8 Tips Hasilkan Video Instagram Berkualitas Untuk Bisnis Online

Kita semua pasti tahu bahwa Instagram adalah salah satu wadah bagi seseorang yang suka bisnis online. Bagaimana tidak? Hanya dengan meng-upload foto (produk) maka mereka bisa mendulang pundi-pundi rupiah dari followers mereka. Strategi marketing yang baik membuat para pebisnis online lancar dalam berjualan. Pengguna Instagram kebanyakan adalah remaja, anak sekolah, dan mahasiswa. Untuk itulah seorang pebisnis online pasti menjual produk yang sesuai dengan usia mereka. Biasanya produk yang sering laris adalah produk untuk perempuan, seperti hijab, peralatan make-up, produk kosmetik, fashion, dan lain-lainnya.

Lalu, bagaimana dengan laki – laki? Untuk laki-laki memang jarang, karena memang yang suka belanja adalah kaum wanita bukan laki – laki. Tapi tidak menutup kemungkinan laki-laki juga membeli produk di Instagram. Produk teknologi seperti gadget, laptop, kamera, charger, dan aksesoris HP pasti di sukai oleh kaum laki-laki.

Jadi, bagi Anda yang ingin bisnis online di Instagram, Anda harus merancang siapa target pasar Anda, anak muda atau orang tua. Strategi bisnis online Instagram yakni mengutamakan foto dan video. Artinya foto dan video sangat berpengaruh pada mereka karena bagaimanapun juga mereka pasti tertarik pada produk dengan kemasan foto dan video yang menarik. Berikut adalah strategi marketing membuat video berkualitas untuk bisnis online di Instagram.

1. Tambahkan logo pada video

Logo memiliki pengaruh besar dalam dunia bisnis. Setiap toko pasti memiliki logo tertentu, entah logo tersebut berbentuk nama ataupun gambar. Tambahkan logo toko Anda pada setiap video yang Anda buat, Anda bisa taruh di bagian pojok kanan atas, atau pojok kanan bawah. Buatlah semenarik mungkin dan seunik mungkin logo tersebut. Kalau bisa tidak hanya pada video, tetapi juga pada semua foto yang Anda upload.

Selain sebagai tanda, logo tersebut juga bisa sebagai watermark agar tidak orang lain yang menjiplak atau menggandakan. Membuat logo itu mudah, manfaatkan saja Photoshop atau Illustrator sebagai software editor. Misalnya membuat logo “dianisa.com” cukup tambahkan saja icon pada bagian depan yang unik dan menarik Tidak perlu warna-warni, transparan juga tidak masalah. Yang penting bisa di lihat oleh semua pengguna Instagram.

2. Buatlah judul yang bersifat penasaran “Click Bait”

Strategi yang satu ini biasanya tidak hanya ada pada Instagram, tetapi banyak juga di manfaatkan oleh para internet marketer dalam menulis judul tulisannya. Para blogger juga sering membuat judul yang bersifat penasaran. Sebagai contohnya coba Anda buka situs berita atau Entertainment pasti semua judulnya bersifat sensasi dan wah.

Coba Anda lakukan Strategi ini pada pembuatan judul video Anda agar menarik para pengguna Instagram lainnya. Tapi Anda harus jujur dan jangan menipu mereka, Intinya buatlah judul yang unik dan sifatnya “WAH”. Jangan lupa juga setiap video yang Anda upload tambahkan pula dengan keterangan lengkap dan Hashtag yang lagi trending saat itu namun tetap menyesuaikan dengan video yang Anda upload.

3. Atur kategori produk yang Anda jual

Jika Anda membuat video tentang tablet maka fokusnya video tersebut di tablet, dan jika Anda membuat video tentang smartphone maka fokuskan video tersebut pada smartphone. Jangan mencampur aduk antara smartphone dan tablet. Tapi Anda harus benar – benar kreatif dalam membuat video karena durasi video dari Instagram sangatlah pendek. Jadi dalam waktu pendek tersebut Anda harus mempersiapkan ide yang benar – benar bagus dan matang.

Jangan lupa juga setiap produk yang Anda jual sertakan dengan hashtag produk tersebut, Misalnya produk smartphone maka Anda bisa membuat hashtag #Smartphone, atau #SamsungGalaxy21. Atau jika Anda mau, Anda bisa menambahkan hashtag langsung pada video tersebut, pasti lebih unik dan menarik.

4. Perlengkapan dalam membuat video

Gadget dan Laptop adalah kunci utama dalam membuat video berkualitas. Gadget sebagai alat untuk take video sedangkan laptop sebagai alat untuk mengedit video. Jika spesifikasi kamera Android Anda sangat bagus dan jelas dalam mengambil foto maka itu bisa menjadi keunggulan. Dan tentunya Anda harus memanfaatkan hal tersebut sebaik-baiknya.

Jangan hanya membuat video lewat kamera, coba Anda sedikit lebih kreatif dengan membuat kartun-kartun sederhana melalui aplikasi editor video. Memang agak susah tapi sebenarnya itu jauh lebih menarik di banding hanya membuat video melalui fitur kamera.

5. Sertakan humor dan kreatifitas dalam setiap video

Coba Anda sertakan rasa humor dalam setiap konten video yang Anda unggah, walaupun itu hanya sedikit. Atau jika Anda mau buat semua video tersebut bergenre humor, followers Anda akan terus meningkat. Dan otomatis bisnis online Anda akan sukses. Membuat video dengan tema konten humoris lebih disukai daripada konten video yang terlalu formal.

Misalkan saja konten untuk video promosi pakaian atau jilbab  menyematkan hal-hal humoris akan lebih terlihat kreatif dan menarik perhatian, terutama jika ada model endorsemen produknya, maka akan semakin maksimal. Anda juga harus menyusun ide video promosi tersebut dengan ringkas dan mudah dimengerti atau to the point agar maksud dan pesan promosi dari video tersebut mudah tersampaikan.

Konten video dalam bisnis yang kreatif juga harus memiliki call to action yang jelas, hal ini dapat memancing ketertarikan audiens yang mengunjungi akun Anda untuk memberikan respon atau komentar. Karena  konten video promosi Anda akan terkesan autentik dan memiliki karakter tersendiri atau tidak terlihat sama dengan akun bisnis lain.

6. Buat video Giveaway (hadiah)

Coba Anda membuat tantangan pada semua followers Anda mengenai produk yang Anda jual. Jika menang, maka Anda bisa memberikan sebuah hadiah (Giveaway) gratis tanpa bayar sepeser-pun. Strategi ini biasanya di manfaatkan untuk seseorang yang baru membuat toko online atau lebih di kenal sebagai diskon besar – besaran.

Coba Anda perhatikan toko online seperti Lazada.co.id. Toko online tersebut sering kali membuat Challenge dengan hadiah yang sangat mewah, biasanya hadiahnya iPhone 12, Samsung Galaxy, dan barang-barang mahal lainnya. Siapa yang tidak tertarik coba!

Tapi jika Anda memberi hadiah semacam itu pasti tidak mungkin. Sederhana saja, Anda bisa memberi hadiah berupa kaos gratis, kemeja gratis, sepatu gratis, atau barang-barang lain yang sekiranya Anda mampu.

7. Buat video interaksi dengan followers

Untuk menambah keterlibatan para audiens atau followers akun bisnis, Anda harus membuat strategi konten video yang lebih modern. Misalnya seperti membuat konten video interaksi, ini berisi tentang seputar QnA, Request, Quiz, dan sejenisnya. Membuat video promosi bisnis di Instagram akan terlihat sempurna dengan menambahkan video interaktif untuk mengundang interaksi para followers, tidak harus full promosi soal produk saja.

Pastikan konten-konten video Anda dapat menarik respon yang positif bagi para audiens, agar mereka terus mengikuti bisnis Anda. Anda juga perlu membuat konten interaksi yang responsif, lucu, serta mampu memberikan solusi yang bermanfaat untuk para pengikut Anda. Selain itu mereka juga tidak segan-segan untuk berbagi kepada teman-teman mereka untuk ikut berpartisipasi meramaikan konten Instagram Anda.

8. Tambahkan video dengan elemen grafis dan suara

Sebagai bahan pendukung, membuat video Instagram akan lebih berwarna dan berirama jika menambahkan sentuhan grafis dan suara. Membuat video berkualitas dengan tambahan elemen grafis akan membuat konten lebih unik dan tidak membosankan. Selain itu video juga dapat didukung dengan tambahan suara animasi atau musik agar konten lebih menarik.

Apalagi, saat ini sedang trending dengan konten digital promosi yang dikombinasikan dengan musik-musik viral. Tentu, tidak salah membuat video promosi produk maupun jasa dengan menambahkan musik-musik trending.

Lihat Juga : 17 Aplikasi Bisnis Android & iOS Terbaik

Kesimpulan,

Seseorang yang suka berbisnis di internet pastinya memiliki strategi tertentu dalam memasarkan produk, mulai dari artikel, iklan, gambar, dan video semuanya di manfaatkan. Tujuannya agar toko yang dia punya bisa populer dan produknya yang ia jual bisa laku. Coba Anda lihat media sosial seperti Facebook. Walaupun media sosial tersebut sangat terkenal, tetap saja masih beriklan dengan Google Adsense. Hal inilah yang di maksud strategi marketing yang tidak akan pernah berhenti walaupun sudah berada di puncak sekalipun.

Pada intinya, semakin banyak audiens yang mengikuti atau tertarik dengan akun bisnis Anda baik di Instagram atau sosial media lainnya, maka akan semakin besar peluang yang Anda hasilkan. Karena itu buatlah konten promosi yang menarik serta memiliki impact yang positif.

Bagikan artikel ke media sosial Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang perlu Anda sampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

~ Artikel ditulis oleh Rudi Dian Arifin, Editor oleh Yunita Setiyaningsih, Wahyu Setia Bintara

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.