4 Cara Belanja di AliExpress untuk Pemula

Saat ini tersedia banyak sekali website yang menyediakan layanan belanja online. mulai dari local dan internasional, dari situs belanja online sendiri sudah ada Bukalapak, Tokopedia, shopee dll. akan tetapi kali ini kita akan membahas salah satu situs belanja online yang cukup popular! yaitu AliExpress.

Situs belanja online internasional ini merupakan tempat penyedia barang-barang berkualitas dengan harga bervariasi! Penulis sendiri sering Belanja di AliExpress, Karena disini terdapat barang-barang yang tidak bisa kita jumpai di toko online lokal. Selain itu harga yang dipatok pun juga terjangkau apabila kita dapat memilih dengan seksama.

Penulis sangat merekomendasikan aliexpress sebagai salah satu pilihan situs belanja online terbaik dan terpercaya. Dan bagi kalian yang tertarik untuk menjajal belanja AliExpress, penulis juga menyediakan bagaimana cara belanja di aliexpress dengan aman mulai dari tips pemilihan barang, hingga permasalahan pengembalian dana.

Lihat Juga : Cara Belanja di Blibli.com, Bisa Bayar via Indomaret

Cara Daftar Akun di AliExpress (Pengguna Komputer)

Baiklah langsung kita mulai saja dengan langkah pertama yaitu mendaftar di AliExpress. Buat anda yang mungkin telah memiliki akun AliExpress, anda bisa lewati langkah ini dan silahkan ikuti panduan belanja online di metode berikutnya.

Buka laman AliExpress.com, dan akan muncul Halaman seperti dibawah ini. Klik “Join” pada bagian pojok kanan atas yang berada disebelah “Sign in”.

1 Cara Daftar Aliexpress

Disini kalian diberi pilihan untuk mendaftar menggunakan beberapa akun media social seperti Facebook, Twitter, Instagram dan yang lainya seperti yang terlihat dibawah ini.  Tapi kali ini penulis akan menunjukan cara yang biasa.  Masukanlah Email dan password sesuai dengan keinginan kalian setelah itu klik “Create Account”.

2 Membuat Akun Aliexpress

Setelah itu kalian akan disambut oleh jendela baru bertuliskan Welcome to the AliExpress family! Untuk melanjutkan klik “Shop Now” pada tombol bagian bawah. 

3 Mendaftar Aliexpress

Lihat Juga : 3 Cara Belanja di Shopee untuk Pemula

Cara Membeli Barang di AliExpress (Pengguna Komputer)

Nah sekarang kalian sudah resmi menjadi pelanggan AliExpress dan dapat menelusuri berbagai barang yang ingin kalian beli disini. Untuk mulai belanja online di AliExpress, anda bisa ikuti petunjuknya berikut ini.

Sebagai contoh, disini penulis mengetikan Beastbox Toys sebagai salah satu barang yang ingin penulis beli.

1 Membeli Barang di AliExpress

Di laman baru ini kalian akan disuguhi berbagai produk serupa dengan berbagai merk yang disertai keunggulanya masing-masing. Kalian juga dapat mengurutkan / menyesuaikan barang yang ingin kalian cari dengan mengkilk bagian seperti seperti gambar dibawah ini. 

2 Pencarian AliExpress

Dibagian “Price” pada gambar diatas kalian dapat menentukan harga minimal dan harga maksimal barang sesuai kocek kalian. Dan pada bagian “Sort By” kalian dapat menentukan produk terbaru, produk terpopuler dan mengurutkan harga dari terendah sampai tertingi maupun sebaliknya.

3 Harga di AliExpress

Kembali ke Topik! Setelah kalian mengetahui fungsi diatas, Penulis harap kalian dapat menemukan barang yang dinginkan! Setelah itu klik barang yang kalian pilih.

4 Memilih Produk di AliExpress

Disini penulis memilih Beastbox dinosaurus dengan harga dan pilihan yang bervariatif! Untuk memilih barang yang ingin dibeli dari list Beastbox Toys tersebut, Klik list gambar pada bagian “Color”.

5 Memilih Warna di AliExpress

Setelah itu Klik “Buy Now” dan kalian akan dialihkan pada laman pemesanan.

6 Membeli Barang di AliExpress

Karena kita adalah user baru, Maka kita diharuskan untuk mengatur Alamat tujuan pengiriman barang yang akan kita beli nantinya. Aturlah alamat tersbut pada bagian Shipping seperti di gambar dibawah ini!   

7 Alamat Pengiriman di AliExpress
  • Isi Bagian “Contact” dengan nama kalian.
  • Isi Nomor HP kalian pada bagian “Mobile”.
  • Isi Bagian alamat lengkap rumah kalian dibagian “Address”.
  • Isi Negara asal dan kota asal kalian disini.
  • Isi Nomor pos daerah kalian pada bagian “Zip Code” Setelah semua selesai klik “Confirm”.

Setelah semua selesai kita akan beralih ke bagian metode pembayaran atau Payment Method, Apabila kalian tidak punya Visa maka klik pada bagian “Other Payment”.  Lalu Confirm.

8 Metode Pembayaran di AliExpress

Lalu kita bergeser kebawah pada bagian “Order Review” disini kita dapat meninggalkan pesan kepada penjual tentang bagaimana seharusnya barang kita dikirim. Misalnya saja kita ingin agar barang aman, minta saja dikasih bubble wrap double atau semacamnya. Dan diutamakan kita menulisnya dalam bahasa inggris agar mudah dibaca oleh penjual.

9 Order Review di AliExpress

Jika sudah selesai klik “Place Order” Pada bagian samping kanan.

10 Place Order di AliExpress

Pada bagian ini kita akan membelinya Via Payment Doku. Bagi yang belum punya, kalian dapat mendaftarnya Disini Klik “Pay Now”. Nah disini kalian punya 3 pilihan. Mau bayar dengan Saldo Dokuwallet, Bank Transfer atau Minimart.

11 Laman Pembayaran Doku di AliExpress

Disini penulis memilih menggunakan Minimart karena dirasa lebih aman dan mudah dimengerti oleh pemula. Klik Minimart kemudian klik “Get Payment Code” Perlu diingat! Di metode ini kalian hanya dapat membayarnya melalui gerai yang tersedia seperti Digambar bawah. Seperti Alfamart, Alfamidi, Lawson.

12 Payment Method Doku di AliExpress

Di proses ujung ini kita akan diberi kode yang mesti kita tunjukan pada petugas minimart. Bilang saja pada kasir bahwa kalian hendak melakukan pembayaran AliExpress Via Doku. Sehabis itu Back to Merchant.

13 Code Pembayaran AliExpress

Nah dan selesai! Barang kalian nantinya perlu estiminasi waktu sebelum dikirim, biasanya paling lama butuh waktu 3 hari kerja.

14 Pengiriman Barang AliExpress

Lihat Juga : Panduan Belanja di Tokopedia Lengkap

Cara Belanja di AliExpress via Android

Cara belanja AliExpress lewat android tidak jauh berbeda dengan melalui Komputer. Penulis sendiri lebih menyarankan kepada kalian untuk berbelanja melalui app AliExpress yang berada di android. Alasanya sendiri adalah kalian akan mendapatkan potongan harga apabila berbelanja melalui aplikasinya. Selain itu tersedia banyak kupon belanja yang disediakan bagi pengguna android.

Kita langsung masuk saja pada langkah pertama. Seperti biasa, ketiklah nama barang yang ingin kalian beli. Misalnya saja Gundam, seperti yang ada digambar bawah ini.

1. Cari Barang di AliExpress

Kemudian kita akan digiring menuju jendela baru yang menampilkan Barang yang akan dibeli. Disini kita langsung pilih saja “Buy Now”.

2. Beli Barang di AliExpress

Dibagian ini kita disuruh memilih barang yang akan kita beli. kalian tinggal memilih gambar yang sesuai dengan apa yang ingin kalian beli.

3. Pilih Barang di AliExpress

Disini penulis menggunakan “Free Shipping (Gratis Ongkir)” Apabila kalian ingin pengiriman barangnya berlangsung cepat, kalian dapat memilihnya dengan menekan “Shipping” dibagian atas “Continue” Tentu saja kalian mesti merogoh kocek lebih dalam apabila menggunakan jasa pengiriman yang lebih cepat.

4. Jenis Pengiriman di AliExpress

Pada tahap ini kalian harus menentukan Address atau alamat asal kalian. (Usahakan kalian menuliskan alamatnya dengan detail agar tidak ada kendala pada proses pengiriman)

5. Alamat Penerima di AliExpress

Selanjutnya kita mengurus “Payment Method” atau cara pembayaran. Disini penulis memilih pembayaran via Doku karena dirasa lebih aman dan mudah dilakukan oleh siapa saja.

6. Metode Pembayaran di AliExpress

Ini sebagai tambahan saja. Apabila kalian ingin menyampaikan pesan kalian kepada penjual kalian dapat menuliskanya di “Message to Seller” Misalnya saja apabila kalian ingin pada paketnya nanti barang tersebut diberi Double Wrap biar tambah aman dsb.

7. Catatan Untuk Penjual di AliExpress

Setelah tahap-tahap itu selesai, tekan “Pay Now” Maka kita akan beralih pada jendela baru yang menunjukan List tata cara pembayaran melaui Doku.

8. Beli Sekarang di AliExpress

Penulis memilih pembayaran Doku via minimarket. Metode pembayaran minimarket lebih simple dan terjamin keamananya karena kita cuma perlu menunjukan kode pembayaran kepada kasir nantinya.

9. Metode Pembayaran di AliExpress

Disini kalian tinggal tekan “Get Payment Code” dan kita akan menuju menu baru yang menunjukan Kode pembayaran kita. Perlu diingat! Pembayaran Doku via Minimarket hanya bisa dilakukan di Alfamart dan Alfamidi.

10. Kode Pembayaran di AliExpress

Dan selesai kalian hanya tinggal menungg respon dari penjual untuk mengirim barang kalian. Biasanya membutuhkan waktu sampai 3 hari.

Lihat Juga : Panduan Belanja di Lazada Lengkap

Cara Mengembalikan Dana Apabila Pesanan Bermasalah

Ini merupakan salah satu bagian yang paling penting dalam melakukan perbelanjaan secara online. Ada kalanya barang yang kita order bermasalah dalam pengirimanya sehingga membuat beberapa hal semakin sulit.

Misalnya saja Paket belum sampai hingga batas waktu perlindungan pembeli habis ataupun barang tidak sesuai dengan deskripsi dan gambar. Hal ini tentu saja menjadi sebuah perkara yang besar bagi mereka yang pertama kali melakukan Belanja Online terutama ke Luar negri.

Tapi kalian tenang saja karena AliExpress memberikan jaminan kepada para pembelinya seperti yang tercantum di gambar di bawah ini.

Jaminan Perlindungan Pembeli AliExpress

Jika diterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia berarti:

Pengembalian Uang Jaminan Ekstra

Jika Anda tidak menerima produk Anda atau itu sangat berbeda dengan uraian, kami menjamin untuk mengembalikan pembayaran Anda.
Jaminan Pengiriman Tepat Waktu

Kami ingin memastikan bahwa pembelian Anda akan tiba tepat waktu, oleh karena itu kami memberikan jaminan bahwa produk akan dikirimkan pada tanggal yang ditentukan.

Jadi Jika kalian menemui kendala seperti yang tercantum di atas, kalian dapat melakukan cara seperti yang ada dibawah ini untuk refund (pengembalian dana).

Buka Menu Account AliExpress kalian. Tekan bagian “Shipped” atau “My Orders”.

1. Buka Akun AliExpress

Pilih Barang yang ingin di kembalikan dananya, Lalu buka.

2. Tekan Barang

Tekan “Open Dispute”.

3. Pilih Open Dispute

Nanti kalian akan ditarik pada menu baru seperti gambar dibawah ini. Disini kalian diberi dua pilihan. Satu “Refund Only” yang artinya ini berlaku apabila pengiriman barang melebihi jadwal tenggat yang ditentukan. Dan “Refund and Return Items” yang berarti kalian akan mendapatkan dana kalian kembali akan tetapi kalian mengirim kembali barang kepada penjual karena masalah deskripsi barang yang tidak sesuai dengan yang kita terima.

4. Opsi Pengembalian Dana

Disini penulis memilih “Refund Only” dan dibagian bawahnya dipilih “No”.

5. Pengembalian Data AliExpress

Dibagian bawah kita disuguhi lagi dengan pertanyaan mengenai pengajuan keluhan kita. Nantinya kalian akan disuruh memilih pernyataan keluhan kalian. Nah disini penulis memilih “Logistic Problem” (Masalah Pengiriman) dilanjutkan dibawahnya “Purchase is Running Out, but package is still in transit” (Perlindungan pembeli hampir habis dan paketnya masih dalam pengiriman)

5. Pengembalian Data AliExpress

Dibagian “Refund Amount” kita diminta untuk mengisi jumlah dana yang ingin dikembaliakan. Penulis mengisi pengembalian dana penuh dengan mengisi $3.68 Dibagian terakhir kalian diharuskan mengisi alasan kalian dalam mengajukan pengembalian dana. Tentu saja setiap pembeli memiliki masalah serta alasan yang berbeda-beda. penulis mengisi dengan tulisan “This Goods not come even though it has 2 month and my purchase protection Is running out” Diutamakan dalam mengisi ini dalam Bahasa inggris agar lebih cepat diproses oleh penjual. Kalian dapat melakukanya via Google Translate apabila tidak memahami bahasa asing. 

7. Permintaan Pengembalian Data

Kalian hanya tinggal menunggu hingga proses pengembalian dana selesai. Estiminasi yang sering penulis temui adalah 4 hari kerja. Dan selama proses tersebut biasanya penjual akan meminta kita untuk mendiskusikan permasalahan ini, agar tidak terjadi kerugian dikedua belah pihak.

Lihat Juga : Cara Menangani Refund AliExpress via Doku Wallet

Dan begitulah pembahasan kali ini,semoga bisa membantu kalian dalam menghilangkan keraguan untuk berbelanja online via AliExpress. Jangan sungkan-sungkan untuk bertanya apabila menemui kendala-kendala yang tidak tercantum pada pembahasan di atas.

Terima kasih dan selamat mencoba!!!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.

What others say | 22 Comment

  1. syaiful berkata:

    hai.. mengomentari dari postingan cara belanja di ali express, bagian pengembalian dana, jika melakukan pembayaran melalui doku – alfamart , sedangkan pembeli tidak memiliki akun doku, maka dana akan di kembalikan kemana? terima kasih..

    • AGUNG WIJAYA berkata:

      Lewat Dompet Aliexpress dananya, cuman nanti cairnya ya mesti pake Doku atau Bank

    • Imas maesaroh berkata:

      Hai saya belanja usah satu bulan di aliexpress sampai saat ini belom kunjung datang
      Sya kawatir klw barang tidak dikirim
      Tpi saya selalu kontek sama seller nya bilangnya blom bisa di proses karna ada kendala di zejiang tiongkok tentang virus corona jdi toko belom beroprasi katanya
      Apa sya harus menunggu
      Jika saya menunggu sampai beberapa bln apa barang nanti akan dikirim ataw tidak ya tolong pemasukannya ka agar saya tidak khawatir

    • Dian Arifin berkata:

      Harus pake doku mas, ngak bisa enggak … dan bikin akun doku mudah kok ..

  2. Andi berkata:

    Saya order pembayarn via transfer bank virtual account permata dri akun bank bca dri tanggal 16 maret 2020 order di cancel seller karna stock kosong. Tapi sampe skrnk blom ada uang masuk. Itu gmna yah mas?

    • Aie vitalloca berkata:

      Saya beli baju lamanya 4 bulan gak kunjung datang lalu saya refund tapi di stts aliexfress
      Pengembalian uang selesai sampai saat ini saya belum menerima pengembalian uang sudah mau satu bulan
      Saya pembayaran waktu itu lewat transfer bank permata saya lewat mobail banking
      Kasus ini seprtinya banyak di alami org2 dan uang tidak kembali
      Padahal saya nilai uang nya lumayan besar satu juta lebih
      Saya jadi menyesal belanja di Aliexpress
      Gak mau lagi belanja di apliksi itu
      Uang saya melayang sia sia

    • dewA berkata:

      kasus saya samA, dr tgl 23 maret proses refund uda selesai,, tapi dana refund g masuk2 ke rek bca saya, penbayaran kmrn via mbanking bca ke rek alliexpress di bank permata.
      padahal jika mengacu jawaban dari alliexpress, dana akan masuk dlm 3-20 hari,,ini uda lebih dari 30 hr, apakah dana refund pasti masuk.??
      thx

    • Dian Arifin berkata:

      Nanti pasti ada refund nya…

  3. Moh Iqbal berkata:

    Kalau order ia closed ,gimana cara mengatasi ?
    Informasi gan !

  4. Junaidi berkata:

    Hy. Saya mau tanya.
    Saya sudah refund, toko sudah setuju, keterangan menunggu 3-20 hari kerja, tapi sudah 50 hari dana nya belum kembali, ada yg punya solusi masalah ini tidak. Proses pembayaran yg di lakukan menggunakan kartu visa mandiri. Di chat toko katanya sudah di tangani pihak ali exprees. Ali exprees di chat di suruh nunggu terus… Sampai kapan? Mohon bantuan solusinya.

  5. Dea berkata:

    Saya punya riwayat refund dialiexpress. Toko menyetujui refund dan barang belum dikirim pada akhir maret. Tpi dana refund belum masuk rekening padahal sudah awal mei. Saya belanja lewat tf bri ke permata. Saya sudah mengeluh berkali kali. Namun Pihak aliexpress hanya meminta saya menghubungi bank terkait masalah refund. Bagaimana cara mengurus refund di bank??

  6. Dita berkata:

    Dari pihak alie express sudah ada keterangan pengembalian dana selesai, tapi saya tidak ada dana masuk di rekening. Kalau seperti ini bagaimana mengatasinya? Bisa dibantu kah mas?

  7. Arya berkata:

    Saya disuruh close order bulan 4 tgl 25 sampau hari ini belum kembali2 uang nya saya melakukan transaksi via alfamart udh hampir 2 bulan pengembalian uangnya tidak kunjung selesai bagai mana ya

  8. Ahmad Fikri berkata:

    Apakah return barang di aliexpress, biaya pengembalian barang ke china ditanggung aliexpress? Cara return via kantor pos kah? Buat artikelnya dong

  9. Bege berkata:

    Saya mengalami masalah Refund dana tp dana sya belum masuk saya disuruh tunjukkan screnshot tracking Refund dana tp saya tidak menemukan adanya tracking Refund dana di akun saya tolong dibantu bagaimana caranya..

  10. Hendra Purnawan berkata:

    Ssya bayar pembelian lewat Indomaret. Saya sudah klaim refund dan disetujui. Nah bagaimana caranya dapat refund dari Indomaret ya? Bukti apa yang harus saya tunjukkan?