Cara Menghentikan Aplikasi Android Secara Paksa

Aplikasi Android terkadang bisa mengalami error mulai dari muncul pesan error di notifikasi, Tidak bisa dibuka, muncul pesan pop up, dan bahkan tidak bisa ditutup sama sekali.Salah satu penyebab aplikasi sering error mungkin karena aplikasi tidak compatible dengan OS Android anda, atau bisa juga karena anda tidak pernah melakukan update aplikasi sama sekali.

Hal inilah yang membuat aplikasi sering error dan tidak bisa ditutup.

Kenapa Aplikasi Android Saya Tidak Bisa Ditutup?

Sebelumnya saya juga pernah mengalami hal yang sama yakni aplikasi tertutup tapi kembali memunculkan notifikasi error. Artinya aplikasi terus terbuka dan tidak bisa ditutup. Penyebab mengenai masalah ini berbeda – beda, jadi tidak bisa dijelaskan satu persatu – satu.

Tapi pada umumnya penyebabnya kerana aplikasi tidak diupdate, cache aplikasi penuh, serta OS Android mengalami kerusakan (bugs). Cara mengatasi aplikasi android yang tidak bisa ditutup yakni dengan menghentikan aplikasi secara paksa. Fitur ini memang jarang digunakan oleh para pengguna Android, tapi fitur ini bisa menjadi solusi untuk anda.

Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti tutorial “Paksa Berhenti” aplikasi android berikut ini.

Lihat Juga : Cara Mengembalikan Android ke Setelan Pabrik

Cara Menutup Aplikasi Android Secara Paksa

Karena aplikasi Whatsapp saya sedang error maka saya akan contohkan memaksa aplikasi WhatsApp untuk berhenti berjalan. Berikut langkah – langkahnya.

Langkah pertama, anda buka menu “Setelan” di HP Android yang anda miliki. Selanjutnya, anda bisa pilih “Setelan Tambahan”.

Manajemen Aplikasi di OPPO

Kemudian lanjutnya dengan memilih “Manajemen Aplikasi”.Setelah itu, pilih aplikasi yang ingin anda hentikan. Dan untuk menghentikannya, anda bisa tap “Paksa Berhenti”.

Paksa Berhenti Aplikasi di OPPO

Dengan melakukan hal ini, maka aplikasi akan tertutup dan tidak akan berjalan di background lagi.

NOTE: Untuk contoh diatas saya lakukan pada smartphone OPPO A37. Jika anda menggunakan perangkat lain maka bisa menyesuaikannya. Karena bisa jadi letak atau tempat fiturnya berbeda. Tergantung dari launcher sistem default yang digunakan oleh vendor.

Dengan mengikuti langkah-langkah diatas maka dijamin aplikasi yang tidak bisa ditutup bisa anda tutup, aplikasi yang terus berjalan bisa anda hentikan.

Itulah informasi singkat mengenai cara menghentikan aplikasi android secara paksa, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan atau ingin menambahkan sesuatu, tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih!!

Tips Android

Masalah Android

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.

What others say | 7 Comment

  1. hendra berkata:

    Ka maap mau tanya, kalo whatsapp nyah di paksa berhentikan terus pas mau di buka lagi app nya apakah harus verivikasi lagi ke nmber whatsapp nyah atau tinggal buka seperti aplikasi lainnya contoh bbm.

    Mhon pencerahannya ka..

  2. Makarov berkata:

    Klo buat aplikasi sistem dihentikan paksa gimana?

  3. Ansel Deri berkata:

    Layar handphone samsung saya menjadi gelap atau padam dengan tulisan “TouchWiz depan terhenti” Mohon saya dibantu. Terima kasih

  4. Mega berkata:

    Bagaimana solusi untuk wa saya yang tidak bisa di paksa berhenti?