba dapat membuat penggunanya menjadi ketagihan dan merasakan nyaman.

Jika kita teliti, tidak ada keuntungan dari penggunaan narkoba ini, karena penggunaan yang sedikit dapat membuat kita ketagihan jika sudah begitu maka kita sudah merusak hidup kita. Kerugian dari menggunakan narkoba ini adalah, dapat membuat kita suka berbohong, melakukan tindakan kriminal, berkhayal yang aneh-aneh, merusak saraf dan tubuh kita, dan dapat merusak masa depan.

Jadi, jauhilah narkoba, karena narkoba ini hanya memberikan kesenangan sementara. Seperti ada ilustrasi: Rumah yang diperindah dindingnya dengan cat yang memberikan beraneka warna yang indah dan harga yang murah, cat itu memberikan warna yang indah pada rumah itu dan pemilik rumah beserta orang-orang yang melihat warna rumah itu. Tapi tanpa kita sadari pada saat kita membeli cat tersebut, karena kita tertipu dengan warnanya maka kita tidak pernah memikirkan berapa lama cat ini akan bertahan. Ketika musim hujan tiba, dan hujan sangat deras lama-kelamaan pun cat yang indah pada dinding rumah tersebut mulai lekang, maka rumah tersebut pun menjadi jelek dan rumah itu tidak menjadi pusat pandangan orang-orang.

Begitu juga ketika kita mencoba narkoba, kita akan sombong dan merasakan kesenangan pribadi. Namun, pada saat kita ingin bertobat masih ada harapan, begitu juga dengan rumah tersebut, jika rumah tersebut dicat kembali maka julukan dan pujian-pujian untuk rumah itu pun didapatkan kembali.

(Sumber: Dersi Wulan dalam academia.edu)

10. Contoh Pidato Persuasif Tema Anti Perundungan

Kekerasan dan mem-bully merupakan sikap yang tidak terpuji. Sikap tersebut banyak dilakukan oleh pelajar dan pemuda Indonesia maupun di seluruh dunia karena pergaulan bebas dan faktor lingkungan sekitar yang memengaruhi sikap dan pikiran untuk melakukan hal yang tidak benar. Sikap kekerasan merupakan sebuah ekspresi yang dilakukan secara fisik yang mencerminkan sikap agresi yang menyebabkan penderitaan dan menyakiti orang lain.

Dampak buruk dari adanya kekerasan, tawuran, dan bullying adalah merusak mental korban, membuat rendahnya kepercayaan diri, membuat korban mengalami trauma, dan sulit bagi pelaku untuk mengendalikan emosi. Cara menghindarinya adalah dengan menjauhi pergaulan bebas dan bersikap toleransi dalam hal apa pun.

Jadi, kesimpulannya adalah perilaku kekerasan merupakan sikap buruk yang salah satu dampaknya adalah sulit mengendalikan emosi. Kita juga tahu cara menghindari perilaku kekerasan salah satunya dengan menjauhi pergaulan bebas. Mari kita jauhi kekerasan dan kebencian karena hal tersebut awal dari terjadinya tawuran dan bullying. Jadilah pelajar dan pemuda yang baik dengan menjauhi kekerasan, serta tidak melakukan tawuran dan mem-bully.

(Sumber: Adzra Malfaliya dalam scribd.com)

11. Contoh Pidato Persuasif Tema Pendidikan dan Kelulusan

Pendidikan merupakan suatu kewajaran bagi kita semua baik itu pendidikan jasmani, rohani, formal maupun nonformal, di sekolah ataupun di luar sekolah.

Di zaman yang serba modern ini, kita dituntut untuk terus berpacu menggali ilmu pengetahuan, kalau kita lengah sedikit saja, kita akan tertinggal jauh oleh teman-teman yang terus berpacu menggali ilmu pengetahuan.

Rekan-rekan seperjuangan yang dimuliakan oleh Allah, kita semua telah sadar dan menyadari betapa pentingnya pendidikan, semenjak kita duduk di bangku sekolah dari TK, SD sampai sekarang kita akan meninggalkan bangku sekolah MTsN ini, banyak sekali ilmu yang kita dapatkan baik itu ilmu pengetahuan umum maupun ilmu agama, dari yang tidak tahu kita bisa tahu, dari yang tahu kita bisa tahu, dari yang tidak mengerti tidak mengerti kita bisa mengerti. (Sumber: Abdus Syukur dalam scribd.com)

12. Contoh Pidato Persuasif Tema Budaya Hidup Sehat

Assalamualaikum Wr. Wb,

Yang terhormat Bapak Ketua Karang Taruna.

yang saya cintai teman-teman semua yang hadir pada saat ini.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkat limpahan rahmat dan karunia-Nya, kita dapat berkumpul pada siang hari ini dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup. Saya ingin menyampaikan sedikit ulasan mengenai pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan menjadikan budaya bersih dalam kehidupan sehari-hari. Lingkungan yang sehat akan mengurangi penyebaran penyakit dan dapat memberikan kenyamanan hidup.

Lingkungan juga merupakan faktor pendorong keberhasilan proses belajar-mengajar di kelas. Lingkungan yang bersih dapat memberikan suasana yang efektif dalam pembelajaran. Maka dari itu, marilah kita sebagai warga di sekolah ini menjaga kebersihan lingkungan.

Saya rasa cukup sekian pidato yang dapat saya sampaikan, semoga kita semua dapat menjaga kebersihan lingkungan dan budaya bersih. Terima kasih atas perhatian yang hadirin berikan, apabila ada salah kata ataupun hal-hal kurang berkenan. Saya mohon maaf.

Wasalamualaikum Wr. Wb.

13. Contoh Pidato Persuasif Tema Cinta Tanah Air

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat siang ibu/bapak guru dan teman-teman sekalian yang saya cintai.

Segala puji dan rasa syukur kita panjatkan kepada Allah SWT, Saya ucapkan terima kasih kepada bapak/ibu guru serta teman-teman sekalian yang bersedia hadir di ruangan ini. Dalam kesempatan yang berbahagia ini, saya ingin menyampaikan pidato terkait cinta tanah air.

Mencintai tanah air adalah kewajiban bagi setiap warga negara. Hal ini merupakan bentuk rasa terima kasih kita kepada para pahlawan yang rela gugur demi kemerdekaan. Jasa-jasa mereka sudah tidak terhitung lagi, bahkan mereka rela tewas di medan pertempuran saat mengusir para penjajah.

Kita harus mencintai tanah air, terus menjaga, dan berjuang. Salah satu bentuk cinta tanah air adalah mencintai produk buatan negeri sendiri. Dengan begitu, kita menghargai dan secara tidak langsung telah membantu para pelaku usaha di negeri kita sendiri.

Kita sekarang hanya menikmati kemerdekaan ini tanpa mengetahui bagaimana sulitnya berjuang di medan perang. Oleh karena itu, jadilah warga yang baik dan mencintai bangsa sendiri.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan. Terima kasih atas perhatiannya, saya akhiri pidato ini dengan mengucapkan

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

14. Contoh Pidato Persuasif Tema Internet

Assalamualaikum Wr. Wb.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini. Terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk menyampaikan sebuah pidato tentang pengaruh internet.

Internet merupakan salah satu bentuk perkembangan dunia teknologi di masa modern ini. Internet bisa didapatkan di mana pun kita berada, internet dapat diakses dengan mudahnya melalui ponsel.

Kita harus bijak menggunakan fasilitas ini dengan hal-hal yang bermanfaat dan positif demi kemajuan diri dan pribadi kita. Di era teknologi seperti ini, kita harus bisa menguasai teknologi agar tidak ketinggalan zaman demi masa depan yang cerah.

Itulah yang bisa saya sampaikan. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Lihat Juga : 50 Nama Tarian Daerah di Indonesia

Penutup

Nah, itulah penjelasan mengenai teks pidato persuasif beserta contoh-contohnya. Setelah mengetahui struktur, ciri-ciri, dan cara membuat pidato persuasif, semoga kamu lebih paham lagi ya mengenai pidato persuasif. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawasanmu tentang pidato persuasif.

Apa saja struktur yang terdapat dalam pidato persuasif?

Seperti pidato pada umumnya, pidato persuasif juga memiliki struktur sebagai berikut:
(1) Pembukaan – Pidato persuasif diawali dengan pembukaan yang terdiri atas tiga bagian, yaitu salam, ucapan syukur, dan ucapan penghormatan. Bagian ini merupakan pemuka untuk memperkenalkan topik yang ingin kamu bahas dalam pidato.
(2) Penjelasan/isi pidato – Setelah pembuka, struktur pidato berikut yang paling penting adalah bagian isi atau inti dari pidato persuasif. Bagian ini berisi tentang penjelasan topik secara detail atau rinci. Isi dari pidato persuasif harus berupa ajakan atau persuasi sehingga pendengar terbujuk dan yakin dengan isi pidato.
(3) Penutup pidato – Bagian ini merupakan akhir dari pidato yang berisi kesimpulan dari topik yang dibahas. Bagian ini juga memuat saran atau ajakan agar pendengar lebih yakin dan terbujuk dengan topik pembahasan.

Adakah cara yang tepat untuk menyampaikan pidato persuasif?

Dalam membuat teks pidato persuasif, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar pidato yang kamu sampaikan terpersuasi dengan tepat. Kamu bisa menggunakan tiga pendekatan di bawah ini untuk mempersuasi para pendengar.
(1) Pendekatan etika – Kamu harus memperhatikan etika dalam penggunaan kalimat yang ingin kamu sampaikan, seperti menggunakan nilai moral atau menyajikan hal-hal yang benar dan yang salah.
(2) Pendekatan emosi – Kamu harus bisa memainkan emosi para pendengar saat menyampaikan pidato. Gaya bicara dan isi pidato yang kamu sampaikan harus bisa menggugah perasaan pendengar, seperti membuat mereka merasa terharu.
(3) Pendekatan logika – Pidato yang kamu sampaikan harus masuk akal dengan memiliki dasar dan sumber yang kuat. Oleh karena itu, isi pidato yang kamu sampaikan harus sesuai fakta, faktual, dan sesuai dengan data yang tercatat.


Penulis : Viona Septi | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 1285 Nama PUBG Keren, Aesthetic, Simbol, Anime, Cewek, Cowok, Jarang Dipakai!

    Simak daftar nama PUBG Mobile yang keren, aesthetic, lucu, dari A – Z untuk cewek dan…
  2. 265 Rekomendasi Ide Nama PT yang Bagus dan Belum Dipakai

    Berikut sejumlah rekomendasi nama PT yang menarik!
  3. Ukuran Kartu Nama Standar Indonesia, Internasional + Template Gratis!

    Ketahui ukuran kartu nama dalam cm, inchi, dan pixel, standar Indonesia dan Internasional