8 Fungsi dan Manfaat Microsoft PowerPoint

Berikut ini merupakan fungsi dan manfaat Microsoft PowerPoint yang bisa Anda ketahui

Sebagian besar dari Anda pasti pernah mendapatkan tugas presentasi, baik itu disekolah maupun di tempat kerja Anda. Microsoft PowerPoint tentu menjadi salah satu pilihan Anda untuk membantu membuat materi presentasi yang sedang Anda kerjakan. Penggunaan Microsoft PowerPoint yang cukup mudah dan tersedianya berbagai manfaat yang didapatkan oleh penggunanya, membuat aplikasi ini tetap populer meskipun banyak bermunculan aplikasi-aplikasi serupa.

Tentunya Microsoft PowerPoint sering terdengar di kalangan pelajar, mahasiswa maupun para pekerja seperti guru, pebisnis, dan karyawan perusahaan. Namun beberapa dari mereka yang mungkin masih belajar menggunakan komputer belum mengetahui apa pengertian dari Microsoft Power Point, dan apa saja fungsi dan manfaat yang didapatkan ketika menggunakan aplikasi Microsoft PowerPoint. Berikut ini merupakan sedikit penjelasan dari Microsoft PowerPoint yang dapat Anda ketahui.

Lihat Juga : Pengertian Sistem Informasi

Apa itu Microsoft PowerPoint?

Fungsi Microsoft PowerPoint
Sumber Gambar : staffskilltraining.co.uk

Microsoft PowerPoint adalah salah satu aplikasi yang digunakan untuk presentasi yang di kembangkan oleh Microsoft. Microsoft PowerPoint juga bagian dari Microsoft Office bersama dengan Microsoft Word, Excel, dan beberapa program office lainnya. Microsoft PowerPoint pertama kali diperkenalkan pada tahun 1987, dan dikembangkan oleh Bob Gaskins dan Dennis Austin. Pada awalnya PowerPoint masih menggunakan warna hitam atau putih dan setahun kemudian didukung dengan berbagai macam warna.

Microsoft PowerPoint terus mengalami perkembangan hingga saat ini, sehingga tidak heran jika pada saat ini Anda dapat menemukan Microsoft PowerPoint dengan berbagai versi yang berbeda. Saat ini, Microsoft PowerPoint tersedia untuk beberapa sistem operasi populer, di antaranya: Windows, Mac OS, Android, dan iOS. Selain versi desktop dan mobile, Microsoft juga menghadirkan PowerPoint versi web app yang dapat di akses melalui halaman office.microsoft.com/powerpoint.

Lihat Juga : Pengertian Teknologi Informasi

Fungsi dan Manfaat Microsoft PowerPoint

Kegunaan Microsoft PowerPoint
Sumber Gambar : canto.com

1. Untuk mempermudah dalam membuat presentasi

Jika Anda telah menempuh jenjang pendidikan SMP atau SMA di sekolah, pasti kebanyakan dari Anda telah menerima tugas presentasi, baik itu presentasi secara mandiri maupun kelompok. Kebanyakan dari mereka umumnya menggunakan Microsoft PowerPoint sebagai pilihan untuk membuat presentasi. Tidak hanya para pelajar saja, beberapa karyawan kantoran juga menggunakan Microsoft PowerPoint untuk mempermudah pembuatan materi presentasi.

2. Membuat materi presentasi mudah diakses

Materi presentasi yang ada dalam Microsoft PowerPoint dikemas dalam format soft copy sehingga dapat diakses dari berbagai perangkat dan dapat dibuka kapan saja dan di mana saja menggunakan laptop atau komputer Anda. Bahkan saat ini Microsoft PowerPoint juga dapat Anda gunakan melalui smartphone Anda. Pengguna smartphone Android dapat mengunduh aplikasi PowerPoint melalui Google Play Store, sementara untuk pengguna iPhone (iOS) dapat mengunduh aplikasi PowerPoint melalui App Store.

3. Membuat presentasi dalam format slide yang menarik

Dengan menggunakan Microsoft Power Point, Anda dapat membuat materi presentasi Anda lebih menarik, yang disajikan dalam bentuk beberapa slide yang dilengkapi dengan fitur audio, video, gambar, dan animasi serta template yang dapat Anda gunakan. Anda juga dapat menyisipkan data berupa grafik atau tabel untuk menguatkan materi atau produk yang Anda presentasikan.

Lihat Juga : 10 Cara Mengubah PPT ke Video

4. Menyediakan materi pembelajaran

Microsoft PowerPoint juga dapat digunakan untuk menyimpan berbagai materi pembelajaran yang dikemas secara lebih singkat atau biasanya hanya berisi inti dari materi pembelajaran tersebut. Sehingga dapat membantu untuk lebih memahami materi tersebut.

5. Membuat bahan presentasi menjadi lebih hemat

Dengan menggunakan Microsoft PowerPoint, Anda juga dapat menghemat biaya ketika melakukan presentasi. Karena Anda dapat melakukan presentasi dengan materi dalam bentuk soft copy sehingga tidak perlu boros kertas.

6. Membuat cerita lebih sederhana dan lebih mudah dipahami

Materi yang terdapat dalam Microsoft PowerPoint juga dapat lebih mudah Anda pahami, karena disajikan dalam bentuk slide sehingga hanya berisi poin-poin atau inti dari materi tersebut.

Lihat Juga : 10 Cara Mengubah PPT ke JPG

7. Mempengaruhi audiens atau pendengar

Saat Anda menggunakan Microsoft PowerPoint sebagai salah satu media Anda dalam melakukan presentasi, audiens atau penonton yang ada dalam ruangan tersebut pasti mudah terpengaruh dengan materi yang Anda sampaikan. Karena disampaikan secara lebih jelas, dan dapat Anda tambahkan audio serta video dalam presentasi Anda. Sehingga materi Anda akan lebih kompleks.

8. Meningkatkan daya kreativitas, imajinasi, dan minat baca

Ketika Anda menggunakan Microsoft Power Point, secara otomatis daya kreativitas dan imajinasi Anda akan meningkat. Karena Anda dapat membuat materi presentasi Anda secara menarik dengan berbagai fitur yang tersedia sesuai dengan keinginan Anda. Tidak hanya itu, minat baca Anda juga akan meningkat karena materi yang ditampilkan dikemas secara lebih singkat dan tidak membosankan sehingga menarik untuk dibaca.

Lihat Juga : Pengertian Teknik Komputer Jaringan

Penutup,

Jika Anda menggunakan Microsoft PowerPoint untuk membuat materi presentasi Anda, maka secara tidak langsung kreativitas dan imajinasi Anda juga akan meningkat. Berbagai jenis font, ukuran, dan warna dapat Anda sesuaikan sesuai kebutuhan Anda. Kemudian Anda juga dapat memasukkan video dan audio ke dalam materi Anda. Berbagai template yang menarik juga tersedia, namun jika Anda bosan dengan template yang disediakan, Anda dapat mencari referensi lain di berbagai aplikasi seperti Canva atau Pinterest. Selain itu Anda juga disarankan untuk mengetahui terlebih dahulu beberapa cara untuk membuat materi presentasi di Microsoft Power Point. Agar materi yang Anda buat dapat maksimal.

Bagaimana cara membuat materi presentasi dengan Microsoft PowerPoint?

Ketika Anda ingin membuat materi presentasi menggunakan Microsoft Power Point, Anda dapat melakukan beberapa cara ini agar materi yang Anda buat dapat menarik audiens dan tidak membosankan:

  1. Cara pertama adalah, Anda harus menguasai materi yang akan Anda presentasikan terlebih dahulu. Oleh karena itu Anda perlu mempelajari atau membaca beberapa referensi tentang materi Anda.
  2. Kemudian cara yang kedua, Anda harus menentukan beberapa kata kunci atau inti dari materi Anda. Kemudian tulis bagian-bagian yang penting saja dalam slide tersebut.
  3. Cara yang ketiga, Anda dapat menentukan desain yang akan Anda gunakan untuk membuat materi presentasi Anda terlihat lebih menarik. Anda dapat mencari beberapa referensi desain Anda di beberapa aplikasi seperti Canva, Pinterest, atau yang lainnya.
  4. Kemudian cara yang terakhir, Anda dapat memperhatikan isi dan tata letak materi presentasi Anda. Pilih jenis ukuran font dan warna yang cocok, serta background yang sesuai sehingga materi Anda dapat lebih mudah dipahami.
Apa saja kelemahan Microsoft PowerPoint?

Meski memiliki beragam fungsi dan manfaat, Microsoft PowerPoint juga memiliki berbagai macam kelemahan. Misalnya seperti dokumen yang dihasilkan kadang tidak stabil pada tiap versi Microsoft PowerPoint, sehingga jika dokumen tersebut dibuka di versi yang berbeda akan mengalami crash atau file tidak dapat dibuka, terkadang tata letak tulisan juga menjadi berubah, kemudian Microsoft PowerPoint juga tidak dapat di akses oleh platform lain selain Microsoft, dan Microsoft PowerPoint juga termasuk program presentasi yang berat.


Penulis : Adella Eka Ridwanti | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Artikel terkait

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 15 Cara Mengatasi Tidak Bisa Upload Foto dan Video Instagram

    Berikut penyebab dan tips memperbaiki aplikasi Instagram yang tidak bisa upload foto dan video
  2. 9 Cara Mengatasi Shopee Error, Tidak Bisa Dibuka

    Berikut penyebab dan solusi memperbaiki aplikasi Shopee tidak bisa dibuka di HP Android
  3. 17 Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka

    Berikut penyebab dan solusi mengatasi Google Play Store tidak bisa dibuka di HP Android yang dapat…