2 Cara Menghapus Akun Instagram

Bagaimana sih cara menghapus akun Instagram, susah banget? sebenarnya untuk menghapus akun instagram tidaklah sulit, tapi mungkin anda memang belum mengetahui caranya seperti apa. Jika anda perhatikan aplikasi Instagram memang tidak memberikan tombol hapus akun ataupun delete akun.

Hal inilah yang membuat para pengguna merasa bingung dalam menghapus akun. Hal ini juga pernah saya alami, setiap kali saya mencari-cari tombol hapus akun di aplikasi intagaram tidak pernah saya temukan.

Dan pada akhirnya saya baru mengetahui bahwa ternyata aplikasi instagram tidak memberikan tombol delete akun dan aplikasi instagram hanya bisa di hapus melalui browser komputer atau browser smartphone. Sebelum menghapus akun instagram, pastikan anda telah melakukan backup pada semua foto yang anda anggap penting. Karena nantinya jika tidak anda backup semua foto dan video akan terhapus secara total dan tidak bisa di kembalikan lagi. Baca kutipan penting di bawah ini.

Kutipan Penting

  • Menghapus aplikasi instagram bukan berarti akun anda telah terhapus. Hanya aplikasi instagram anda yang terhapus dan akun anda belum terhapus.
  • Di saat anda telah menghapus akun instagram, foto, video, komentar, like, favorit dan lain sebagainya akan hilang secara total (permanen).
  • Tersedia dua pilihan dalam menghapus akun yakni menghapus akun secara permanen dan menghapus akun untuk sementara waktu.
  • Backup semua foto yang anda anggap penting untuk di simpan, bisa di Android ataupun Laptop.

Lihat Juga : 3 Cara Mengganti Password Instagram

Cara Menghapus Akun Instagram Secara Permanen

Setelah membaca kutipan di atas, sekarang waktunya untuk menghapus akun instagram anda. Dibawah ini merupakan metode menghapus akun Instagram secara permanen. Ikuti langkah-langkahnya melalui browser komputer atau smartphone anda.

Langkah pertama, silahkan login ke akun Instagram anda terlebih dahulu. Kemudian akses Halaman ini untuk masuk ke fitur penghapusan akun Instagram. Halaman tersebut merupakan halaman resmi dari Instagram untuk mengelola ataupun menghapus akun Instagram.

Menghapus Akun Instagram secara Permanen

Dari halaman tersebut, anda bisa memahami bahwa harus ada alasan dalam menghapus akun Instagram secara permanen. Dibagian Mengapa Anda menghapus akun Anda? Silahkan pilih alasan yang membuat anda ingin menghapus akun. Setelah itu, masukkan kata sandi Instagram anda dibagian form Untuk melanjutkan, masukkan lagi kata sandi. Jika sudah, klik Hapus akun saya secara permanen.

Nah, dengan melakukan hal tersebut, maka akun anda akan terhapus secara permanen

Lihat Juga : 3 Cara Menghapus Riwayat Pencarian Instagram

Cara Menghapus Akun Instagram Sementara Waktu

Selain menghapus Instagram secara permanen, ada opsi lain untuk menghapus akun Instagram untuk sementara waktu. Dengan melakukan hal ini, maka akun anda tidak akan terlihat di mata publik, baik itu profil, foto, video, dan lainnya. Artinya, akun anda benar-benar hilang dari Instagram namun akan aktif lagi apabila pengguna login kembali ke Instagram dikemudian hari.

Untuk menghapus akun Instagram sementara waktu, anda login ke Instagram melalui browser smartphone atau komputer. Silahkan masuk ke Profil Instagram anda, kemudian pilih fitur Edit Profil.

1 Edit Profil Instagram Browser

Kemudian pilih fitur Edit Profil lalu scroll ke bawah kemudian pilih Nonaktifkan sementara akun saya. Opsi ini dapat anda temukan ketika anda menggunakan browser smartphone atau komputer. Jika menggunakan aplikasi Instagram, beberapa pengguna tidak bisa menemukan opsi ini.

2 Nonaktifkan Akun Instagram

Selanjutnya, anda akan masuk ke fitur penghapusan akun Instagram untuk sementara waktu. Dibagian fitur Mengapa Anda menonaktifkan akun anda? Silahkan isi sesuai dengan alasan anda. Selanjutnya, dibagian Untuk melanjutkan, masukkan lagi kata sandi, silahkan isi dengan kata sandi Instagram anda. Jika sudah, klik Akun Dinonaktifkan Sementara.

3 Nonaktifkan Instagram Sementara Waktu

Nantinya anda akan mendapatkan informasi bahwa akun Instagram telah dinonaktifkan untuk sementara waktu. Untuk akses lebih cepat, anda juga dapat mengakses Halaman ini yang nantinya juga diarahkan ke fitur penghapusan akun Instagram.

Lihat Juga : 2 Cara Mengganti Username Instagram

Apa yang terjadi setelah akun Instagram dinonaktifkan untuk sementara waktu?

Jika akun anda telah dinonaktifkan untuk sementara waktu, maka teman, pengikut, dan semua aktivitas tidak tersedia lagi untuk akun Instagram anda. Akun anda tidak terlihat secara publik dan semua pengguna Instagram tidak bisa melihat foto, video, ataupun aktivitas lain yang pernah anda lakukan.

Bagaimana cara mengembalikan akun Instagram yang telah dinonaktifkan untuk sementara waktu?

Untuk menggunakan akun Instagram yang pernah dinonaktifkan cukup mudah, anda tinggal login kembali ke Instagram seperti biasa, maka akun anda akan kembali dan anda bisa menggunakan akun tersebut seperti biasa, baik upload foto, video, insta story, IG TV, dan sebagainya.

Bagaimana cara mengembalikan akun Instagram yang dihapus secara permanen?

Jika anda pernah menghapus akun Instagram secara permanen, maka akun tersebut tidak dapat dikembalikan. Karena kebijakan Instagram itu pasti bahwa akun yang telah dihapus secara permanen tidak dapat dikembalikan. Hal inilah yang menjadi penting untuk kedepannya bahwa dalam menghapus akun Instagram perlu dipikirkan matang-matang, terutama untuk akun bisnis atau akun pribadi yang cukup berpengaruh dalam aktivitas social media anda.

Lihat Juga : 3 Cara Mengganti Foto Profil Instagram

Akhir Kata,

Setiap orang memiliki alasan tersendiri kenapa ingin menghapus akun yang ia miliki. Mungkin saja karena sudah tidak tertarik untuk menggunakan Instagram dan ingin beralih menggunakan aplikasi lainnya.  Punya banyak akun juga bisa menjadi alasan kenapa seseorang ingin menghapus akun instagram.

Demikian tutorial singkat dari saya, semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk semuanya. Apabila ada pertanyaan yang ingin di sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar. Terima kasih dan selamat mencoba!!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.