10 Cara Mengatur Ukuran Kertas di Microsoft Word

Anda bisa atur ukuran kertas di Microsoft Word melalui menu Page Setup. Selengkapnya, simak ulasannya berikut…

Dalam mengerjakan suatu tugas, seperti artikel, skripsi, jurnal, laporan, surat, dan sebagainya di Microsoft Word, tentu ada beberapa syarat dan ketentuan format dokumen yang harus dipenuhi. Misalnya seperti ukuran font, jenis font, margin, ukuran kertas, dan sebagainya. Ini dilakukan agar dokumen yang dibuat terlihat lebih rapi dan konsisten seperti dokumen sejenis pada umumnya. Apalagi jika dokumen tersebut akan dicetak, maka penting sekali kita memperhatikan ukuran kertas agar tidak terjadi kesalahan.

Di Indonesia sendiri, ukuran kertas yang sering digunakan yaitu A4, Letter, dan Legal. Sementara default ukuran kertas di Microsoft Word adalah Letter, “21,59 cm x 27,94 cm”. Nah, ukuran kertas di Microsoft Word sendiri bisa diganti sesuai kebutuhan, bisa A3, A4, A5, B4, B5, Tabloid, Legal, dan lain sebagainya. Meski sebenarnya mudah dilakukan, beberapa pengguna yang masih pemula merasa bingung cara mengatur ukuran kertas di Microsoft Word. Hal ini sangat wajar, terutama bagi pelajar atau orang tua yang masih baru pertama kali menggunakan Microsoft Word untuk membuat dokumen atau mengerjakan tugas.

Lihat Juga : 10 Cara Membuka File Word, Excel, PPT, PDF di HP

Cara mengatur ukuran kertas di Microsoft Word

Dalam mengatur ukuran kertas di Microsoft Word, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Pertama, Anda bisa memilih ukuran kertas yang sudah ada. Kedua, Anda bisa atur / kustom sendiri ukuran kertas. Dan yang ketiga, Anda bisa menambah ukuran kertas agar saat dibutuhkan nantinya tidak atur lagi secara manual. Dan dalam ketentuannya, ukuran kertas maksimum di Microsoft Word (semua versi) adalah 22 inci atau 55,88 cm. Lebih dari itu, Anda tidak bisa menambahkannya. Untuk mengatur ukuran kertas di Microsoft Word, simak dan ikuti panduannya berikut ini.

Catatan: Panduan ini dilakukan pada Microsoft Word 2019. Jika Anda masih menggunakan versi yang lebih rendah (2016, 2013, 2010, 2007), silakan menyesuaikan.

Pilih ukuran kertas yang ada

Metode pertama, Anda bisa memilih ukuran kertas yang sudah di sediakan Microsoft Word (Letter, Tabloid, Statement, Executive, A3, A4, A5, B4, B5). Jika misalnya Anda butuh ukuran kertas A4, maka Anda tidak perlu mengaturnya secara manual. Anda tinggal pilih saja ukuran kertas A4 “21 cm x 29,7 cm”.

1. Silakan buka aplikasi Microsoft Word di laptop / komputer Anda. Kemudian, klik tab Layout pada daftar menu Ribbon yang ada di bagian atas. Bagi pengguna Microsoft Word 2013, 2010, 2007 klik pada menu Page Layout.

1 Klik tab Layout Microsoft Word
1. Klik tab Layout di Microsoft Word. RUDI DIAN ARIFIN

2. Pada tab Layout, klik Size (pada grup Page Setup) untuk melihat daftar ukuran kertas yang ada. Kemudian, Anda bisa memilih ukuran kertas yang dibutuhkan. Jika misalnya Anda butuh ukuran kertas A4, maka Anda bisa pilih A4.

2 Klik Size Microsoft Word
2. Klik Size untuk melihat daftar ukuran kertas. RUDI DIAN ARIFIN

Atur sendiri ukuran kertas

Jika ukuran kertas yang Anda inginkan tidak ada dalam daftar, maka Anda bisa atur sendiri secara manual. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Pada tab Layout di Microsoft Word, Anda bisa klik Size » More Paper Sizes… untuk melihat daftar ukuran kertas lainnya.

1 Klik more paper sizes
1. Klik More Paper Sizes. RUDI DIAN ARIFIN

2. Kemudian, Anda bisa kostum sendiri ukuran kertas dengan mengisi kolom Width dan Height (dalam cm) sesuai dengan ukuran yang Anda inginkan. Jika sudah, Anda bisa klik OK untuk menyimpan ukuran tersebut pada dokumen yang Anda buat.

2 Kustom ukuran kertas Microsoft Word
2. Isi kolom Width dan Height (dalam cm). RUDI DIAN ARIFIN
Jenis kertasLebarTinggi
F4 / HVS / Folio21,59 cm33.02 cm
A421 cm29,7 cm
A514,8 cm21 cm

Menambah ukuran kertas

Meski Anda bisa dengan mudah untuk kustom sendiri ukuran kertas, tetapi Anda harus mengatur ulang kembali setiap membuat dokumen. Jika ukuran kertas yang Anda inginkan akan digunakan pada dokumen baru lainnya, Anda bisa menambahkan ukuran kertas tersebut pada daftar melalui menu Settings di OS Windows Anda. Dengan cara ini, Anda tidak perlu lagi mengisi ukuran secara manual.

1. Pertama, buka Start menu di laptop / PC Windows Anda, kemudian klik menu Settings. Jika tidak terdapat menu Settings, manfaatkan fitur pencarian untuk mencari menu Settings. Atau alternatif lain, Anda bisa menggunakan shortcut key Windows + I untuk membuka menu Settings.

1 Klik Start menu Windows 11
1. Buka menu Settings di Windows 11. RUDI DIAN ARIFIN

2. Pada halaman Settings, pilih tab Bluetooth & devices » gulir ke bawah, lalu pilih Printers & scanners.

2 Klik printers & scanners
2. Pilih menu Printers & scanners. RUDI DIAN ARIFIN

3. Kemudian gulir ke bawah lagi, klik Print server properties.

3 Klik print server properties
3. Klik Print server properties. RUDI DIAN ARIFIN

4. Centang bagian Create a new form, kemudian isikan Form name dengan nama kertas yang Anda inginkan. Atur Width dan Height pada Paper size (dalam cm). Jika sudah, klik Save form dan OK untuk menambahkan ukuran kertas.

4 Tambah ukuran kertas di Windows
4. Atur nama dan ukuran kertas sesuai keinginan Anda. RUDI DIAN ARIFIN

Bagi pengguna Windows 7, Anda bisa menemukan fitur Print server properties pada menu Device and Printers di menu Control Panel; di atas Devices and Properties. Agar lebih mudah, Anda bisa mengetikkan nama fitur tersebut pada kolom pencarian di Start menu Windows 7.

Setelah mengikuti cara di atas, Anda bisa tutup Microsoft Word lalu buka kembali. Kemudian buka tab Layout » Size untuk melihat daftar ukuran kertas yang telah Anda tambahkan.

Lihat Juga : 10 Cara Mengubah File PDF ke JPG

Penutup,

Dari ketiga metode di atas, Anda bisa pilih metode yang paling mudah untuk dilakukan. Setelah mengatur ukuran kertas, mungkin Anda juga perlu mengatur kembali tulisan atau margin supaya lebih rapi, dan sesuai dengan yang diharapkan. Jika Anda memiliki pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

Berapa ukuran kertas A4 di Microsoft Word?

Ukuran kertas A4 adalah 21 cm x 29,7 cm.

Berapa ukuran margin kertas A4 di Microsoft Word?

Umumnya, margin yang digunakan untuk membuat dokumen di Microsoft Word adalah Left: 4 cm, Top: 3 cm, Right: 3 cm, dan Bottom: 3 cm.

Bagaimana cara mengatur ukuran margin di Microsoft Word?

Buka tab Layout pada menu Ribbon di Microsoft Word, pilih Margins. Kemudian, Anda bisa pilih daftar margin yang ada atau atur sendiri dengan klik Custom Margins. Lalu Anda bisa atur sendiri margin yang Anda butuh kan, klik OK untuk menyimpan.


Artikel ditulis oleh Rudi Dian Arifin, Editor oleh Wahyu Setia Bintara

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Teknik Komputer Jaringan – Sejarah, Penerapan, Fungsi, dan Peluang Kerja

    TKJ merupakan salah satu jurusan yang mempelajari informasi tentang komputer dan komponen di dalamnya
  2. 120 Shortcut Adobe Photoshop Lengkap

    Berikut kumpulan tombol shortcut keyboard Adobe Photoshop terbaru dan lengkap saat ini
  3. Download Microsoft Office 2007

    Office 12 merupakan versi Microsoft Office yang di rilis pada 30 Januari 2007