12 Contoh Surat Lamaran Magang di Perusahaan (PT), Bank, Rumah Sakit, Lengkap!

Berikut beberapa contoh surat lamaran magang yang bisa Anda jadikan referensi

Kegiatan magang sangat dibutuhkan oleh seorang pelajar hingga mahasiswa sebagai bentuk persiapan sebelum memasuki dunia kerja yang sesungguhnya. Magang adalah bentuk pelatihan diri baik secara fisik dan mental terkait dunia kerja. Umumnya, sebagai anak magang tentu jobdesk yang dikerjakan nanti sesuai dengan arahan senior. Biasanya kegiatan magang tersebut dilakukan di kelas 11 untuk SMK dan di semester 7 untuk tingkat mahasiswa.

Beberapa sekolah atau universitas ada yang menyediakan tempat untuk kegiatan magang tersebut, jadi pelajar maupun mahasiswa tidak perlu repot untuk mencari tempat magang. Akan tetapi, jika pihak sekolah maupun universitas tidak menyediakan, apa yang harus dilakukan? Tentu saja Anda harus mencari informasi terkait perusahaan yang membuka program magang. Setelah mendapatkan sebuah informasi yang lengkap dan terupdate, baru Anda bisa mengajukan diri sebagai kandidat magang di perusahaan maupun pemerintahan tersebut.

Tapi, pernahkah Anda bertanya-tanya, dokumen apa saja yang harus dipersiapkan untuk mengajukan diri sebagai peserta magang di sebuah perusahaan atau pun pemerintah? Biasanya, selain CV dan portofolio yang harus disiapkan, jangan lupa untuk menulis surat permohonan magang yang ditujukan kepada perusahaan yang diincar oleh Anda, agar perusahaan mengetahui tujuan Anda adalah untuk mengajukan diri sebagai kandidat magang. Artikel ini akan membantu Anda untuk mempersiapkan surat lamaran yang terbaik agar Anda lolos di perusahaan yang dipilih, apa saja yang akan dibahas? Simak penjelasan berikut ini.

Ringkasan

  • Magang adalah sebuah program pelatihan kerja yang biasanya dilakukan oleh individu, terutama siswa, mahasiswa, atau para pemula yang ingin mendapatkan pengalaman praktis di dunia kerja dalam bidang tertentu.
  • Magang bertujuan untuk menambah pengalaman, mengembangkan keterampilan, memperluas relasi atau jaringan, menentukan karir yang diinginkan hingga mencari peluang kerja.
  • Struktur atau format menulis surat lamaran magang yaitu harus ada kop surat, alamat, tanggal, salam pembuka, isi, penutup, tanda tangan, dan lampiran.
  • 5 situs informasi seputar magang yaitu MagangUpdate, Magang.id, AhensiExahensi, StudentJobs.co.id dan Website Magang: @KampusUpdate.
  • Beragam contoh surat lamaran magang baik untuk pelajar dan mahasiswa di perusahaan ataupun instansi pemerintahan.

Lihat Juga : Contoh Jawaban Pertanyaan Motivasi Saat Kerja Dalam Interview

Sekilas tentang magang

Surat Lamaran Magang Fresh Graduate

Magang adalah sebuah program pelatihan kerja yang biasanya dilakukan oleh individu, terutama pelajar, mahasiswa, atau para pemula yang ingin mendapatkan pengalaman praktis di dunia kerja dalam bidang tertentu. Program magang ini biasanya dilakukan dalam periode tertentu, seperti beberapa bulan atau musim panas, dan memberikan peserta kesempatan untuk belajar, mengembangkan keterampilan, dan mendapatkan wawasan langsung tentang pekerjaan dan industri yang mereka minati.

Magang bisa dilakukan di berbagai jenis organisasi, termasuk perusahaan swasta, pemerintah, organisasi nirlaba, atau lembaga pendidikan. Program magang dapat berbeda-beda dalam hal durasi, kompensasi (seperti gaji atau tunjangan), dan tingkat tanggung jawab yang diberikan kepada peserta magang. Selama magang, peserta diharapkan untuk belajar, berkontribusi, dan beradaptasi dengan lingkungan kerja. Ini adalah pengalaman yang berharga untuk persiapan mereka sebelum memasuki dunia kerja yang sesungguhnya.

Kegiatan magang tentu mempunyai tujuan yang sangat baik untuk menunjang karir di masa depan, di antaranya:

  • Pengalaman Praktis – Magang memberikan peserta kesempatan untuk menerapkan pengetahuan teoritis yang mereka peroleh di sekolah atau perguruan tinggi dalam lingkungan kerja yang sebenarnya. Mereka dapat mengalami tugas-tugas yang relevan dengan bidang studi mereka.
  • Pengembangan Keterampilan – Magang memungkinkan peserta untuk mengasah keterampilan praktis yang dibutuhkan di dunia kerja, seperti kemampuan komunikasi, pemecahan masalah, kerja tim, dan keahlian teknis.
  • Peningkatan Jaringan – Selama magang, peserta dapat berinteraksi dengan profesional di industri mereka dan membangun jaringan kontak yang dapat membantu mereka dalam karier mereka di masa depan.
  • Penentuan Karier – Bagi banyak peserta magang, program ini membantu mereka memutuskan apakah karier di bidang tertentu sesuai dengan minat dan bakat mereka. Ini bisa menjadi langkah awal untuk menentukan jalur karier yang diinginkan.
  • Peluang Kerja Beberapa perusahaan dapat menawarkan kesempatan bagi peserta magang yang berprestasi untuk bergabung sebagai karyawan penuh waktu setelah mereka lulus atau setelah magang selesai.

Lihat Juga : Tes Psikotes Gambar Pohon

Struktur surat lamaran magang

Surat Lamaran Magang Umum

Surat lamaran magang adalah dokumen yang penting dalam proses mengajukan diri sebagai kandidat magang di suatu perusahaan atau instansi pemerintahan. Berikut struktur surat lamaran magang yang harus Anda cantumkan di dalamnya, yaitu:

1. Kop Surat

Pada bagian ini biasanya wajib dicantumkan kop surat jika Anda mengikuti program magang yang di fasilitasi oleh pihak kampus. Isi kop surat biasanya terdiri dari nama dan logo universitas, alamat, dan juga nomor telepon universitas. Namun, jika kamu mempunyai tujuan untuk mengirimkannya secara pribadi, maka kamu tidak perlu mencantumkan kop surat ini.

2. Alamat dan Tanggal

Tempat dan tanggal penulisan surat juga harus dicantumkan dalam contoh surat lamaran magang agar pihak atau perusahaan yang dituju, bisa mengetahui dari mana dan kapan surat tersebut dituliskan. Letakkan alamat Anda di sudut kiri atas surat, kemudian diikuti oleh tanggal pengiriman surat.

3. Alamat Perusahaan

Tuliskan alamat perusahaan yang Anda lamar di bawah tanggal, termasuk nama perusahaan, alamat lengkap, serta nama dan jabatan penerima surat, jika Anda mengetahuinya.

4. Salam Pembuka

Gunakan salam pembuka yang sopan, seperti “Kepada Yth.” atau “Saudara/i.”

5. Paragraf Pembuka

Paragraf pertama harus berisi pengenalan diri Anda, tujuan Anda menulis surat, serta cara Anda mengetahui tentang kesempatan magang ini. Misalnya, “Saya ingin mengajukan diri sebagai peserta magang di perusahaan XYZ.”

6. Paragraf Tengah (Isi Utama)

Ini adalah bagian yang menjelaskan mengapa Anda cocok untuk magang di perusahaan tersebut. Rinci keterampilan, pengetahuan, dan minat Anda yang relevan dengan posisi magang. Juga, sebutkan mengapa Anda tertarik untuk belajar dan berkontribusi di perusahaan tersebut.

7. Paragraf Penutup

Paragraf terakhir harus menyatakan minat Anda untuk diundang wawancara atau diterima sebagai peserta magang. Berikan apresiasi Anda atas waktu dan perhatian yang diberikan oleh penerima surat.

8. Salutation (Penutup)

Akhiri surat dengan salam penutup yang sopan, seperti “Hormat saya,” atau “Terima kasih atas perhatian Anda.”

9. Tanda Tangan

Jika Anda mencetak surat lamaran untuk dikirim secara fisik, tinggalkan ruang untuk tanda tangan fisik Anda di atas nama Anda. Jika Anda mengirimnya secara elektronik, cukup ketik nama Anda di bawah salam penutup.

10. Lampiran

Jika ada dokumen tambahan yang Anda sertakan, seperti CV, transkrip nilai, atau surat rekomendasi, sebutkan ini di bagian akhir surat.

11. Kontak Anda

Termasuk alamat email dan nomor telepon yang dapat dihubungi di bagian bawah surat, setelah tanda tangan.

12. Format dan Tampilan yang Rapi

Pastikan surat lamaran Anda memiliki format dan tampilan yang rapi dan mudah dibaca. Gunakan huruf dan spasi yang sesuai, dan pastikan tidak ada kesalahan tata bahasa atau ejaan.

Lihat Juga : Panduan Foto Lamaran Kerja Profesional

Situs informasi untuk magang

Situs Pencari Tempat Magang

Bagi Anda yang ingin mencari tahu tentang seputar informasi kegiatan atau program magang yang diselenggarakan oleh perusahaan besar di Indonesia maupun instansi pemerintahan. Di bawah ini dikutip dari campuspedia.id, ada beberapa situs yang terpercaya dan akurat, yang dapat Anda jadikan sebagai acuan untuk mencari atau mengajukan diri sebagai kandidat magang.

1. Website Magang: @KampusUpdate

Salah satu situs seputar magang ini menyediakan beragam informasi selain magang loh. Apa saja informasinya? Selain informasi seputar magang, situs ini juga memberikan kabar tentag lowongan pekerjaan dan volunteer.

2. StudentJobs.co.id

Situs kedua ini menyediakan beragam informasi mulai dari seputar magang, part time, freelamce untuk siswa maupun mahasiswa, hingga fresh graduate.

3. AhensiExahensi

Bagi Anda yang senang bekerja dengan menggunakan otak kanan alias mempunyai jiwa kreativitas yang tinggi, bisa mencoba mencari informasi melalui situs ini. Pekerjaan yang ditawarkan yaitu social media specialist, content marketing dan desain.

4. Magang.id

Situs magang.id tentu sangat memudahkan bagi pelajar atau mahasiswa yang ingin mencari informasi seputar dunia magang dan kerja. Caranya pun cukup mudah yaitu tinggal hapus tanda centang High School Student untuk lebih fokus mencari magang untuk mahasiswa atau hapus tanda centang University Student untuk fokus mencari magang untuk pelajar SMA/SMK. Lalu, kita tinggal isi data diri di kolom “Apply for Job” di bagian paling bawah lowongan yang kita inginkan dan upload CV di sana.

5. MagangUpdate

Tak mau melewatkan informasi terupdate seputar magang? Magang Update bisa jadi salah satu solusinya. Untuk lebih memudahkanmu dalam mengakses informasi, Anda dapat memfollow akunnya melalui Twitter @MagangUpdate dan Instagram-nya.

Lihat Juga : Kode Warna Background Pas Foto

Kumpulan contoh surat lamaran magang

Surat Lamaran Magang SMK

Berikut adalah kumpulan contoh surat lamaran magang yang dapat Anda jadikan referensi untuk menulis surat tersebut, baik di ruang lingkup perusahaan maupun pemerintahan, yaitu:

1. Contoh surat lamaran magang umum

[Tempat, Tanggal]

Perihal                            :
Lampiran                       :

Kepada Yth,
HRD Manager
[Nama Perusahaan]
[Tempat, Tanggal]

Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi tentang lowongan magang [Nama Perusahaan] yang saya baca di laman resmi perusahaan, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                                      : ………………..

Tempat/Tgl Lahir                     : ………………..

Jenis Kelamin                          : ………………..

Pendidikan                              : ………………..

Kewarganegaraan                    : ………………..

Agama                                    : ………………..

Nomor telepon                       : ………………..

Alamat                                    : ………………..

Dengan ini bermaksud mengajukan permohonan magang kerja di [Nama Perusahaan] dengan posisi sebagai Sales Admin. Saya telah membaca semua persyaratan dan bersedia memenuhi semua ketentuan perusahaan, termasuk menjalani masa intership selama 6 (enam) bulan dan bekerja dalam sistem full time (waktu penuh).

Untuk itu, sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu HRD, bersama surat permohonan magang ini saya turut melampirkan :

  • Fotokopi Ijazah Terakhir
  • Fotokopi Transkrip Nilai
  • Fotokopi KTP
  • Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  • Surat Keterangan Berbadan Sehat
  • Daftar Riwayat Hidup
  • Pas Foto Terbaru Ukuran 4 x 6
  • Fotokopi Sertifikat Akreditasi

Besar harapan saya Bapak/Ibu bisa memberikan saya kesempatan wawancara, sehingga saya bisa menjelaskan lebih lanjut mengenai potensi diri dan kemampuan yang saya miliki di bidang manajemen bisnis khususnya di bidang sales.

Demikian surat permohonan magang ini saya sampaikan. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

[Nama]

2. Contoh surat permohonan magang kerja

Jakarta, 02 November 2020

Perihal : Permohonan Magang Kerja
Lampiran : 1 (Satu) Bundel

Kepada Yth,
HRD Manager
PT Rumah Damai Aman
Jalan TB Simatupang Kav 3
Jakarta, 12560

Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi tentang lowongan magang PT Rumah Damai Aman yang saya baca di laman resmi perusahaan, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Erlangga Ar Rayyan

Tempat/Tgl Lahir : Bogor, 15 Desember 2000

Jenis Kelamin : Laki-Laki

Pendidikan : S1 Manajemen Bisnis

Kewarganegaraan : Indonesia

Agama : Islam

Nomor telepon : 089675564340

Alamat : Jalan Melati Indah RT02/RW004 No. 5B, Jagakarsa, Jakarta 12450

dengan ini bermaksud mengajukan permohonan magang kerja di PT Rumah Damai Aman

dengan posisi sebagai Sales Admin. Saya telah membaca semua persyaratan dan bersedia memenuhi semua ketentuan perusahaan, termasuk menjalani masa intership selama 6 (enam) bulan dan bekerja dalam sistem full time (waktu penuh).

Untuk itu, sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu HRD, bersama surat permohonan magang ini saya turut melampirkan :

  1. Fotokopi Ijazah Terakhir
  2. Fotokopi Transkrip Nilai
  3. Fotokopi KTP
  4. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  5. Surat Keterangan Berbadan Sehat
  6. Daftar Riwayat Hidup
  7. Pas Foto Terbaru Ukuran 4 x 6
  8. Fotokopi Sertifikat Akreditasi

Besar harapan saya Bapak/Ibu bisa memberikan saya kesempatan wawancara, sehingga saya bisa menjelaskan lebih lanjut mengenai potensi diri dan kemampuan yang saya miliki di bidang manajemen bisnis khususnya di bidang sales.

Demikian surat permohonan magang ini saya sampaikan. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih. Semoga PT Rumah Damai Aman selalu sukses dan sejahtera.

Hormat Saya,

Erlangga  Ar Rayyan

3. Contoh surat lamaran magang di Bank

Jakarta, 02 November 2020

Perihal : Permohonan Magang Kerja
Lampiran : 1 (Satu) Bundel

Kepada Yth,
HRD Manager
PT Bank Sukses Terus
Jalan TB Simatupang Kav 3
Jakarta, 12560

Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi tentang lowongan magang kerja bakti PT Bank Sukses Terus yang saya baca di situs resmi perusahaan, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Zahra Kirana

Tempat/Tgl Lahir : Bogor, 15 Desember 2000

Jenis Kelamin : Perempuan

Pendidikan : S1 Akuntansi

Kewarganegaraan : Indonesia

Agama : Islam

Nomor telepon : 089675564340

Alamat : Jalan Melati Indah RT02/RW004 No. 5B, Jagakarsa, Jakarta 12450

dengan ini bermaksud mengajukan permohonan magang kerja bakti di PT Bank Sukses Terus

dengan posisi sebagai teller. Saya telah membaca semua persyaratan dan bersedia memenuhi semua ketentuan perusahaan, termasuk menjalani masa intership selama 6 (enam) bulan dan bekerja dalam sistem full time (waktu penuh).

Untuk itu, sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu HRD, bersama surat permohonan magang ini saya turut melampirkan :

  1. Fotokopi Ijazah Terakhir
  2. Fotokopi Transkrip Nilai
  3. Fotokopi KTP
  4. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  5. Surat Keterangan Berbadan Sehat
  6. Daftar Riwayat Hidup
  7. Pas Foto Terbaru Ukuran 4 x 6
  8. Fotokopi Sertifikat Akreditasi

Besar harapan saya Bapak/Ibu bisa memberikan saya kesempatan wawancara, sehingga saya bisa menjelaskan lebih lanjut mengenai potensi diri dan kemampuan yang saya miliki di bidang akuntansi khususnya di bidang teller.

Demikian surat permohonan magang ini saya sampaikan. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih. Semoga PT Bank Sukses Terus selalu sukses dan sejahtera.

Hormat Saya,

Zahra Kirana

4. Contoh surat lamaran magang di Rumah Sakit

Jakarta, 02 November 2020

Perihal : Permohonan Magang Kerja
Lampiran : 1 (Satu) Bundel

Kepada Yth,
HRD Manager
PT Rumah Sakit Berlian
Jalan TB Simatupang Kav 3
Jakarta, 12560

Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi tentang lowongan magang PT Rumah Sakit Berlian yang saya lihat di akun Instagram perusahaan, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Aphrodite Naomi

Tempat/Tgl Lahir : Bogor, 18 September 2000

Jenis Kelamin : Perempuan

Pendidikan : S1 Psikologi

Kewarganegaraan : Indonesia

Agama : Islam

Nomor telepon : 089675564340

Alamat : Jalan Melati Indah RT02/RW004 No. 5B, Jagakarsa, Jakarta Selatan 12450

dengan ini bermaksud mengajukan permohonan magang kerja di PT Rumah Sakit Berlian untuk posisi sebagai Human Resource (HR) Admin. Saya telah membaca semua persyaratan dan bersedia memenuhi semua ketentuan perusahaan, termasuk menjalani masa intership selama 6 (enam) bulan dan bekerja dalam sistem full time (waktu penuh).

Untuk itu, sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu HRD, bersama surat permohonan magang ini saya turut melampirkan :

  1. Fotokopi Ijazah Terakhir
  2. Fotokopi Transkrip Nilai
  3. Fotokopi KTP
  4. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  5. Surat Keterangan Berbadan Sehat
  6. Daftar Riwayat Hidup
  7. Pas Foto Terbaru Ukuran 4 x 6
  8. Fotokopi Sertifikat Akreditasi

Besar harapan saya Bapak/Ibu bisa memberikan saya kesempatan wawancara, sehingga saya bisa menjelaskan lebih lanjut mengenai potensi diri dan kemampuan yang saya miliki di bidang psikologi khususnya di bidang Human Resource.

Demikian surat permohonan magang ini saya sampaikan. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih. Semoga PT Rumah Sakit Berlian selalu sukses dan sejahtera.

Hormat Saya,

Aphrodite Naomi

5. Contoh surat lamaran magang untuk mahasiswa

Jakarta, 19 Agustus 2023

Perihal: Permohonan Magang

Yth.
Manajer HRD PT Media Keadilan
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Yayan Ruhiyan
NIM: 1234567890
Alamat: Jalan Cikutra Raya, Bandung
Perguruan Tinggi: Universitas Padjadjaran
Program Studi: S1 Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya

Melalui surat ini, saya bermaksud mengajukan magang dengan posisi Reporter selama 1 (satu) sampai 3 (tiga) bulan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Selama kuliah, saya memiliki pengalaman organisasi dan saat ini menjabat sebagai editor di Majalah Suara Kemahasiswaan.

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, saya lampirkan beberapa berkas sebagai berikut:

  1. Daftar Riwayat Hidup/Curriculum Vitae (CV)
  2. Fotokopi Kartu Mahasiswa
  3. KHS terakhir dengan IPK
  4. Pas foto terbaru 3×4 sebanyak 2 lembar
  5. SKCK terbaru
  6. Sertifikat seminar
  7. Portofolio

Demikian permohonan ini, besar harapan saya agar Bapak/Ibu mempertimbangkan permohonan tersebut. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya

Yayan Ruhiyan

Lihat Juga : Template Jas Wanita Pas Foto

6. Contoh surat lamaran magang untuk fresh graduate

………, ……………

Kepada.

Bapak/Ibu

di …………..

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama: …………..

Alamat: …………..

Nomor telepon: …………..

Email: …………..

Dengan ini bermaksud mengajukan lamaran untuk posisi ………….. di ………….. Saya baru saja menyelesaikan pendidikan S1 di …………… Saya memiliki minat yang besar terhadap bidang ………….. dan saya yakin bahwa saya dapat memberikan kontribusi yang positif bagi perusahaan.

Selama masa kuliah, saya telah mengikuti berbagai mata kuliah yang relevan dengan bidang magang yang saya lamar. Saya juga telah mengikuti berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan keterampilan saya, seperti ……………

Saya memiliki kemampuan untuk bekerja secara mandiri dan dalam tim. Saya yakin bahwa saya dapat menjadi bagian yang penting dari perusahaan Anda.

Saya sangat berharap dapat diterima sebagai magang di perusahaan Bapak/Ibu. Saya akan sangat berterima kasih atas kesempatan yang diberikan.

Hormat saya,

…………..

7. Contoh surat lamaran magang untuk SMK

Yogyakarta, 17 September 2023

Perihal              : Permohonan Magang Kerja
Lampiran         : 1 (satu) bendel

Yth.
HRD PT. Maju Terus Pantang Mundur
Jalan Mataram 123, Sleman
Yogyakarta

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                 : Rigel Antariksa
NISN                  : 001122334455
Alamat              : Jalan Kebon Agung 3, Sleman, Yogyakarta
Sekolah            : SMK Trisakti Jombor, Sleman, Yogyakarta
Jurusan             : Teknik Komputer

Dengan surat ini saya bermaksud mengajukan izin untuk dapat melaksanakan Kerja Praktik saya (magang) selama 1 (satu) sampai 3 (tiga) bulan di perusahaan yang Bapak/Ibu kelola. Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, saya lampirkan beberapa berkas sebagai berikut :

1. Daftar Riwayat Hidup / Curriculum Vitae (CV)
2. Foto Copy Kartu Induk Siswa
3. Nilai Rapor
4. Pas foto terbaru ukuran 3×4 = 2 lembar
5. SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)

Demikian permohonan ini saya ajukan, besar harapan saya agar Bapak/Ibu berkenan mempertimbangkan permohonan ini. Atas perhatian dan kebijaksanaannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya

Rigel Antariksa

8. Contoh surat lamaran magang di Instansi Pemerintah

[Alamat Anda]

[Kota, Kode Pos Anda]

[Tanggal]

[Yth. Nama Pejabat atau Pimpinan Instansi Pemerintahan]

[Nama Instansi Pemerintahan]

[Alamat Instansi Pemerintahan]

[Kota, Kode Pos Instansi Pemerintahan]

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama: [Nama Lengkap Anda]

Alamat: [Alamat Anda]

Nomor Telepon: [Nomor Telepon Anda]

Alamat Email: [Alamat Email Anda]

Program Studi/Jurusan: [Program Studi/Jurusan Anda]

Institusi Pendidikan: [Nama Institusi Pendidikan Anda]

Tahun Akademik: [Tahun Akademik Anda]

Dalam kesempatan ini, dengan hormat, saya ingin mengajukan permohonan magang di [Nama Instansi Pemerintahan]. Saya telah mengetahui dengan baik reputasi dan dedikasi instansi ini dalam memberikan layanan publik yang berkualitas kepada masyarakat. Oleh karena itu, saya sangat berminat untuk belajar lebih banyak tentang tugas-tugas dan tanggung jawab yang ada dalam lingkungan kerja pemerintahan.

Saya telah mempelajari mata pelajaran yang relevan dengan pemerintahan dalam program studi saya, dan saya percaya bahwa magang di instansi ini akan memberikan wawasan yang berharga untuk pengembangan karier saya. Selain itu, saya juga memiliki keterampilan dalam [sebutkan keterampilan yang relevan, seperti analisis data, penelitian, atau bahasa asing].

Selama magang, saya berharap untuk dapat berkontribusi kepada instansi ini dengan [sebutkan cara Anda berencana untuk berkontribusi, seperti melakukan penelitian kebijakan, membantu dalam analisis data, atau mendukung program-program tertentu].

Saya tersedia untuk memulai magang ini pada [sebutkan tanggal mulai yang Anda usulkan], dan saya berkomitmen untuk mematuhi semua peraturan dan pedoman yang berlaku di instansi pemerintahan ini.

Terlampir dalam surat ini, saya juga melampirkan CV saya yang berisi informasi lebih rinci tentang pendidikan dan pengalaman saya. Saya juga bersedia untuk memberikan informasi lebih lanjut jika diperlukan dalam proses seleksi.

Saya sangat berharap untuk mendapatkan kesempatan ini untuk belajar dan berkontribusi di bawah bimbingan dan supervisi yang baik dari para profesional di instansi pemerintahan ini.

Demikian surat lamaran magang ini saya buat dengan penuh hormat. Terima kasih atas perhatian Anda, dan saya berharap dapat segera diberikan kesempatan untuk bertemu dalam wawancara.

Hormat saya,

[Tanda Tangan Anda]

[Nama Lengkap Anda (dicetak)]

9. Contoh surat lamaran magang dari kampus

KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
FAKULTAS PENDIDIKAN EKONOMI
Jl. Colombo Komplek Kampus UNY 53283
Telp. 061-1234567; Fax. 061-1234567
Website : https://www.uny.ac.id/; Email : [email protected]

Yogyakarta, 12 Desember 2023

Nomor : 123/MAGANG/UNY/12/2022
Lampiran : 1 Lembar Daftar  Nama
Perihal : Permohonan Magang

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Direktur
PT. Primagama Yogyakarta
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Yogyakarta

Dengan hormat,
Universitas Negeri Yogyakarta merupakan institusi pendidikan tinggi yang bertujuan untuk menciptakan lulusan profesional dan terampil di bidangnya, serta mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional.

Untuk mewujudkan hal tersebut, maka kami mewajibkan setiap mahasiswa kami khususnya yang tingkat akhir untuk mengikuti Kerja Magang/PKL selama 3 (tiga) bulan, untuk menambah pengetahuan, wawasan, serta pengalaman di bidang kerja, sehingga lebih siap pakai dan mampu bersaing.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka kami memohon kepada Bapak/Ibu Direktur PT. Primagama Yogyakarta untuk menerima mahasiswa/i kami melaksanakan kerja magang/PKL untuk Tahun Akademik 2020/2021, dari tanggal 02 Januari 2021 s/d 02 April 2021. Adapun nama dan daftar mahasiswa/i kami sudah kami lampirkan bersama dengan surat ini, yang mana bisa Bapak/Ibu pilih beberapa orang untuk kerja magang di PT. Primagama Yogyakarta

Demikian surat permohonan kerja sama ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerja samanya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Dekan Fakultas Ekonomi
Universitas Negeri Yogyakarta,

Anton Ardianto, M. Si.

10. Contoh surat lamaran magang di perpajakan

Yogyakarta, 22 Juli 2023

Hal                      : Permohonan Magang
Lampiran         : 4 Lembar

Kepada Yth, Bpk. Andri Rosianto, S.E., Akt.
Kepegawaian Kantor Pajak KPP Jakarta Raya
Jln. HR. Rasuna Said Kav X-7 No.6,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12940
Telp : (021) 5212901 Fax: –

Dengan Hormat,

Berdasarkan ketentuan Universitas dalam rangka memenuhi kewajiban kurikulum dan peningkatan keterampilan mahasiswa S1 Akuntansi, pada semester akhir mahasiswa diharuskan untuk melakukan Praktik kerja atau Magang sesuai dengan program jurusan.

Saya bermaksud untuk mengajukan permohonan magang di Kantor Pajak KPP Jakarta Raya yang Bapak pimpin untuk bulan Agustus tahun 2020.

Adapun identitas lengkap saya sebagai berikut:

Nama                                      : Ahmad Ragil Setiawan

Alamat                                    : Jln. Kramat Raya No.70 Jakarta

Kampus                                   : Universitas Trisakti

NIM                                         : 41124840001

Fakultas / Program Studi        : Fakultas Ekonomi / Akuntansi

Untuk melengkapi beberapa data pribadi sebagai bahan pertimbangan Bapak dalam mengambil keputusan, berikut ini saya melampirkan :

1). Curriculum Vitae (CV)

2). Scan Surat pengantar permohonan magang dari Universitas

3). Scan Rekapitulasi Nilai semester 1 sampai dengan 6

4). Scan Kartu Tanda Mahasiswa dan E-KTP

5). Scan Piagam penghargaan (jika ada)

6). Scan sertifikat organisasi (jika ada)

Demikian Surat permohonan magang ini saya buat dengan sebenar-bernama. Saya sanggup menaati semua aturan yang bedaku di Kantor Akuntan Publik Haryanto Sahari. Besar harapan saya untuk diterima melakukan Praktik Kerja/Magang di KAP Haryanto Sahari yang Bapak Pimpin, guna memenuhi kewajiban kurikulum dan peningkatan keterampilan mahasiswa S1 Akuntansi, pada semester akhir.

Atas perhatian Bapak, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

( Ahmad Ragil Setiawan )

11. Contoh surat lamaran magang berkelompok

BADAN EKSEKUTIF MAHASISWAPROGRAM KEDOKTERAN HEWAN
UNIVERSITAS BRAWIJAYA
Jl. Mayjen Ilaryono 169 Malang 65145 Telp/Fax. 0341-573642

Malang, 20 Desember 2023

No.                  : 003/C-3/IMPROVE/BEM PKH UB/XII/2022
Lampiran         : 1 Proposal
Hal                   : Permohonan Surat Keterangan Magang

Yth. Ketua Program
Program Kedokteran Hewan
Universitas Brawijaya Malang
di tempat

Dengan hormat,

Sehubungan dengan program kerja lkatan Minat Profesi Veteriner (IMPROVE). Program Kedokteran Hewan Universitas Brawijaya mengenai Program Magang yang akan dilaksanakan pada tanggal 23 Januari- 5 Februari 2012 di Batu Secret Zoo (BSZ). Kami mengajukan permohonan pembuatan surat pengantar atas nama mahasiswa:

  1. Fransiska Panasea Anggy         105130100111009
  2. Eko Wahyu W.                           105130100111040
  3. Anugrah Niki Herlambang       105130101111003
  4. Afwan Fitra A.                            105130101111002
  5. Ismundiono                               105130100111013
  6. Reski Maulidina                         105130100111015

Demikian permohonan  ijin ini disampaikan. Atas perhatian dan kerja samanya. kami sampaikan terima kasih.

Menyetujui,                                                                           Hormat Kami.

Ketua IMPROVE PKH UB                                                     Ketua Kelompok Magang

Rendy Ocky Prasetva                                                           Fransiska Panasea Angwv

NIM. 0911310024                                                                  NIM. 105130100111009

Mengetahui,
Wakil Bidang Kemahasiswaan dan Kerja sama
PKH UB

Drh. NIasdlana C. Padaga, M.App.Sc
NIP. 19560210 198403 2 001

12. Contoh surat magang bahasa Inggris

[Your Address]

[City, Postal Code]

[Date]

[Recipient’s Name]

[Recipient’s Title]

[Company Name]

[Company Address]

[City, Postal Code]

Dear [Recipient’s Name],

I am writing to express my strong interest in applying for an internship opportunity at [Company Name]. I am currently pursuing a [Your Major] degree at [Your University], and I am eager to gain practical experience in the field of [Relevant Field, e.g., Marketing, Software Development] in a dynamic and innovative company like [Company Name].

I have a strong academic background in [Relevant Coursework or Skills], and I believe that an internship at [Company Name] will provide me with invaluable insights into the industry. I am particularly drawn to [Company Name] because of its reputation for [mention a specific aspect or project that interests you, e.g., innovative marketing campaigns or cutting-edge software development].

During my studies, I have acquired skills in [List Relevant Skills, e.g., market research, data analysis, programming], which I am eager to apply and enhance during an internship at your company. I am confident that this internship will not only provide me with hands-on experience but also an opportunity to learn from experienced professionals in the field.

Here are some reasons why I am excited about the possibility of interning at [Company Name]:

1. I am inspired by the innovative work being done at [Company Name] in the field of [Relevant Industry].

2. I am eager to contribute my skills and enthusiasm to help [Company Name] achieve its goals.

3. I believe that this internship will provide me with a deeper understanding of [Relevant Industry] and the chance to work on impactful projects.

I am available to start the internship on [Proposed Start Date] and am willing to comply with all company procedures and guidelines. I am also open to participating in any interviews or evaluations as part of the application process.

Enclosed with this letter, you will find my resume, which provides more detailed information about my educational background and relevant experiences. I am also happy to provide additional information if needed.

Thank you for considering my application. I look forward to the possibility of meeting with you for an interview.

Sincerely,

[Your Full Name]

Lihat Juga : Template Jas Pria Pas Foto

Penutup

Magang memang kegiatan yang sangat penting bagi pelajar maupun mahasiswa. Untuk itu, Anda harus mempersiapkan diri dan dokumen dari awal agar berjalan dengan baik dan tidak tergesa-gesa. Nah, beberapa penjelasan di atas seputar magang serta situs-situs informasi penting yang dapat Anda gunakan untuk mencari program magang baik di perusahaan maupun pemerintahan, semoga dapat membantu Anda.

Apa tujuan utama dari magang singkat dalam sebuah perusahaan?

Tujuan utama dari magang singkat dalam sebuah perusahaan adalah memberikan kesempatan bagi mahasiswa atau profesional muda untuk mendapatkan pengalaman praktis di lingkungan kerja yang sesuai dengan bidang studi atau minat mereka. Ini membantu mereka mengembangkan keterampilan, mendapatkan wawasan industri, dan membangun jaringan profesional.

Bagaimana seseorang dapat mencari dan mendapatkan magang singkat yang sesuai dengan minat dan keahlian mereka?

Untuk mencari dan mendapatkan magang singkat yang sesuai, seseorang dapat memulai dengan mengunjungi situs web perusahaan atau organisasi yang mereka minati. Mereka juga dapat mencari situs web khusus magang atau platform seperti Magang.id, MagangUpdate, atau Internships.com. Selain itu, menghubungi pusat karir universitas atau menjalin hubungan dengan dosen dan profesional dalam bidang yang diminati dapat membantu menemukan peluang magang.

Apa manfaat utama yang bisa diperoleh dari magang singkat, terutama bagi mahasiswa?

Magang singkat memberikan berbagai manfaat bagi mahasiswa, antara lain: Pengalaman praktis: Memungkinkan mereka menerapkan pengetahuan teoritis dalam situasi nyata. Pembelajaran: Mengembangkan keterampilan dan wawasan baru dalam bidang tertentu. Jaringan: Membangun hubungan profesional yang berharga. Pengembangan karir: Meningkatkan peluang mendapatkan pekerjaan setelah lulus. Pengujian minat: Membantu mahasiswa memutuskan apakah bidang tertentu sesuai untuk mereka.


Penulis : Elly Abriyanti Widyaningrum | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Elly Abriyanti Widyaningrum

Elly Abriyanti Widyaningrum adalah penulis artikel di dianisa.com yang berfokus pada topik umum, seperti lifestyle, pendidikan, dan lainnya. Selain menjadi penulis lepas, ia juga seorang tutor privat, content planner dan executive administrasi di Distributor Utama SR12 Skincare.

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 15 Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di Windows 11, 10, 8, 7

    Anda bisa mencoba beragam tips mengatasi masalah aplikasi tidak bisa dibuka di Windows 11, 10, 8,…
  2. 10 Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di HP Samsung

    Smartphone SAMSUNG merupakan salah satu smartphone yang cukup terkenal dan menjadi saingan dari Apple karena build…
  3. Logo Bank Nagari PNG, CDR, AI, EPS, SVG (Free Download)

    Berikut kami bagikan link download logo Bank Nagari PNG, CDR, AI, EPS, SVG terbaru yang bisa…