4 Cara Mengatasi Shopee Error, Tidak Bisa Dibuka

Shopee merupakan salah satu platform belanja online yang cukup populer di Indonesia. Sukses di Singapura, Shopee mulai menjajah pasar asia lain seperti Malaysia, Thailand, Taiwan, Vietnam, Filipina, dan Indonesia tentunya. Sampai ditahun 2019, Shopee sukses menduduki peringkat #2 setelah Tokopedia sebagai marketplace dengan total pengunjung bulanan terbanyak.

Maraknya promo besar-besaran yang dihadikan Shopee membuat masyarakat Indonesia tergiur untuk berbelanja online. Namun dalam hal lain, ada beberapa masalah yang di alami oleh sebagian pengguna Android mengenaiaplikasi Shopee yang terkadang terjadi error dan tidak bisa di akses.

Masalah ini tentu membuat sebagian pengguna kesal, alhasil belanja online tidak dapat dilakukan. Lalu apa penyebabnya, lebih jelasnya simak ulasannya berikut ini.

Lihat Juga : 5 Cara Mengatasi Gboard Telah Berhenti

Mengatasi Shopee Tidak Bisa Dibuka

Penyebab aplikasi Shopee yang error bisa karena banyak hal, seperti aplikasi yang tidak di lakukan update, memori smartphone yang terbatas, koneksi internet yang lambat, penumpukan cache pada aplikasi dan sistem, atau bisa juga karena server Shopee yang sedang terjadi down.

Untuk mengatasi masalah tersebut, simak beberapa tipsnya berikut ini…

#1. Restart Smartphone

Hal sederhana pertama yang bisa anda lakukan, coba untuk restart smartphone. Siapa tahu dengan melakukan restart maka sistem dan aplikasi kembali normal. Jika-pun tidak, coba tips berikutnya.

#2. Update Aplikasi Shopee

Aplikasi Shopee ataupun aplikasilain juga perlu dilakukan update. Selain untuk mendapatkan fitur terbaru, hal ini juga bertujuan untuk memaksimalkan stabilitas sistem dan aplikasi yang diperbarui serta menghilangkan bugs yang mungkin terjadi.

Anda bisa kunjungi Google Play untuk melakukan update aplikasi…

Update Aplikasi Shopee
  • Buka Google Play » Aplikasi & Game saya » pilih Shopee » kemudian lakukan Update dan tunggu sampai proses update selesai dilakukan.

#3. Hapus Cache & Data Shopee

Jika dengan update masih bermasalah dan tidak kunjung normal, coba bersihkan cache dan data aplikasi. Kemungkinan lain, ada bagian aplikasi atau sistem Android yang kebanyakan data karena aktivitas pengguna yang tinggi sehingga membuat memori penuh dan error.

Untuk membersihkan cache, simak langkah-langkahnya berikut ini.

Hapus Data Shopee
  • Buka Pengaturan » Aplikasi & Notifikasi » Aplikasi » pilih Shopee » Penyimpanan » kemudian tap Hapus Tembolok dan Hapus Data.

Lihat Juga : 5 Cara Mengatasi Shopintar Error, Tidak Bisa Dibuka

#4. Server Shopee Mengalami Gangguan

Selain masalah internal smartphone, ada kemungkinan lain bisa jadi server shopee sedang terjadi masalah sehingga mau tidak mau anda harus menunggu sampai server Shopee normal kembali.

Dalam beberapa kasus, Shopee pernah mengalami hal ini. Dan hal ini pasti membutuhkan tindakan yang cepat, karena bagaimanapun server yang down membuat pengunjung, pembeli, dan Shopee sendiri dapat mengalami kerugian besar.

…Selain hal-hal diatas, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, sistem Android yang telah di root, costum ROM, atau unduhan aplikasi Shopee yang bukan dari Google Play atau market place resmi juga dapat menjadi penyebab masalah aplikasi.

Dan itulah beberapa solusi sederhana yang dapat penulis bagikan, jika ada tips atau pertanyaan lain, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.

What others say | 4 Comment

  1. Riyanti berkata:

    Mau log in pakai hp yg biasa untuk log in shopee ndak bisa selalu ada tulisan masalah jaringan silahkan coba lagi, sudah beli paket internet baru pun masih tidak bisa log in, tapi kalo pakai hape adik bisa,, kenapa kah ?

    • My deeva berkata:

      Sama kaya aq… Kayanya karna versi hp nya deh.. Soalnya versi hp q masih 5.2 klo yg punya anak uda 6 ke atas bisa…

  2. Nomiacalana berkata:

    Mau login shopee tapi jaringan bermasalah udah uninstal dan instal berkali kali tetap j udah berapa hari knp y