8 Fungsi dan Manfaat Microsoft Word

Di bawah ini tersedia sejumlah fungsi dan manfaat dari Microsoft Word yang bisa Anda simak dan…

Sebagai pengguna laptop dan komputer, Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan salah satu aplikasi dari Microsoft yaitu Microsoft Word (bagian dari paket Microsoft Office). Microsoft Word sendiri merupakan aplikasi pengolah kata yang sangat populer dan banyak digunakan untuk mempermudah pengguna dalam menyelesaikan pekerjaan. Misalnya seperti membuat laporan, dokumen, berbagai jenis surat, tugas perkuliahan, sekolah, dan lain-lain.

Tidak dipungkiri bahwa pada saat ini banyak sekali bermunculan aplikasi-aplikasi baru yang serupa dengan Microsoft Word, namun popularitas Microsoft Word sendiri dapat bertahan dan tidak mudah tergantikan. Salah satu faktor Microsoft Word dapat bertahan menjadi pilihan yaitu, karena Microsoft Word tersedia di berbagai jenis sistem operasi, seperti Microsoft Windows, Mac OS, Android, dan iOS. Untuk Anda yang masih bingung mengenai fungsi dan manfaat dari Microsoft Word, berikut ini merupakan penjelasan singkat yang dapat Anda simak.

Lihat Juga : Pengertian Google Docs

Apa itu Microsoft Word?

Mengatur Margin Skripsi Word
Sumber Gambar : Microsoft

Microsoft Word adalah bagian dari paket instalasi Microsoft Office, merupakan sebuah program yang berfungsi sebagai perangkat lunak pengolah kata baik berupa huruf maupun angka yang dapat melakukan berbagai macam pekerjaan seperti membuat, mengedit, dan memformat berbagai jenis dokumen seperti buku, jurnal, surat, brosur, dan lain-lain.

Microsoft Word sendiri pertama kali muncul dengan nama Multi-Tool Word untuk sistem operasi Xenix, pada tanggal 23 Oktober 1983. Kemudian menjadi bagian dari Microsoft Office System versi 2003 dan 2007, hingga kemudian beralih nama menjadi Microsoft Word. Hadirnya Microsoft Word merupakan sebuah inovasi untuk dapat membuat dokumen secara lebih mudah cepat. Selain itu pada saat ini Microsoft Word juga telah hadir dengan berbagai macam versi yang mempunyai keunggulannya masing-masing.

Lihat Juga : 200 Shortcut Microsoft Word Lengkap

Fungsi dan Manfaat Microsoft word

Kegunaan Microsoft Word
Sumber Gambar : lifewire.com

1. Membuat komunikasi lebih mudah

Fungsi pertama dari Microsoft Word adalah untuk memudahkan Anda dalam berkomunikasi. Sebelum adanya Microsoft Word, Anda harus menulis di atas kertas terlebih dahulu atau mengetik dengan mesin tik untuk menulis surat. Kemudian dengan munculnya perangkat lunak pengolah kata yaitu Microsoft Word, komunikasi menjadi lebih mudah dan tidak terlalu bergantung pada kertas dan mesin tik.

2. Dapat digunakan untuk membuat dokumen

Fungsi yang kedua dari Microsoft Word adalah dapat dimanfaatkan untuk membuat dokumen. Mulai dari jenis dokumen formal, semi formal, dan informal. Aplikasi ini memberikan kemudahan dalam pembuatannya. Untuk mencetak pada kertas apa pun, cukup sambungkan komputer atau laptop Anda ke perangkat keras seperti printer.

3. Menjadikan dokumen Anda lebih menarik

Saat menulis secara manual atau dengan mesin tik, tampilan dokumen terlihat biasa saja. Namun, dengan munculnya Microsoft Word, dokumen dapat dibuat lebih menarik dan mudah dibaca. Banyak fitur yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan Microsoft Word, misalnya Anda dapat memilih jenis font, ketebalan tulisan, ukuran huruf, dan warna huruf sesuai dengan keinginan Anda. Dengan begitu, dokumen yang Anda buat akan terlihat lebih menarik.

Lihat Juga : 10 Cara Mengubah Ukuran Kertas di Microsoft Word

4. Dapat menyisipkan gambar

Sebelum kehadiran Microsoft Word, jika Anda ingin menambahkan gambar pada dokumen atau tulisan, Anda harus menempelkan atau langsung menggambar pada kertas tersebut terlebih dahulu. Namun dengan adanya Microsoft Word saat ini, Anda hanya perlu menyisipkan atau menambahkan gambar yang Anda inginkan pada dokumen Anda.

5. Untuk membuat berbagai jenis surat

Selanjutnya, Anda dapat menggunakan aplikasi Microsoft Word untuk membuat berbagai macam jenis surat, dari mulai surat pribadi hingga surat resmi. Biasanya surat resmi digunakan untuk berbagi macam keperluan instansi, kantor, sekolah, dan lain-lain. Tidak hanya itu, jika Anda membuat surat menggunakan Microsoft Word, Anda dapat menambahkan beberapa elemen untuk menunjang surat tersebut. Seperti membuat KOP surat, menambahkan tanda tangan digital, atau menyisipkan beberapa gambar.

6. Untuk membuat tabel

Anda tidak perlu menggunakan penggaris lagi jika Anda ingin membuat tabel pada dokumen Anda. Karena dengan menggunakan Microsoft Word Anda dapat membuat tabel dengan jumlah dan bentuk kolom sesuai dengan keinginan Anda.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatur Margin di Microsoft Word

7. Meminimalisir adanya kesalahan penulisan

Fitur auto correct yang ada pada Microsoft Word dapat membetulkan kata-kata yang salah pada tulisan Anda secara otomatis. Sehingga jika ada kesalahan penulisan kata pada dokumen, Anda tidak perlu mengulangi dari awal, cukup hapus beberapa bagian yang salah dan ganti dengan kata yang benar.

8. Mengurangi penggunaan kertas

Dengan menggunakan Microsoft Word maka Anda dapat meminimalisir terjadinya kesalahan saat sedang mengetik atau membuat tulisan pada dokumen Anda. Serta Anda tidak perlu mengulangi dari awal sehingga secara otomatis hal tersebut juga dapat mengurangi penggunaan kertas yang Anda pakai. Berbeda dengan saat Anda menggunakan mesin tik. Apabila terjadi kesalahan dalam penulisan maka Anda harus mengulang dari awal dan mengganti dengan kertas yang baru.

Lihat Juga : Pengertian Teknologi Informasi

Penutup,

Sebagai aplikasi pengolah kata, Microsoft Word dapat menjadi pilihan utama dan paling popular digunakan hingga saat ini. Berbagai kemudahan juga dapat dinikmati penggunanya ketika ingin membuat berbagai jenis dokumen, baik itu dokumen pribadi, maupun resmi. Berbagai macam manfaat juga didapatkan oleh pengguna Microsoft Word ketika menggunakannya sehari-hari. Sehingga tidak heran jika Microsoft Word menjadi pilihan banyak orang dan sudah mengeluarkan beberapa versi sampai sekarang.

Apakah keunggulan Microsoft Word?

Beberapa keunggulan yang Anda dapatkan ketika menggunakan Microsoft Word adalah Anda dapat membuka dan menyimpan dokumen kapan saja sesuai keinginan Anda, Kemudian ukuran dokumen yang tersimpan juga relatif kecil sehingga tidak menghabiskan ruang penyimpanan Anda, selain itu Microsoft Word juga dapat menyimpan dokumen Anda dengan berbagai format sesuai kebutuhan Anda. Dan yang terakhir, terdapat banyak template yang dapat Anda gunakan untuk membuat dokumen Anda lebih menarik dan profesional.

Apakah perbedaan Microsoft Word versi web dan desktop?

Microsoft Word versi web tidak dapat membuka atau mengedit dokumen dengan format .pdf. Jadi apabila Anda ingin membuka file dokumen tersebut maka Anda harus konversi dokumen tersebut terlebih dahulu dalam bentuk .doc. Selain itu beberapa fitur Microsoft Word versi desktop juga tidak dapat Anda temui di web. Seperti contohnya fitur Captions, Citation and Bibliography, Cover Pages, Mail Merge, Equation, Advanced Printing, Researcher, SmartArt, Table of Authority, Watermark, dan beberapa fitur unggulan lainnya.

Bagaimana cara mengatasi file word yang tidak bisa dibuka?

Anda tentu saja pernah mengalami di mana file word Anda tidak dapat dibuka atau mengalami kerusakan. Anda tidak perlu khawatir, karena beberapa cara ini dapat Anda lakukan agar Anda dapat membuka file Anda kembali. Contohnya dengan cara ubah ekstensi file word Anda, kemudian cara yang kedua adalah buka file word Anda dengan fitur Open and Repair pada komputer atau laptop Anda, Kemudian cara yang selanjutnya dapat Anda buka dalam Microsoft Word dengan versi yang berbeda, dan cara yang terakhir adalah Anda dapat menggunakan program untuk Repair atau Recovery Third Party (pihak ketiga).


Penulis : Adella Eka Ridwanti | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Artikel terkait

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 15 Cara Mengatasi Tidak Bisa Upload Foto dan Video Instagram

    Berikut penyebab dan tips memperbaiki aplikasi Instagram yang tidak bisa upload foto dan video
  2. 9 Cara Mengatasi Shopee Error, Tidak Bisa Dibuka

    Berikut penyebab dan solusi memperbaiki aplikasi Shopee tidak bisa dibuka di HP Android
  3. 17 Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka

    Berikut penyebab dan solusi mengatasi Google Play Store tidak bisa dibuka di HP Android yang dapat…