7 Cara Hard Reset HP Google Pixel

Google Pixel merupakan merek ponsel yang dimiliki oleh Google. Selain sebagai induk dan pengembang sistem operasi Android, Google juga ikut andil dalam pengembangan ponsel pintar. Google Pixel pertama kali diperkenalkan sekitar tahun 2016. Pada saat itu, Google Pixel hadir dengan spesifikasi hardware yang cukup powerfull. Seiring berjalannya waktu, setiap tahun Google memperkenalkan seri terbaru dari Google Pixel yang saat ini telah sampai pada seri Google Pixel 5.

Dalam perjalanannya dari tahun ke tahun, Google hanya merilis smartphone kelas flagship, yang mana performa dan spesifikasi memang tidak perlu diragukan lagi. Apalagi dukungan sistem operasi Android langsung datang dari induknya sehingga pembaruan sistem dan aplikasi tersedia lebih cepat ketimbang merek ponsel Android lainnya. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan bahwa Google Pixel tidak memiliki masalah sama sekali. Pengguna juga terkadang mengalami masalah error pada sistem dan aplikasi .

Beberapa masalah yang sering dialami pengguna seperti munculnya pesan error saat membuka aplikasi, hang, macet, bootloop, layar tidak respons dengan sentuhan, lupa pola / PIN, dan berbagai masalah lainnya. Untuk mengatasi masalah tersebut, tips sederhana yang dapat dilakukan adalah dengan menghapus data aplikasi, install ulang aplikasi, serta melakukan pembaruan sistem dan aplikasi. Sayangnya, tips sederhana tersebut terkadang tidak membantu. Pilihan terbaik adalah dengan reset ponsel ke setelan awal.

Lihat Juga : 9 Cara Hard Reset HP Lenovo

Cara Hard Reset Google Pixel

Factory Reset / Hard Reset / Wipe Data sering kali dijadikan pilihan ketika masalah berkaitan dengan sistem Android yang mengalami bootloop sampai tidak bisa digunakan sama sekali. Pada ponsel Google Pixel sendiri, terdapat dua cara dalam melakukan reset, melalui menu Pengaturan (Settings) dan melalui menu Recovery Mode (Android Recovery). Tapi sebelum melakukannya, pengguna disarankan untuk melakukan backup pada semua data penting yang dimiliki. Bagi Anda yang tertarik untuk melakukan reset Google Pixel, simak dan cermati petunjuk di bawah ini.

Factory Reset melalui menu Pengaturan

  1. Buka menu Setelan pada ponsel Google Pixel Anda.
  2. Selanjutnya pilih Sistem » Lanjutan » Opsi Reset.
  3. Pilih Hapus Semua Data (Reset ke Setelan Pabrik).
  4. Kemudian pilih Reset Ponsel.
  5. Jika diperlukan, masukkan pola kunci, PIN, atau sandi ponsel Anda.
  6. Untuk menghapus semua data pada penyimpanan internet, ketuk Hapus Semuanya.
  7. Jika proses reset selesai dilakukan, pilih untuk memuat ulang perangkat.
  8. Jika sudah, Anda bisa melakukan penyetelan ulang ponsel Google Pixel Anda.
  9. Selesai.

Lihat Juga : 9 Cara Hard Reset HP ASUS

Hard Reset melalui menu Recovery Mode

Tutorial Hard Reset Google Pixel. YouTube | HardReset.info
  1. Pertama, pastikan ponsel Google Pixel Anda dalam keadaan mati / off.
  2. Tekan tombol Power + Volume Down secara bersamaan selama beberapa saat sampai nantinya masuk dalam Fastboot mode.
  3. Setelah masuk dalam Fastboot mode, gunakan tombol Volume untuk memilih menu Recovery Mode dan tekan tombol Power untuk memilih / konfirmasi pilihan.
  4. Apabila nantinya muncul gambar Android Robot bertuliskan No Command, Anda bisa tekan tombol Power + Volume Up maka secara otomatis Anda akan dibawa ke menu Recovery Mode (Android Recovery).
  5. Untuk melakukan reset, Anda bisa pilih Wipe Data / Factory Reset (Gunakan tombol Power untuk memilih serta tombol Volume Up dan Down untuk navigasi atas dan bawah).
  6. Setelah memilih Wipe Data / Factory Reset, lanjutkan dengan konfirmasi Factory Data Reset.
  7. Tunggu sampai proses reset selesai dijalankan.
  8. Terakhir, pilih Reboot system now untuk memuat ulang smartphone.
  9.  Selesai.

*NOTE

  • Gunakan tombol Volume Up dan Down untuk Navigasi ke atas dan ke bawah.
  • Gunakan tombol Power untuk memilih menu.

Lihat Juga : 9 Cara Hard Reset HP Sony Xperia

Penutup,

Dengan mengikuti petunjuk di atas secara cermati dan teliti, saya rasa melakukan reset Google Pixel mudah untuk dilakukan. Agar proses reset berjalan dengan lancar, pastikan kapasitas baterai ponsel mencukupi. Untuk berjaga-jaga, Anda bisa melakukan reset sambil mengisi daya (colok kan ponsel Anda ke sumber listrik). Jangan lupa, sebelum melakukan reset, pastikan untuk melakukan backup pada semua data penting yang Anda miliki. Dengan melakukan reset, semoga apa pun masalah yang terjadi pada ponsel Anda dapat teratasi dengan baik dan ponsel dapat digunakan dengan normal kembali.

Apakah Hard Reset Google Pixel membutuhkan konfirmasi pola / PIN?

Tidak, Hard Reset Google Pixel tidak membutuhkan konfirmasi pola. Tetapi untuk masuk kembali ke tampilan awal Google Pixel kemungkinan membutuhkan konfirmasi pola / sandi.

Apakah Hard Reset Google Pixel dapat mengatasi masalah bootloop?

Jika bootloop terjadi karena kerusakan sistem, Hard Reset mungkin dapat membantu. Tetapi jika bootloop terjadi karena kerusakan hardware (terutama bagian Chipset), Hard Reset tidak akan membantu.

Bagaimana cara keluar dari Android Recovery Google Pixel?

Untuk keluar dari Android Recovery, Anda bisa memilih Reboot system now.

Itulah panduan singkat dari saya, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau sampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

~ Artikel ditulis oleh Rudi Dian Arifin, Editor oleh Wahyu Setia Bintara

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.

What others say | 1 Comment

  1. Hanifah berkata:

    Terima kasih, sangat membantu