4 Cara Menambahkan Hashtag pada Foto Instagram

Sebelum merambah langsung ke tutorial, saya akan jelaskan terlebih dahulu apa itu Hashtag Dan apa fungsi dari Hashtag untuk sosial media. Apa Hashtag itu hanya sebatas sebagai gaya atau sebagai simbol yang menguntungkan bagi para pengguna sosial media. Hashtag adalah simbol pagar “#” dengan tambahan kata atau nama yang sesuai dengan keinginan kita, misalnya #kontenkreator #surabayahits #dianisacom #indonesia, dan sebagainya.

Perlu anda ketahui bahwa yang pertama kali memperkenalkan Hashtag adalah Twitter sebagai alat untuk membuat trending topik yang sedang booming saat itu juga. Dari twitter-lah sekarang Hashtag menjadi peranan utama untuk semua sosial media, termasuk intagram. Hashtag di Instagram sama seperti di Twitter yakni mempermudah pengguna lain dalam mencari sesuatu dan berkomentar pada sesuatu yang sedang menjadi trending topik saat itu.

Jadi penggunaan Hashtag sangat penting sebagai alat untuk meramaikan foto dan video yang sedang kita posting. Keuntungan lain yakni dapat mempermudah para online shop dalam mencari rizki. Mau tau cara menambahkan hashtag di Instagram? Berikut tutorial singkat yang dapat anda ikuti.

Lihat Juga : 3 Cara Mematikan Autoplay Video Instagram

Cara Menambah Hashtag di Instagram

Setiap kali anda mengupload foto dan video, anda bisa menambahkannya dengan hashtag “#”, dengan batas maksimal 30 hashtag. Opsinya sebenarnya bisa langsung pada caption atau komentar Instagram. Berikut langkah-langkahnya;

STEP 1: Pertama, silahkan buka aplikasi Instagram anda. Tap icon “+” yang ada dibagian tengah tersebut. Pilih foto yang ingin anda posting, lalu tap Selanjutnya.

1 Membuat Hashtag Instagram

STEP 2: Jika anda ingin melakukan pengeditan, misal ingin menambahkan efek, pencahayaan, dan sejenisnya, silahkan edit terlebih dahulu. Jika sudah, tap Selanjutnya. Setelah itu, silahkan tambahkan caption dan hashtag yang anda inginkan. Tambahkan tanda pagar dan ikuti dengan kata yang anda mau. Misal: #surabayahits, #umsida1912, #dianisacom, dan sebagainya. Tap Bagikan untuk posting.

2 Menambahkan Hashtag Instagram

Jika diurutkan, berikut langkah-langkahnya;

  1. Buka aplikasi Instagram di smartphone anda.
  2. Tap icon “+” untuk menambahkan postingan baru.
  3. Pilih foto yang anda inginkan, tap Selanjutnya.
  4. Lakukan pengeditan jika diperlukan, tap Selanjutnya.
  5. Tambahkan caption dan hashtag dengan tanda pagar.
  6. Tap Bagikan untuk posting.
  7. Selesai.

Lihat Juga : 4 Cara Menonaktifkan Aplikasi Instagram

Tips Membuat Hashtag Instagram

Untuk meningkatkan potensi pengunjung, beberapa tips membuat hashtag Instagram dibawah ini mungkin bisa membantu.

1. Gunakan Hashtag yang Sesuai dengan Konten

Buatlah hashtag yang related dengan konten yang anda posting. Misal jika anda memposting jilbab atau pakaian muslimah, maka buatlah hashtag #jilbab, #hijabers, #syari, #muslimah, dll. Dengan melakukan hal ini, maka pengguna yang mengikuti hashtag tersebut, kemungkinan besar akan melihat postingan anda, menyukai, bahkan mengomentarinya.

Semakin banyak pengguna yang menyukai, maka kemungkinan juga akan masuk pada mode pencarian (explore) Instagram.

2. Gunakan Hashtag Lokasi

Hashtag lokasi juga sangat powerfull, terutama untuk topik seputar liburan atau traveling ke tempat-tempat tertentu. Misal ketika anda berlibur ke Surabaya, nah disitu anda bisa tambahkan hashtag #surabaya, #surabayahits, #travelling, dll. Tempat liburan biasanya juga sering dicari-cari di Instagram, terutama yang berhubungan dengan hashtag kota.

3. Gunakan Hastag Bikinan Sendiri

Selanjutnya, cobalah buat hashtag sendiri khusus untuk akunmu. Ini bisa jadi ciri khas tersendiri yang tidak dimiliki pengguna lain, misal hashtag #dianisacom, #bisnishack, #ngawidian, dan sebagainya. Buat anda yang ingin jualan atau sudah jualan di Instagram, tips ini layak buat anda coba.

dll…

Masih banyak tips menarik lainnya mengenai hashtag Instagram. Tidak cukup sampai disini, anda juga perlu melakukan reset, analisis, konsisten, dan lainnya. Anda bisa simak tips menarik lainnya dari Instagram @bynikojulius.

Lihat Juga : 3 Cara Menghubungkan Akun Instagram dengan Facebook

Penutup,

Sebagai tambahan, selain di foto dan video yang anda upload, anda bisa menambahkan hashtag di komentar pengguna lain yang ingin anda komentari. Sebagai tanda, hashtag yang aktif akan berwarna biru muda.

Itulah ulasan singkat dari saya, semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk semuanya. Bagikan artikel ini ke sosial media yang anda miliki supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tambahkan atau sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.