2 Cara Mengatasi Setelan/ Pengaturan Tidak Bisa Dibuka

7
1709

DIANISA.COMCara Mengatasi Pengaturan Android Tidak Bisa Dibuka dan Error. Setelan atau Pengaturan Android berfungsi untuk mengatur bagian – bagian terpenting yang anda di Android, seperti misalnya pengaturan bahasa, koneksitifitas, aplikasi, penyimpanan, baterai, keamanan, tanggal dan waktu, akun terkait, dan lainnya yang pasti sangat penting. Jika Pengaturan Android tidak bisa dibuka atau berhenti tiba – tiba maka pengguna akan kesulitan dalam mengatur dan merubah setelan Android.

Baca Juga :

Semua perangkat Android bisa mengalami masalah pada menu Setelan atau pengaturan, baik pada Smartphone merek Samsung Galaxy, Oppo, Lenovo, Asus Zenfone, Xiomi, HTC, LG, Motorola, Smartfren Andromax, Sony Experia, ZTE, Vivo, Nexus, Meizu, OnePlus, Huawai, Advan, dan lainnya. Setiap pengguna mengalami masalah yang berbeda – beda, bisa saja muncul pesan error, macet, atau tidak bisa dibuka sama sekali.

Mengatasi Menu Setting Tidak Bisa Dibuka

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi metode mengenai Cara Mengatasi Setelan Tidak Bisa Dibuka Di Android. Seperti yang saya katakana diatas bahwa setiap pengguna memiliki masalah yang berbeda – beda dan untuk metode yang dilakukan juga akan berbeda – beda. Setelan yang macet atau berhenti tiba – tiba itu dapat diartikan bahwa sistem Android anda sedang mengalami kerusakan atau error. Untuk mengatasinya, anda bisa coba menghapus data setelan, factory riset, atau yang lebih ekstrim yakni flashing Android.

Metode 1 : Hapus Data Setelan

Bagi anda yang mengalami masalah pada setelan android muncul pesan error bertuliskan “Sayangnya, Pengaturan Telah Berhenti” atau “Unfortunately Setting Has Stopped” maka anda bisa mencoba untuk menghapus data aplikasi setelan. Menghapus data aplikasi akan membersihkan basis data, data login, cache, history, dan pengaturan secara permanen. Cara ini bisa anda lakukan apabila anda masih bisa masuk pada menu setelan. Untuk melakukannya, silahkan anda ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

  • Buka menu Pengaturan » Aplikasi » tap Semua » cari aplikasi Pengaturan, kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

Baca Juga :

Apabila anda tidak bisa masuk pada Setelan android sama sekali, maka terpaksa anda harus melakukan factory reset melalui Recovery Mode. Cara ini adalah salah satu pilihan terbaik, lebih jelasnya simak ulasannya dibawah ini.

Metode 2 : Factory Reset Melalui Recovery Mode

Factory Reset adalah mengembalikan smartphone Android ke setelan awal atau disaat anda baru saja membeli ponsel Android itu sendiri. Bagaimana mungkin melakukan Factory Reset sedangkan masuk pengaturan saja tidak bisa? Jawabannya mungkin, karena Android dilengkapi dengan opsional Recovery Mode yang berguna untuk melakukan factory reset tanpa harus masuk ke pengaturan Android.

Untuk masuk ke Fitur Recovery Mode, anda bisa matikan smartphone Android anda terlebih dahulu. Kemudian tekan tombol Power dan Volume Up secara bersamaan. Untuk Samsung gunakan tombol Power, Volume Atas dan Home secara bersama-sama sampai nanti masuk ke menu Recovery Mode. Setelah masuk menu recovery mode ada beberapa pilihan seperti di bawah ini, tentu saja kamu pilih Wipe data atau factory reset untuk mengembalikan Android ke setelan pabrik.

  • Reboot System Now = Menyalakan ulang hp Android kamu.
  • Apply Update From Adb = Update/ flash Android dengan bantuan komputer via adb
  • Apply Update From Sdcard (External Storage) = Update/ flash Android memakai file zip
  • Wipe Data/Factory Reset = Reset Android ke setelan pabrik
  • Wipe Cache Partition = Menghapus cache yang ada di hp Android kamu.

Dari beberapa pilihan Recovery Mode, anda bisa memilih Wipe Data/ Factory Reset untuk mengembalikan Android ke pengaturan pabrik. Gunakan tombol Volume Up dan Down untuk menggeser dari atas ke bawah, atau dari bawah keatas. Gunakan juga tombol Power untuk memilih menu yang anda inginkan. Setelah anda memilih Wipe Data/ Factory Reset, anda bisa tunggu beberapa saat sampai proses reset selesai dan berhasil.

Baca Juga :

Sekedar Share:
Setiap Smartphone Android biasanya untuk masuk pada menu Recovery Mode berbeda – beda, maka dari itu coba anda cari di Google cara masuk Recovery Mode sesuai dengan merek smartphone Android yang anda miliki. Apabila ketemu, maka anda bisa gunakan cara tersebut.

Jika dengan Factory reset tidak membuahkan hasil sama sekali, dan setelan tetap error maka cobalah untuk flashing Android sesuai dengan merek android yang anda gunakan. Sebelum melakukan cara ini, pastikan anda mengunduh sistem Android sesuai dengan merek android yang anda gunakan dan install melalui Recovery Mode pada pilihan Apply Update From Sdcard (External Storage) atau bisa via ADB Sideload (Flashing Via Komputer).

Flashing Android juga bisa dilakukan lewat komputer atau pc, semisal bila kamu pakai Android Samsung bisa pakai ODIN atau KIES, pengguna LG bisa coba menggunakan LG Flashtool, PC Companion apabila handphone kamu adalah Sony, sedangkan untuk handphone Android lainnya bisa coba pakai Flashtool.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Mengatasi Pengaturan Android Tidak Bisa Dibuka, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan anda tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!!

Dikutip dari beberapa sumber : SitiSyarah.Info

7 KOMENTAR

    • Seharunya bisa mbak dengan melakukan Hard Reset atau Factory Reset melalui menu Recovery Mode. Itu merupakan solusi ampuh dalam mengatasi Setelan Android yang bermasalah. Mungkin saja mbak salah dalam melakukan Reset Android.

  1. Maaf kenapa ya hp saya waktu dinyalaiin ada bacaan kaya gini “security error” jadi nyalanya cuman mentok dimerk LG trs mati lagi

  2. Kenapa ya hp ku enggak bisa pengaturanya asal di tekan layarnya kembali lagi ke menu.terus ada muncul bacaan maaf waktu batas anda sudah abis.tolong ya kasi tau

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here