4 Cara Mengatasi “Maaf, Layanan Akun Telah Berhenti” di HP OPPO

0
240

Dianisa.com – Mengatasi “Maaf, Layanan Akun Telah Berhenti” di HP OPPO. Layanan akun biasanya sangat identik dengan semua akun Google, khususnya jika bagian ini terjadi masalah biasanya akun Google Play Store yang umumnya menjadi patokan utama. Beberapa pengguna OPPO mengeluhkan adanya masalah pada perangkat saat digunakan untuk membuka aplikasi Google atau bahkan tidak membuka, muncul pesan error bertuliskan “Maaf, Layanan Akun Telah Berhenti”.

Baca Juga :

Mengatasi Layanan Akun Telah Berhenti OPPO

Pesan error bertuliskan “Maaf, Layanan Akun #Telah Berhenti, “Sayangnya, Layanan Akun Telah Berhenti”, Sorry, Account Services Has Stopped” atau yang lainnya tentunya menghambat segala aktivitas pengguna diatas layar OPPO. Dengan masalah tersebut, pengguna tidak bisa membuka akses ke Google Play Store ataupun aplikasi Google lainnya. Penyebab Mengenai Masalah tersebut dapat bermacam – macam, bisa karena penumpukan file cache pada Internal Android, RAM penuh, banyaknya bugs pada Aplikasi Google, dan lainnya. Dan untuk mengatasi masalah tersebut, ada beberapa sederhana yang bisa anda lakukan. Dan berikut metode – metode yang dapat anda coba pada smartphone OPPO untuk mengatasi masalah tersebut …

1. Bersihkan Cache Smartphone

Hal sederhana pertama yang bisa anda lakukan yakni Membersihkan File Cache atau sampah yang menumpuk pada perangkat OPPO anda. Gunakan aplikasi Cleaner semacam Clean Master, CCleaner, CM Security, Aplikasi Keamanan, atau yang lainnya. Aplikasi tersebut dapat membantu anda dalam membersihkan file sampah secara lebih maksimal. Dan lebihnya lagi, smartphone akan terasa lebih ringan saat membuka lebih dari satu aplikasi.

Ada tiga aplikasi penting yang perlu untuk anda hapus file cachenya, yakni Google Play Store, Layanan Google Play Store, dan Download Manager. Adapun untuk cara manualnya dalam membersihkan file cache, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Cache Google Play Store

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Google Play Store” » Kemudian tap “Hapus Cache”.

Hapus Cache Google Play Service For Instant Apps OPPO

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Google Play Service For Instant Apps” » Kemudian tap “Hapus Cache”.

Hapus Cache Layanan Google Play

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Layanan Google Play” » Kemudian tap “Hapus Cache”.

Hapus Cache Pengelolaan Pengunduhan OPPO

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Pengelolaan Pengunduhan” » Kemudian tap “Hapus Cache”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

2. Hapus Data Aplikasi

Selanjutnya, untuk metode ke dua, anda bisa mencoba untuk Menghapus Data Aplikasi yang terkait dengan Layanan Akun seperti Google Play Store, Layanan Google Play Store, Google Play Service For Instant Apps, dan juga Pengelolaan Pengunduhan. Menghapus data aplikasi akan menjadikan aplikasi terkait tersebut kembali pada posisi default. Basis data, history, akun, bookmark, cache, dan beberapa data sementara lainnya akan terhapus secara permanen. Dan untuk melakukannya, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Data Google Play Store

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Google Play Store” » Kemudian tap “Hapus Data”.

Hapus Data Google Play Service For Instant Apps OPPO

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Google Play Service For Instant Apps” » Kemudian tap “Hapus Data”.

Hapus Data Layanan Google Play Store OPPO

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Layanan Google Play” » Kemudian tap “Hapus Data”.

Hapus Data Pengelolaan Pengunduhan OPPO

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Pengelolaan Pengunduhan” » Kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

3. Matikan Smartphone, Cabut SIM Card & SD Card

Setelah semua cara diatas anda lakukan, cobalah untuk mematikan smartphone, mencabut SIM Card dan SD Card selama beberapa saat. Dengan melakukan ini, maka smartphone akan serasa istirahat sejenak. Dan cobalah untuk menyalakan kembali, kemudian buka cobalah perhatikan Apakah Pesan Error tersebut kembali muncul atau tidak.

4. Reset Smartphone OPPO

Apabila semua metode tidak berhasil mengatasi Permasalah Pada Perangkat OPPO anda, maka metode terakhir yang bisa anda coba lakukan yakni dengan Factory Reset Smartphone OPPO. Dengan melakukan ini, maka semua akan kembali pada pengaturan pabrikan dan semua aplikasi dan data akan terhapus. Sebelum melakukan Factory Reset OPPO, pastikan anda melakukan Backup Pada Semua Data Penting anda. Dan untuk melakukan Reset, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Reset HP Android

  • Buka Menu Pengaturan » Buat Cadangan & Setel Ulang » Kembalikan Ke Pengaturan Pabrik » Pilih “Reset Ulang Telepon”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

Dengan adanya semua metode diatas diharapkan masalah mengenai pesan error “Maaf, Layanan Akun Telah Berhenti” di perangkat OPPO anda dapat teratasi dengan baik. Jikapun nantinya masih tidak berhasil, solusi yang dapat anda lakukan yakni dengan melakukan Flashing dan sebelumnya anda harus mengunduh firmware langsung dari website OPPO.

Metode yang saya berikan dapat anda lakukan pada semua perangkat OPPO seperti OPPO A83, OPPO A57, OPPO A71, OPPO A37, OPPO A39, OPPO F7, OPPO F7 Plus, OPPO F5, OPPO F5 Youth, OPPO F3, OPPO F3 Plus, dan lainnya. Jika nantinya ada sedikit perbedaan, maka anda bisa menyesuaikannya.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Mengatasi “Maaf, Layanan Akun Telah Berhenti” di HP OPPO Mudah dan Cepat, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan terkait masalah atau Pesan Error Pada HP OPPO, silahkan tulis melalui kolom komentar yang ada dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here