Cara Factory Reset & Hard Reset OnePlus

Factory Reset dan Hard Reset biasanya menjadi salah satu pilihan pengguna Android dalam mengatasi masalah error pada smartphone, termasuk OnePlus. Fungsi ini hadir untuk memudahkan pengguna dalam mengembalikan smartphone ke posisi pabrikan, sehingga semua error dan kerusakan sistem dapat terselesaikan.

Dalam beberapa hal, OnePlus juga sering mengalami masalah, tidak hanya kesalahan oleh pengguna namun juga sistem tidak bekerja maksimal. Meski demikian, masalah tersebut dapat diatasi dengan melakukan update sistem (Oxygen OS). Dibawah ini merupakan beberapa masalah yang kerap terjadi pada pengguna OnePlus;

Dari semua masalah tersebut salah satu solusi mengatasinya adalah dengan melakukan Factory Reset atau Hard Reset. Dalam hal ini, resiko kehilangan data ada di tangan anda sebagai pengguna. Untuk itu anda perlu melakukan backup sebelum reset smartphone. Dibawah ini saya paparkan secara jelas bagaimana melakukan Factory Reset, Hard Reset untuk OnePlus varian lama dan baru, hingga solusi untuk lupa pola kunci. Berikut ulasannya…

Lihat Juga : Download Firmware OnePlus Semua Tipe

Cara Factory Reset OnePlus

Panduan pertama adalah melakukan Factory Reset OnePlus melalui menu Settings. Opsi ini sangat mudah untuk anda lakukan dan tentu saja anda bisa memilih reset apa yang diinginkan, apakah sistem, konektivitas, atau semua data sistem dan penyimpanan. Tapi sebelum itu, pastikan untuk melakukan backup data personal anda. Untuk melakukannya, silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

STEP 1: Langkah pertama, silahkan buka menu Settings » System » Reset Options. Setelah itu, anda akan masuk ke fitur reset smartphone. Langkah ini bisa berbeda tergantung dari versi Android anda. Namun anda tetap dapat menyesuaikannya.

1 Factory Reset OnePlus

STEP 2: Setelah itu, anda bisa pilih bagian mana yang ingin anda lakukan reset, bisa Reset Wi-Fi, Mobile & Bluetooth, Reset app preferences, Erase all data (Factory Reset). Untuk Factory Reset, anda bisa pilih Erase all data (Factory Reset) » Erase All data. Tunggu sampai proses reset selesai dilakukan.

2 Reset OnePlus

Secara singkat, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Buka menu Settings.
  2. Scroll kebawah kemudian tap System.
  3. Setelah itu, pilih Reset options.
  4. Kemudian pilih Erase all data (factory reset).
  5. Jika ingin menghapus penyimpanan ponsel, enable bagian Erase internal storage.
  6. Tap ERASE ALL DATA.
  7. Selesai.

Lihat Juga : Cara Hard Reset HP Realme

Cara Hard Reset OnePlus

Berikutnya adalah panduan melakuan Hard Reset OnePlus yang bisa anda lakukan melalui menu Recovery Mode. Cara ini dapat menjadi pilihan tepat buat anda yang tidak bisa masuk ke antarmuka OnePlus, mungkin karena masalah sistem yang error atau lupa pola kunci. Ada dua metode dalam melakukan reset, untuk varian OnePlus versi lama dan OnePlus untuk versi terbaru.

Agar lebih mudah memahaminya, anda bisa masuk Recovery Mode kemudian sesuaikan dengan dua penjelasan berikut ini.

OnePlus versi lama

  1. Langkah pertama, silahkan matikan smartphone OnePlus anda.
  2. Tekan tombol Power + Volume Down secara bersamaan sampai nantinya muncul logo OnePlus.
  3. Masuk ke Recovery Mode, pilih Bahasa yang diinginkan.
  4. Scroll kebawah dengan menggunakan Volume Down, pilih Wipe Data and Cache.
  5. Lalu pilih Erase everyting (Music, Pics, etc).
  6. Konfirmasi dengan This can not be undone, continue?
  7. Tunggu sampai proses Wipe Data selesai.
  8. Kemudian reboot.
  9. Selesai.

OnePlus versi terbaru

  1. Langkah pertama, silahkan matikan dahulu smartphone OnePlus anda.
  2. Tekan tombol Power + Volume Down secara bersamaan sampai nantinya muncul logo OnePlus, lepaskan.
  3. Muncul keterangan password, silahkan konfirmasi password layar anda atau jika lupa klik Forgot Password.
  4. Muncul keterangan You will LOSE everything (Music, pics, etc). Konfirmasi dengan klik OK.
  5. Muncul keterangan lagi This can not be undone, Continue? Konfirmasi dengan OK.
  6. Kemudian secara otomatis Wipe Data dijalankan.
  7. Tunggu sampai prosesnya selesai.
  8. Setelah itu, anda akan masuk ke antarmuka baru OnePlus.
  9. Selesai.

Lihat Juga : Cara Hard Reset HP Xiaomi

Mengatasi Lupa Pola Kunci OnePlus

Saya lupa password atau pola kunci OnePlus, bagaimana mengatasinya? Dengan mengikuti panduan reset diatas, anda bisa menghilangkan pola kunci / password layar. Alternatif lain seperti konfirmasi ulang lewat email juga dapat dilakukan tanpa harus melakukan reset sehingga menghilangkan semua data yang ada.

Varian OnePlus lama, pilihan Wipe Data and Cache akan menghapus kata sandi layar. Sedangkan varian OnePlus baru, pilihan Forgot Password juga dapat menjadi solusi menghapus kata sandi layar. Untuk kedepannya, lebih baik jaga email dan password-nya agar ketika bermasalah dengan akun atau kata sandi layar mudah untuk mengembalikannya.

Lihat Juga : 5 Cara Mengatasi Lupa Pola Kunci Android

Penutup,

Itulah ulasan singkat dari saya dalam melakukan Factory Reset dan Hard Reset OnePlus serta solusi mengatasi lupa pola kunci layar, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Setiap pengguna memiliki alasan tertentu dalam melakukan reset, entah karena ingin menjual smartphone atau karena masalah sistem.

OnePlus memudahkan pengguna dalam menyelesaikan masalah dengan fitur reset tanpa syarat dan autentikasi apapun. Jika anda memiliki pertanyaan khusus seputar reset smartphone, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini.

Terima kasih dan selamat mencoba!!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.