Pengertian Driver, Beserta Fungsi, Jenis, Cara Kerja, Software Untuk Instalasi Driver

Sederhananya, driver merupakan software yang berfungsi untuk mengontrol hardware yang terpasang pada komputer

Sebuah komputer pada dasarnya tidak sama dengan manusia yang mampu belajar secara mandiri. Komputer membutuhkan panduan untuk memahami cara kerja alat yang terhubung pada komputer tersebut. Dan alat pemandu tersebut biasa disebut dengan driver. Driver sendiri termasuk ke dalam komponen software atau perangkat lunak yang dapat membuat sistem operasi dan perangkat keras (hardware) dalam komputer saling berkomunikasi satu sama lain.

Sebuah perangkat keras yang akan digunakan juga harus terhubung lebih dulu pada komputer, agar perangkat tersebut dapat menjalankan fungsinya dengan baik, maka Anda harus menginstall driver yang sesuai dengan perangkat tersebut. Lalu bagaimana cara menginstall driver dan apa saja software yang digunakan? Berikut merupakan beberapa informasi mengenai driver yang dapat Anda simak!

Lihat Juga : Pengertian CMD

Pengertian Driver

Pengertian Driver
Sumber Gambar : electronics.howstuffworks.com

Driver adalah perangkat lunak yang bertugas untuk mengontrol perangkat keras yang terpasang di komputer agar dapat terhubung dengan sistem operasi, aplikasi, atau perangkat lain. Driver juga memiliki fungsi yang sedikit berbeda dengan software pada umumnya. Karena dapat membuat interaksi antara beberapa perangkat keras dapat saling terhubung satu sama lain. Perangkat keras juga tidak dapat digunakan jika driver yang sesuai tidak di instal di komputer. Misalnya Wi-Fi, LAN, keyboard, mouse, webcam, VGA, dan perangkat komputer lainnya yang dapat saling terhubung dengan komputer.

Fungsi Driver

Fungsi Driver
Sumber Gambar : rollingstone.com

Meskipun merupakan termasuk jenis perangkat lunak (software), driver memiliki fungsi khusus yang berbeda dengan perangkat lunak pada umumnya. Misalnya seperti:

  • Berfungsi sebagai penghubung perangkat keras (hardware) dengan komputer.
  • Sebagai panduan agar komputer dapat mengenali dan menjalankan beberapa perangkat keras yang sudah terpasang sebelumnya.
  • Mendefinisikan atau menerjemahkan pesan dan perintah antara perangkat (hardware) dengan sistem operasi atau aplikasi.
  • Memproses pesan dan respons dari perangkat untuk dikirim ke komputer.
  • Memaksimalkan kinerja hardware.

Jenis – Jenis Driver

Jenis - Jenis Driver
Sumber Gambar : asus.com

Berbagai jenis driver komputer ada berbagai macam yang dapat Anda ketahui, dan masing-masing dari jenis driver tersebut biasanya tergantung pada kebutuhan perangkat keras yang dipasang. Misalnya; jika Anda berencana untuk memasang mouse, maka Anda memerlukan driver mouse.

Namun biasanya ada beberapa driver yang wajib di install pada komputer atau laptop Anda, antara lain yaitu seperti:

  • Driver audio (Sound Card)
  • Driver BIOS
  • Driver Chipset
  • Driver Graphics (VGA)
  • Driver Keyboard
  • Driver Mouse
  • Driver Storage
  • Driver Network
  • Driver Webcam
  • dan lain-lain

Lihat Juga : Pengertian Sistem Informasi

Cara Kerja Driver Komputer

Driver dapat disebut sebagai penerjemah antara program perangkat lunak dan perangkat keras yang digunakan. Driver biasanya berkomunikasi dengan perangkat keras melalui subsistem komunikasi (bus komputer) tempat di mana perangkat keras terpasang. Dan yang perlu Anda ketahui bahwa memasang driver perangkat yang tepat sangat penting bagi sebuah komputer agar dapat bekerja secara maksimal.

Cara Kerja Driver Komputer
Sumber Gambar : pcworld.com

Ketika komputer Anda dinyalakan, maka sistem operasi akan bekerja dengan driver perangkat dan Basic Input / Output System (BIOS) untuk melakukan tugas perangkat keras. Tanpa driver perangkat, sistem operasi tidak dapat berkomunikasi dengan perangkat Basic Input / Output System (BIOS) tersebut.

Anda juga dapat mengetahui berbagai macam jenis driver perangkat misalnya seperti keyboard, mouse, kartu grafis, printer, dan port. Ketika driver disertakan dengan sistem operasi, mereka biasanya disebut driver perangkat mode-kernel. Namun, jika pengguna harus mengunduh dan menginstall driver perangkat secara manual, driver perangkat jenis ini dapat disebut sebagai driver perangkat mode pengguna.

Lihat Juga : Pengertian PowerShell

Software untuk Instalasi Driver

Ada sejumlah software yang dapat Anda jadikan pilihan untuk menginstall driver dengan cepat sesuai kebutuhan. Berikut daftarnya!

1. DriverPack Solution

Driver Pack Solution

Software yang pertama yaitu Driver Pack Solution. Dibuat oleh Artur Kuzyakov dan timnya, seperti namanya, software ini adalah solusi bagi pengguna yang menginginkan software driver pack terbaik. Setelah di instal, perangkat lunak ini akan langsung menganalisis komputer Anda dan segera menawarkan opsi driver terbaik jika diperlukan. Tentunya dengan database driver sendiri dan kemampuan machine learning yang dapat menginstall driver secara otomatis menjadi alasan yang kuat untuk memilih software Driver Pack Solution ini.

2. Driver Booster

Driver Booster

Kemudian selanjutnya yaitu software Driver Booster, software ini juga dapat meningkatkan kinerja hardware komputer Anda. Kinerjanya yang istimewa menjadikan software ini sebagai solusi yang sempurna bagi Anda para pecinta game, karena dapat menyajikan pengalaman bermain game secara lebih smooth. Driver Booster ini juga memungkinkan Anda untuk mengoptimalkan kebutuhan game Anda.

Aplikasi ini juga memiliki fitur restore point. Sehingga ketika Anda mengalami masalah pada saat baru menginstall driver, Anda dapat mengembalikannya pada versi driver yang sebelumnya.

3. Driver Talent

Driver Talent
Sumber Gambar : drivethelife.com

Driver Talent App sebelumnya lebih dikenal dengan nama DriveTheLife. Program Driver Talent juga memindai dan menemukan driver yang hilang, rusak, atau kedaluwarsa. Aplikasi Driver Talent kemudian akan mengunduh dan memperbarui driver Anda ke versi driver terbaru pada saat ini. Aplikasi ini memiliki user interface yang sederhana sehingga sangat mudah digunakan. Anda dapat mengunduh dan menginstall aplikasi ini di Windows XP, Windows 7, Windows 8, Windows 10, atau Windows yang lebih baru.

4. SamDriver

SamDrivers
Sumber Gambar : nesabamedia.com

Sam Driver adalah aplikasi yang dikembangkan oleh SamLab yang dapat Anda unduh secara gratis melalui Torrent untuk mendapatkan driver tanpa menghubungkannya dengan internet. Untuk menggunakan SamDriver tanpa internet, Anda hanya perlu mengunduh file instalasinya terlebih dahulu dengan ukuran 35 GB.

Lihat Juga : Font Generator for FF, IG, FB, TikTok

5. Free Driver Scout

Free Driver Scout

Free Driver Scout merupakan salah satu software untuk instalasi driver yang memiliki beberapa fitur cukup menarik yang mungkin tidak dimiliki oleh aplikasi pencarian driver lainnya. Salah satu fitur menarik tersebut adalah fitur Automatic Driver Update. Jika Anda mengaktifkan fitur ini, maka aplikasi akan mengunduh dan menginstall tanpa meminta izin terlebih dahulu kepada pengguna.

Kemudian software ini juga memiliki tampilan yang cukup sederhana dan dapat Anda gunakan di beberapa sistem operasi termasuk Windows terbaru yaitu Windows 10 dan Windows 11.

6. SlimDrivers

Slimware DriverUpdate

SlimDrivers adalah aplikasi pencarian driver dari Slimware. Software ini juga dapat memudahkan dalam mencari dan menginstall driver yang sesuai dengan komputer / laptop Anda. Anda hanya perlu mengklik tombol Start Scan untuk mulai memindai PC / laptop Anda untuk menemukan driver yang ingin Anda perbarui.

Ketika proses pemindaian selesai, Anda akan menerima informasi tentang berbagai driver yang perlu Anda perbarui, serta tanggal rilis driver yang sedang Anda gunakan dan tanggal rilis driver baru yang akan Anda install. Aplikasi SlimDrivers ini tidak menyediakan fungsi untuk mengunduh semua driver sekaligus, jadi Anda harus mengunduhnya satu per satu.

7. DriverMax

DriverMax

Meskipun software driver ini bisa dikatakan sangat sederhana, Namun software DriverMax dapat memberikan kinerja maksimal dengan terus memperbarui driver komputer Anda. DriverMax memiliki lebih dari 2,3 juta database yang dapat mempermudah driver melakukan pembaruan, pencadangan, dan pemulihan. Seperti aplikasi sejenis lainnya, DriverMax juga bekerja dengan mengidentifikasi semua komponen komputer / laptop dan menunjukkan driver mana yang bermasalah. Aplikasi DriverMax ini mendukung beberapa sistem operasi Windows, baik Windows 32-bit maupun 64-bit.

8. Driver Easy

Driver Easy

Kemudian yang terakhir yaitu software Driver Easy. Seperti namanya, Driver Easy adalah aplikasi pencarian driver yang memudahkan untuk mengelola dan memperbarui driver di komputer Anda. Aplikasi ini juga memiliki lebih dari 8 juta database yang terdiri dari USB, Bluetooth, Wi-Fi, kartu grafis, dan lain-lain. Anda dapat memperbarui driver yang ada dengan satu klik.

Aplikasi Driver Easy kemudian akan secara otomatis mencarikan file driver yang sesuai dan kompatibel dengan PC / Laptop Anda. Aplikasi DriverEasy juga sangat mendukung apabila digunakan pada beberapa sistem operasi Windows.

Lihat Juga : Pengertian HTTP dan HTTPS

Penutup

Setelah menyimak beberapa informasi di atas, semoga dapat membantu Anda untuk mengetahui apa itu driver, apa saja fungsi, macam, dan jenisnya. Serta ketika Anda ingin memasang perangkat keras pada komputer, Anda juga dapat mengetahui bagaimana cara instalasi driver dan mengetahui software apa saja yang dapat digunakan untuk instalasi driver. Jika Anda memiliki pertanyaan atau info menarik lain mengenai driver, silakan bagikan melalui kolom komentar di bawah ini.

Kapan harus menginstall driver?

Anda dapat melakukan instalasi driver ketika komputer atau laptop Anda baru saja di install ulang atau ketika Anda akan memasang perangkat keras yang belum pernah Anda hubungkan pada komputer atau laptop.

Bagaimana cara menginstall driver?

Caranya sebenarnya sama saja dengan instalasi software pada umumnya yang berbasis Windows. Anda hanya perlu mengikuti arahan atau instruksi yang disediakan, dan jangan lupa untuk menghubungkan perangkat keras yang akan dihubungkan ke komputer ketika akan menginstall driver.

Bagaimana cara mencari driver laptop yang cocok?

Untuk mencari driver laptop yang cocok, Anda dapat mengakses situs: devid.info, atau download langsung pada alamat resmi merek laptop yang Anda gunakan, atau bisa juga dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Driver Pack Solution, Driver Booster, Driver Talent, dan lain-lain.


Penulis : Adella Eka Ridwanti | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Artikel terkait

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 30 Template Jas Pria Pas Foto HD Gratis

    Berikut kumpulan template jas pria pas foto dengan format PSD dan PNG/JPG yang bisa Anda download…
  2. Download AnimeIndo APK Terbaru, Nonton Anime Gratis 2023!

    Berikut link download AnimeIndo APK yang bisa Anda dapatkan secara gratis!
  3. Download GB WhatsApp Pro Apk (WA GB) v9.52, v14.10, v17.20 Terbaru 2023

    Berikut link download GB WhatsApp Pro apk (WA GB) versi terbaru 2023 gratis!