Arti Mention di Media Sosial dan Cara Menggunakannya!

Mention adalah sebuah istilah di mana Anda menyebut nama pengguna agar melihat apa yang disampaikan

Jika Anda pengguna aktif beberapa media sosial, pasti Anda sering kali menemukan mention pada beberapa platform media sosial seperti Instagram, Tik Tok, Twitter, Facebook, dan lain–lain. Salah satu fitur yang tersedia pada media sosial tersebut sering kali digunakan beberapa orang untuk menyebut akun orang lain, terutama di kolom komentar dengan menyebut seseorang agar orang tersebut tahu bahwa ia di sebut atau di mention. Selain digunakan untuk menyebut seseorang dalam sebuah postingan maupun komentar, mention juga sering kali digunakan untuk meramaikan sebuah postingan.

Mention sendiri berasal dari bahasa Inggris dan apabila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia memiliki arti menyebut atau memanggil. Lalu bagaimana arti mention pada media sosial sendiri? mungkin banyak dari beberapa pengguna media sosial tidak asing dengan istilah tersebut, namun masih banyak dari mereka yang belum mengetahui lebih dalam apa itu mention dalam media sosial. Oleh karena itu berikut ini beberapa informasi yang dapat Anda simak.

Lihat Juga : Pengertian Plug and Play

Pengertian mention pada media sosial

Arti Mention
Sumber Gambar : unsplash.com

Mention pada media sosial memiliki arti yaitu penyebutan nama pengguna lain agar orang yang Anda sebut dapat menerima notifikasi atau pemberitahuan pada halaman berandanya. Fitur mention biasanya tersedia pada bagian komentar, obrolan grup, caption suatu postingan, dan lain–lain.

Untuk menggunakan mention, biasanya Anda harus memasukkan simbol “@” dan kemudian menambahkan nama pengguna misalnya seperti @Dianisa. Dan yang perlu Anda perhatikan, jika Anda melakukan mention pada beberapa orang yang tidak menggunakan aplikasi tersebut maka orang tersebut tidak akan mendapatkan notifikasi pada berandanya.

Contoh mention pada media sosial

Penggunaan mention dapat Anda gunakan pada beberapa platform media sosial yang populer misalnya seperti Instagram, Facebook, Twitter, TikTok, WhatsApp, dan Telegram. Berikut ini beberapa contoh yang dapat Anda ketahui.

Instagram

Mention Instagram
Mention Instagram. RUDI DIAN ARIFIN

Pada media sosial Instagram, mention dapat digunakan pada beberapa fitur yang tersedia sekaligus seperti komentar, instastory, dan juga caption pada saat Anda akan mengunggah sebuah postingan. Jika pada kolom komentar, mention berfungsi untuk menyebut pengguna lain atau teman yang Anda panggil ketika menemukan postingan yang menarik. Sedangkan pada fitur caption dan instastory, mention berfungsi sebagai tanda bahwa Anda sedang bersama orang tersebut.

TikTok

Mention TikTok
Mention TikTok. RUDI DIAN ARIFIN

Penggunaan mention pada Tik Tok juga bisa dikatakan hampir sama dengan Instagram yang digunakan pada kolom komentar dan pada saat ingin mengunggah suatu postingan. Cara menggunakannya juga sama dengan medis sosial lainnya yaitu dengan menambahkan @ di awal dan diikuti degan nama pengguna.

Facebook

Mention Facebook
Mention Facebook. RUDI DIAN ARIFIN

Untuk Facebook juga hampir sama dengan Instagram, di mana mention dapat digunakan pada fitur komentar, stories, dan ketika membuat postingan. Mention juga dapat digunakan ketika Anda ingin memberitahu pengguna lain mengenai halaman yang menarik di Facebook. Jika Anda melakukan mention, maka teks yang Anda tulis secara otomatis akan berubah menjadi warna biru. Jika sudah terkirim, pengguna tersebut juga akan mendapatkan notifikasi pada akun berandanya.

Twitter

Mention Twitter
Mention Twitter. RUDI DIAN ARIFIN

Berbeda dengan media sosial lainnya, mention menjadi salah satu fitur dasar pada media sosial Twitter, hal ini karena mention akan selalu ada pada saat Anda berkomunikasi dengan pengguna Twitter lainnya. Mention juga dapat digunakan pada kolom komentar dan pada saat Anda membuat tweet.

WhatsApp

Mention WhatsApp
Mention WhatsApp. RUDI DIAN ARIFIN

Sedangkan pada WhatsApp, mention digunakan untuk menyebut atau memanggil nama pengguna lain ketika berada dalam sebuah grup. Biasanya pengguna yang disebut akan mendapatkan notifikasi dari WhatsApp.

Telegram

Mention Telegram
Mention Telegram. RUDI DIAN ARIFIN

Sama dengan WhatsApp, mention pada Telegram juga hanya dapat digunakan pada obrolan grup saja. Fungsinya juga yaitu untuk menyebut nama pengguna lain.

Lihat Juga : Pengertian Metaverse

Penutup

Berdasarkan informasi di atas, dapat diketahui bahwa mention adalah menyebut atau memanggil nama pengguna lain agar orang yang Anda sebut dapat menerima notifikasi atau pemberitahuan pada halaman berandanya. Fitur Sebutan biasanya tersedia pada bagian komentar, obrolan grup, caption suatu postingan yang ada pada beberapa media sosial seperti Instagram, Tik Tok, Twitter, Facebook, WhatsApp, dan Telegram. Cara menggunakan mention juga cukup mudah dengan menambahkan @ di bagian awal dan diikuti dengan nama pengguna di belakangnya.

Apa saja media sosial lainnya yang dapat melakukan mention?

Selain beberapa platform yang ada di atas, mention juga dapat dilakukan pada beberapa platform seperti Quora, Line Messenger, dan beberapa forum khusus lainnya.

Apa perbedaan mention dan tag?

Mention berarti Anda disebut dalam sebuah komentar atau caption, sedangkan tag berarti Anda ditandai pada sebuah unggahan.


Penulis : Adella Eka Ridwanti | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Artikel terkait

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 10 Cara Mengatasi WhatsApp Web Tidak Bisa Dibuka di PC / Laptop

    Berikut penyebab dan solusi mengatasi WhatsApp web tidak bisa dibuka di laptop dan pc
  2. Download GB WhatsApp Apk (WA GB) v9.41 Terbaru 2022

    Berikut link download GB WhatsApp apk (WA GB) versi terbaru 2022 gratis!
  3. YoWhatsApp Apk (YoWa) Download Terbaru 2022

    Berikut link download YoWhatsApp Apk (YoWa) terbaru dan ter-update 2022 gratis!