9 Cara Reset HP Realme ke Pengaturan Awal

Anda bisa me-reset HP Realme melalui menu Pengaturan dan melalui menu Recovery Mode (Realme UI Recovery)

Realme merupakan salah satu produsen smartphone Android yang berkantor pusat di Shenzhen, Tiongkok. Pada awalnya, Realme adalah sub-merek dari OPPO sebagai OPPO Real. Namun pada tahun 2018, Realme memisahkan diri dari OPPO dan menjadi independen di bawah naungan BBK Electronics. Setelah memisahkan diri dari OPPO, Realme mulai membangun ekosistemnya sendiri. Hal ini dibuktikan dengan meluncurkan Realme UI menggantikan ColorOS milik OPPO sejak pertengahan 2020 yang lalu.

Realme UI hadir dengan membawa desain antarmuka yang lebih bersih dan menjadi ciri khas tersendiri dari ponsel Realme. Meski demikian, beberapa pengguna justru mendapati bugs / issues setelah upgrade ke Realme UI. Beberapa masalah yang terjadi setelah update di antaranya: aplikasi tidak bisa dibuka, kamera yang ngeblank (berwarna hitam), kualitas sinyal buruk, bootloop, sering lag saat digunakan untuk bermain game, dll.

Masalah HP error sejatinya pasti di alami oleh sebagian pengguna smartphone Android, tak terkecuali pengguna Realme. Entah melakukan pembaruan sistem atau tidak sama sekali. Faktor spesifikasi yang tidak mendukung terkadang juga menjadi penyebab HP Realme mengalami banyak masalah. Apabila masalah yang dihadapi cukup berat, reset menjadi salah satu pilihan yang dapat diambil. Jika Anda ingin melakukan reset HP Realme, simak dan ikuti panduannya berikut ini.

Lihat Juga : 15 Cara Mengatasi HP Realme Lemot, Macet, LAG

Perbedaan factory reset, hard reset, dan wipe data

Sebelum ke panduan reset HP Realme, saya akan jelaskan terlebih dahulu perbedaan istilah antara factory reset, hard reset, dan wipe data. Dalam pengertiannya, factory reset, hard reset, maupun wipe data memiliki arti yang sama yakni ‘mengembalikan ponsel ke setelan awal / pabrikan’. Itu artinya, semua data pada perangkat Realme Anda akan dihapus secara permanen dan setelah sistem akan kembali seperti saat pertama kali menyalakan ponsel / membeli ponsel.

Hanya saja, ketiga istilah tersebut ditempatkan pada menu yang berbeda-beda. Factory reset ditempatkan pada menu Pengaturan / Setelan, sedangkan hard reset dan wipe data ditempatkan pada menu Recovery Mode (Realme UI Recovery). Lebih lanjut, Anda bisa simak penjelasan mengenai ketiga istilah tersebut pada tabel di bawah ini;

IstilahKeterangan
Factory ResetFactory reset adalah istilah reset yang sematkan pada antarmuka OS (Realme UI) menu Pengaturan / Setelan HP Realme.
Hard ResetBerbeda dengan factory reset yang disematkan pada antarmuka OS, hard reset disematkan pada menu Recovery Mode (Realme UI Recovery). Opsi hard reset dijadikan alternatif ketika HP tidak bisa masuk ke antarmuka OS karena masalah tertentu.
Wipe DataWipe data adalah istilah lain dari hard reset yang juga disematkan pada menu Recovery Mode.

Dalam perkembangannya, opsi reset hadir dengan pilihan yang lebih beragam; dengan tetap mempertahankan data-data yang tersimpan di memori internal. Pada ponsel Realme sendiri, setidaknya terdapat lima pilihan reset, di antaranya: Reset pengaturan sistem saja, Hapus aplikasi yang diunduh dan data aplikasinya, Bersihkan semua data, Bersihkan kontak dan riwayat panggilan di telepon ini, dan Bersihkan pesan SMS dan MMS di telepon ini.

Jika Anda tidak ingin kehilangan data pada memori internal dan tetap ingin mempertahankan aplikasi terinstall, Anda bisa pilih Reset pengaturan sistem saja. Artinya, reset hanya dilakukan pada pengaturan sistem dan tidak akan mempengaruhi data dan aplikasi yang tersimpan di memori internal. Akan tetapi, opsi ini hanya dapat Anda lakukan pada menu Pengaturan (antarmuka OS), tidak bisa Anda lakukan pada menu Recovery Mode (Realme UI Recovery).

Factory reset maupun hard reset lebih ditekankan saat pengguna mengalami masalah yang cukup berat, seperti bootloop, munculnya pesan error saat membuka aplikasi, HP yang restart sendiri, macet, lupa pola / password, dll. Jika ponsel Anda tidak bisa masuk ke antarmuka OS (Realme UI), hard reset / wipe data melalui menu Recovery Mode dapat Anda jadikan pilihan. Sebelum memutuskan untuk melakukan reset HP Realme, simak dahulu beberapa tipsnya berikut ini.

Tips sebelum reset

Sebelum melakukan reset, Anda perlu memperhatikan beberapa poin penting dalam melakukan reset, berikut di antaranya;

  • Cadangkan semua data / file yang tersimpan di memori internal ke memori eksternal (kartu SD), atau bisa juga ke komputer. Data-data yang bisa Anda pindahkan di antaranya seperti foto, video, audio, dokumen, apk, dan sebagainya. Setelah reset selesai dilakukan, Anda bisa pindahkan kembali data-data tersebut ke memori internal lagi.
  • Cadangkan juga riwayat pesan yang Anda miliki, terutama pada aplikasi chat yang Anda gunakan, seperti WhatsApp, Telegram, LINE, dan sebagainya. Anda bisa sinkronisasikan aplikasi tersebut ke Google Drive untuk mencadangkan pesan.
  • Terdapat perbedaan antarmuka OS antara Realme seri lama (yang masih menggunakan ColorOS) dengan Realme seri terbaru (yang sudah menggunakan Realme UI).
  • Opsi reset bukanlah satu-satunya pilihan. Jika masih memungkinkan, cobalah cara-cara sederhana yang lebih aman dan lebih mudah untuk Anda lakukan, seperti membersihkan cache, menghapus data aplikasi, memuat ulang perangkat, dll. Tapi jika cara-cara tersebut tidak membantu, silakan memilih reset sebagai jalan terakhir.
  • Tidak ada jaminan bahwa semua masalah pada ponsel Realme Anda dapat teratasi dengan reset. Beberapa masalah yang cukup berat seperti bootloop dan mati total terkadang tidak berhasil dengan reset. Ada kemungkinan terjadi kerusakan pada komponen perangkat keras; yang paling sering biasanya eMMC, UFS, dan sejenisnya.

Setelah memahami beberapa poin di atas dan merasa yakin untuk melakukan reset HP Realme, simak panduannya berikut ini.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi HP Realme Restart Sendiri

Cara Reset HP Realme

Seperti yang saya jelaskan di atas, melakukan reset HP Realme dapat Anda lakukan dengan dua metode; melalui menu Pengaturan dan melalui menu Recovery Mode. Jika ponsel Realme Anda masih memungkinkan untuk masuk ke antarmuka OS, silakan pilih metode reset melalui menu Pengaturan. Namun jika ponsel Realme Anda tidak bisa masuk ke antarmuka OS karena suatu masalah, silakan memilih hard reset melalui menu Recovery Mode.

Factory Reset melalui menu Pengaturan

Factory Reset Realme
Factory Reset melalui menu Pengaturan. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Buka menu Pengaturan pada ponsel Realme Anda.
  2. Temukan dan pilih Pengaturan Tambahan » Cadangan dan Reset.
  3. Kemudian pilih Reset ke Setelan Pabrik » Hapus Semua Data.
  4. Konfirmasi penghapusan dengan ketuk Hapus Data.
  5. Selesai.

Hard Reset melalui menu Recovery Mode

https://www.youtube.com/watch?v=gRHJyKoF_1k
Hard Reset HP Realme (Realme UI Recovery). RUDI DIAN ARIFIN
  1. Langkah pertama, matikan smartphone Realme Anda terlebih dahulu.
  2. Tekan tombol Power + Volume Down secara bersamaan sampai nantinya masuk pada menu Realme UI Recovery.
  3. Untuk pilihan Bahasa, silakan pilih English.
  4. Untuk melakukan reset, pilih Wipe Data.
  5. Konfirmasi dengan kata sandi/ lock screen, lalu tap Format Data.
  6. Konfirmasi dengan tap Format.
  7. Selesai.

*NOTE

  • Gunakan tombol Volume Up dan Down untuk Navigasi ke atas dan ke bawah.
  • Gunakan tombol Power untuk memilih menu.

Jika ponsel Realme Anda masih menggunakan ColorOS, simak dan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Hard Reset HP Realme ColorOS Recovery. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Pastikan smartphone Realme berada pada posisi off atau mati.
  2. Tekan tombol “Power + Volume Down” secara bersamaan sampai nantinya masuk pada menu ColorOS Recovery.
  3. Pada menu tersebut akan ada opsi pilihan Bahasa, Anda bisa pilih English (gunakan Volume Up dan Down untuk navigasi atas dan bawah).
  4. Untuk melakukan Hard Reset, Anda bisa pilih Wipe Data, kemudian konfirmasi dengan kata sandi lock screen lalu tap OK. Tunggu hingga proses Wipe Data selesai.
  5. Jika sudah, pilih Reboot untuk memuat ulang smartphone.
  6. Selesai.

*NOTE

  • Gunakan tombol Volume Up dan Down untuk Navigasi ke atas dan ke bawah.
  • Gunakan tombol Power untuk memilih menu.

Lihat Juga : 9 Cara Hard Reset HP Realme

Wipe Data melalui Google Find My Device

Hapus Data Pada Ponsel Android Yang hilang
Wipe Data pada perangkat yang hilang. RUDI DIAN ARIFIN

Jika Anda berada pada suatu kondisi di mana ponsel Realme Anda hilang, terjatuh, atau mungkin dicuri orang dan ingin menghapus semua konten yang ada di dalamnya, Anda bisa manfaatkan Google Find My Device. Ini merupakan aplikasi Google yang dapat Anda gunakan untuk mencari dan menemukan ponsel yang hilang. Di dalamnya juga terdapat fitur yang memungkinkan Anda untuk menghapus semua konten yang ada di dalamnya. Ini bisa Anda jadikan pilihan ketika ponsel yang hilang sulit untuk ditemukan.

  1. Langkah pertama, buka halaman Find My Device melalui browser PC / ponsel lain yang Anda miliki.
  2. Login menggunakan akun Google yang terhubung pada HP Realme Anda.
  3. Klik Hapus perangkat dan konfirmasi dengan Hapus perangkat untuk melakukannya.
  4. Kemudian Anda akan diminta kembali untuk memasukkan email dan kata sandi akun Google Anda.
  5. Setelah verifikasi sesuai, Google akan menghapus data pada perangkat dan mengembalikan OS Android ke setelan awal.
  6. Selesai.

*NOTE

  • Hapus perangkat akan dilakukan saat ponsel terhubung ke jaringan internet.
  • Setelah menghapus perangkat, Anda tidak lagi memiliki kendali atas perangkat tersebut dan tidak dapat mencarinya.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Memori Penuh di HP Realme

Penutup,

Dengan penjelasan beserta panduan reset di atas, semoga masalah yang terjadi pada ponsel Realme Anda dapat teratasi dengan baik dan ponsel bisa digunakan dengan normal kembali. Jika terdapat perbedaan tampilan / nama fitur, maka Anda bisa menyesuaikannya. Dan apabila masalah yang Anda hadapi cukup berat, opsi selain reset adalah flashing; menginstall ulang OS Android dengan firmware yang baru. Mungkin Anda bisa googling untuk mencari penjelasan dan metodenya sesuai dengan tipe HP Realme yang Anda gunakan.

Bagikan artikel ke media sosial Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau sampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

Apa itu Recovery Mode / Realme UI Recovery?

Recovery Mode adalah fitur bawaan dari OS Android yang digunakan untuk melakukan perbaikan (recovery) saat sistem dan aplikasi mengalami masalah. Pada menu Recovery Mode, terdapat beragam opsi perbaikan, mulai dari wipe data / factory reset, update / recover from SD card, wipe cache partition, view recovery logs, dan masih banyak lagi.

Apakah hard reset HP Realme membutuhkan konfirmasi password?

Beberapa varian HP Realme terbaru saat ini membutuhkan konfirmasi password untuk melakukan wipe data. Ini dilakukan demi menjamin keamanan perangkat.

Bagaimana cara keluar dari menu Recovery Mode HP Realme?

Anda bisa memilih Restart atau Reboot system untuk keluar dari menu Recovery Mode.


Penulis : Rudi Dian Arifin | Editor : Wahyu Setia Bintara

Artikel terkait

Rudi Dian Arifin

Rudi Dian Arifin adalah pemilik, penulis, dan editor utama di Dianisa.com. Ia fokus pada pemecahan masalah pada perangkat Android dan Windows. Saat ini, ia juga mengelola Yunt.co, sebuah situs yang menyajikan berbagai tools keren untuk segala macam kebutuhan.

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Logo Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) PNG, CDR, AI, EPS, SVG (Free Download)

    Berikut kami bagikan link download logo Universitas Al Azhar Indonesia PNG, CDR, AI, EPS, SVG terbaru…
  2. Logo Poltekkes Yogyakarta PNG, CDR, AI, EPS, SVG (Free Download)

    Berikut kami bagikan link download logo Poltekkes Yogyakarta PNG, CDR, AI, EPS, SVG terbaru yang bisa…
  3. Logo Universitas Sulawesi Barat (UNSULBAR) PNG, CDR, AI, EPS, SVG (Free Download)

    Berikut kami bagikan link download logo Universitas Sulawesi Barat PNG, CDR, AI, EPS, SVG terbaru yang…