Apa itu Bitmap?

Bitmap merupakan susunan dari pixel – pixel yang membentuk sebuah gambar / informasi.

Bitmap, istilah tersebut setidaknya pernah kita dengar atau baca beberapa kali ketika menggunakan komputer. Dan yang menjadi pertanyaan adalah, apa sih bitmap itu? Jadi bitmap atau ekstensi dengan nama BMP, merupakan format file yang digunakan dalam menyimpan gambaran grafis pada komputer. Secara sederhana, tampilan gambar grafis pada komputer yang Anda gunakan saat ini, tersusun dari ribuan titik pixel yang bila mana dilihat dari jauh akan terlihat seperti sebuah gambar yang utuh. Namun apabila dilihat dengan sangat dekat, maka Anda akan melihat titik (bit) / pixel yang dimaksud dengan lebih jelas.

Sebagai contoh, apabila Anda memiliki gambar dengan banyak gradasi warna pada layar komputer, maka susunan informasi yang terasosiasi pada bitmap terdiri lebih dari 16, 24 atau 48 bit. Semakin tinggi resolusi sebuah gambar maka akan semakin banyak juga susunan informasi yang berada pada bitmap. Efeknya gambar yang ditampilkan menjadi semakin jernih, namun tentunya hal tersebut bergantung pada kartu grafis yang digunakan. Serta resolusi layar yang telah di setting pada komputer Anda. Agar kita lebih memahami dan mengenal lebih dalam mengenai apa itu bitmap, mari kita bahas pada pembahasan di bawah ini.

Lihat Juga : Apa itu MOD APK? Kenali Aplikasi Modifikasi dan Bahayanya

Mengenal apa itu Bitmap?

Apa itu Bitmap

Bitmap (BMP) adalah susunan pixel-pixel kecil yang membentuk sebuah pola yang apabila dilihat dari sudut pandang yang jauh akan membentuk suatu gambar. Setiap butir pixel yang dapat kita sebut sebagai bitmap merepresentasikan jumlah informasi (biner), karena itulah dalam program komputer bitmap berupa kumpulan biner. Apabila dijelaskan dengan lebih ringkas kurang lebih seperti ini.

Dalam tampilan gambar hitam putih, bitmap hanya perlu menganalisis apakah suatu pixel sedang “aktif” atau “mati”. Yang mana jika di konversi menjadi biner maka akan disimpan komputer sebagai angka 1 atau 0. Dari penjabaran tersebut, Anda boleh berpendapat bahwasanya bitmap berfungsi sebagai array data biner yang mewakili nilai pixel dalam gambar atau tampilan visual komputer.

Lihat Juga : Apa itu Phishing?

Definisi bitmap berdasarkan kategori

Jika kita definisikan, maka bitmap merupakan rangkaian gambar matrix yang berbentuk sebuah bit, dan terdiri dari banyak kombinasi warna serta informasi biner dalam membentuk suatu gambar. Semakin tinggi resolusi suatu gambar, maka semakin beragam pula kombinasi susunan warna pada bitmap untuk memvisualisasikan gambar. Resolusi tersebut dapat terhitung melalui satuan ukuran yang digunakan untuk menggambarkan resolusi gambar adalah DPI (dots per inch). Bitmap juga terbagi ke dalam beberapa warna, akan tetapi kali ini kita akan membahasnya dalam tiga kategori yaitu:

1. Line-art

Bitmap Line-art
Sumber Gambar : pngwing.com

Jenis ini menampilkan dua jenis warna yang secara umum dipakai adalah hitam dan putih. Line-art juga terbaca sebagai bitmap karena komputer hanya menggunakan 1 bit yaitu warna hitam untuk hidup dan warna putih untuk mati. Untuk mendefinisikan setiap pixel yang tersedia, resolusi yang dipakai biasanya sekitar min 800 dpi.

2. Grayscale

Bitmap Greyscale
Sumber Gambar : pxfuel.com

Gambar dengan warna grayscale memiliki variasi gambar hitam putih agak ke abu-abuan, yang dilengkapi dengan banyak efek bayangan benda pada gambar. Resolusi yang biasa dipakai kisaran min 300 dpi.

3. Full Colour

Bitmap Full Color
Sumber Gambar : unsplash.com

Warna bitmap ini dideskripsikan menggunakan kombinasi warna antara lain RGB, CMYK. Dan secara umum jenis warna CMYK yang banyak digunakan untuk melakukan print. Resolusi yang biasa dipakai sejumlah min 300dpi.

Lihat Juga : Apa itu Malware?

Karakteristik Bitmap

Gambar bitmap memiliki karakteristik yang dapat dilihat melalui ciri dari dua parameter, yang pertama jumlah pixel (resolusi) dan yang kedua ketajaman warna per pixel. Berikut penjelasannya:

  • Jumlah Pixel – Hal ini yang mengatur jumlah serta kerapatan dan kepadatan pixel pada area gambar visual yang ditampilkan. Hasil dari pengukurannya sendiri dapat Anda lihat melalui angka DPI yang muncul ketika gambar ditampilkan. Selain itu resolusi pada gambar dapat mempengaruhi kualitas bitmap yang ditampilkan atau di print. Semakin tinggi resolusinya, semakin tidak terlihat pula pixel bitmap yang muncul secara visual.   
  • Ketajaman Warna – Faktor ini mengacu pada informasi yang berada dalam gambar. Misalnya saja, gambar 1-bit berarti pixel terindikasi dalam warna hitam ataupun putih. Gambar 8-bit mengindikasikan bahwa setiap pixel terdiri dari salah satu dari kumpulan 256 nilai warna yang tersedia. Gambar Full Color menggunakan RGB 24-bit, di mana ada 8 bit yang dialokasikan untuk setiap komponen warna merah, hijau dan biru.

Lihat Juga : Apa itu Esports?

Bagaimana data bitmap disimpan?

Data bitmap tersimpan dalam berbagai format file, misalnya seperti format file BMP yang memungkinkan Windows menampilkan gambar bitmap di perangkat apa pun. Namun, format file ini tidak memiliki kompresi dan umumnya berukuran besar. Oleh karenanya, sebagian besar format file semacam ini tergolong lama dan ketinggalan jaman. Meski begitu masih banyak format file gambar yang menyimpan grafik bitmap seperti JPEG, PNG, GIF dan TIFF.

Namun, karena format tersebut file-nya terkompresi, format tersebut biasanya tidak disebut sebagai bitmap, melainkan disebut grafik raster. Grafik raster juga disebut grafik bitmap, yaitu jenis gambar digital yang berbentuk pixel persegi panjang kecil. Raster didefinisikan juga sebagai elemen gambar yang diatur dalam formasi grid untuk merepresentasikan gambar yang tampil pada komputer. Setiap pixel berisi satu atau lebih bit informasi, tergantung pada tingkat kedetailan yang ada pada gambar.

Fungsi dan kegunaan bitmap

Bitmap juga memiliki peran dalam keseharian kita sebagai manusia, terutama mereka yang berkaitan dalam bidang gambar seperti fotografi. ketika Anda mengambil foto menggunakan kamera digital atau memindai gambar dari sebuah benda melalui kamera, maka secara langsung sebuah grafik bitmap akan terbentuk. Grafik bitmap terdiri dari banyak bagian kecil, yang disebut pixel, yang sering kali memiliki banyak warna berbeda, dan membentuk sebuah gambar utuh dan lebih realistis bergantung pada jumlah bitmap yang tersusun dalam gambarnya.

Karena pixel itu pula, bitmap juga digunakan dalam pemanfaatan pada software pengeditan foto seperti Adobe Photoshop. Dalam Photoshop, penggunaan bitmap memungkinkan fleksibilitas dalam membuat atau mengedit sebuah gambar, terutama pengeditan warna agar lebih detail dan natural. Dan jika dilihat dalam sudut pandang yang lebih luas lagi, setiap gambar yang Anda lihat pada ponsel, tablet, atau komputer merupakan sebuah susunan dari bitmap.

Lihat Juga : Apa itu Drop Point pada J&T Express

Kelebihan dan kekurangan bitmap

Dalam penggunaannya, format file bitmap sangat cocok digunakan dalam dunia nyata; seperti fotografi, pengambilan video, hingga pemindaian. Ada banyak kelebihan yang ditawarkan dalam bitmap, tetapi bagaimanapun, file bitmap juga tidak luput dari kekurangan. Berikut kelebihan dan juga kekurangan dari format file bitmap:

Kelebihan

  • File bitmap dapat dengan mudah dibuat dari data piksel yang ada yang disimpan dalam array di memori.
  • Nilai piksel dapat dimodifikasi secara individual atau sebagai grup besar dengan mengubah palet jika ada.
  • File bitmap dapat diterjemahkan dengan baik ke perangkat output, seperti CRT dan printer.
  • Grafis bitmap memberikan hasil gambar yang natural, alami, dan mampu menangkap warna lebih tajam.
  • Lebih mudah dalam memberikan atau menambahkan efek pada gambar bitmap.

Kekurangan

  • Ukuran file bitmap relatif besar, terutama jika gambar mengandung banyak warna. Semakin kompleks gambar bitmap (banyak warna dan detail kecil), maka semakin tidak efisien proses konversinya.
  • Gambar bitmap yang di zoom in atau diperbesar akan pecah, terutama pada gambar dengan resolusi yang kecil.
  • Kualitas gambar bitmap tergantung pada banyaknya piksel.

Penutup,

Dari pembahasan di atas kita dapat menyimpulkan bahwa gambar bitmap tersusun dari serangkaian dot pixel dengan warna yang beragam. Kemudian apabila kita memperbesar suatu gambar sampai dekat maka akan terlihat pecah dan kita dapat melihat susunan pixel pada gambar. Dan yang terakhir, semakin besar resolusi sebuah gambar bitmap maka tingkat kedetailan dan realistis gambar tersebut akan semakin bagus.

Apa definisi bitmap secara sederhana?

Secara sederhana bitmap merupakan larik data biner yang mewakili nilai pixel dalam gambar atau tampilan.

Format apa saja yang tergolong bitmap?

Contoh format grafik bitmap yaitu GIF, JPEG, PNG, TIFF, XBM, BMP, dan PCX dan lainnya.

Bagaimana bitmap membentuk sebuah gambar?

Gambar bitmap disimpan dalam rangkaian titik-titik kecil yang disebut pixel. Setiap pixel memiliki bentuk persegi dengan tampilan masing-masing warna yang berbeda-beda. Rangkaian warna tersebut.

Apa sebutan satuan resolusi pada bitmap?

Satuan ukuran yang digunakan untuk menggambarkan resolusi gambar adalah DPI (dots per inch).

Bagikan artikel ke media sosial Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika Anda mempunyai pertanyaan ataupun pendapat yang ingin disampaikan, tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih!


Artikel ditulis oleh Agung Wijaya, Editor oleh Wahyu Setia Bintara, Rudi Dian Arifin

Artikel terkait

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 10 Fungsi Free Transform Tool pada Adobe Photoshop

    Free Transform Tool dapat digunakan untuk mengatur objek gambar atau foto sesuai keinginan
  2. 15 Cara Mengatasi Laptop Hang Saat Baru Dinyalakan

    Bersihkan semua file sementara pada sistem dan matikan proses yang berjalan di latar belakang untuk mengatasi…
  3. 8 Cara Aktivasi Microsoft Office 2013

    Anda bisa aktivasi Microsoft Office 2013 dengan menjalankan perintah CMD atau menginstall program activator