8 Cara Masuk BIOS Laptop Lenovo, dengan tombol Shortcut, dan menu Settings!

Ketahui cara masuk BIOS Laptop Lenovo pada semua varian dan tipe, dengan menggunakan kombinasi tombol Shortcut,…

Dalam era teknologi yang terus berkembang pesat, memahami proses masuk ke BIOS pada laptop Lenovo menjadi penting bagi pengguna yang ingin melakukan pengaturan atau pemecahan masalah pada perangkat mereka. BIOS, singkatan dari Basic Input/Output System, merupakan bagian integral dari setiap komputer atau laptop, termasuk yang diproduksi oleh Lenovo. Untuk mengakses BIOS pada laptop Lenovo, langkah-langkah tertentu perlu diikuti dengan cermat.

Bagi dunia komputerisasi modern, BIOS (Basic Input/Output System) memainkan peran penting sebagai jembatan antara perangkat keras dan perangkat lunak pada laptop. Melalui artikel ini, Kami akan menjelaskan kepada Anda secara mendalam konsep BIOS pada laptop, mulai dari definisi dasar hingga pentingnya pemahaman tentangnya bagi pengguna teknologi saat ini. Maka dari itu, simak informasi di bawah ini!

Ringkasan

  • BIOS (Basic Input/Output System) adalah sebuah program yang ditulis dalam bahasa assembly yang berfungsi mengatur fungsi dari perangkat keras / hardware yang terdapat pada komputer.
  • BIOS memiliki beberapa tugas penting seperti menjalankan Perintah Power On Self Test (POST), yang berfungsi untuk menguji perangkat keras komputer terlebih dahulu sebelum memuat sistem operasi.
  • BIOS umumnya memiliki beberapa jenis, seperti IBM BIOS, Phoenix BIOS, Award BIOS, dan AMI BIOS.
  • Cara masuk BIOS laptop Lenovo dapat dilakukan melalui tombol Shortcut (Fn + F2), (Fn + F1) atau melalui menu Settings.

Lihat Juga : 10 Cara Melihat Serial Number Laptop

Apa itu BIOS?

Mengutip dari berbagai sumber, Kami menyimpulkan bahwa BIOS (Basic Input/Output System) adalah sebuah program yang ditulis dalam bahasa assembly yang berfungsi mengatur fungsi dari perangkat keras / hardware yang terdapat pada komputer. BIOS ini umumnya terletak pada chip memori flash atau ROM yang terbuat dari bahan Complementary Metal-Oxide Semiconductor (CMOS). Fungsi utama dari BIOS adalah mengatur proses booting pada saat komputer dinyalakan. Selain itu, BIOS juga dapat di setting melalui BIOS Setup untuk mengubah konfigurasi komputer seperti tipe hard disk, disk drive, manajemen daya, kinerja komputer, dan lain-lain.

BIOS memiliki beberapa tugas penting seperti menjalankan Perintah Power On Self Test (POST), yang berfungsi untuk menguji perangkat keras komputer terlebih dahulu sebelum memuat sistem operasi. BIOS juga dapat memberikan informasi mengenai spesifikasi perangkat keras yang terdapat pada motherboard. Selain itu, BIOS berfungsi melakukan hal-hal seperti menjalankan perintah POST, mengatur konfigurasi dasar pada komputer, dan memberikan informasi dasar mengenai bagaimana interaksi tiap-tiap perangkat penting yang terdapat pada komputer.

Lihat Juga : 17 Penyebab dan Ciri – Ciri VGA Laptop Rusak

Cara masuk ke BIOS laptop Lenovo – Semua Varian dan Tipe

Cara Masuk BIOS Laptop Lenovo Semua Tipe
Sumber Gambar : Pexels

Untuk masuk ke BIOS pada laptop Lenovo, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pastikan laptop dalam keadaan mati atau restart terlebih dahulu.
  2. Saat laptop sedang booting atau dalam proses restart, tekan tombol yang sesuai untuk masuk ke BIOS. Tombol yang biasanya digunakan untuk laptop Lenovo antara lain adalah F2, F12, F1, atau tombol Delete (DEL). Namun, ini dapat bervariasi tergantung pada model dan seri laptop Lenovo yang Anda gunakan.
  3. Pastikan untuk menekan tombol yang tepat pada waktu yang tepat. Proses booting biasanya cukup cepat, jadi Anda perlu menekan tombol dengan cepat setelah laptop dinyalakan atau restart.
  4. Jika langkah-langkah dilakukan dengan benar, Anda akan diarahkan ke antarmuka BIOS laptop Lenovo, di mana Anda dapat mengakses dan mengatur berbagai pengaturan yang diperlukan.
  5. Setelah selesai menggunakan BIOS, pastikan untuk menyimpan perubahan yang telah Anda lakukan (jika ada) dan keluar dari BIOS dengan aman. Biasanya, Anda akan diminta untuk menyimpan perubahan sebelum keluar dari BIOS.
  6. Selesai.

Cara masuk ke BIOS laptop Lenovo Windows 7

Berikut adalah cara untuk mengakses BIOS pada laptop Lenovo dengan sistem operasi Windows 7 untuk berbagai tipe, termasuk IdeaPad YZUS, Yoga, K47, E47, V470, dan B470:

  1. Hidupkan laptop terlebih dahulu.
  2. Saat laptop sedang dalam proses booting, tekan tombol F2 atau kombinasi Fn + F2 secara berulang dengan cepat.
  3. Ini akan membuka antarmuka BIOS, di mana Anda dapat mengakses pengaturan dan konfigurasi yang diperlukan.

Untuk tipe laptop IdeaCentre, K49, 249, Vx80, Bx80, dan M490, berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Nyalakan laptopterlebih dahulu.
  2. Saat laptop sedang booting, tekan tombol F1 atau kombinasi Fn + F1 secara berulang dengan cepat.
  3. Ini akan membuka antarmuka BIOS, yang memungkinkan Anda untuk mengakses dan mengatur pengaturan perangkat keras.

Perlu diperhatikan, tombol Fn hanya diperlukan jika tombol F1-F12 pada keyboard laptop Anda berwarna biru atau oranye. Jika tombol-tombol tersebut berwarna putih, Anda tidak perlu menekan tombol Fn saat menekan tombol fungsi.

Cara masuk BIOS laptop Lenovo Windows 8

Jika Anda menggunakan laptop atau komputer Lenovo dengan sistem operasi Windows 8, cara untuk mengakses pengaturan BIOS-nya berbeda dari langkah sebelumnya. Berikut adalah cara masuk ke BIOS Lenovo dengan sistem operasi Windows 8:

  1. Mulailah dengan membuka menu Sidebar, kemudian klik pada opsi Settings.
  2. Setelah halaman pengaturan terbuka, navigasikan ke menu Change PC Setting, dan pilih opsi Update and Recovery.
  3. Lanjutkan dengan memilih Recovery, lalu klik pada tombol Restart Now. Tunggulah beberapa saat sampai Anda dapat mengakses menu baru.
  4. Begitu menu baru muncul, navigasikan ke opsi Troubleshoot, dan klik pada Advance Setting.
  5. Selanjutnya, Anda dapat mengakses UEFI Firmware Setting & Restart, yang akan membawa laptop Anda masuk ke pengaturan BIOS.
  6. Selesai.

Cara masuk BIOS laptop Lenovo Windows 10 dan 11

Cara masuk BIOS lewat Settings Windows 11

Secara umum, proses masuk ke BIOS pada laptop Lenovo dengan sistem operasi Windows 10 dan 11 hampir serupa dengan tipe sebelumnya, meskipun ada beberapa langkah yang sedikit berbeda. Berikut adalah langkah-langkah untuk masuk ke BIOS Lenovo dengan sistem operasi Windows 11 dan 10:

  1. Mulailah dengan membuka menu Setting melalui search box atau ikon Windows di Taskbar.
  2. Setelah itu, navigasikan ke menu Update and Security.
  3. Lanjutkan dengan memilih opsi Recovery dan klik pada tombol Restart Now.
  4. Setelah berhasil mengaktifkan ulang laptop, pilih opsi Troubleshoot, kemudian klik pada Advanced Options.
  5. Selanjutnya, masuk ke menu UEFI Firmware Settings dan pilih opsi Reboot. Setelah proses selesai, laptop Anda akan melakukan reboot dan masuk ke sistem BIOS.
  6. Selesai.

Cara masuk BIOS laptop Lenovo IdeaPad

Pada laptop Lenovo IdeaPad, metode untuk mengakses pengaturan BIOS hampir serupa dengan langkah-langkah yang dijelaskan untuk tipe Windows 7. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengakses pengaturan BIOS pada laptop Lenovo IdeaPad:

  1. Hidupkan laptop Anda, kemudian buka menu Start dan pilih opsi Power.
  2. Selanjutnya, tahan tombol Shift pada keyboard selama beberapa saat, lalu klik pada opsi Restart.
  3. Setelah itu, laptop Anda akan melakukan restart. Pada saat proses ini berlangsung, Anda dapat menekan tombol F2 pada keyboard secara berulang.
  4. Selesai.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Anda dapat dengan mudah mengakses pengaturan BIOS pada laptop Lenovo IdeaPad Anda.

Cara masuk BIOS Lenovo tipe ThinkPad, ThinkCentre, dan ThinkStation

Selain tipe IdeaPad, prosedur untuk mengakses pengaturan BIOS pada Lenovo ThinkPad, ThinkCentre, dan ThinkStation berbeda. Berikut adalah langkah-langkah untuk masuk ke BIOS pada Lenovo ThinkPad, ThinkCentre, dan ThinkStation:

  1. Hidupkan laptop dengan menekan tombol Power.
  2. Saat proses booting berlangsung, secara cepat dan berulang kali tekan tombol F1.
  3. Ini akan membawa Anda ke menu Startup.
  4. Setelah itu, pilih opsi F1 yang muncul di layar laptop Anda dan tekan tombol Enter di keyboard.
  5. Selesai.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengakses pengaturan BIOS pada laptop Lenovo ThinkPad, ThinkCentre, dan ThinkStation.

Cara masuk BIOS laptop Lenovo G40

Secara umum, langkah untuk masuk ke BIOS pada laptop Lenovo G40 dan model-model sebelumnya tidak jauh berbeda. Meskipun demikian, penting untuk memahami langkah-langkah yang tepat agar tidak salah langkah. Berikut adalah cara untuk masuk ke BIOS pada laptop Lenovo G40 dengan sistem operasi Windows 8 dan model-model sebelumnya:

  1. Hidupkan laptop Anda terlebih dahulu.
  2. Pada saat proses booting, tekan tombol Fn + F2 di keyboard secara berulang-ulang.
  3. Setelah itu, navigasikan ke menu Boot, lalu atur DVD optik agar dapat terbaca. Untuk melakukan pengaturan ini, Anda dapat menekan opsi SATA ODD : PLDS DVD RW.
  4. Selanjutnya, tekan tombol Fn + F6 untuk menyimpan pengaturan, kemudian gunakan tombol Fn + F10 dan klik Enter untuk reboot (memuat ulang).
  5. Selesai.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah masuk ke BIOS pada laptop Lenovo G40 dengan sistem operasi Windows 8 dan model-model sebelumnya.

Cara masuk ke BIOS Lenovo All in One

Selain memahami prosedur untuk mengakses pengaturan BIOS pada laptop Lenovo, penting juga untuk memahami langkah-langkahnya pada PC All in One. Berikut adalah langkah-langkah untuk masuk ke BIOS pada PC All in One Lenovo:

  1. Mulailah dengan menekan dan menahan tombol Shift pada keyboard.
  2. Setelah itu, klik menu Start dan lakukan Restart pada PC.
  3. Tunggu proses hingga layar PC berubah menjadi warna biru, kemudian pilih opsi Troubleshoot.
  4. Setelah itu, lanjutkan dengan mengklik Lanjut dan pilih opsi UEFI Firmware Setting, lalu tekan tombol Restart.
  5. Selanjutnya, Anda akan dialihkan ke menu pengaturan BIOS.
  6. Selesai.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah masuk ke BIOS pada PC All in One Lenovo.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi WiFi Terhubung Tapi Tidak Bisa Akses Internet

4 Jenis BIOS

Fungsi BIOS Komputer
Sumber Gambar : terakurat.com

BIOS umumnya memiliki beberapa jenis, seperti IBM BIOS, Phoenix BIOS, Award BIOS, dan lain-lain. Setiap jenis BIOS memiliki keunggulan tersendiri, seperti keunggulan built-in program untuk mengubah sistem dasar konfigurasi, mengaktifkan keamanan, pengelolaan berbagai macam komponen, dan teknologi yang digunakan pada perangkat tersebut. Berikut penjelasan terkait jenis BIOS yang telah Kami rangkum dari beragam sumber, sebagai berikut:

AMI BIOS

Dikembangkan dan diproduksi oleh American Megatrend Inc. Untuk masuk ke setup AMI BIOS, dilakukan dengan menekan tombol Del pada saat proses POST (Power On Self-Test).

AWARD BIOS

Dikembangkan dan di produksi oleh Award Software Inc. Jenis Award BIOS memiliki keunggulan built-in program untuk mengubah sistem dasar konfigurasi. Untuk masuk ke dalam setup AWARD BIOS, dilakukan dengan menekan tombol Del pada saat proses POST (Power On Self-Test).

PHOENIX BIOS

Dikembangkan dan di Phoenix Technologies Inc. Memiliki keunggulan dalam mengaktifkan keamanan, pengelolaan berbagai macam komponen, dan teknologi yang digunakan pada perangkat tersebut. Untuk masuk ke setup Phoenix BIOS, dilakukan dengan menekan tombol F2 pada saat proses booting setelah PC menyala.

IBM BIOS

Dikembangkan oleh IBM Inc. Perusahaan ini berdiri pada 1911 di Armonk, New York. Untuk masuk ke setup IBM BIOS, dilakukan dengan menekan tombol F2 pada saat proses POST (Power On Self-Test).

Lihat Juga : 17 Cara Mempercepat Booting Windows

Bahaya jika tidak mengatur BIOS

Jika tidak mengatur BIOS, maka kontrol dasar yang dilakukan oleh BIOS dalam mengatur fungsi-fungsi pada perangkat keras komputer tidak dapat disesuaikan dengan preferensi pengguna. Dampaknya adalah potensi terjadinya ketidakberfungsiannya perangkat keras komputer atau ketidaksesuaian dengan kebutuhan pengguna.

Selain itu, BIOS berperan dalam mengatur aliran data antara sistem operasi komputer dan perangkat keras yang terpasang seperti hard disk, adaptor video, keyboard, mouse, dan printer. Tanpa mengatur BIOS, konfigurasi perangkat keras komputer tidak dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Sebagai contoh, pengaturan yang berkaitan dengan tipe hard disk, disk drive, manajemen daya, serta kinerja komputer tidak bisa diatur tanpa akses ke BIOS. Ini dapat mengakibatkan kinerja komputer yang tidak optimal dan tidak memenuhi harapan pengguna.

Untuk mengatur fungsi-fungsi pada perangkat keras komputer, pengguna harus masuk ke BIOS Setup. Cara ini dapat dilakukan dengan menekan tombol F2, F12, F1, atau DEL saat komputer menyala. Setelah masuk ke BIOS Setup, pengguna dapat menyesuaikan konfigurasi dasar perangkat komputer sesuai dengan kebutuhan mereka, termasuk tipe hard disk, disk drive, manajemen daya, dan kinerja komputer. Jika BIOS tidak diatur dengan benar, pengguna juga tidak dapat melakukan pemeliharaan rutin untuk menjaga kesehatan komputer, yang dapat mengakibatkan kinerja yang buruk atau bahkan ketidakmampuan untuk menyalakan komputer.

Lihat Juga : 15 Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10, 8, 7

Penutup

Dalam mengeksplorasi cara masuk ke BIOS pada berbagai perangkat Lenovo, Kami telah melihat beragam langkah-langkah yang dapat dilakukan. Mulai dari laptop IdeaPad hingga PC All in One, setiap perangkat memiliki prosedur tersendiri untuk mengakses pengaturan BIOS. Memahami langkah-langkah ini sangat penting untuk pengguna yang ingin melakukan konfigurasi atau pemecahan masalah pada perangkatnya.

Dengan pengetahuan yang tepat tentang cara masuk ke BIOS, pengguna dapat mengoptimalkan kinerja perangkat Anda dan menyesuaikannya dengan kebutuhan individu. Semoga panduan ini bermanfaat bagi Anda dalam menjelajahi dunia pengaturan BIOS pada perangkat Lenovo.

Apa fungsi utama BIOS pada sebuah komputer?

BIOS bertanggung jawab untuk melakukan inisialisasi perangkat keras saat komputer dinyalakan serta mengatur proses booting sistem operasi.

Bagaimana cara masuk ke BIOS pada laptop Lenovo?

Pada umumnya, Anda dapat masuk ke BIOS dengan menekan tombol khusus seperti F2, F12, atau Delete saat laptop dinyalakan atau restart.

Mengapa penting untuk memahami cara masuk ke BIOS?

Memahami cara masuk ke BIOS penting karena pengguna dapat mengakses pengaturan dan konfigurasi yang diperlukan untuk mengoptimalkan kinerja dan melakukan pemecahan masalah pada perangkat keras komputer.


Penulis : Elly Abriyanti Widyaningrum | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Elly Abriyanti Widyaningrum

Elly Abriyanti Widyaningrum adalah penulis artikel di dianisa.com yang berfokus pada topik umum, seperti lifestyle, pendidikan, dan lainnya. Selain menjadi penulis lepas, ia juga seorang tutor privat, content planner dan executive administrasi di Distributor Utama SR12 Skincare.

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Logo Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS) PNG, CDR, AI, EPS, SVG (Free Download)

    Berikut kami bagikan link download logo Universitas Wijaya Kusuma Surabaya PNG, CDR, AI, EPS, SVG terbaru…
  2. Logo Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai (UMLB) PNG, CDR, AI, EPS, SVG (Free Download)

    Berikut kami bagikan link download logo Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai PNG, CDR, AI, EPS, SVG terbaru…
  3. Logo UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary PNG, CDR, AI, EPS, SVG (Free Download)

    Berikut kami bagikan link download logo UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary PNG, CDR, AI, EPS,…