7 Software Pencari Driver PC Otomatis

Pernahkah Anda mengalami situasi yang mana hardware baru yang kita pasang, tidak terbaca pada komputer atau laptop kita. Bagi seseorang yang kurang paham dengan komputer mungkin akan berpikir ada yang salah dengan kabelnya, padahal masalah sebenarnya terletak pada tidak adanya driver yang cocok terinstal pada komputer. Driver sendiri adalah suatu software yang menghubungkan hardware dengan sistem komputer Anda. Tanpa adanya Driver sistem komputer Anda tidak akan mengenali hardware yang Anda pasang.

Driver biasanya bisa Anda dapatkan di paket pembelian hardware dengan bentuk CD, namun ada kalanya Anda juga tidak mendapatkannya. Di saat seperti inilah, Anda memerlukan bantuan software pencari driver/ driver updater. Dengan menggunakan software ini, Anda akan mampu menemukan driver yang cocok dengan hardware Anda dengan cepat dan mudah. 

Nah, pada kesempatan kali ini, penulis akan membawakan ulasan tentang software driver updater terbaik yang bisa Anda gunakan pada perangkat komputer atau laptop Anda.

Lihat Juga : 20 Software Pembersih RAM PC & HP Terbaik

Software Pencari Driver Terbaik

Untuk Anda yang merasa kesulitan mencari Driver secara manual, maka Anda datang di tempat yang tepat. Di ulasan kali ini, penulis akan memberikan informasi kepada Anda tentang rekomendasi software pencari driver otomatis terbaik untuk membantu Anda mencari driver yang cocok dengan hardware Anda. Berikut daftarnya.

1. Driver Pack Solution

Driver Pack Solution

Rekomendasi yang pertama adalah Driver Pack Solution. Software yang satu ini merupakan software yang cukup populer di kalangan pengguna komputer Indonesia. Dengan penampilan yang sederhana dan simple, software kembangan Kuzyakov Artur ini mampu digunakan dengan mudah, bahkan untuk seseorang yang masih awam soal komputer. Melalui program ini, Anda akan mampu mengunduh dan memasang driver yang Anda perlukan secara otomatis.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah membuka software-nya, Driver Pack akan mendeteksi driver apa yang perlu dipasang dan yang perlu di update. Setelah itu, Anda hanya perlu memilih driver yang ingin Anda pasang atau Anda update, Anda juga bisa melakukan pemasangan semua driver yang ada. Driver Pack Solution ini memiliki tiga versi, versi offline full, offline network, dan versi online. Yang membedakan ketiganya adalah cara berjalannya (offline dan online), dan ukuran softwarenya.

Untuk versi Online, Anda akan mendapatkan Driver Pack yang berukuran kurang dari 10 MB, 610 MB untuk versi Offline Network, dan 22 GB untuk versi Offline full-nya.

[Windows] [MacOS] [Linux]

2. Driver Easy

Driver Easy

Rekomendasi software berikutnya adalah Driver Easy. Software yang satu ini merupakan salah satu software yang dianggap cukup powerfull dalam menjalankan tugas-tugasnya. Memiliki fungsi yang sama dengan software sebelumnya, Driver Easy ini mampu untuk membantu Anda menambah atau memperbarui driver-driver yang ada di sistem komputer atau laptop Anda. 

Memiliki tampilan user interface yang sederhana dan intuitif, membuat Anda mampu dengan mudah menggunakan software yang satu ini. Driver Easy mampu memindai sistem Anda dan mendeteksi driver-driver yang telah usang untuk di update. Tidak hanya itu, Driver Easy ini mampu mendeteksi driver-driver yang hilang atau belum terpasang di sistem sehingga Anda bisa segera memasangnya.

Untuk Anda yang ingin menggunakan Driver Easy, software ini memiliki 3 versi penjualan, yakni Lite, Pro, dan Technician. Untuk versi Lite Anda bisa mendapatkannya dengan gratis, namun tentu saja dengan pemotong berbagai fitur. Untuk versi Pro dibandrol seharga $29.95, sedangkan untuk versi Technician dibandrol dengan harga $99.50.

[Windows] [MacOS] [Linux]

Lihat Juga : 14 Software Recovery Data PC Terbaik

3. Driver Booster

Driver Booster

Merupakan salah satu software yang ditawarkan pengembang yang cukup terkenal, IObit. Menjadikan software yang satu ini terlihat terpercaya di mata calon penggunaannya. Driver Booster merupakan software driver updater yang dimiliki IObit. software ini cukup Penulis rekomendasikan untuk Anda gunakan karena Driver Booster memiliki kurang lebih 2,5 Juta database driver dari berbagai vendor. Dengan data sebanyak itu, Driver Booster ini mampu membantu Anda mengidentifikasi driver-driver yang outdate, rusak, atau yang hilang di sistem komputer atau laptop Anda.

Seperti software sebelum-sebelumnya, Driver Booster ini tidak hanya mengidentifikasi namun juga membantu Anda dalam proses update atau pemasangan driver tadi. Driver Booster ini memiliki tampilan interface yang bergaya modern, keren, namun tetap sederhana. Perpaduan warna hitam dan merah  yang dimilikinya pun menambahkan kesan keren di penampilannya. Dengan penampilan yang seperti ini dan kesan intuitif yang kuat, Driver Booster ini cocok untuk Anda yang suka dengan penampilan yang keren namun bisa dengan mudah digunakan.

Driver Booster ini dipasarkan dengan dua versi, yakni versi gratis dan versi berbayar. Untuk versi gratisnya, Anda bisa langsung mengunduhnya di situs resminya, ada linknya dibawah. Sedangkan untuk versi berbayar atau Pro, Anda harus merogoh kantong sebesar $22.95 terlebih dahulu.

[Windows] [MacOS] [Linux]

4. Snappy Driver Installer (SDI)

SDI

Berbeda dengan dua software sebelumnya, Snappy Driver Installer atau yang disingkat SDI ini merupakan software driver updater yang bisa Anda dapatkan secara gratis tanpa mengeluarkan uang sepeserpun. Snappy Driver Installer ini merupakan salah satu product dari pengembang SourceForge.

Dengan menggunakan SDIini, Anda akan mampu mengunduh dan memperbarui berbagai driver yang sudah usang, rusak, atau hilang di sistem Anda. Meskipun memiliki penampilan yang cukup tua, dan kesan intuitif yang kurang, software yang satu ini masih sangat bisa untuk Anda gunakan. Apalagi mengingat software ini bisa Anda dapatkan secara gratis.

Sama dengan Driver Pack Solution, SDI ini juga memiliki dua versi penggunaan, yakni yang online dan yang offline. Untuk yang online, Anda bisa menggunakan software ini hanya dengan ukuran penginstalan 5,5 MB saja. Sedangkan untuk versi offline-nya, SDI ini memiliki ukuran 19 GB. Sedikit catatan untuk versi offline, jika Anda mengunduhnya melalui situs resminya, yang ada di bawah, Anda akan mendapatkan file dengan format .torrent dan harus mengekstraknya terlebih dahulu.

[Windows] [MacOS] [Linux]

Lihat Juga : 15 Aplikasi Antivirus PC & Mac Terbaik

5. DriverMax

DriverMax

Masih dengan rekomendasi software driver update, di urutan kelima ini ada driver updater yang bernama DriverMax. Software yang satu ini merupakan software yang dikembangkan oleh NeoSetup – Innovative Solution. Software yang satu ini dinilai cukup populer dan banyak digunakan orang-orang, mungkin salah satu alasannya adalah karena DriverMax ini memiliki kurang lebih 2,3 Juta database dari driverdriver yang ada diluar sana.

Dengan menggunakan DriverMax ini, Anda akan mampu memindai dan menemukan driver-driver yang sudah usang atau rusak pada sistem Anda untuk segera diperbarui. Anda juga bisa menemukan driver-driver yang tidak tersedia di sistem Anda sehingga Anda bisa memasangnya. DriverMax ini memiliki tampilan interface yang cukup modern, setidaknya lebih modern dibanding software SDI, namun tidak melebih penampilan Driver Booster. DriverMax juga tampil cukup sederhana dan memiliki kesan intuitif yang cukup kuat.

Software yang satu dipasarkan dengan dua jenis, yakni yang gratis atau yang biasa, dan yang berbayar atau yang PRO. Untuk versi Pro, DriverMax ini dibandrol dengan harga yang bervariasi, mulai dari perbulan, pertahun, dan per dua tahun. Ada juga paket lifetime yang saat ulasan ini ditulis harganya mendapat diskon sebesar 80%, dari harga normal $149saat ini Anda bisa mendapatkannya hanya dengan $29.80 saja.

[Windows] [MacOS] [Linux]

6. Free Driver Scout

Free Driver Scout

Free Driver Scout adalah software  driver updater lainnya yang juga penulis rekomendasikan untuk Anda coba. Software yang satu ini merupakan software driver yang dikembangkan oleh Freemium GmbH dengan tujuan membantu Anda dalam memperbarui atau menambah software driver di sistem komputer atau laptop Anda. Dengan menggunakan software yang satu ini, Anda akan mampu menemukan driver-driver yang sudah kadaluwarsa atau rusak di sistem Anda untuk diperbaiki.

Anda juga dapat menemukan driver-driver yang hilang atau tidak ada di sistem komputer Anda. Free Driver Scout ini juga memiliki fitur jadwal yang jika Anda aktifkan, maka Free Download Scout ini akan selalu memindai sistem Anda sesuai dengan jadwal yang diatur. Anda juga bisa mengaktifkan fitur auto update untuk memudahkan Anda meng-update driver secara otomatis.

Untuk penampilannya, Free Driver Scout ini memiliki penampilan yang sederhana, dan simbol-simbol yang cukup besar. Hal ini sangat membantu memudahkan penggunaannya dalam menggunakan Free Driver Scout ini, terutama pada orang-orang yang awam terhadap komputer.

[Windows] [MacOS] [Linux]

Lihat Juga : 10 Aplikasi Cleaner PC & Mac Terbaik

7. Slimware Driver Update

Slimware DriverUpdate

Datang sebagai rekomendasi tambahan di ulasan kali ini, Slimware Driver Update menjadi software lainnya yang tidak boleh terlewatkan bagi Anda yang mencari software driver update. Sudah menjadi dasar fungsi software driver update untuk mendeteksi pembaruan-pembaruan, perbaikan, dan pemasangan berbagai driver, begitu pula dengan Slimware Driver Update ini. Hanya dengan 3 langkah mudah, scan-result-installation, Anda bisa mendapatkan driver up-to-date di komputer atau laptop Anda.

Namun sebelum Anda bisa menikmati kemudahan tersebut, Anda harus membayar sejumlah uang untuk mendapatkan akses full software yang satu ini. Untuk Paket yang ditawarkan sendiri, Slimware menyediakan dua paket pembelian yakni paket untuk satu device dengan harga 20$ atau sekitar 300 Ribu Rupiah per satu tahun dan paket untuk 5 device lifetime (seumur hidup) dengan harga 60$ atau sekitar 875 Ribu Rupiah.

[Windows] [MacOS] [Linux]

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.