Cara Membuat Blog Gratis Di Blogger Mudah Dan Cepat

0
95
NGAWI DIAN – Cara Membuat Blog Gratis Di Blogger (Blogspot) Mudah Dan Cepat, Kita semua pasti tahu bahwa ada banyak layanan blog yang dapat digunakan secara gratis yakni Blogger, WordPress, Tumblr, Blog Detik, serta layanan blog lainnya. Tetapi banyak para remaja Indonesia, terutama anak sekolah ingin membuat blog dari layanan Blogger. Mengapa demikian? Karena blogger merupakan layanan blog gratis yang mudah untuk digunakan. Selain itu, keuntungan lain menggunakan Blogger yaitu dapat digunakan untuk mencari uang tambahan melalui iklan google Adsense.

Cara Membuat Blog Di Blogger

Baca :

Kelebihan Dalam Menggunakan Blogger

  1. Blogger Gratis. Ngeblog pakai blogger itu gratis dan tidak bayar sepeserpun. Kecuali apabila anda ingin costum domain tentunya anda harus mengeluarkan uang sekitar 100 ribu per tahun. 
  2. Dapat Costum Domain Sesuai Dengan Keinginan Kita. Dengan menggunakan blogger tentu nama domain kita akan ada embel – embel blogspot di belakangnya. Tentu ini menjadi sesuatu yang tidak menarik untuk di baca dan di lihat. Nah, maka dari itu blogger memberikan fitur costum domain sesuai dengan keinginan kita. Anda bisa mencari layanan hosting costum domain blogger yang ada di Indonesia.
  3. Support Google Adsense. Blogger di support langsung oleh google adsense. Hal ini menjadi keuntungan besar seorang pengguna blogger karena bisa mendapatkan tambahan uang melalui ikan adsense yang terpasang pada blog. Namun untuk mendaftarkan blog ke google adsense tidaklah mudah, kriteria dari konten, traffic, umur menjadi pertimbangan utama untuk dapat bergabung menjadi seorang publisher google adsense.
  4. Blogger Belum Pernah Downtime. Blogger adalah produk dari google, tentunya memiliki stabilitas tinggi dan belum pernah down sampai sekarang. Hal ini menjadi keunggunalan utama dari platform blogger.
  5. Template Blog Dapat Di Modifikasi. Template blogger dapat di modifikasi sesuai dengan keinginan kita, tetapi apabila anda ingin mengedit template blog anda harus mengusai bahasa pemprogaman web. Tetapi jika anda tidak tahu mengenai bahasa Coding Web anda bisa mengunduh template blog dari situs – situs yang menyediakan template blog gratis. Saat ini banyak penyedia template blog gratis dan SEO Friendly yang bisa anda gunakan dalam blog anda. 


    Baca : 4 Template Blog Bamz Responsive Dan Fast Loading

  6. Terhubung Langsung Dengan Webmaster Tools. Dengan adanya layanan webmaster Tools dari google ini menambah kepuasan dari pengguna blogger. Karena pasalnya dengan adanya layanan ini kita dapat mengetahui traffic situs, kesehatan situs, serta dapat meningkatkan optimasi situs.

Cara Membuat Blog Gratis Di Blogger

  1. Langkah pertama, sebelum membuat blog anda harus mempunyai email Gmail, apabila belum mempunyai email silahkan membuat terlebih dahulu dengan mengikuti langkah – langkah yang saya berikan (Cara  Membuat Email Baru Di Gmail).  Apabila sudah mempunyai email silahkan langsung menuju halaman Blogger.com, kemudian log in dengan email dan kata sandi yang telah anda buat sebelumnya.
    Cara Membuat Blog Gratis Di Blogger
  2. Kemudian nanti akan muncul kotak konfirmasi profil anda. Hal ini tidak akan terjadi apabila anda sudah membuat akun Google Plus tetapi ini tidak menjadi masalah besar, anda bisa langsung melanjutnya proses pembuatan blogger dengan klik “Buat Profil Blogger Terbatas”.
    Cara Membuat Blog Gratis Di Blogger
  3. Selanjutnya anda bisa isi dengan nama tampilan anda, seperti contoh saya menggunakan nama “Dian Arifin”. Kemudian klik “Lanjutkan Ke Blogger”.
    Cara Membuat Blog Gratis Di Blogger
  4. Klik pada tombol “Blog Baru” maka akan tampil halaman pop up untuk proses pembuatan blog. Kemudian isi semua kolomnya sesuai dengan apa yang anda inginkan (Judul Blog dan Alamat Blog).
    Cara Membuat Blog Gratis Di Blogger

    Judul : Isi dengan topik judul blog sesuai dengan keinginan anda, misal seperti yang saya tulis “Blog Dian”.

    Alamat :
    Isi dengan alamat url blog anda, misal seperti “masrudidian.blospot.com”. Pastikan alamat yang anda buat tersedia dan belum pernah di gunakan orang lain.

    Template :
    Pilihlah template standar yang telah tersedia di blogger.

  5. Apabila semua sudah anda isi langsung saja klik “Buat Blog”.
  6. Selamat, anda sudah berhasil membuat blog di blogger. Di dalam dashboard blogger tersedia menu navigasi yang harus anda ketahui seperti Ikhtisar, Pos, Laman, Komentar, Google Plus, dan lain – lain. Berikut penjelasannya dari menu navigasi tersebut :
    Cara Membuat Blog Gratis Di Blogger


    Ikhtisar :
    ikhtisar berisi tentang data statistik dari blog anda, mulai dari penayangan, komentar, jumlah postingan, dan pengikut.

    Pos :
    Berisi tentang daftar artikel yang sudah anda tulis dan terbitkan atau yang masih tersimpan dan belum di terbitkan.

    Komentar :
    Berisi daftar komentar yang anda pada blog anda, mulai dari moderasi komentar, penghapusan, hingga pembalasan komentar.

    Google+ :
    Pengaturan mengenai Google plus yang anda blog anda. Anda bisa mengatur setiap postingan akan terbagi secara otomatis melalui Google+.

    Statistik :
    Berisi data statistik kunjungan blog anda. Mulai dari per hari, per minggu, hingga per bulan.

    Kampanye :
    Kampanye berfungsi apabila anda ingin mengiklankan blog melalui Google Adsense.

    Tata Letak :
    berfungsi untuk mengatur layout dari blog anda, mulai dari menambah atau mengurangi widget pada blog.

    Template :
    Halaman ini berfungsi untuk memodifikasi template sesuai dengan keinginan anda.

    Setelan :
    Digunakan untuk mengatur blog anda, mulai dari costum domain, bahasa yang digunakan, komentar, serta pengaturan – pengaturan lainnya.


    Baca : Memahami Menu-Menu Dasar Yang Ada Di Blogger.com

Baca Juga :
Demikian ulasan singkat mengenai cara membuat blog di blogger semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk semuanya. Apabila ada yang kurang di mengerti atau kurang jelas mengenai artikel di atas, silahkan tanyakan melalui kolom komentar. Terima kasih 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here