Spesifikasi PC untuk GTA V

GTA V merupakan game singlet player yang bertema open World

Grand Theft Auto atau yang biasa dikenal oleh banyak orang dengan GTA, merupakan game garapan Rockstar Games yang mengusung tema open world modern dengan banyak aspek realistis. GTA sendiri membawa mode single player yang mana kita sebagai pemain akan menjalankan karakter dalam GTA dengan perspektif third person. Dalam game-nya sendiri para pemain akan diberikan kebebasan dalam bagaimana cara menjalankan permainannya. Anda dapat mengikuti beragam misi dengan alur cerita yang telah dibangun oleh developer atau justru menjalani kehidupan bebas dalam GTA.

Sejauh ini Grand Theft Auto Five merupakan game paling laris dari keseluruhan seri GTA, bahkan termasuk paling laris dari seluruh produk yang dibuat oleh Rockstar Games. Bagaimana tidak? Sejak awal rilis GTA V telah di re-master ke dalam tiga generasi konsol yaitu PS3, PS4 dan PS5. Namun dalam pembahasan kali ini kita akan mengulas tentang GTA V pada platform PC, atau lebih tepatnya spesifikasi PC seperti apa yang mampu menjalankan seri kelima dari Grand Theft Auto secara stabil.

Lihat Juga : Spesifikasi Genshin Impact di PC, HP dan Konsol

Spesifikasi Grand Theft Auto V untuk PC

Spesifikasi GTA V
Sumber Gambar : medcom.id

Agar Anda dapat memainkan GTA V tanpa adanya kendala, Rockstar Games merilis game tersebut dengan memberikan dua pilihan spesifikasi, yaitu spesifikasi rekomendasi bagi Anda pengguna PC kelas atas yang ingin menikmati GTA V dengan lebih maksimal. Dan spesifikasi minimum untuk Anda yang ingin memainkan GTA V dengan pengaturan permainan level rendah namun masih layak untuk dimainkan. Berikut spesifikasi resminya:

Informasi perangkatSpesifikasi rekomendasi
Sistem OperasiWindows 10 64 Bit, Windows 8.1 64 Bit, Windows 8 64 Bit, Windows 7 64 Bit Service Pack 1
ProcessorIntel Core i5 3470 @ 3.2GHz (4 CPUs) / AMD X8 FX-8350 @ 4GHz (8 CPUs)
Memory8 GB RAM
GraphicsNVIDIA GTX 660 2GB / AMD HD 7870 2GB
Sound Cardkompatibel dengan DirectX 10
StorageTersedia ruang kosong 72 GB

Spesifikasi di atas merupakan kebutuhan sistem yang direkomendasikan oleh developer bagi mereka yang ingin memainkan GTA V dalam potensi penuhnya. Akan tetapi apabila spesifikasi di atas masih cukup berat bagi perangkat Anda, berikut di bawah ini adalah kebutuhan spesifikasi minimum untuk memainkan GTA V:

Informasi perangkatSpesifikasi minimum
Sistem OperasiWindows 10 64 Bit, Windows 8.1 64 Bit, Windows 8 64 Bit, Windows 7 64 Bit Service Pack 1
ProcessorIntel Core 2 Quad CPU Q6600 @ 2.40GHz (4 CPUs) / AMD Phenom 9850 Quad-Core Processor (4 CPUs) @ 2.5GHz
Memory4 GB RAM
GraphicsNVIDIA 9800 GT 1GB / AMD HD 4870 1GB (DX 10, 10.1, 11)
Sound Cardkompatibel dengan DirectX 10
StorageTersedia ruang kosong 72 GB

Lihat Juga : Arti kata Suhu, Mastah dan Newbie

Cara mendapatkan Grand Theft Auto V di PC

Sebagai seseorang yang telah cukup lama berkecimpung di dunia komputer, tentunya kita sudah tahu tentang bagaimana cara mendapatkan aplikasi software maupun produk digital lainnya secara gratis namun illegal. Akan tetapi ada baiknya bagi kita untuk sedikit mengubah perilaku seperti ini. Pasalnya dengan mendapatkan produk secara legal melalui cara yang benar, dapat menjadi salah satu bentuk dukungan kita terhadap developer game maupun aplikasi.

Mengapa demikian? Supaya mereka turut mengembangkan produk yang lebih baik lagi ke depannya. Bagi Anda yang ingin turut mendukung developer agar dapat terus mengembangkan game-game yang lebih baik, berikut adalah cara mengunduh Grand Theft Auto Five secara resmi dan legal via Steam.

STEP 1 : Langkah pertama, silakan buka Steam melalui browser » buat akun terlebih dahulu melalui layanan “Join Steam” dan ikuti instruksi yang diberikan. Anda hanya dapat mendaftarkan akun steam melalui email yang belum pernah terdaftar sebelumnya. Mengingat Anda membutuhkan akun yang terdaftar setiap kali memainkan sebuah game.

STEP 2 : Jika sudah terdaftar, berikutnya install aplikasi Steam pada perangkat Anda. Lalu buka Steam yang telah terpasang, klik kolom pencarian » ketik Grand Theft Auto V.

STEP 3 : Selanjutnya pilih edisi GTA V yang ingin Anda beli. Jika sudah, masuk ke bagian pembayaran » pilih Metode Pembayaran (Steam Wallet atau Kartu Kredit)

STEP 4 : Setelah pembayaran yang Anda lakukan selesai, maka GTA V sudah tersedia pada library game pada steam Anda. Kemudian pada bagian library, klik GTA V » klik Begin download. Tunggu sampai selesai, karena GTA V sendiri termasuk game besar yang mungkin membutuhkan waktu yang relatif lama tergantung koneksi yang Anda gunakan.

STEP 5 : Ketika proses instalasi telah selesai, Anda akan diminta untuk menyiapkan akun Rockstar Games, yang dapat Anda lakukan dengan menggunakan kredensial Steam pengguna. Setelah login selesai, Anda dapat mulai bermain GTA V.

Lihat Juga : Memahami FPS dalam Game

Penutup,

Meskipun telah memiliki umur hampir satu dekade sejak awal rilisnya, GTA V masih saja tetap populer dan tetap layak dimainkan dalam sela-sela waktu senggang Anda. Lebihnya lagi spesifikasi dari game kembangan Rockstar ini sendiri sudah tergolong ke dalam kelas menengah di jaman sekarang, sehingga dapat dimainkan oleh siapa saja yang memiliki laptop kelas pertengahan seperti Lenovo Thinkbook series, ASUS ZenBook UX410UQ dan sejenisnya yang setara.

Apakah GTA V dimainkan secara online atau offline?

Untuk GTA V sendiri dapat dimainkan secara offline, namun Anda juga dapat memainkannya dalam mode online sehingga memungkinkan Anda untuk bermain dengan player lain dari seluruh penjuru dunia.

Apakah GTA V tersedia secara gratis?

GTA V bisa Anda dapatkan secara legal melalui platform resmi seperti Steam maupun Epic Game Store, yang mana nantinya Anda harus mengeluarkan sejumlah uang untuk mengunduhnya. Meski begitu, ada saat-saat di mana Steam maupun Epic Game Store menyediakan game-nya dengan potongan harga tinggi maupun gratis dalam kesempatan tertentu.

Berapa kapasitas penyimpanan GTA V?

Untuk kapasitas penyimpanan yang dibutuhkan untuk bermain Grand Theft Auto Five pada PC dibutuhkan ruang kosong sekitar 72GB.

Apakah kita bisa memainkan GTA V di Laptop?

Anda dapat memainkan GTA V dalam perangkat PC maupun Laptop dengan syarat bahwa perangkat digunakan memiliki sistem hardware yang memenuhi kriteria minimum.

Bagikan artikel ke media sosial Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika Anda mempunyai pertanyaan ataupun pendapat yang ingin disampaikan, tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih!


Artikel ditulis oleh Agung Wijaya, Editor oleh Wahyu Setia Bintara, Rudi Dian Arifin

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Daftar Harga iPad Terbaru | DESEMBER 2021

    Seri iPad terbaru dijual dari harga Rp. 4,6 jutaan sampai Rp. 23 jutaan untuk seri paling…
  2. Daftar Harga HP OPPO Terbaru | DESEMBER 2021

    Pada Q3 2021, OPPO menjadi salah satu brand smartphone dengan penjualan terbanyak di Indonesia, dengan pangsa…
  3. Daftar Harga HP OPPO Reno Series Terbaru | DESEMBER 2021

    OPPO Reno Series adalah varian HP OPPO kelas menengah yang dijual dengan harga Rp 3-12 jutaan