Pengertian Review, Beserta Tujuan, Ciri – Ciri, Jenis, Struktur, Cara Membuat dan Contoh

Review merupakan tindakan yang dilakukan oleh seseorang untuk mengulas suatu produk berdasarkan analisis data

Media sosial kerap kali menghadirkan fenomena-fenomena baru bagi penggunanya. Berbagai informasi yang menarik, dan up to date juga dapat dengan mudah Anda dapatkan pada jaman ini. Salah satunya adalah dengan cara melihat sebuah review yang dilakukan oleh seseorang melalui media sosial. Misalnya bagi Anda yang ingin membeli sebuah produk atau layanan, namun masih bingung dan masih memiliki pengetahuan yang kurang terhadap produk tersebut. Anda dapat melihat review dari pengguna lainnya sebagai solusinya.

Review yang tersedia di berbagai media sosial juga ada berbagai macam dan dikemas dalam berbagai bentuk yang menarik. Misalnya dapat berupa video atau hanya berupa tulisan. Untuk itu, jika Anda ingin mengetahui lebih dalam mengenai apa itu review dan bagaimana ciri-ciri serta berbagai macam jenisnya, Anda dapat menyimak beberapa informasi yang tersedia berikut ini!

Ringkasan

  • Review adalah sebuah tindakan yang dilakukan seseorang untuk memberikan ulasan tentang sesuatu berdasarkan analisis data dan fakta.
  • Review bertujuan untuk mengenalkan suatu produk baru kepada masyarakat. Sehingga masyarakat punya keputusan apakah mereka tertarik menggunakan produk tersebut atau tidak.
  • Beberapa produk yang umumnya dapat di review antara lain seperti: produk kecantikan, pakaian, makanan, gadget, perangkat elektronik, aplikasi, film, buku, dan lain-lain.
  • Jenis review dapat berupa tulisan atau artikel, dan juga video.

Lihat Juga : Instagram Font Generator

Pengertian Review

Pengertian Review
Sumber Gambar : forbes.com

Review adalah sebuah tindakan yang dilakukan seseorang untuk memberikan ulasan tentang sesuatu berdasarkan analisis data dan fakta. Biasanya ulasan tersebut juga diberikan ketika seseorang tersebut sudah pernah mencobanya. Review pada jaman ini juga semakin sering Anda jumpai. Tidak hanya seseorang yang bekerja sebagai public figure saja yang dapat melakukan review.

Anda sebagai orang awam juga dapat melakukan review terhadap suatu produk atau layanan tertentu dan membagikannya secara mudah melalui berbagai macam media sosial yang Anda miliki seperti Instagram, TikTok dan YouTube. Namun informasi yang Anda berikan juga harus berdasarkan fakta dan data yang ada, dan tidak boleh sembarangan karena informasi tersebut akan tersebar secara luas dan dapat berpengaruh terhadap kelangsungan bisnis produk atau layanan tersebut.

Tujuan Review

Tujuan Review
Sumber Gambar : corporatefinanceinstitute.com

 Review juga memiliki tujuan yang bermacam-macam misalnya seperti:

  • Memberikan informasi mengenai suatu produk atau layanan kepada masyarakat.
  • Untuk memasarkan produk secara luas. Dan memberikan saran dan kritikan yang bermanfaat bagi yang melihat review tersebut.
  • Review juga bertujuan untuk menjadi gambaran masyarakat terhadap produk yang diulas. Sehingga masyarakat dapat mempunyai keputusan apakah mereka tertarik menggunakan produk tersebut atau tidak.
  • Memperkenalkan suatu brand atau merek tertentu, baik merek yang sudah ada sejak lama ataupun merek-merek baru.

Lihat Juga : Pengertian Sistem Informasi

Ciri – Ciri Review

Ciri - Ciri Review
Sumber Gambar : vocalvideo.com
  1. Menggunakan kalimat yang panjang dan cukup kompleks.
  2. Ulasan yang diberikan lebih fokus terhadap nilai guna dari produk atau layanan yang sedang diulas.
  3. Berisi informasi yang detail, serta membahas kekurangan dan kelebihan produk atau layanan tersebut.
  4. Menggunakan kata sifat seperti lebih baik, buruk, cantik, keras, lembut, menarik, bermanfaat dan sebagainya.

Lihat Juga : Pengertian Animasi

Jenis – Jenis Review

Jenis - Jenis Review
Sumber Gambar : shipper.id

1. Review Produk Kecantikan

Bagi Anda pengguna media sosial pasti sering kali menemukan konten-konten yang mengulas tentang sebuah produk kecantikan, misalnya seperti skin care dan make up. Konten tersebut berhasil menarik perhatian yang cukup tinggi dari masyarakat. Khususnya bagi para perempuan.

Ulasan tersebut biasanya berisi beberapa informasi mengenai cara penggunaan produk yang sesuai dengan tipe-tipe kulit dan berbagai macam permasalahan kulit yang dialami, komposisi bahan yang ada di dalamnya, tekstur, aroma, kemasan, hingga kelebihan dan kekurangan produk tersebut.

Sehingga, bagi para perempuan yang tertarik membeli produk kecantikan tapi masih bingung produk apa yang akan dibeli, Anda dapat melihat review mengenai beberapa produk kecantikan yang ada di dalam media sosial terlebih dahulu.

2. Review Pakaian

Selain review produk kecantikan, review pakaian juga termasuk salah satu konten yang sering muncul dalam media sosial pada saat ini. Konten ini berisi ulasan tentang beberapa pakaian yang dijual oleh brand-brand terkenal maupun yang baru saja diluncurkan.

Ulasan yang disampaikan biasanya berisi tentang bahan yang digunakan, model baju, desain, dan harga baju tersebut. Sehingga masyarakat dapat memiliki gambaran mengenai style pakaian yang cocok dengan kepribadian dan gaya mereka.

3. Review Makanan

Kemudian yang selanjutnya yaitu review makanan. Review jenis ini berisi informasi mengenai bentuk dan rasa masakan yang berbeda-beda. Selain rasa, reviewer biasanya memberikan informasi yang lebih luas misalnya seperti harga makanan, lokasi dan rekomendasi lainnya. Sehingga konten review makanan dapat menjadi solusi ketika Anda merasa bingung ingin mencari kuliner yang enak namun sesuai dengan kantong Anda. Review makanan juga dapat Anda jumpai pada program acara televisi, atau di beberapa akun media sosial.

4. Review Gadget

Gadget pada saat ini sekaan-akan sudah menjadi kebutuhan komunikasi dan media sosial setiap orang. Setiap tahun, perusahaan gadget terus mengembangkan produknya, sehingga semakin diminati oleh semua kalangan. Maka tidak heran jika banyak orang pada saat ini gemar sekali me-review gadget. Review jenis ini biasanya berisi tentang fitur-fitur yang dimiliki gadget, harga, kapasitas memori penyimpanan, dan kelebihan serta kekurangan dari jenis gadget yang lainnya.

5. Review perangkat elektronik

Demikian pula, perangkat elektronik terus mengalami perubahan bentuk dan kegunaan. Reviewer biasanya membahas mengenai update apa saja yang ada dalam produk perangkat elektronik tersebut beserta keunggulannya.

6. Review aplikasi

Selain smartphone dan perangkat elektronik, aplikasi yang ada di dalamnya juga bisa dijadikan tema untuk membuat review. Ulasan tersebut biasanya dapat berupa informasi tentang penggunaan aplikasi. Serta kekurangan dan kelebihan aplikasi tersebut ketika Anda gunakan sehari-hari.

7. Review film

Ulasan film biasanya mengulas film secara lebih detail, misalnya dalam segi pemeran, lokasi, suasana, naskah, dan bahkan deskripsi video. Review film pada saat ini banyak sekali Anda jumpai pada media sosial seperti TikTok, Instagram, dan YouTube. Sehingga Anda dapat memiliki bagaimana gambaran dari film tersebut sebelum Anda memutuskan untuk menontonnya di bioskop kesayangan Anda.

8. Review buku

Salah satu jenis review yang tidak kalah menarik yaitu review buku. Meski zaman dan teknologi sudah berubah, kebanyakan orang tetap membutuhkan buku dan memiliki kegemaran untuk membaca buku. Reviewer biasanya menilai sebuah buku dari berbagai hal, misalnya mulai dari segi fisik (sampul dan format buku), isi cerita, alur, pengarang, dan lainnya. Melalui review buku, pembaca dapat lebih mudah untuk menemukan buku yang mereka cari.

9. Review Jurnal

Mungkin bagi beberapa orang, membaca sebuah jurnal adalah kegiatan yang cukup melelahkan. Apalagi jika jurnal tersebut terdiri dari halaman yang cukup banyak. Oleh karena itu, kegiatan review jurnal juga dapat memudahkan para pembaca untuk memahami dan mengetahui inti dari jurnal tersebut tanpa harus membacanya secara menyeluruh dari awal hingga akhir.

Review jenis ini biasanya mengulas beberapa informasi di dalam jurnal tersebut misalnya seperti judul, tujuan, kerangka pemikiran, metode penelitian, isi atau pembahasan, dan kesimpulan.

Lihat Juga : Pengertian Spam

Struktur Review

Struktur Review
Sumber Gambar : radar.avrotos.nl

1. Pengenalan Produk

Bagian ini memberikan pengantar umum untuk produk atau layanan yang di review. Serta membahas tentang gambaran umum tentang produk atau layanan yang akan diulas, mulai dari nama, asal, latar belakang, pengarang, dll.

2. Evaluasi

Pada tahap ini, Reviewer memberikan gambaran yang lebih rinci yang harus diketahui pembaca tentang materi yang sedang di review.

3. Penafsiran atau interpretasi

Kemudian pada tahap ini, reviewer mengungkapkan pendapatnya yang jujur ​​tentang produk atau layanan yang sedang diulas. Misalnya seperti menjelaskan kelebihan, kekurangan atau membandingkan produk tersebut dengan produk sejenis lainnya.

4. Kesimpulan

Kesimpulan adalah tahap paling akhir dari struktur review. Pada tahap ini, reviewer menjelaskan hasil dari ulasannya dalam garis besar. Setelah itu reviewer juga bisa menambahkan pendapat atau penilaian apakah produk atau layanan tersebut layak untuk dibeli atau sebaliknya.

Lihat Juga : Pengertian HTTPS Adalah

Cara Membuat Review

Yang perlu Anda ketahui bahwa jenis review yang ada pada saat ini, tidak hanya dalam bentuk tulisan saja, namun juga tersedia dalam bentuk video yang dapat ditayangkan melalui beberapa media misalnya seperti YouTube, TikTok, Instagram, atau Televisi.

Jika Anda ingin membuat konten review, namun masih bingung bagaimana cara membuatnya. Berikut ini merupakan beberapa cara yang dapat Anda coba. Antara lain yaitu:

1. Cara membuat review dalam bentuk tulisan

Membuat Review Tulisan
Sumber Gambar : powerreviews.com
  1. Pilih produk atau layanan yang akan diulas terlebih dahulu.
  2. Pastikan Anda sudah mengetahui pesan yang akan disampaikan.
  3. Cari informasi mengenai produk atau layanan tersebut sebanyak-banyaknya, agar review yang Anda sampaikan juga dapat lebih mendalam.
  4. Tulis terlebih dahulu poin-poin yang akan dibahas.
  5. Tuliskan rekomendasi Anda pada bagian akhir, agar dapat memudahkan para audiens yang membaca hasil review Anda.
  6. Selesai.

2. Cara membuat review dalam bentuk video

Membuat Review Video
Sumber Gambar : tuberanker.com
  1. Pilih produk atau layanan yang akan diulas terlebih dahulu.
  2. Cari informasi mengenai produk atau layanan tersebut sebanyak-banyaknya, agar review yang Anda sampaikan juga dapat lebih mendalam.
  3. Anda juga dapat membuat naskah atau skrip terlebih dahulu jika diperlukan.
  4. Tuliskan kelebihan dan kekurangan, beserta rekomendasi Anda terhadap produk atau layanan tersebut.
  5. Gunakan kata-kata yang tidak bertele-tele agar durasinya juga tidak terlalu panjang.
  6. Berikan bukti agar masyarakat menjadi lebih percaya dengan hasil review Anda.
  7. Dan yang terakhir, lakukan tahap editing untuk memotong bagian-bagian yang tidak perlu. Serta tambahkan musik, atau tulisan untuk membuat hasil video Anda terlihat menarik.
  8. Selesai.

Lihat Juga : 1 Mil Berapa KM?

Contoh Review

1. Contoh Review Buku

a. Judul : Psikologi Komunikasi

  • Penulis : Drs. Jalaluddin Rakhmat, M.Sc.
  • Penerbit : PT. Remaja Rosdakarya
  • ISBN : 979-514-145-7
  • Tahun Terbit & Cetakan : 2013/29

b. Garis besar isi dari buku tersebut.

  • Biografi penulis.
  • Buku yang sejenis.
  • Perbandingan dengan buku sejenis (jika ada)

c. Sinopsis.

d. Isi review buku.

e. Kesimpulan dan penutup.

2. Contoh Review Jurnal

InfoKeterangan
JudulRepresentasi Maskulinitas Dalam Iklan Garnier Men Versi Joe Taslim Dan Chico Jeriko
JurnalJurnal Ilmiah SARASVATI
Volume & HalamanVol. 2, Hal 34 – 46
Tahun2020
PenulisHerninda Cintia Kemala Sari
ReviewerAdella Eka Ridwanti
Tanggal16 Desember 2022
Tujuan PenelitianPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna denotasi, konotasi, dan mitos maskulinitas yang terdapat pada iklan Garnier Men versi Joe Taslim dan Chico Jeriko
Objek PenelitianIklan Garnier Men Versi Joe Taslim Dan Chico Jeriko
Metode PenelitianPenelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan analisis data menggunakan semiotika Roland Barthes untuk mengetahui isi pesan dalam iklan tersebut.
Hasil PenelitianHasil penelitian menunjukkan bahwa citra maskulin pada laki-laki, yaitu perpaduan antara citra laki-laki urban, metropolis, dan metroseksual yang direpresentasikan secara denotasi dari beberapa potongan adegan balapan, aksi bela diri dan kegiatan laki-laki urban metropolis lainnya. Secara konotasi, menampilkan representasi dari tipe laki-laki yang dominan dalam kehidupan.
Kekuatan PenelitianPenelitian ini menggunakan metode analisis semiotika Roland Barthes, di mana pada analisis tersebut terdapat dua tahap pemaknaan yaitu denotasi dan konotasi dan menghasilkan mitos berdasarkan kebudayaan yang melatar belakangi penelitian tersebut.
Kelemahan PenelitianPenelitian ini berdasarkan subjektivitas peneliti, dan ada beberapa adegan iklan tersebut yang kurang dalam analisisnya.

Lihat Juga : Pengertian Teknologi Informasi

Penutup

Setelah mengetahui beberapa informasi mengenai apa itu review, dan mengetahui bagaimana cara membuatnya. Anda dapat mencoba untuk membuat sebuah konten review pada media sosial pribadi Anda, baik dalam bentuk tulisan maupun video. Menjadi seorang reviewer pada saat ini juga cukup mudah dan banyak digemari oleh masyarakat. Hal tersebut tentu dapat dijadikan sebagai salah satu kegiatan positif yang bermanfaat dan dapat menghasilkan uang.

Namun yang perlu Anda perhatikan, bahwa dalam mereview sebuah produk atau layanan juga tidak boleh sembarangan dan harus sesuai dengan fakta yang Ada. Jika ada sesuatu yang ingin Anda tanyakan atau ada hal menarik lain seputar mengenai pembahasan review, silakan sampaikan melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih!

Apa perbedaan review dan opini?

Review lebih mengarah pada sebuah tanggapan berdasarkan fakta yang dapat memberikan manfaat bagi yang melihatnya. Sedangkan opini merupakan sebuah tanggapan yang bersifat tidak objektif dan kebenarannya juga masih belum pasti.

Mengapa sebuah jurnal perlu di review?

Agar dapat memudahkan seseorang untuk memahami lebih dalam mengenai jurnal tersebut, dan dapat dijadikan sebagai rujukan untuk penelitiannya.


Penulis : Adella Eka Ridwanti | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Artikel terkait

  1. 30 Template Jas Pria Pas Foto HD Gratis

    Berikut kumpulan template jas pria pas foto dengan format PSD dan PNG/JPG yang bisa Anda download…
  2. Download AnimeIndo APK Terbaru, Nonton Anime Gratis 2023!

    Berikut link download AnimeIndo APK yang bisa Anda dapatkan secara gratis!
  3. Download GB WhatsApp Pro Apk (WA GB) v9.52, v14.10, v17.20 Terbaru 2023

    Berikut link download GB WhatsApp Pro apk (WA GB) versi terbaru 2023 gratis!