Memahami FPS dalam Game

Frames Per Second merupakan nilai yang digunakan untuk menunjukkan tampilan gambar dalam 1 detik.

FPS, istilah ini akrab di telinga kita ketika sedang membahas spesifikasi komputer maupun gadget dalam menjalankan game kelas berat. Ditambah sekarang ini banyak gamer menjadi cukup selektif dalam memilih perangkat elektronik untuk menjalankan game yang mereka inginkan. Perilaku terbukti ketika smartphone POCO X3 dirilis beberapa bulan lalu, yang mana mampu menjadi hype karena tersedia sebuah gadget elektronik dengan spesifikasi mumpuni, namun memiliki harga yang cukup terjangkau.

Hal tersebut tidak terlepas dari peranan game keluaran Mihoyo yaitu Genshin Impact, game ini telah mampu memikat banyak pengguna PC maupun smartphone dalam meramaikan permainan. Bahkan tak jarang para pemain sampai dibuat agar mau tidak mau untuk meng-upgrade perangkat mereka, supaya mumpuni memainkan Genshin Impact dalam frame-rate yang lebih stabil.

Nah kira-kira FPS itu sebenarnya apa sih? Kenapa setiap kali membahas spesifikasi komputer maupun game kelas berat kata tersebut selalu dibawa-bawa? Bagi Anda yang masih belum begitu memahami mengenai istilah FPS, mari kita bahas fungsi dan peranannya di bawah ini.

Lihat Juga : Pengertian Sistem Operasi | Sejarah, Fungsi, Jenis

Mengenal apa itu FPS?

Apa itu FPS
Sumber Gambar : unsplash.com

Perlu Anda tahu istilah FPS memiliki dua makna dalam dunia game, yang pertama yaitu permainan dengan genre FPS (First Person Shooter). Game dengan genre ini contohnya seperti Call Of Duty dan sejenisnya. Sedangkan FPS yang akan kita bahas kali ini adalah Frames Per Second, yang mana istilahnya digunakan untuk mendeskripsikan seberapa stabil sebuah game dapat berjalan pada suatu perangkat elektronik.

Cara kerja FPS sendiri sebagai tolak ukur frame yang dapat dibaca Graphic Card cukup sederhana. VGA atau kartu grafis Anda bekerja dengan me-render frame secara terus menerus tiap detiknya untuk ditampilkan pada layar monitor. Semakin cepat proses rendering frame yang tampil maka akan makin bagus pula hasil gambar yang ditampilkan pada layar monitor. Untuk mencapai performa terbaik seperti itu tentunya bergantung pada Graphic Card yang digunakan oleh komputer Anda, selain itu Hardware lain seperti Processor, RAM, media penyimpanan; seperti SSD juga turut berpengaruh dalam memberikan pengalaman terbaik Anda dalam bermain game.

Lihat Juga : 10 Fungsi BIOS pada Komputer

Rating jumlah FPS pada sebuah game

Mereka yang memiliki hobi ngegame atau yang biasa kita panggil gamer, sejatinya memiliki sebuah preferensi dalam memainkan sebuah permainan. Yang dimaksud di sini ialah tingkat kepuasan dalam mencapai kestabilan bermain game. Oleh karena itu FPS menjadi sebuah tolak ukur yang begitu penting bagi orang-orang seperti mereka, ibarat seperti pentingnya meteran dalam pekerjaan mebel. Berikut di bawah ini tersedia beberapa pilihan jumlah FPS yang biasanya dijadikan standar target oleh seorang gamer.  

1. Kecepatan 12-20 FPS  

Untuk sebuah game kecepatan 15-20FPS dianggap cukup buruk, bahkan mungkin seorang non-gamer sekalipun akan merasa bahwasanya permainan dengan kecepatan 20FPS tidak layak untuk dimainkan.

2. Kecepatan 20-30 FPS  

Frame rate paling umum di sebagian besar game konsol lama serta pada beberapa PC kelas bawah. Frame rate 30FPS juga dianggap sebagai standart paling minimum untuk dapat dimainkan, namun tentunya ada kemungkinan bahwa game dengan FPS sebesar itu akan drop ke 20FPS. Pasalnya tidak semua game mampu berjalan pada Frame rate yang stabil sepanjang permainan.

3. Kecepatan 45-60FPS  

60FPS sering dianggap sebagai frame rate ideal, pasalnya jumlah ini hanya dapat dicapai pada konsol tertentu yang dioptimalkan dengan baik. Sebagai perbandingan, PC yang layak akan mampu mendapatkan 60 FPS pada sebagian besar game. Meskipun game sekelas AAA mungkin memerlukan penyesuaian pengaturan tingkat tertentu agar bisa bergerak di 60FPS. Bahkan apabila terjadi drop FPS sekalipun, setidaknya game yang dijalankan mampu dimainkan pada kisaran 45 sampai 55 FPS.

4. Kecepatan 90-120 FPS

Kisaran frame rate ini hanya dapat dicapai pada PC gaming high end, yang terhubung dengan kecepatan refresh 144Hz monitor. 120 FPS terasa lebih mulus daripada 60 FPS, namun karena kebutuhan perangkat keras yang tinggi dan harga yang mahal pula. Hanya sebagian gamers saja yang mampu menikmati frame rate ini, namun tentunya dengan sedikit kerja keras dan menabung bukan berarti Anda tidak dapat menikmati frame rate sekelas ini juga.

Lihat Juga : 8 Situs Penyedia Top Up Game Online Terbaik

Seperti apa perbedaan FPS dalam sebuah game?  

Sesuai dari apa yang baru saja kita bahas, FPS merupakan kecepatan pemrosesan output dari setiap frame yang ditampilkan pada layar. Secara sederhana, semakin banyak dan semakin cepat frame yang diproses, maka makin halus dan responsif pula gambar yang tampil pada layar. Apabila Anda masih belum paham anggap saja seperti ini; misalnya, jika Anda sedang menonton sesuatu yang berjalan pada 1 FPS, Anda hanya akan melihat satu gambar setiap detiknya. Pada akhirnya Anda hanya akan menikmati tampilan yang lebih mirip tayangan slide daripada tayangan interaktif seperti sebuah video.

Framerate tinggi bukan hanya memengaruhi responsivitas sebuah tayangan, tetapi juga akan memengaruhi pengalaman visual terutama animasi. Semakin bertambahnya tahun para gamers menginginkan sebuah sajian yang lebih terasa nyata dan memukau. Karena itulah game jaman sekarang dibuat dengan menggunakan motion capture yang langsung diperankan oleh manusia, serta dibumbui dengan berbagai efek alami seolah apa yang terlihat seperti sebuah film. Apabila FPS yang disuguhkan kurang mumpuni maka game tersebut akan Nampak kurang natural dan kaku seperti game jaman lawas.

Lihat Juga : 9 Cara Mengatasi LAG Saat Main Game di HP Android

Apa FPS tinggi itu perlu?

Untuk sebagian orang terutama mereka yang masih membahas mengenai “mendang-mending” tentunya akan berkata asal game masih bisa dimainkan mereka akan tetap menerimanya. Namun bagi saya sendiri, target 60FPS merupakan sebuah keharusan yang harus dapat dicapai ketika bermain game, terutama karena genre kesukaan saya pribadi adalah Hack and Slash. Meskipun begitu, bukan berarti FPS bertingkat rendah kurang layak untuk dimainkan, adapun beberapa alasannya adalah:

  • Kenyamanan – Apabila komputer Anda kesulitan dalam mempertahankan stabilitas FPS pada tingkat yang lebih tinggi, mungkin dengan bermain pada pengaturan FPS yang lebih rendah menjadi pilihan yang nyaman. Daripada setiap kali harus bermain pada ‘pace’ cepat dan lambat setiap saat, dengan mengatur setting grafis rendah pada game Anda mungkin akan membuat permainan terasa lebih dapat di terima.
  • Sensasi – Jujur saja tidak semua orang dapat bermain game dengan ‘pace’ yang cepat pada awalnya, termasuk saya. Oleh karena itu dengan bermain pada FPS yang lebih rendah kita dapat mencoba beradaptasi dengan jalanya permainan sampai terbiasa. Selain itu kadang pula, FPS yang rendah mampu menawarkan sensasi dramatis pada adegan tertentu pada game.
  • Rasa Puas – Pada akhirnya semuanya kembali pada rasa puas yang dirasakan masing-masing pemain game itu sendiri. Mereka yang sering berkecimpung dalam jam terbang tinggi untuk bermain game, kadang merasa bosan dengan ‘pace’ yang cepat ketika memainkannya. Oleh karena itu dengan mengutak atik sedikit pengaturan dalam permainan, para gamers ingin merasakan kepuasan tersendiri.

Lihat Juga : 15 Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka Windows 10, 8, 7

Penutup,

Sejatinya FPS tidak lebih dari pengukur kecepatan frame yang dapat ditampilkan sebuah monitor ketika kita bermain sebuah game. Namun karena kita hidup pada masa di mana hampir segala aspek diharuskan sempurna, maka FPS telah menjadi sebuah pembahasan yang wajib dipertanyakan apabila seseorang bermain sebuah game.

Apa itu FPS?

FPS atau Frames Per Second, istilahnya digunakan untuk mendeskripsikan seberapa stabil sebuah game dapat berjalan pada suatu perangkat elektronik.

Bagaimana cara kerja FPS?

Frame rate diukur dalam frame per detik (FPS), jadi FPS adalah hitungan angka dari seberapa lancar sebuah game untuk berjalan di PC Anda. Semakin banyak frame yang dapat terproses dalam satu detik, semakin halus pula gerakan animasi game dalam layar yang dimainkan.

Berapa minimum FPS yang dapat dimainkan untuk game?

Secara umum 30 FPS merupakan frame rate terendah di mana sebuah game masih dapat dimainkan. Namun, sebagian besar gamer setuju bahwa 60 FPS umumnya merupakan target yang ideal karena lebih lancar dan responsif.

Apa yang menyebabkan FPS menjadi drop?

Drop FPS sebenarnya merupakan hal yang normal, mengingat Anda bermain pada perangkat yang sebenarnya tidak benar-benar sepenuhnya didesain untuk bermain game. Ada beberapa faktor yang biasanya menyebabkan FPS menjadi drop, apabila Anda bermain game online maka bisa jadi koneksi menjadi faktor FPS menjadi drop. Overheating juga menjadi penyebab utama Anda mengalami drop FPS.

Bagikan artikel ke media sosial Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika Anda mempunyai pertanyaan ataupun pendapat yang ingin disampaikan, tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih!

~ Artikel ditulis oleh Agung Wijaya, Editor oleh Wahyu Setia Bintara, Rudi Dian Arifin

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 13 Cara Mengatasi Error msvcp120.dll dan msvcr120.dll pada Program Windows

    Perbaiki msvcp & msvcr yang hilang dengan install Microsoft Visual C++ terbaru.
  2. Spesifikasi Honkai Impact 3 di PC dan Smartphone

    Honkai impact merupakan salah satu game dengan genre petualangan keluaran Mihoyo
  3. 17 Cara Mengatasi Aplikasi Not Responding di Windows 10, 8, 7

    Cobalah menutup paksa aplikasi dan membukanya kembali untuk mengatasi aplikasi not responding di Windows 11, 10,…