8+ Cara Mengatasi Aplikasi YouTube Tidak Bisa Dibuka di HP Android

Dianisa.com – YouTube Android Tidak Bisa Dibuka. YouTube adalah salah situs milik Google yang berisi ribuan bahkan jutaan video yang dapat ditonton setiap hari secara gratis dan bebas. Bagi anda yang suka streaming video, semisal YouTube, jika terjadi error atau tidak bisa dibuka tentu anda akan merasa geram, sedih, dan galau karena tidak bisa nonton video kesukaan.

Apabila jika anda sudah berlangganan pada YouTubers paling populer yang suka mengupload video berkualitas, tentu hal ini akan membuat anda tidak sabar ingin nonton video yang telah di update.

Setiap aplikasi yang error tentu ada penyebabnya. Apa penyebab dari semua itu? Penyebabnya bisa bermacam – macam karena setiap pengguna android memiliki cara yang berbeda – beda dalam menggunakannya.

Tapi penyebab yang paling umumnya biasanya terjadi karena penumpukan memori yang disebabkan oleh file sementara yang tidak pernah dihapus, misalnya saja file cache dan File history. Jika dua file tersebut diabaikan terlalu lama, bisa saja terjadi “unfortunately, YouTube has stopped” atau “force close” atau “sayangnya, YouTube telah berhenti”.

Tips Google

Masalah Aplikasi Google

Masalah HP Android

Penyebab Aplikasi YouTube Tidak Bisa Dibuka

Selain itu, masih banyak penyebab – penyebab lain yang membuat YouTube android tidak bisa di buka. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak beberapa penyebab yang mungkin saja memang terjadi pada smartphone atau tablet android yang anda miliki.

  • File Sementara Tidak Pernah Dihapus. Seperti yang saya bilang diatas, bahwa file sementara yang tidak pernah dihapus lama – kelamaan akan menyebabkan YouTube menjadi error atau rusak. Dan apabila anda melakukan klik pada aplikasi YouTube maka yang terjadi yakni “unfortunately, YouTube has stopped” atau “force close”. File sementara bisa berupa Cache file, History pencarian, komentar, share, like, Upload video, dan file sementara lainnya.
  • Aplikasi YouTube Telah di Update Secara Manual. Apabila anda mengaktifkan fitur auto update pada YouTube maka update yang dilakukan akan disesuaikan dengan OS Android anda. Tetapi jika anda melakukan Update secara manual dengan memilih aplikasi YouTube versi terbaru dan ternyata aplikasi tidak bisa dibuka, itu berarti aplikasi YouTube tidak kompatibel dengan OS Android anda. Artinya, jika Aplikasi YouTube anda terlihat lebih canggih, tetapi OS Android anda versi Jadul tentu akan terjadi error dan tidak bisa dibuka.
  • Anda Baru Saja Melakukan Upgrade OS Android. Apabila anda telah melakukan update OS Android, misal dari Kiktat (4.4) ke Lollipop (5.0), terkadang hal ini bisa membuat aplikasi Youtube terjadi error dan tidak bisa dibuka. intinya jika anda mengupdate OS Android, anda harus mengupdate pula pada semua aplikasi yang ada, Terutama pada YouTube dan aplikasi bawaan lainnya.

Mengatasi YouTube Android Tidak Bisa Dibuka

Dari beberapa penyebab diatas, apakah ada 1 hal yang memang pernah anda lakukan atau memang sudah terjadi pada smartphone android anda. Jika pernah, cobalah untuk mengikuti solusi yang saya berikan dibawah ini.

#1. Hapus Cache YouTube

Menghapus cache Youtube adalah cara pertama yang bisa anda lakukan, semoga dengan cara ini bisa mengatasi Aplikasi YouTube yang tidak bisa dibuka.

Untuk menghapusnya masuk pada menu Setting » Apps » All, kemudian cari dan buka aplikasi YouTube dan pilih tombol “Clear Chache”. Jika anda ingin lebih praktis dan cepat, anda bisa menggunakan aplikasi clean master sebagai pembersih cache paling cepat.

Hapus Cache YouTube

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari YouTube » Kemudian tap Hapus Cache.

#2. Bersihkan Memori RAM

Memori RAM yang kecil bisa saja membuat YouTube tidak bisa dibuka, apalagi jika anda membuka banyak aplikasi seperti BBM, Whatsapp, FB Messenger, dan lain sebagainya. Tentu hal tersebut akan membuat memori RAM penuh.

Untuk itulah anda perlu menghapus memori RAM agar Aplikasi YouTube dapat di buka kembali. Caranya, tap Task Manager » RAM » tap Clear memory. Untuk lebih jelas mengenai metode membersihkan cache RAM, baca lebih lanjut pada artikel berikut ini, Cara Menghapus Memori RAM Android Yang Penuh.

#3. Hapus Pemutar Video YouTube Pihak Ketiga

Apabila anda memasang aplikasi pemutar video YouTube dari pengembang pihak ketiga, sebaiknya hapus saja aplikasi tersebut. Terkadang aplikasi tersebut dapat menggangu aplikasi YouTube.

#4. Install Ulang Aplikasi YouTube

Hapus atau uninstall aplikasi Youtube, kemudian install dengan aplikasi YouTube yang baru. Anda bisa ikuti petunjuk Uninstal aplikasi YouTube dibawah ini.

Uninstal YouTube

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari YouTube » Kemudian tap Copot Pemasangan.

#5. Install Dengan File Aplikasi Apk

Install perangkat android anda dengan aplikasi YouTube secara manual lewat file Apk dibawah versi yang anda pasang sekarang ini. Tapi sebelumnya anda harus mengizinkan perangkat android untuk dapat menerima aplikasi format apk.

Masuk pada menu Setting » Security » Centang pada Unknows Sources. Baca lebih lanjut mengenai hal tersebut pada artikel berikut ini, Cara Instal Aplikasi Android Secara Offline (APK)

Penutup,

Setiap perangkat android memiliki masalah yang berbeda – beda. Masih banyak tips – tips yang lebih baik dan lebih jitu dalam memperbaiki aplikasi Youtube yang tidak bisa dibuka. Apabila dengan tips yang saya berikan tidak bisa membantu permasalahan anda, maka sebaiknya lakukan Factory Reset atau mengembalikan android ke setelan pabrik.

Demikian ulasan singkat dari saya mengenai penyebab dan solusi mengatasi aplikasi YouTube Error, semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi semua pengguna Android. Apabila ada yang ingin anda tanyakan terkait aplikasi YouTube, silahkan tanyakan melalui kolom komentar yang ada dibawah ini.

Terima kasih dan selamat mencoba!!!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.