Hemat Baterai Saat Bermain Game

Dianisa.comTips Cara Menghemat Baterai Saat Bermain Game Berat di Smartphone Android. Keberadaan Smartphone dikalangan masyarakat Indonesia memang sangat baik dan bahkan dapat membantu kehidupan sehari – hari. Komunikasi jauh lebih mudah dan cepat dengan adanya Smartphone. Banyaknya Vendor yang memproduksi Smartphone dengan kelas tinggi membuat masyarakat ter-iming – iming dan ingin memilikinya.

Baca Juga :

Berbagai kegiatan dan pekerjaan bisa terbantu dengan adanya smartphone mulai dari menyimpan data, berbagi data/ sharing, diskusi, chatting, internetan, dan lainnya bisa dilakukan di smartphone Android. Bahkan layanan dan aktifitas hiburan-pun bisa dilakukan pada Smartphone Android, terutama “Bermain Game”.

Seperti yang kita ketahui bahwa Game telah merajai sebagai Aplikasi paling sering digunakan oleh pengguna Smartphone dan Tablet Android. Banyak orang mengisi waktu luang mereka dengan bermain game, bahkan sampai lupa waktu dan tempat. Untuk saat ini saja ada banyak game yang Booming seperti Pokemon Go!, Grand Theft, Clash of Clans, Temple Run 2, Candy crush Saga, dan lainnya. Intinya adalah game tersebut sangat populer dan masuk pada TOP Game di Google Play Store.

Menghemat Baterai Android Saat Bermain Game Berat

Pada dasarnya game yang saya sebut diatas termasuk Game kelas berat, bisa dibilang hanya dapat dimainkan oleh Smartphone dan tablet Android dengan performa tinggi supaya game bisa dimainkan tanpa LAG. Agar Android anda tetap hemat daya, hemat memory, dan hemat data, ada beberapa tips yang bisa anda terapkan. Lebih jelasnya, silahkan anda simak ulasan mengenai Cara Menghemat Betarai Smartphone Saat Bermain Game Berat berikut ini.

1. Turunkan Tingkat Kecerahan Layar Smartphone

Salah satu cara yang memang sudah biasa dilakukan oleh para pengguna Android saat bermain game berat namun hemat baterai yakni dengan menurunkan tingkat kecerahan pada layar Smartphone. Saya rasa cara ini memang sangat ampuh dalam menghemat baterai, karena tingkat kecerahan layar yang tinggi memang dapat menguras baterai, maka dari itu jika tidak terlalu penting sebaiknya turunkan tingkat kecerahan.

Dan untuk mempermudah anda bermain Game, bermainlah di dalam ruangan tanpa paparan sinar matahari. Karena jika ada paparan dari sinar matahari secara langsung maka dapat dipastikan layar tidaka akan terlihat. Untuk menurunkan tingkat kecerahan layar, anda bisa langsung masuk pada menu pengaturan dan carilah fitur Brightness & Contrast (Tergantung merek Smartphone Android anda).

Baca Juga :

2. Aktifkan Mode Hemat Daya

Smartphone dengan OS terbaru sudah dilengkapi dengan fitur hemat daya atau mode power saving. Fitur semacam itu memang bisa membantu menghemat baterai saat anda sedang asyik bermain game. Selain pada smartphone, fitur Power Saving juga sudah ada pada Game tertentu, seperti Pokemon GO!. Pokemon GO juga sudah dilengkapi dengan fitur hemat baterai yang tentunya ini sangat baik dan berguna sekali saat bermain game.

Selain pada Game, anda juga bisa mengaktifkan fitur hemat betarai pada Smartphone Android itu sendiri. Biasanya fitur hemat betarai ada pada bagian menu pengaturan/ Setting.

3. Matikan Volume Game

Saat bermain game memang lebih seru apabila volume terus aktif, karena suara yang dihasilkan juga sangat memuaskan dan terlihat lebih keren. Namun tahukan anda, jika ada ingin Baterai Android Anda tetap hemat tentunya anda harus mematikan Volume tersebut. Intinya adalah anda tetap bisa bermain game dan yang terpenting anda bisa naik ke Level yang lebih tinggi.

Volume tidak begitu penting karena bisa membuat sensasi bermain lebih nyata, namun yang terpenting adalah anda bisa naik level dan mengalahkan semua musuh yang ada.

Baca Juga :

4. Matikan Bluetooh dan Wi-Fi Saat Bermain Game

Saat bermain Game, saya rasa Bluetooth ataupun Wi-Fi tentunya tidak digunakan, maka dari itu sebaiknya matikan saja fitur tersebut. Karena jika fitur tersebut terus aktif maka akan membuat baterai cepat. Alasannya sederhana, fitur Bluetooth dan Wi-Fi terus mencari Access Point pada Area terdekat didaerah anda. Tapi jika anda menggunakan Wi-Fi sebagai alasan untuk bermain Game maka anda tidak perlu mematikannya, seperti COC atau Pokemon GO!.

5. Matikan Aplikasi Yang Berjalan Di Backround

Meskipun anda telah menutup semua aplikasi yang ada, namun nyatakan ada beberapa aplikasi tertentu yang tetap berjalan di belakang layar/ background. Dan hal tersebut akan membuat Baterai Smartphone cepat habis. Saat anda bermain game sebaiknya matikan semua aplikasi yang berjalan di belakang layar tersebut, supaya anda bisa bermain game dengan leluasa dan hemat baterai.

Aplikasi messenger kebanyakan berjalan di background seperti BBM, WhatsApp, LINE, WeChat, Path, Facebook Messenger, Instagram, dan lainnya. Matikan aplikasi tersebut jika tidak anda gunakan.

Baca Juga :

6. Minimalkan Penggunaan Grafis dan Animasi

Sebagai pengguna Android anda bisa mengurangi penggunaan grafis supaya baterai tetap hemat. Anda bisa masuk pada mode Pengembang/ Developers untuk mengurangi penggunaan Grafis dan Animasi. Selain itu, anda juga harus mengganti Wallpaper Live anda dengan Wallpaper yang biasa – biasa saja tanpa membutuhkan daya yang besar.

7. Aktifkan Mode Pesawat Terbang

Mengaktifkan mode air plane akan memutuskan semua koneksi jaringan mulai dari Internet/ data, Operator, dan lainnya. Semua aktifitas komunikasi anda akan terputus dan tidak bisa anda lakukan seperti SMS, Telepon, Internetan, BBM, LINE, WhatsApp, dan lainnya. Hal ini memang sangat ekstrim, tapi bisa menghemat baterai saat anda bermain game berat.

Baca Juga :

8. Gunakan Power Bank Sebagai Jaga – Jaga

Semua cara diatas memang cara menghemat baterai, tapi tetap sama dilain waktu baterai anda juga akan habis dan membutuhkan daya. Jika ada jauh dari tempat Stop Kontak alangkah lebih baiknya anda membawa Power Bank sebagai cadangan saat ingin mengisi daya baterai. Anda bisa membawa dan mencolokkannya dengan USB di manapun dan kapanpun anda inginkan.

Baca Juga :

Itulah beberapa tips yang bisa anda terapkan dalam Menghemat Baterai Smartphone Saat Sedang Bermain Game. Bagikan artikel ini melalui sosial media supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan atau sampaikan, tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here