7 Cara Hard Reset HP Motorola

Motorola merupakan salah satu perusahaan telekomunikasi yang berdiri sejak tahun 1928 dengan nama Ludwig van Beethoven and Johannes Brahms. Meskipun mengalami kerugian yang cukup besar pada tahun 2007 hingga 2009, Motorola terus bangkit dan melakukan perubahan dengan merekonstruksi perusahaan menjadi dua perusahaan publik yang independen, Motorola Mobility dan Motorola Solutions pada tahun 2011. Dalam perkembangannya, Motorola terus mengembangkan dan memproduksi smartphone terbaik yang mampu bersaing dengan brand smartphone lainnya.

Pada tahun 2021, Motorola telah memperkenalkan seri smartphone flagship terbarunya yang support dengan konektivitas 5G, bernama Motorola Moto G100. Smartphone ini diperkenalkan Motorola pada Maret 2021 dengan mengusung Chipset Qualcomm SM8250-AC Snapdragon 870 5G (7 nm). Ukuran layarnya mencapai 6.7 Inches (resolusi 1080 x 2460 pixels) dengan screen-to-body ratio mencapai ~84.1%. Untuk kapasitas memori tersedia dalam dua varian RAM 8GB, internal 128GB dan RAM 12GB, internal 256GB, yang keduanya dapat di upgrade hingga 256GB (MicroSD).

Motorola telah banyak menghadirkan beragam varian dan tipe smartphone dari kelas low-end sampai kelas flagship. Karena itu, tidak menutup kemungkinan bahwa smartphone Motorola terkadang juga mengalami masalah pada sistem dan aplikasi. Beberapa masalah yang sering terjadi seperti muncul pesan error saat membuka aplikasi, bootloop, hang, macet, sampai lupa pola kunci / kata sandi layar. Untuk mengatasi masalah tersebut, salah satu solusi yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengembalikan ponsel ke setelan awal.

Lihat Juga : 7 Cara Hard Reset HP Evercoss

Cara Hard Reset Motorola

Factory Reset / Hard Reset / Wipe Data dapat menjadi alternatif ketika mendapati masalah sistem dan aplikasi pada smartphone Motorola. Sebelum melakukan reset, ada baiknya untuk melakukan backup pada semua file berkas dan media yang Anda miliki seperti dokumen, foto, video, audio, dan lainnya. Dalam melakukan reset, ada dua metode yang bisa Anda coba lakukan, melalui menu Pengaturan dan melalui Recovery Mode. Untuk melakukannya, Anda bisa ikuti petunjuk dan langkah – langkah di bawah ini.

Factory Reset melalui menu Pengaturan

  1. Pertama, pastikan HP Motorola Anda dalam keadaan aktif / menyala / On.
  2. Buka menu Pengaturan pada smartphone Motorola Anda.
  3. Temukan dan pilih menu Backup & Reset » kemudian pilih Factory Data Reset.
  4. Lanjutkan dengan memilih Reset Phone » Erase Everything.
  5. Anda tinggal menunggu sampai proses reset selesai dilakukan.
  6. Setelah itu, smartphone akan restart dan Motorola akan kembali ke posisi awal seperti baru beli.
  7. Selesai.

Lihat Juga : 7 Cara Hard Reset HP LG

Hard Reset melalui menu Recovery Mode

Panduan Hard Reset Motorola. YouTube / HardReset.info
  1. Pertama, pastikan smartphone Motorola Anda dalam keadaan mati / Off.
  2. Tekan dan tahan tombol Power + Volume Down secara bersamaan selama beberapa saat sampai nantinya muncul Bootloader Screen dari Motorola.
  3. Selanjutnya, arahkan tanda panah ke Recovery Mode menggunakan tombol Volume Down, kemudian tekan tombol Power untuk memilih.
  4. Jika nantinya muncul tulisan no command, tekan tombol Power + Volume Up maka secara otomatis Anda akan di bawa ke menu Android Recovery Mode.
  5. Setelah masuk ke menu Recovery Mode » pilih Wipe Data / Factory Reset untuk melakukan reset HP Motorola (Gunakan tombol Volume Up dan Down untuk navigasi ke atas dan ke bawah, tombol Power untuk memilih menu).
  6. Kemudian lanjutkan dengan memilih Yes » Userdata + personalized content.
  7. Selanjutnya, Anda tinggal menunggu sampai proses reset selesai dilakukan.
  8. Jika sudah, Anda bisa memilih Reboot system now untuk memuat ulang smartphone.
  9. Setelah itu, Anda tinggal setup ulang smartphone Motorola Anda.
  10. Selesai.

*NOTE

  • Gunakan tombol Volume Up dan Down untuk Navigasi ke atas dan ke bawah.
  • Gunakan tombol Power untuk memilih menu.

Lihat Juga : 9 Cara Hard Reset HP Sony Xperia

Penutup,

Hard Reset dapat dijadikan alternatif ketika mendapati masalah pada smartphone Motorola Anda. Terutama ketika smartphone Motorola dalam keadaan terkunci oleh pola / kata sandi layar, maka Hard Reset dapat dijadikan pilihan. Dalam kondisi tersebut, data pada memori internal akan dihapus secara permanen dan tidak dapat dikembalikan lagi. Panduan di atas dapat Anda lakukan pada semua seri smartphone Motorola seperti Motorola One, Motorola G, Moto E, Moto G, Motorola Edge, dan lainnya. Jika nantinya terdapat perbedaan tampilan dan nama fungsi, maka Anda bisa menyesuaikannya.

Bagaimana mengatasi HP Motorola yang bootloop?

Bootloop dapat di atasi dengan Hard Reset atau Flashing dengan memasang Firmware kembali. Tetapi jika bootloop terjadi karena kerusakan komponen, maka perbaikan hanya dapat dilakukan oleh teknisi yang lebih berpengalaman.

Bagaimana mengatasi lupa pola kunci / kata sandi layar Motorola?

Anda bisa mengatasi lupa pola kunci Motorola dengan melakukan Hard Reset melalui Android Recovery Mode.

Apakah Hard Reset Motorola membutuhkan konfirmasi pola kunci / kata sandi layar?

Tidak, Hard Reset Motorola tidak membutuhkan konfirmasi pola kunci / kata sandi layar.

Bagikan artikel ke media sosial Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau sampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

~ Artikel ditulis oleh Rudi Dian Arifin, Editor oleh Wahyu Setia Bintara

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.