6 Cara Membuat Shortcut di Windows

Pada sistem operasi Windows, salah satu fitur menarik yang membantu para pengguna untuk mengakses file secara cepat adalah shortcut. Shortcut atau pintasan dalam bahasa Indonesia merupakan fitur dimana pengguna dapat mengakses suatu file atau folder secara lebih cepat tanpa harus melakukannya dari awal dari folder ke folder.

Fitur ini sebenarnya sudah sangat lama sekali, mungkin sekitar tahun 90an sudah tersedia. Meskipun lama, sampai saat ini fitur ini masih digunakan oleh sebagian pengguna Windows. Bahkan saya-pun juga menggunakannya untuk membuka aplikasi atau file yang diinginkan.

Pada Windows 10 sendiri, fitur ini disematkan dibanyak hal sehingga sangat memudahkan pengguna dalam mengakses folder, file, atau aplikasi yang diinginkan secara lebih cepat dan efisien. Tak hanya aplikasi, shortcut juga digunakan pada keyboard (shortcut key). Adapun untuk kali ini saya akan menjelaskan bagaimana membuat shortcut file, folder, aplikasi, dan lainnya di Windows 10, 8, dan 7. Berikut penjelasan lengkapnya….

Lihat Juga : 7 Cara Menghilangkan Notifikasi di Windows 10

Cara Membuat Shortcut di Windows 10

Dibawah ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membuat shortcut, mulai dari send to desktop, drap software / file, pin to start dan taskbar, paste shortcut, hingga cara manual. Metode ini dibawah ini juga dapat anda lakukan pada Windows 8 dan 7. Berikut metode lengkapnya…

1. Mengunakan Fitur send to desktop

Fitur pertama dan yang saya rasa paling mudah untuk anda lakukan yakni mengirim file ke desktop dalam bentuk shortcut. Dalam hal ini, saya menggunakan folder sebagai contohnya, meskipun sebenarnya dokumen, aplikasi terinstall, dan jenis file lainnya juga dapat anda lakukan. Selain di Windows 10, cara ini juga dapat anda lakukan pada Windows 7 dan 8. Berikut langkah-langkahnya…

Pertama, pilih folder, file, atau aplikasi yang tersimpan di drive penyimpanan komputer atau laptop anda. Klik kanan pada file tersebut, kemudian pilih Send to » Desktop (create shortcut).

1 Mengirim Shortcut ke Desktop Windows

Untuk melihat hasilnya, anda tinggal cek desktop Windows anda. Dan jika berhasil akan terlihat seperti pada gambar dibawah ini.

2 Send to Desktop Shortcut Windows

Jangan lupa, pastikan icon pada desktop anda ditampilan. Klik kanan di desktop Windows anda » pilih View » Show desktop icons. Dengan begitu, semua desktop akan ditampilan, termasuk file atau folder yang anda pilih tersebut.

3 Show desktop icons Windows

2. Drap software yang diinginkan ke Desktop

Berikutnya adalah anda bisa coba drag software di start menu anda langsung ke desktop. Hampir 90 persen aplikasi yang anda install sudah pasti ada di Start menu Windows anda. Berikut langkah-langkahnya…

Pertama, klik Start menu » kemudian pilih aplikasi yang ingin anda drag ke desktop. Klik aplikasi tersebut bersamaan dengan drag ke desktop Windows anda. Lepaskan, dan lihat hasilnya seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

1 Drag software start menu ke desktop Windows

Lihat Juga : 4 Cara Mengganti Icon Folder di Windows

3. Menggunakan Fitur Pin to Start dan Pin to Taskbar

Berikutnya adalah menggunakan fitur pin to start dan pin to taskbar untuk software yang terinstal di Windows 10 anda. Dengan melakukan hal ini, maka software yang anda pilih tersebut dapat muncul dibilah start menu dan taskbar sehingga akan lebih cepat untuk anda akses. Berikut langkah-langkahnya…

Pertama, klik Start menu di Windows anda, klik kanan pada salah satu aplikasi yang anda inginkan. Lalu pilih opsi Pin to start.

1 Pin to Start Windows

Hasil dari Pin to start akan terlihat pada sisi kanan atau bilah kanan start menu Windows anda. Seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

2 Tampilan Software di Bilah Kanan Start menu

Kemudian apabila anda klik kanan pada aplikasi tersebut, klik More » Pin to Taskbar, maka aplikasi akan terlihat dibagian bawah pada taskbar start menu Windows anda.

3 Pin to taskbar Windows
Pin to startAplikasi akan terlihat dibilah kanan start menu Windows anda.
Pin to taskbarAplikasi akan terlihat dibagian bawah (taskbar) start menu Windows anda.

4. Menyalin file kemudian paste Shortcut

Berikutnya adalah langsung copy dan paste folder atau file anda ke bagian desktop atau bagian lain. Bedanya adalah anda memilih paste shortcut, bukan paste untuk menyalin file. Dengan melakukan hal ini akan tercipta shortcut untuk mengakses file tersebut. Berikut langkah-langkahnya…

Sama seperti pada metode pertama, anda klik kanan pada file atau folder yang ingin dijadikan shortcut desktop. Kemudian pilih Copy.

1 Menyalin File di File Explorer Windows

Kemudian klik kanan pada desktop, lalu pilih Paste shortcut. Dan hasilnya akan terlihat sama seperti pada gambar dibawah ini.

2 Paste Shortcut file desktop Windows

Lihat Juga : 3 Cara Mematikan Touchpad Laptop

5. Membuat Shortcut dari Situs Web

Berikutnya adalah membuat shortcut untuk sebuah situs web, misal YouTube, Gmail, Facebook, Instagram, Google Search dan sebagainya. Dengan membuat shortcut di desktop Windows anda, maka anda bisa dengan cepat mengakses web tersebut secara langsung dari browser tanpa harus mengetikannya di browser. Berikut langkah-langkahnya…

Pertama, anda buka Google Chrome yang terinstall di Windows 10 anda. kemudian ketikkan atau buka laman yang ingin anda jadikan shortcut desktop. Sebagai contoh saya membuka situs dianisa.com. Anda bisa membuka situs lain, misal YouTube, Twitter, atau yang lainnya. Lalu, klik icon tiga titik yang ada pada bagian pojok kanan atas, lalu pilih Fitur lainnya » Membuat pintasan…

1 Membuat Shortcut Situs Web Google Chrome

Selanjutnya akan muncul pop up kecil dibagian atas, klik Buat untuk membuat shortcut.

2 Menjadikan Web sebagai shortcut di desktop

Jika sudah, anda bisa lihat hasilnya di desktop maka akan terlihat seperti pada gambar dibawah ini.

3 Shortcut dari Situs Web

6. Membuat Shortcut Secara Manual

Berikutnya adalah cara membuat shortcut secara manual. Meskipun cara ini sudah sangat jarang dilakukan namun anda bisa mencobanya. Dan ini berlaku pada semua bagian yang ada di Windows anda, mulai dari file, folder, aplikasi, dan lainnya. Berikut langkah-langkahnya…

Klik kanan pada desktop Windows anda, pilih New » Shortcut. Kemudian nantinya akan muncul alur pembuatan shortcut secara manual.

1 Membuat Shortcut di Windows

Selanjutnya, klik Browse untuk memilih file, folder, aplikasi, atau situs web yang ingin anda jadikan shortcut. Sebagai contohnya, dibawah ini saya memilih folder Downloads. Klik Ok untuk melanjutkan…

2 Membuat Shortcut secara Manual

Klik Next untuk melanjutnya.

3 Memilih file yang ingin dijadikan Shortcut

Kemudian buat nama shortcut untuk folder atau file tersebut. Disini saya menggunakan nama default dari folder yang saya pilih. Klik Finish untuk menyelesaikan.

4 Memberi nama file pada shortcut

Selanjutnya, akan telihat shortcut folder Downloads seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

5 Hasil Shortcut Windows

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.