9 Cara Hard Reset HP Sony Xperia

Sony merupakan perusahaan elektronik konglomerat jepang yang berkantor pusat di Minato, Tokyo. Pengembangan dan produksi perangkat elektronik Sony meliputi TV, DVD Player, kamera, speaker, produk komunikasi, semikonduktor, layanan jaringan, dan medis. Sony Xperia merupakan produk smartphone dari Sony Mobile yang terkenal dengan kamera dan pengalaman yang ditawarkan bagi penggunanya.

Pada tahun 2021, Sony Mobile telah memperkenalkan varian terbaru Sony Xperia 1 III dan 5 III. Keduanya smartphone tersebut dibekali dengan Chipset Qualcomm Snapdragon 888 yang support dengan konektivitas 5G. Sedangkan untuk memori, Sony Xperia 1 III memiliki kapasitas RAM 12 GB dan penyimpanan internal 256 GB. Kemudian untuk Sony Xperia 5 III sendiri memiliki kapasitas RAM 8 GB dan penyimpanan internal 256 GB.

Seri ponsel flagship dari Sony memang sangat memukau. Tetapi hal tersebut bukanlah sebuah patokan bahwa smartphone Sony Xperia tidak dapat mengalami masalah pada sistem dan aplikasi. Hal yang sama juga berlaku pada ponsel kelas mid-range dan low-end. Hal semacam ini berkemungkinan mengingat setiap pengguna memiliki kebutuhan dan aktivitas yang berbeda-beda, yang terkadang menyebabkan smartphone terjadi kerusakan, error, macet, hang, hingga bootloop. Untuk mengatasi masalah sistem Android yang error, caranya adalah dengan reset smartphone ke setelan awal.

Lihat Juga : 7 Cara Hard Reset HP LG

Cara Hard Reset Sony Xperia

Factory Reset / Wipe Data / Hard Reset dapat menjadi alternatif ketika mendapati masalah pada sistem dan aplikasi pada smartphone Sony Xperia. Dengan melakukan reset, semua setelan, sistem, dan aplikasi akan dikembalikan ke posisi awal. Sebelum melakukan reset, ada baiknya untuk melakukan backup pada semua data penting yang Anda miliki. Pada smartphone Sony Xperia, ada tiga metode untuk melakukan reset, menggunakan kode reset (dial phone), pengaturan, dan Recovery Mode. Simak metode dan langkah – langkahnya berikut ini.

Menggunakan Kode Reset Sony Xperia

  • Pertama, pastikan HP Sony Xperia Anda dalam keadaan aktif / menyala / On.
  • Masuk ke menu Dial / aplikasi Panggilan.
  • Masukkan kode dial *#*#7378423#*#* maka kemudian proses reset akan berjalan secara otomatis.
  • Anda tinggal menunggu sampai proses reset selesai dilakukan.
  • Jika sudah, Anda bisa setup ulang HP Sony Xperia Anda.
  • Selesai.

Lihat Juga : 7 Cara Hard Reset HP Evercoss

Factory Reset melalui menu Pengaturan

  1. Pertama, buka menu Pengaturan pada smartphone Sony Xperia Anda.
  2. Temukan dan pilih menu Backup & Reset » kemudian pilih Factory Data Reset.
  3. Kemudian pilih Reset Phone » lalu tunggu sampai proses reset selesai dilakukan.
  4. Setelah itu, smartphone akan restart dan Sony Xperia akan kembali ke posisi awal seperti baru beli.
  5. Selesai.

Lihat Juga : 9 Cara Hard Reset HP Infinix

Hard Reset melalui menu Recovery Mode

  1. Pastikan HP SONY Xperia Anda terhubung dengan charger dan berada pada posisi mati / off.
  2. Selanjutnya, tekan tombol Power + Volume Up selama beberapa saat sampai nantinya Anda akan berhasil masuk ke menu Recovery Mode Sony Xperia.
  3. Setelah masuk ke menu Recovery Mode, pilih Wipe Data / Factory Reset » lalu konfirmasi proses reset dengan memilih Yes — Delete All Data.
  4. Tunggu sampai proses reset selesai dilakukan.
  5. Jika sudah, pilih Reboot system now untuk memuat ulang HP Sony Xperia Anda.
  6. Kemudian Anda bisa memulai setup ulang HP Sony Xperia dari awal seperti baru beli.
  7. Selesai.

*NOTE :

  • Apabila tombol “Power + Volume Up” tidak berhasil untuk masuk ke menu Recovery Mode, Anda bisa gunakan kombinasi alternatif lainnya seperti “Volume Up + Volume Down + Power” atau “Power + Volume Down”.
  • Gunakan tombol Volume Up dan Down untuk Navigasi ke atas dan ke bawah.
  • Gunakan tombol Power untuk memilih menu.

Lihat Juga : 7 Cara Hard Reset HP Huawei

Penutup,

Factory Reset / Hard Reset dapat menjadi solusi alternatif ketika mendapati masalah pada sistem dan aplikasi di HP Sony Xperia Anda. Apabila dalam melakukan Factory Reset / Hard Reset terdapat perbedaan nama fungsi atau tampilan, maka Anda tetap bisa menyesuaikan. Perlu dipahami bahwa Hard Reset tidak menjamin dapat memperbaiki semua masalah yang terjadi pada perangkat Sony Xperia Anda. Jika Hard Reset tidak membantu, Anda bisa mencoba melakukan Flashing dengan memasang ulang Firmware.

Apakah Hard Reset Sony Xperia dapat mengatasi lupa pola kunci / kata sandi layar?

Tentu saja, Anda bisa mengatasi lupa pola kunci Sony Xperia dengan melakukan Hard Reset melalui menu Recovery Mode.

Apakah Hard Reset Sony Xperia dapat mengatasi masalah bootloop?

Jika bootloop disebabkan oleh kerusakan sistem, maka Hard Reset dapat memperbaiki masalah tersebut. Tetapi jika bootloop disebabkan oleh kerusakan komponen, Hard Reset tidak akan membantu.

Apakah Hard Reset Sony Xperia membutuhkan konfirmasi kata sandi / pola kunci layar?

Tidak, Hard Reset Sony Xperia tidak membutuhkan konfirmasi pola kunci / kata sandi layar.

Bagikan artikel ke media sosial Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau sampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

~ Artikel ditulis oleh Rudi Dian Arifin, Editor oleh Wahyu Setia Bintara

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.