Arti Spill di Media Sosial dan Cara Menggunakannya!

Spill adalah sebuah istilah yang dimaksudkan untuk memberikan informasi rahasia yang berkaitan dengan suatu postingan foto…

Sekarang, kita tahu bahwa media sosial pada saat ini sangat melekat bagi kaum milenial. Hampir setiap hari kaum milenial menggunakan media sosial sebagai alat komunikasi dan sumber informasi. Bahasa yang digunakan kaum milenial juga bermacam–macam. Sehingga tidak jarang jika sering kali bermunculan istilah–istilah yang cukup asing dan baru saja Anda dengar. Istilah tersebut cukup banyak bermunculan pada media sosial seperti Instagram, TikTok, Facebook, Twitter, dan lain-lain.

Salah satu contoh istilah yang cukup populer pada saat ini yaitu spill. Mungkin Anda sering melihat istilah tersebut pada kolom komentar beberapa akun media sosial yang Anda miliki. Namun apakah Anda mengetahui apa arti istilah spill tersebut? Jika Anda tidak tahu maksud dari arti istilah tersebut, simak pembahasannya berikut ini.

Lihat Juga : Apa itu Metaverse?

Pengertian Spill

Definisi Spill di Media Sosial
Sumber Gambar : hardrockfm.com

Spill sebenarnya merupakan istilah yang berasal dari bahasa Inggris yaitu spill the tea yang dalam bahasa Indonesia memiliki arti tumpahan teh, sehingga spill dapat diartikan sebagai tumpahan atau menumpahkan. Namun arti spill dalam media sosial memiliki arti yang berbeda yang lebih merujuk pada membocorkan rahasia, atau memberikan suatu informasi mengenai suatu hal yang berkaitan dengan foto atau video yang di posting dalam media sosial seperti Instagram, TikTok, Facebook, dan Twitter.

Contoh penggunaan spill pada media sosial

Contoh beberapa penggunaan istilah spill pada beberapa media sosial antara lain yaitu:

Instagram

Spill Instagram
Spill di Instagram. RUDI DIAN ARIFIN

Dalam media sosial Instagram, spill biasanya lebih merajuk pada arti memberikan informasi dari postingan yang diunggah. Misalnya ketika ada seorang selebgram mengunggah foto OOTD nya, kemudian para pengikutnya tertarik dengan pakaian atau barang–barang yang dipakai. Contohnya seperti “spill kerudung yang dipakai dong kak” atau “spill celananya dong kak”. Hal ini memiliki arti bahwa Anda ingin selebgram tersebut memberikan informasi di mana tempat mereka membeli kerudung atau celana tersebut.

TikTok

Spill TikTok
Spill di TikTok. RUDI DIAN ARIFIN

TikTok akhir–akhir ini bisa dikatakan sebagai media sosial yang paling populer selain Instagram. Penggunaan spill di TikTok memiliki arti yang sama pula yaitu memberikan suatu informasi dari konten video yang dibuat. Misalnya ketika ada seorang perempuan yang membuat video dengan memperlihat wajah mulusnya. Kemudian para viewers yang melihat video tersebut tertarik dan bertanya melalui kolom komentar “spill skin care yang dipakai dong kak”. Hal tersebut berarti bahwa viewers tersebut ingin meminta informasi produk skin care apa yang dipakai agar wajahnya kelihatan mulus.

Facebook

Spill Facebook
Spill di Facebook. RUDI DIAN ARIFIN

Sama seperti Instagram dan TikTok, spill di Facebook juga digunakan untuk memberi informasi. Biasanya spill juga sering ditemui pada sebuah postingan dan kolom komentar. Misalnya ketika ada postingan tentang Justin Bieber akan mengadakan konser di Indonesia dan Anda menulis komentar “spill cara dapat tiketnya dong min”, hal tersebut berarti bahwa Anda ingin orang yang mengupload postingan tersebut memberikan informasi bagaimana cara mendapatkan tiket tersebut.

Twitter

Spill Twitter
Spill di Twitter. RUDI DIAN ARIFIN

Berbeda dengan beberapa media sosial yang lainnya, selain digunakan untuk memberi informasi. Spill di Twitter lebih sering digunakan untuk membocorkan rahasia atau mengungkap gosip atau berita yang sedang hangat dibicarakan. Misalnya ada kabar gosip terbaru mengenai artis tanah air, kemudian beberapa pengguna Twitter membuat tweet yang berbunyi “spill yang tahu kronologinya dong sis”, dan sebagainya.

Lihat Juga : Apa itu Shadowban Twitter?

Penutup,

Berdasarkan informasi di atas dapat diketahui bahwa spill dalam media sosial memiliki arti membocorkan rahasia, atau memberikan suatu informasi mengenai suatu hal yang berkaitan dengan foto atau video yang di posting dalam media sosial. Istilah spill juga dapat ditemukan pada suatu postingan, tweet atau kolom komentar berbagai media sosial.

Apa perbedaan spill dan spoiler?

Spill lebih merujuk pada memberikan informasi atau membocorkan rahasia mengenai suatu hal yang berkaitan dengan foto atau video yang di posting di media sosial. Sedangkan Spoiler memiliki arti membeberkan cerita dari sebuah buku, film, game, dan media lainnya.

Bagaimana sejarah istilah spill?

Kata spill yang berasal dari kata slang bahasa Inggris spill the tea yang awalnya populer melalui visualisasi karya Kermit the Frog saat meminum teh. Namun di sini spill merujuk pada huruf T yang berarti Truth yaitu kebenaran, sehingga spill berarti membongkar suatu rahasia atau memberikan suatu informasi. Bukan menumpahkan teh.

Apa saja istilah populer di media sosial selain spill?

Berbagai macam istilah yang digunakan kaum milenial pada media sosial ada bermacam–macam misalnya seperti OOT, FYI, OOTD, Mutualan, dan lain–lain.


Penulis : Adella Eka Ridwanti | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Artikel terkait

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 15 Cara Mengatasi Tidak Bisa Upload Foto dan Video Instagram

    Berikut penyebab dan tips memperbaiki aplikasi Instagram yang tidak bisa upload foto dan video
  2. 9 Cara Mengatasi Shopee Error, Tidak Bisa Dibuka

    Berikut penyebab dan solusi memperbaiki aplikasi Shopee tidak bisa dibuka di HP Android
  3. 17 Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka

    Berikut penyebab dan solusi mengatasi Google Play Store tidak bisa dibuka di HP Android yang dapat…