Mengenal format GIF

GIF merupakan grafik bitmap yang dikembangkan CompuServe sebagai standar gambar berwarna 8-bit

Bagi Anda yang lahir pada generasi 90 pastinya pernah mengenal ponsel lawas dengan OS Symbian. Di zaman itu masih belum ada yang namanya WhatsApp, dan orang-orang masih mengirim pesan menggunakan SMS. Dalam ponsel lawas ini pula biasanya tersedia fitur untuk menambahkan animasi gerak dalam mengirimkan pesan, animasi gerak inilah yang dikenal sebagai GIF. Bahkan sampai sekarang pun, format GIF masih digunakan dalam stiker-stiker pesan seperti pada aplikasi LINE maupun WhatsApp yang bisa Anda modifikasi sesuka hati.

Meskipun GIF menawarkan sebuah animasi gerak dalam waktu singkat, namun format ini tidak tergolong sebuah video. GIF lebih condong pada sebuah urutan gambar yang di gerakan secara berurutan; kurang lebih semacam Flipbook namun berbasis digital dengan kualitas rendah. Inilah yang membuat GIF cukup berguna untuk web, tetapi tidak harus dimanfaatkan sebagai bagian dari alur kerja sebuah video panjang. Alasan tersebut juga yang mendasari GIF dihitung sebagai gambar, sehingga Anda dapat memanfaatkannya sebagai media peraga yang mengekspresikan suatu hal yang tidak dapat diungkapkan melalui gambar biasa. Agar kita lebih memahami mengenai apa itu GIF, mari kita mengenalnya lebih dekat melalui penjelasan berikut ini.

Lihat Juga : Apa itu Watermark?

Apa itu GIF?

Apa itu GIF
Sumber Gambar : macpaw.com

Graphics Interchange Format atau yang biasa kita sebut sebagai GIF merupakan grafik bitmap yang dikembangkan oleh CompuServe sebagai standar gambar berwarna 8-bit di internet, sebelum PNG menjadi alternatif baru yang menggantikannya. File GIF terdiri dari urutan blok data, yang mana susunannya sendiri berupa dua blok pertama merupakan panjang tetap dan format tetap.

Setiap blok gambar atau bingkai gambarnya nanti akan digabungkan menjadi satu file. Kemudian akan ditampilkan secara berurutan dengan kecepatan bingkai yang bervariasi untuk membuat animasi pendek berukuran rendah. Secara default GIF memiliki animasi yang terhenti di bingkai akhir seperti sebuah vide, namun saat ini lebih banyak orang yang memanfaatkan GIF sebagai animasi emoticon yang berulang.

GIF hanya memiliki susunan yang terdiri dari 256 warna, karena itu format ini tidak ideal untuk dipakai dalam menyimpan foto digital. Bahkan jika Anda menggunakan palet warna khusus dan menerapkan dithering untuk menghaluskan gambar, foto yang disimpan dalam format GIF sering kali terlihat buram dan tidak realistis. Inilah yang menjadikan GIF lebih cocok untuk digunakan sebagai tombol dan banner pada di situs web karena jenis gambar ini biasanya tidak memerlukan banyak warna untuk di load.

Namun sebagian besar web developer lebih suka menggunakan format PNG, karena mendukung rentang warna yang lebih luas dan menyertakan alpha channel. Alpha channel sendiri merupakan saluran yang memungkinkan sebuah gambar transparan untuk diterapkan secara mulus pada background sebuah web.

Lihat Juga : Apa itu Vektor?

Sejarah awal format GIF

Sejarah Format GIF
Sumber Gambar : tandsgo.com

Seperti informasi sebelumnya bahwa GIF dikembangkan oleh CompuServe, yang merupakan sebuah industri layanan provider online Amerika pada tahun 1969. Pada tanggal 15 Juni 1987, perusahaan ini memperkenalkan GIF yang dipergunakan dalam menyediakan format gambar berwarna untuk area pengunduhan file perusahaan mereka, yang mana pada era ini dikenal sebagai GIF 87a. Kemudian selang beberapa waktu CompuServe merilis versi terbaru dari format GIF yang disebut “GIF 89a”. Format terbaru ini mirip dengan spesifikasi 87a, hanya saja mencakup dukungan background transparan dan gambar metadata.

Kedua format tersebut mendukung animasi gerak dengan memungkinkan aliran gambar disimpan dalam satu file. Dalam hal ini GIF menggantikan format pengkodean run-length (generasi sebelumnya) yang hanya berupa warna hitam dan putih. Oleh sebab itulah, GIF menjadi populer karena menggunakan kompresi data LZW, sehingga memiliki ukuran yang lebih efisien daripada pengkodean run-length. Kompresi LZW sendiri merupakan kompresi yang mampu menjadikan file lebih ringkas ukurannya menggunakan algoritma pencarian berbasis tabel yang ditemukan oleh Abraham Lempel.

Di mana kompresi tersebut bekerja dengan membaca urutan simbol, mengelompokkan simbol menjadi string, dan mengubah string menjadi kode. Karena pengembangan ini juga yang membuat GIF dijadikan sebagai format standar komputer dalam menyajikan gambar animasi gerak singkat yang biasa kita temui di internet sampat saat ini.

Lihat Juga : Apa itu Overclock?

Cara menampilkan file GIF

Menampilkan Format GIF
Sumber Gambar : pinterest.com

Tidak seperti file gambar lainnya, gambar GIF hanya dapat diakses melalui beberapa software tertentu. Memang Anda dapat membuka file GIF melalui software default penampil foto dari sistem operasi yang Anda pakai. Namun terkadang file tersebut tidak dapat bergerak seperti yang diharapkan, dan harus menambahkan ekstensi khusus agar animasi pada GIF dapat bergerak. Adapun beberapa cara yang dapat Anda gunakan dalam memuat GIF antara lain:   

1. Menggunakan software

Kadang kala media penampil foto default windows tidak dapat Anda gunakan dalam membuka GIF, oleh sebab itu Anda perlu aplikasi pihak ketiga dalam mengaksesnya. GIF Viewer dapat Anda gunakan dalam menampilkan file GIF di komputer Anda, karena aplikasi ini juga bersifat open source maka Anda dapat mendapatkannya secara gratis. Opsi dari aplikasi ini juga beraneka ragam, salah satunya Anda dapat memutar file GIF dalam kecepatan gerak sesuai dengan yang diinginkan. Adapun alternatif lain seperti 7GIF yang bisa Anda dapatkan secara gratis pula, dan Anda juga diberi opsi dalam mengedit file GIF sesuai yang Anda inginkan.

2. Via online

Menggunakan aplikasi memang terkadang cukup ribet karena kita harus mengunduhnya terlebih dahulu kemudian menginstall-nya, namun Anda juga dapat memakai cara yang cukup sederhana dalam menampilkan gambar GIF yaitu melalui layanan web app. Giphy salah satunya, karena Giphy merupakan perusahaan yang menyediakan platform perpesanan dengan gambar GIF animasi yang dapat disematkan pengguna untuk dibuat, diakses, dan di post secara gratis.

3. Menggunakan browser

Meskipun kedengarannya browser tidak tergolong pada aplikasi pengolah gambar, namun nyatanya Anda dapat memanfaatkan aplikasi penjelajah ini dalam membuka file tertentu seperti GIF. Caranya klik kanan pada file GIF yang ingin Anda buka, kemudian klik “Open With” lalu pilih browser favorit Anda. Pilihan browser yang Anda gunakan pun juga beragam, karena semua browser kebanyakan dapat dipakai untuk membukanya, bahkan tak jarang aplikasi ini pula dimanfaatkan untuk membuka file PDF.

Lihat Juga : Apa itu IMEI?

Software profesional untuk format GIF

Software Pembuat GIF
Sumber Gambar : pinterest.com

Apabila yang kita bahas di atas merupakan cara dalam menampilkan file GIF, maka untuk yang satu ini merupakan aplikasi yang tersedia dalam menampilkan, mengakses sekaligus opsi pilihan apabila Anda ingin mengedit atau membuat file GIF.

1. Adobe Photoshop

Tentu sudah pasti software keluaran Adobe menempati urutan pertama sebagai aplikasi yang menyediakan segala kebutuhan editing Anda secara lengkap. Anda dapat menggunakan Photoshop sebagai alat untuk membuat file GIF animasi dari klip video. Jika Anda tertarik untuk membuat file GIF, simak dan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Pertama, buka aplikasi Adobe Photoshop yang Anda miliki.
  2. Kemudian klik File » pilih Import » Video Frames to Layers.
  3. Jika sudah, nantinya akan dimuat kotak dialog yang meminta file video untuk dijadikan GIF.
  4. Selanjutnya pilih dan klik Video yang Anda inginkan.
  5. Selesai.

Photoshop sangat layak digunakan sebagai media editing gambar terutama format GIF karena Anda dapat mengedit setiap layer dalam file yang akan dijadikan GIF pada bagian terpisah, sehingga Anda dapat mengedit nya secara lebih mendalam.

2. Movavi Slideshow

Produk yang dapat Anda unduh secara gratis ini merupakan salah satu aplikasi editing video yang menyediakan beragam opsi dan tools untuk mendukung kebutuhan Anda dalam bidang editing. Selain file video, Movavi juga dapat Anda manfaatkan sebagai aplikasi untuk membuat GIF.

  1. Pertama, unduh dan install Movavi di PC/laptop Anda.
  2. Selanjutnya buka program, klik Add Media » lalu Add Video » pilih file video yang Anda inginkan.
  3. Jika sudah, klik Edit » ikuti instruksi yang diberikan untuk menggunakan tools.
  4. Setelah itu klik Done » pilih tab Image » lalu klik GIF.
  5. Jika perlu Anda bisa mengubah ukuran frame, ukuran file dan juga kualitas gambar.
  6. Berikutnya klik Convert » tunggu prosesnya beberapa saat.
  7. Selesai.

3. PicsArt

Picsart Photo & Video Editor
Picsart Photo & Video Editor
‎Picsart Photo & Video Editor
‎Picsart Photo & Video Editor

Bagi pengguna smartphone tentunya nama sekelas PicsArt sudah tak asing lagi di telinga. Pasalnya aplikasi ini sering kali hilir untuk mengisi kebosanan kita apabila ingin membuat berbagai macam kreasi foto maupun video secara bebas dan gratis. Nah, Anda juga dapat memanfaatkan PicsArt untuk mengkreasikan GIF yang Anda inginkan, caranya sebagai berikut.

  1. Pertama, pasang aplikasi PicsArt terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya buka aplikasi » klik icon (+) untuk menambahkan file.
  3. Jika sudah, tekan menu Edit » atur sesuai keinginan. Di sini Anda bisa memanfaatkan tools yang tersedia.
  4. Berikutnya klik anak panah yang ada di bagian pojok kanan atas untuk melanjutkan proses.
  5. Lalu tekan icon berbentuk kamera pada bagian atas sebelah kanan » Ekspor ke GIF.
  6. Setelah itu simpan ke galeri smartphone Anda untuk mempermudah akses GIF.
  7. Selesai.

4. Live Photo

Sebagai pengguna produk Apple sejati pastinya tahu mengenai Live Photo, aplikasi ini merupakan vendor yang menyediakan dukungan dalam membuka format gambar seperti GIF, JPEG, PNG, PSD, TIFF dll. Software yang dikembangkan oleh Apple.inc ini pula juga dapat digunakan sebagai media editing dalam membuat file GIF.

  1. Pertama, siapkan urutan gambar yang ingin dijadikan GIF » Lalu buka Photos App.
  2. Jika Anda memiliki set up Library iCloud Photo, maka Anda bisa meletakkan foto secara otomatis di Photo library.
  3. Jika Anda tidak memilikinya, silakan import secara manual atau menggunakan AirDrop.
  4. Setelah Anda menemukan Live Photo yang ingin diubah menjadi GIF, buka foto » lalu tekan Edit pada bagian pojok kanan atas.
  5. Kemudian edit gambar sesuai keinginan dengan memanfaatkan tools yang tersedia.
  6. Jika proses telah Anda lalui semua, file GIF bisa Anda simpan atau bagikan ke sosial media Anda.
  7. Selesai.

Lihat Juga : Apa itu MOD APK?

Cara membuat file GIF secara online

Membuat GIF Online Giphy
Sumber Gambar :

Adapun sebuah cara bagi Anda yang tidak mau ribet dengan aplikasi editing untuk membuat sebuah GIF, dapat mencoba Giphy sebagai media alternatif dalam menciptakan GIF dengan lebih efisien. Platform digital ini memang diciptakan bagi Anda yang ingin mengkreasikan berbagai karya melalui format GIF seperti meme. Karena basisnya yang online ini pula lah, Giphy mudah dikenal oleh banyak pengguna dan condong dipakai dan diakses oleh banyak orang. Tanpa menunda lagi, mari kita simak cara membuat GIF melalui Giphy.me berikut ini.

STEP 1 : Langkah pertama, buka situs Giphy. Daftar akun terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Jika sudah, klik Upload File atau pilih Add Any URL untuk memulai proses pembuatan GIF. Video yang diunggah maximal berukuran < 100MB dan berdurasi kurang dari 15 detik.

STEP 2 : Manfaatkan sliders untuk memilih awal mulai pada video sebagai durasi GIF Anda, nantinya Anda akan diberi pilihan tools untuk mendekorasi gambar GIF yang ingin dibuat. Contohnya seperti penambahan text, efek, stiker dan lainnya. Namun tentunya ini hanyalah bersifat opsional.

STEP 3 : Ikuti instruksi yang diberikan, setelah itu klik menu Create GIF untuk menyelesaikan file yang Anda buat. Nantinya Anda akan diarahkan ke halaman baru setelah GIF yang dibuat tadi selesai.

Lihat Juga : Mengenal Format SVG

Kelebihan format GIF

GIF memang memiliki sebuah kelebihan dan manfaat yang benar-benar dapat kita rasakan pada kehidupan dunia maya yang kaya akan hiburan dan informasi. Bahkan juga bisa dimanfaatkan sebagai media dekorasi yang menarik untuk sebuah web. Namun untuk menentukan apakah GIF memang tipe ideal format file gambar untuk Anda, mari simak beberapa pro dan kontra dari animasi GIF yang disajikan di sini.

1. Berukuran kecil dan ringan

Salah satu keuntungan utama menggunakan animasi GIF adalah ukurannya yang relatif lebih kecil dibandingkan dengan format file lainnya. Apabila kita bandingkan dengan format flash, yang mana file ini mengharuskan pengguna untuk memasang plug-in tertentu agar flash dapat diterapkan, bahkan file jenis ini terlampau memiliki ukuran yang lebih besar daripada GIF sehingga dapat membuat sebuah website menjadi mudah down.

2. Cocok disematkan dalam web

Selain ukuran file yang kecil, file GIF juga support background transparan, yang mana dapat memberikan kesan estetik pada situs web tertentu yang memiliki animasi dengan latar belakang bervariasi. Tidak jarang seorang web developer memanfaatkan GIF untuk memperagakan sebuah tutorial karena dapat menunjukkan sesuatu dengan cara yang lebih mudah dipahami dan mampu menunjukkan gerakan yang tidak dapat dilakukan oleh gambar biasa.  

3. Kualitasnya terjaga

Animasi GIF memiliki 256 warna yang tersedia, itulah sebabnya format ini cocok digunakan dalam membuat sebuah bentuk maupun teks sederhana. Selain itu, ukuran file-nya yang hemat memungkinkan pengunggahan file menjadi lebih cepat. Meskipun file GIF terkompresi ke dalam ukuran yang lebih kecil, tetapi hal tersebut tidak akan mempengaruhi kualitas animasi atau gambar yang ditampilkannya. GIF juga didukung oleh sebagian besar browser web saat ini sehingga mampu memberikan lebih banyak fleksibilitas kepada pengguna internet.

Lihat Juga : Memahami FPS dalam Game

Kekurangan format GIF

Meskipun terdapat keuntungan dalam menggunakan format GIF pada beberapa aspek penting, namun ada juga kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum kita benar-benar menerapkan GIF pada aspek yang akan kita gunakan.

1. Tidak dapat diedit kembali

Kelemahan lain ketika Anda membuat GIF, apabila setelah melakukan pengeditan serta pengkodean terhadap file yang Anda buat file GIF tidak dapat diubah sama sekali melalui media apa pun. Jadi, Anda perlu memastikan bahwa Anda memiliki finishing akhir yang benar-benar ditetapkan sebelum mulai menyimpan file GIF. Namun Jika Anda terlanjur melakukannya, maka Anda mungkin harus melakukan hal yang sama lagi dari awal hanya untuk membuat sedikit penyesuaian pada file yang baru saja Anda buat.

2. Bergantung pada koneksi internet pengguna

Terlepas dari pernyataan bahwasanya file GIF memiliki ukuran kecil sehingga ringan apabila dijalankan dan diterapkan pada web, beberapa gambar animasi GIF tetap bergantung pada kecepatan Internet yang dipakai oleh pengguna. Jadi apabila koneksi internet pengguna sedikit lambat, gambar GIF tidak akan bisa langsung dimuat dan akhirnya akan menampilkan gerakan patah-patah yang tidak nyaman dilihat. 

3. Kualitas warna buruk

GIF memiliki kekurangan dalam ragam palet yang yang terdiri dari 256 warna. Hal ini dapat membuat gambar tampak buruk saat digunakan pada foto yang awalnya mungkin memiliki kedalaman warna dengan jumlah yang lebih tinggi dan beragam, sehingga GIF sangat tidak disarankan untuk gambar dengan keragaman warna yang terlampau banyak seperti foto. Bahkan animasi GIF memiliki tampilan Blocky atau Pixely, sehingga dapat memberikan kualitas buram pada gambar yang akan dianimasikan.

Lihat Juga : Memahami istilah refund dalam belanja online

Penutup,

GIF adalah format file yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan serangkaian frame dan menggabungkannya sedemikian rupa sehingga membentuk semacam animasi singkat. Dan kebanyakan orang saat ini lebih condong memanfaatkan GIF sebagai meme atau penyampaian ekspresif pada sebuah percakapan di komunitas sosial di internet.

Apa sebenarnya GIF itu?

Graphics Interchange Format atau yang biasa kita sebut sebagai GIF merupakan grafik bitmap yang dikembangkan oleh CompuServe sebagai standar gambar berwarna 8-bit di internet sampai PNG menjadi alternatif baru yang menggantikannya.

Apa fungsi gambar GIF?

Untuk memamerkan detail dan gerakan yang tidak bisa dilakukan oleh foto statis (biasa). Dalam segi promosi bisnis animasi GIF memberi peluang besar untuk menyoroti fungsi atau fitur utama produk yang ditawarkan kepada konsumen. Dalam segi komunikasi, GIF juga dapat digunakan sebagai media dalam menyampaikan suatu emosi yang tidak dapat tersampaikan oleh gambar biasa.

Apa software terbaik untuk membuat GIF?

Adobe Photoshop adalah perangkat lunak terbaik yang tersedia untuk membuat GIF, karena secara umum, software ini dijadikan standar dalam dunia editing gambar.

Apakah GIF merupakan format gambar terbaik?

Sayangnya tidak, karena PNG menempati sebagai format gambar yang paling umum dan sering digunakan di internet. Alasan nya sendiri karena PNG mampu menawarkan kedalaman warna yang tinggi, transparansi parsial, dan kompresi yang lebih baik dengan kualitas gambar yang bagus pula.

Bagikan artikel ke media sosial Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika Anda mempunyai pertanyaan ataupun pendapat yang ingin disampaikan, tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih!


Artikel ditulis oleh Agung Wijaya, Editor oleh Wahyu Setia Bintara, Rudi Dian Arifin

Artikel terkait

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 10 Fungsi Free Transform Tool pada Adobe Photoshop

    Free Transform Tool dapat digunakan untuk mengatur objek gambar atau foto sesuai keinginan
  2. 15 Cara Mengatasi Laptop Hang Saat Baru Dinyalakan

    Bersihkan semua file sementara pada sistem dan matikan proses yang berjalan di latar belakang untuk mengatasi…
  3. 8 Cara Aktivasi Microsoft Office 2013

    Anda bisa aktivasi Microsoft Office 2013 dengan menjalankan perintah CMD atau menginstall program activator