9 Cara Mengatasi File Explorer Error, Tidak Bisa Dibuka

File Explorer atau lebih dikenal dengan sebutan Windows Explorer, merupakan sebuah aplikasi perangkat lunak yang menyediakan antarmuka grafis kepada pengguna komputer untuk mengakses sistem berkas. Aplikasi ini termasuk bagian dari sistem operasi Microsoft Windows. Dengan kata lain, File Explorer hanya dapat ditemukan pada sistem Windows saja. Secara umum File Explorer ini dapat dikatakan sebagai alat untuk menampilkan folder atau file yang terdapat di dalam perangkat Anda.

Melihat fungsi serta kegunaannya tersebut File Explorer berperan aktif ketika mengoperasikan komputer atau laptop. Misalnya untuk mengakses folder pekerjaan, menghapus file yang tidak dibutuhkan hingga menyimpan data penting ke dalam Drive perangkat Anda.

Namun dalam beberapa kondisi tertentu, File Explorer dapat mengalami kendala yang cukup meresahkan pengguna komputer. Seperti halnya terdapat stuck/ macet, tidak merespons hingga File Explorer tidak bisa dibuka atau not responding. Jika memang Anda mengalami hal tersebut, tentu saja aktivitas Anda akan terganggu bukan. Anda tidak bisa mengakses atau melihat semua folder yang ada di dalam Drive. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai masalah File Explorer bermasalah, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Lihat Juga : 9 Cara Mengatasi Search Windows 10 Tidak Berfungsi

Jenis Error File Explorer

Jika berbicara mengenai File Explorer yang tidak bisa dibuka, tentu saja setiap pengguna mengalami kondisi atau respons yang berbeda-beda. Bisa jadi File Explorer tidak merespons ketika di klik atau mungkin mendadak not responding ketika dijalankan. Berikut penjelasannya mengenai permasalahan tersebut.

  • File Explorer tidak merespons ketika di klik. Adapun beberapa faktor penyebab dari kemungkinan terjadinya File Explorer yang tidak merespons, misalnya Service Windows yang macet. Banyaknya file cache/sampah yang menumpuk pada sistem juga dapat menyebabkan respons File Explorer lebih lambat.
  • Mengalami not responding ketika dijalankan. Tidak sedikit pengguna Windows termasuk saya pribadi pernah mengalami File Explorer yang tidak bisa dibuka atau bermasalah. Meskipun dapat normal kembali ketika dibiarkan beberapa saat, namun tetap saja pengguna akan terganggu melihat error yang muncul. Kondisi seperti ini biasanya terjadi ketika melakukan aktivitas multitasking yang berlebihan, tanpa melihat sumber daya komputer.
  • Dan lain sebagainya.

Lihat Juga : 6 Cara Mengatasi Photoshop Tidak Bisa Save

Penyebab File Explorer Tidak Bisa Dibuka

Tidak sedikit pengguna komputer yang beranggapan bahwa File Explorer yang bermasalah ini terjadi karena banyak hal. Untuk mengetahuinya, silakan simak penyebab umum terjadinya komputer/laptop yang membuat File Explorer tidak bisa dibuka, error, not responding dan stopped working berikut ini.

  • Sistem bermasalah. Kita sebagai pengguna komputer telah mengetahui, bahwa sistem sangat berpengaruh terhadap kinerja program atau aplikasi. Jika sistem mengalami masalah, maka kemungkinan program di dalamnya juga ikut bermasalah.
  • Multitasking berlebihan. Membuka program secara bersamaan memang sangat menyenangkan dan juga praktis, namun jika Anda membuka terlalu berlebihan juga dapat menimbulkan berbagai masalah. Salah satunya adalah File Explorer yang mendadak stopped working bahkan tidak bisa dibuka. Maka dari itu, manfaatkan fitur tersebut hanya untuk kebutuhan tertentu saja.
  • Adanya Virus dalam perangkat. Virus atau malware juga dapat dijadikan alasan mengapa File Explorer pada perangkat tidak bisa dibuka. Mengingat adanya virus tersebut mampu mengubah, merusak hingga menghapus file inti sistem di komputer/ laptop.
  • Dan lain sebagainya.

Lihat Juga : 7 Cara Uninstall Aplikasi Windows

Cara Mengatasi File Explorer Error, Tidak Bisa Dibuka

Setelah melihat beberapa sebab permasalahan yang terjadi, Anda tidak perlu khawatir. Mengingat ada beberapa solusi yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah File Explorer yang tidak bisa dibuka di Windows 7, 8 dan 10. Akan tetapi, melalui artikel kali ini saya menggunakan Windows 10 sebagai bahan pendukung dalam memperbaikinya. Namun jika Anda menggunakan sistem operasi Windows yang lebih rendah, silakan Anda lakukan sedikit penyesuaian terhadap metode yang dilakukan. Simak beberapa tipsnya berikut ini.

1. Muat Ulang Komputer/Laptop Anda

Restart komputer anda
1. Lakukan restart ulang perangkat Anda. RUDI DIAN ARIFIN

Solusi pertama yang paling mudah dan praktis untuk dilakukan adalah dengan me-restart komputer/laptop. Mengingat dalam beberapa kondisi tertentu, masalah ini disebabkan oleh Service sistem yang tidak berjalan. Oleh karena itu, dengan melakukan restart bisa membuat perangkat berjalan normal kembali.

Solusi ini sangat ampuh untuk memperbaiki masalah File Explorer yang macet, error atau tidak bisa dibuka. Selain itu, juga dapat Anda gunakan untuk mengatasi Windows Explorer has stopped working. Hal tersebut juga berguna untuk memastikan bahwa terdapat pembaruan yang tertunda telah terinstal atau tidaknya.

2. Melakukan Pembaruan Windows 10

Windows 10 Update
2. Jalankan Windows Update. WAHYU SETIA BINTARA

Ketika terdapat kegagalan dalam pembaruan Windows, maka dapat menimbulkan kendala setelahnya. Hal ini juga berlaku pada File Explorer yang tidak bisa dibuka. Untuk memperbaiki masalah tersebut, Anda hanya perlu melakukan pembaruan supaya perangkat bisa berjalan dengan lancar dan stabil.

  1. Pertama, klik ikon Windows pada Taskbar.
  2. Kemudian klik Settings » pilih Update & Security.
  3. Selanjutnya klik menu Windows Update » pilih Download and Install.
  4. Tunggu proses download selama beberapa saat.
  5. Jika sudah, silakan restart ulang perangkat untuk memasang pembaruan.
  6. Selesai.

Lihat Juga : 8 Cara Mengatasi Windows 7 is Not Genuine

3. Membersihkan File Cache (Disk Cleanup)

Membersihkan Cache Sistem
3. Bersihkan file cache/ sampah sistem. WAHYU SETIA BINTARA

Banyaknya file cache/ sampah pada sistem pun dapat menimbulkan gagalnya File Explorer ketika dibuka. File sampah yang menumpuk dapat memicu kinerja perangkat menjadi lebih lambat, sehingga mengakibatkan beberapa program tidak berjalan dengan normal termasuk File Explorer. Maka dari itu bersihkanlah file sampah secara berkala supaya masalah tersebut tidak terulang kembali.

  1. Pertama, ketik “dik cleanup” di kolom pencarian Windows 10 » klik Disk Cleanup dari hasil pencarian.
  2. Pilih opsi Drive yang ingin dibersihkan » tekan OK.
  3. Tunggu proses memindai selama beberapa saat.
  4. Setelah itu, pilih kotak centang bagian dari setiap tipe file yang ingin dihapus.
  5. Jika perlu, pastikan tidak ada data yang penting dalam keranjang sampah sebelum membersihkannya.
  6. Jika sudah, klik OK untuk memulai prosesnya.
  7. Selesai.

Lihat Juga : 5 Cara Membersihkan History Browser Microsoft Edge

4. Menjalankan System File Checker

Jalankan SFC Windows 10
4. Menggunakan System File Checker. WAHYU SETIA BINTARA

Solusi selanjutnya adalah dengan menjalankan System File Checker Windows 10. Jika memang permasalahan ini disebabkan karena adanya error pada sistem, maka lakukan pemindaian terhadap semua file yang ada di Windows 10. Adanya fitur System File Checker ini mampu melakukan pemindaian serta perbaikan pada file yang mengalami error/ bugs secara otomatis.

  1. Pertama, klik ikon Windows pada Taskbar.
  2. Kemudian lakukan scroll ke bawah untuk mencari Windows System.
  3. Jika sudah, klik kanan Command Prompt » More » Run as administrator.
  4. Selanjutnya ketik perintah : sfc /scannow » tekan Enter.
  5. Tunggu proses beberapa saat.
  6. Setelah itu silakan restart perangkat Anda untuk melihat hasilnya.
  7. Selesai.

Lihat Juga : 4 Cara Menghentikan Program yang berjalan Otomatis saat komputer Menyala

5. Restart Windows Explorer

Restart Windows Explorer
5. Lakukan restart Windows Explorer. WAHYU SETIA BINTARA

Selain melakukan perbaikan pada sistem, terdapat solusi mudah dalam memperbaiki masalah File Explorer yang error. Salah satunya adalah dengan me-restart Windows Explorer melalui Task Manager. Meskipun sederhana, namun solusi ini cukup ampuh dalam mengatasi File Explorer yang error.

  1. Pertama, klik kanan Taskbar Windows 10 » pilih Task Manager.
  2. Kemudian di tap “Processes”, cari dan klik Windows Explorer » klik Restart.
  3. Tunggu beberapa saat sistem me-refresh.
  4. Setelah itu, coba buka kembali Windows Explorer.
  5. Selesai.

Catatan: Ketika Anda klik Restart Windows Explorer, maka layar desktop Anda akan mengalami  macet/blank sesaat. Hal ini dikarenakan proses Explorer telah terhenti. Namun beberapa saat kemudian akan berjalan normal kembali.

6. Perbaiki Lewat Maintenance Troubleshooter

System Maintenance Windows 10
6. Memperbaiki lewat Maintenance Troubleshooter. WAHYU SETIA BINTARA

Kemudian solusi lain yang dapat Anda lakukan adalah menjalankan pemecah masalah pemeliharaan sistem. Terkadang dengan menggunakan fitur tersebut, beberapa permasalahan Windows dapat teratasi. Untuk menjalankannya, simak dan ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Pertama, ketik “Control Panel” di kolom pencarian Windows 10 » klik Control Panel dari hasil pencarian.
  2. Kemudian, ketikan “Troubleshooting” di kolom pencarian Control Panel » klik Troubleshooting dari hasil pencarian.
  3. Jika sudah, klik View all » klik System Maintenance.
  4. Di dalam jendela System Maintenance troubleshooter, silakan klik Next » Try troubleshooting as an administrator.
  5. Setelah itu, coba kembali membuka File Explorer.
  6. Selesai.

Lihat Juga : 4 Cara Mematikan Program Startup Windows

7. Menggunakan Startup Repair

Startup Repair Windows 10
7. Menjalankan Startup Repair Windows 10. WAHYU SETIA BINTARA

Terdapat fitur Window 10 yang di mana berfungsi untuk memperbaiki segala permasalahan pada sistem Windows dengan otomatis. Fitur tersebut tidak lain adalah Startup Repair. Startup Repair mampu memperbaiki kerusakan registry sistem, termasuk File Explorer yang bermasalah.

  1. Pertama, klik ikon Windows 10 pada Taskbar.
  2. Kemudian klik Settings » Update & Security » pilih Recovery.
  3. Jika sudah, lihat bagian Advanced Startup » klik Restart Now.
  4. Pada tampilan Choose an option, klik Troubleshoot » Advanced Options » klik Startup Repair.
  5. Setelah itu ikut instruksi yang ditampilkan hingga akhir.
  6. Selesai.

8. Lakukan Pemindaian dengan Antivirus

Scan komputer
8. Scanning menggunakan antivirus Windows 10. WAHYU SETIA BINTARA

Dan solusi terakhir yang dapat saya berikan adalah dengan melakukan scanning menggunakan Antivirus. Seperti yang telah saya katakan di atas, bahwa penyebab utama File Explorer yang mengalami error tidak bisa dibuka ini bisa saja dikarenakan oleh Virus. Untuk memastikannya, silakan Anda lakukan scanning menyeluruh pada sistem maupun program dengan aplikasi antivirus.

  1. Pertama, buka menu Settings » Update & Security » Windows Security.
  2. Kemudian klik Open Windows Security » Virus & threat protection.
  3. Klik Quick Scan untuk melakukan proses scanning.
  4. Tunggu sampai proses scanning selesai dilakukan.
  5. Selesai.

Lihat Juga : 8 Cara Mengatasi Suara Laptop Tidak Keluar Windows

Penutup,

Ketika berbicara mengenai File Explorer yang bermasalah, tentu saja setiap pengguna akan menemui respons yang berbeda-beda. Misalnya File Explorer yang tidak bisa dibuka, error ketika di klik, not responding, atau bahkan macet ketika dijalankan. Jika demikian, Anda dapat menyimak penjelasan dan mencoba beberapa tips di atas. Biasanya permasalahan ini disebabkan oleh sistem yang bermasalah dan multitasking berlebihan, yang saya sendiri juga pernah alami.

Apa penyebab utama File Explorer tidak bisa dibuka?

Penyebab permasalahan tersebut biasanya terjadi karena sistem Windows yang bermasalah dan adanya virus yang terdapat di komputer/laptop.

Kenapa File Explorer lambat merespons ketika di klik?

Kemungkinan besar kondisi ini terjadi apabila terdapat banyaknya file cache/sampah yang menumpuk di sistem.

Apa itu Windows Explorer?

Antarmuka untuk menampilkan folder atau file yang terdapat di dalam perangkat Anda.

Bagaimana cara mengatasi Windows Explorer has stopped working?

Kondisi ini terjadi ketika Anda melakukan multitasking yang berlebihan. Untuk itu, kurangi aktivitas multitasking Anda.

Sekian ulasan singkat yang dapat saya berikan, semoga dengan salah satu metode di atas dapat memperbaiki permasalahan yang terjadi. Jika Anda memiliki pertanyaan atau pendapat mengenai ulasan di atas, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

~ Artikel ditulis oleh Wahyu Setia Bintara, Editor oleh Rudi Dian Arifin

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.

What others say | 2 Comment

  1. Paeman Aza berkata:

    Terima kasih banyak. baru sampai step System file checker sudah langsung work. Thank you very much

  2. Lia berkata:

    File explorer jika di klik muncul tulisan “the remote call procedured failed and did not execute” itu jdi bgaimna ya?