5 Cara Mengatasi Google Chrome Tidak Bisa Dibuka di Android

0
1441

Dianisa.comCara Memperbaiki Google Chrome Error dan Tidak Bisa Dibuka di Android. Google Chrome merupakan aplikasi Browser yang paling banyak digunakan oleh pengguna Internet saat ini. Dihitung dari semua pengguna Android, Google Chrome menjadi browser paling banyak dipakai dan dibawahnya adalah UC Browser. Yang menarik dari Google Chrome adalah mudah dalam mencari sesuatu karena terintegrasi dengan akun Google yang kita miliki. Terlebih lagi, Google Chrome di pantai dan dikendalikan langsung oleh Tim Google sehingga terbilang aman dan nyaman.

Baca Juga :

Aplikasi Google Chrome sudah terinstall pada semua perangkat Android seperti Samsung Galaxy, Oppo, Lenovo, Asus Zenfone, Xiomi, HTC, LG, Motorola, Smartfren Andromax, Sony Experia, Vivo, Meizu, Acer, Advan, Axioo, ZTE, OnePlus, Huawai, dan merek perangkat Android lainnya. Anda mungkin sudah tahu bahwa Google Chrome adalah Aplikasi Bawaan Android sehingga pasti ada pada semua perangkat Android apapun mereknya.

Namun sayangnya, semakin tinggi pengguna Android yang menggunakan Google Chrome tentunya ada beberapa pengguna yang mengalami masalah pada Aplikasi tersebut. Salah satunya yang paling banyak terjadi adalah Tidak Bisa Membuka Aplikasi Google Chrome. Selain itu, ada beberapa pengguna yang juga mengalami masalah seperti muncul pesan error bertuliskan “Sayangnya Google Chrome Telah Berhenti” atau “Unfortunately Google Chrome Has Stopped”. Untuk lebih jelas mengenai permasalahan tersebut, silahkan anda baca solusinya berikut ini.

Memperbaiki Google Chrome Tidak Bisa Dibuka

Penyebab umum mengenai aplikasi yang error biasanya memori penuh atau terlalu banyak history yang tidak dihapus dan menumpuk pada Internal Card. Aplikasi Browser merupakan aplikasi yang banyak memproduksi history dan cache karena terlalu sering membuka halaman demi halaman, baik itu sosial media ataupun browsing di Google secara langsung. Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa metode yang bisa anda lakukan. Berikut metode Cara Mengatasi Aplikasi Google Chrome Yang Error Dan Tidak Bisa Dibuka.

Metode 1 : Bersihkan File Sampah

Metode pertama yang bisa anda lakukan yakni memberihkan file sampah Android. Cara ini merupakan cara paling ampuh mengatasi aplikasi yang error ataupun tidak bisa dibuka. Anda bisa gunakan aplikasi cleaner seperti Clean Master, CCleaner, 1 Tap Cleaner, Cm Security, DU Speed Booster, dan lainnya. Aplikasi semacam itu dapat membersihkan file sampah dengan sangat cepat. Selain dengan aplikasi, anda juga bisa membersihkan file sampah secara manual langsung pada Aplikasi Google Chrome. Untuk melakukannya, silahkan anda ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Google Chrome” » Kemudian tap “Hapus Cache”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

Metode 2 : Bersihkan History Pencarian Web

Apabila anda masih bisa membuka aplikasi Google Chrome namun sering terjadi error maka cobalah untuk membersihkan history atau riwayat pencarian Google Chrome tersebut. Kemungkinan besar, Pencarian yang tidak pernah dihapus selama berminggu – minggu atau bahkan berbulan – bulan membuat aplikasi menjadi lemot, macet, sering error, susah download, muncul pesan error, dan lainnya. Untuk memberihkan history pencarian, silahkan anda ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Google Chrome Error

  • Buka aplikasi Google Chrome » Tap Kanan » Riwayat » dan untuk menghapusnya, anda tinggal tap “Hapus Data Penjelajah”.

Baca Juga :

Metode 3 : Paksa dan Hapus Data Google Chrome

Untuk metode ketiga yang bisa anda lakukan yakni menghentikan aplikasi secara paksa dan menghapus data aplikasi Google Chrome. Cara seperti ini akan membuat aplikasi kembali pada posisi default dan semua setelan akan terhapus. Semua data Google Chrome seperti basis data, data login, bookmark, cache, dan history akan hilang secara permanen. Tidak hanya pada Google Chrome saja, cara ini juga bisa anda terapkan pada Aplikasi lain saat terjadi error. Untuk melakukannya, silahkan anda ikuti langkah – langkahnya berikut ini.

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Semua » Cari “Google Chrome” » Kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

Metode 4 : Update Aplikasi Google Chrome

Metode keempat yang bisa anda lakukan yakni memperbarui aplikasi Google Chrome ke versi paling baru. Cara ini akan menghilangkan bugs atau kerusakan pada Google Chrome. Terlebih lagi, anda juga akan mendapatkan fitur terbaru dari Google Chrome. Untuk melakukannya, anda tinggal masuk pada Aplikasi Google Play Store, kemudian anda cari dan update aplikasi Google Chrome.

Metode 5 : Matikan, Cabut Baterai, SIM Card, dan SD Card Android

Setelah semua metode diatas anda lakukan, alangkah baiknya anda matikan smartphone Android anda, dilanjutkan dengan mencabut baterai, SIM Card, dan SD Card. Diamkan beberapa saat supaya tidak ada daya yang masuk ke Android. Setelah itu, coba pasang kembali dan nyalakan Android anda. Semoga dengan ini Google Chrome anda bisa digunakan kembali.

Untuk menghindari error pada aplikasi, alangkah baiknya anda juga melakukan pembersihan file sampah secara berkala dengan aplikasi cleaner seperti Clean Master, 1 Tap Cleaner, CCleaner, CM Booster, dan lainnya. Aplikasi semacam itu mampu memberihkan sampah dengan sekali tap, serasa lebih mudah dan cepat.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Memperbaiki Aplikasi Google Yang Macet Dan Error, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan anda tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here