4 Cara Cek Mutasi Rekening BCA

Sebelum melihat lebih jauh mengenai bagaimana cara cek mutasi rekening BCA. Penulis ingin membagikan sedikit informasi terkait Bank Central Asia atau lebih dikenal dengan sebutan Bank BCA.

Di era sekarang ini perkembangan teknologi sangatlah pesat. Terlebih lagi, di mata masyarakat teknologi bukan hanya sekedar kebutuhan sampingan. Namun juga merupakan kebutuhan pokok. Hal tersebut tidak hanya terdapat di masyarakat saja, namun dalam dunia perbankan. Mengapa demikian?

Karena dengan hadirnya teknologi tersebut segala kegiatan perbankan jauh lebih mudah dan praktis daripada sebelumnya. Nah, untuk itu tidak sedikit instasi – instasi bank memulai untuk melakukan perubahan. Yang mana perubahan tersebut menghadirkan sebuah layanan yang dapat mempermudah nasabah dalam hal melakukan transaksi finansial maupun non finansial.

Dan sebagai contohnya adalah Bank BCA. Bank yang dipimpin oleh Jahja Setiaatmadja saat ini pastinya telah mengembangkan beberapa layanan untuk para nasabah BCA. Seperti halnya Internet Banking, SMS Banking, Mobile Banking dan beberapa layanan lainnya yang tidak penulis cantumkan. Dari layanan tersebut jika dilihat dari kegunaannya memanglah sama, hanya berbeda media.

Tujuan dari menghadirkan layanan tersebut, supaya nasabah dapat melakukan berbagai hal kegiatan perbankan selain transaksi, seperti cek mutasi, cek saldo, beli pulsa, beli token listrik, top up dan lainnya. Melalui artikel ini penulis membahas mengenai cara mengecek mutasi rekening BCA. Lalu, bagaimana cara melakukannya? Apakah sulit dilakukan? Berikut penjelasan…

Lihat Juga : Cara Ganti PIN Kartu ATM BTN

Cek Mutasi Rekening BCA

Untuk meningkatkan kualitas layanan kepada nasabah. Bank BCA pastinya akan selalu mengembangkan fitur layanan perbankan yang lengkap dan praktis, guna mempermudah para nasabah BCA sendiri.

Perlu anda ketahui, diantara banyaknya fitur yang telah disediakan. Anda fitur layanan yang menarik perhatian. Yakni fitur layanan untuk pengecekan mutasi rekening BCA. Mutasi rekening merupakan sebuah daftar riwayat transaksi yang masuk atau keluar dari rekening anda sendiri.

Adapun manfaat yang didapat dari fitur tersebut, yakni anda dapat melihat seberapa besar pemasukkan ataupun pengeluaran yang terdapat pada rekening anda. Layanan tersebut memang sudah ada sejak dulu. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan jika masih banyak yang belum menggunakan layanan tersebut.

Dalam artian, nasabah tersebut masih melakukan pengecekan secara manual yakni melalui mesin ATM BCA. Atau mungkin berbeda lagi, jika para nasabah tersebut kebingungan dengan cara penggunaannya. Nah untuk melakukan cek mutasi rekening BCA sendiri dapat dilakukan dengan beberapa cara. Yakni melalui ATM, Internet Banking, SMS Banking dan juga Mobile Banking. Baik, langsung saja simak beberapa opsinya berikut ini.

Lihat Juga : 100 Daftar Kode Bank di Indonesia Lengkap

#1. Cek Mutasi BCA Lewat ATM

Untuk cara yang pertama adalah dengan melalui ATM BCA. Cara yang satu ini bisa dibilang cara paling praktis. Karena anda dapat cek mutasi tanpa harus mendaftar. Selain itu, anda hanya perlu mendatangi ATM BCA terdekat. Berikut langkah-langkahnya …

  • Pertama, kunjungi ATM BCA terdekat.
  • Kemudian masukkan Kartu ATM BCA ke dalam mesin » pilih Bahasa (Indonesia / English) » masukkan PIN ATM anda.
  • Tekan Transaksi Lain » pilih Info Rekening » pilih Mutasi Rekening » tunggu transaksi sedang diproses » lalu akan disajikan print out mutasi rekening anda.
  • Tekan Tidak jika tidak ingin transaksi, ataupun sebaliknya.
  • Selesai.

NOTE : Cetak mutasi rekening melalui ATM hanya bisa diambil datanya maksimall 5 transaksi terakhir.

#2. Cek Mutasi BCA Dengan Internet Banking

Selanjutnya adalah dengan menggunakan Internet Banking. Untuk bisa menggunakan layanan Internet Banking ini, anda diharuskan registrasi terlebih dahulu di ATM BCA ataupun kantor cabang BCA. Setelah anda terdaftar, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Pertama, buka website KlikBCA berikut ini : Internet Banking BCA » klik Login.
  • Kemudian masukkan User ID dan PIN Internet Banking.
  • Pilih menu Informasi Rekening » pilih Mutasi Rekening.
  • Selanjutnya, atur periode mutasi rekening yang ingin dilihat » klik Lihat Mutasi Rekening.
  • Setelah itu, anda akan ditampilkan riwayat transaksi yang sesuai dengan periode yang anda pilih di layar.
  • Selesai.

Lihat Juga : 4 Cara Merawat Kartu ATM & Kartu Kredit

#3. Cek Mutasi BCA Melalui SMS Banking

Selanjutnya adalah melalui SMS Banking. Sama seperti menggunakan Internet Banking yang mana jika anda ingin menggunakan SMS Banking, anda harus mendaftarkan nomor HP anda melalui ATM.

Merupakan cara paling mudah menurut penulis. Di samping hal tersebut, pastikan anda memiliki pulsa yang cukup. Berikut format sms untuk cek mutasi rekening BCA :

  • Pertama, ketik SMS dengan format : MUTASI <spasi> KODE AKSES
  • Kirim ke 69888
  • Selesai.

NOTE : Data transaksi yang diambil hanya sebatas 5 transaksi terakhir. Terdapat tarif sms untuk GSM Rp 500 – Rp 1.620 dan untuk CDMA Rp 400 – Rp 550.

#4. Cek Mutasi BCA Via Mobile Banking

Dan untuk cara terakhir adalah menggunakan Mobile Banking BCA. Sebelumnya, anda harus download dan pasang aplikasi BCA Mobile di Google Play Store atau App Store untuk pengguna iPhone.

Dan pastikan juga anda mempunyai jaringan internet yang stabil guna kelancaran dalam pengecekan mutasi rekening anda.Kemudian anda harus mendaftar akun terlebih dahulu. Silahkan ikuti langkah-langkah lebih lanjut dipenjelasan berikut ini :

  • Pertama, download dan pasang aplikasi BCA Mobile berikut ini : [Google Play] [App Store]
  • Kemudian buka aplikasi BCA Mobile di smartphone anda
  • Pilih m-BCA » masukkan Kode Akses » pilih m-Info
  • Selanjutnya pilih menu Mutasi Rekening
  • Setelah itu, pilih Jenis Transaksi » atur Periode Mutasi yang ingin diketahui datanya » tekan Send
  • Masukkan PIN m-BCA » tunggu beberapa saat » lalu anda akan ditampilan sejumlah informasi terkait riwayat transaksi rekening anda (Tekan Save jika anda ingin menyimpannya).
  • Selesai.

NOTE : Periode mutasi yang dapat dipilih 7 hari dan riwayat transaksi maksimal hanya sampai 31 hari yang lalu.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.